P. 1
SOSIOLOGI EKONOMI

SOSIOLOGI EKONOMI

|Views: 1,251|Likes:

More info:

Published by: Herdi Anugrah Kusuma on Apr 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2013

pdf

text

original

Literatur Sosiologi Ekonomi

Damsar,MA, Sosiologi Ekonomi ‡ Dr.Thee Kian Wie. Pemerataan, Kemiskinan dan Ketimpangan. ‡ Chrismanning dan Tadjuddin noer Effendi, Urbanisasi, Pengangguran,sektor informal di Kota. ‡ Dr JH Boeke, Prakapitalisme di Asia. ‡ Robert MZ Lawang,Prakapitalisme sosial dalam Perpektip Sosiologi,Suatu Pengantar,

SOSIOLOGI EKONOMI
‡ Definisi Sosiologi Ekonomi ‡ Fenomena Ekonomi yaitu bagaimana masyarakat memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap jasa dan barang kebutuhan masyarakat pada umumnya Contoh Konsumsi dan produksi, pasar modern dan pasar tradisional. ‡ Uang sebagai alat tukar masyarakat. ‡ Investasi( tabungan ) dari masyarakat ‡ Kelas ekonomi dan ekonomi internasional.

‡ Pendekatan Sosiologis. kerangka acuan,variabel dan model yang digunakan oleh para sosiolog dalam memahami dan menjelaskan kenyataan sosial atau fenomena yang terjadi dalam masyarakat. Contoh,mensikapi fenomena ekonomi dan kenyataan sosial serta metodenya perkembangan ilmu pengetahuan.

SOSIOLOGI FAHAM NEOMARXIS
‡ Sosiologi Ekonomi, sebagai basis untuk menerangkan konflik antar golongan di dalam masyarakat. Contoh: ekonomi kelas atas, kelas menengah,dan ekonomi kelas bahwa. sosiologi Ekonomi, sebagai konsep menganali sa 3 kelompok dalam masyarakat yang berbeda. Kelompok masy yang masih sederhana. Kelompok masy feodal/msy kapitalis yg pemula. Kelompok masy yang modern.

PERBEDAAN SOS EKONOMI & EKONOMI SMELSER
‡ Sosiologi ekonomi, cara memandang konsep tindakan, hambatan dan hub ekonomi dlm masy. ‡ Max Webber, tindakan ekonomi sbg tindakan sosial sejauh tindakan tsb memperhatikan tingkah laku dr individu lain dan oleh krn itu diarahkan pd tujuan tertentu. Tindakan ekonomi, bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan individu dan keuntungan. Max Webber, tindakan berupa rasional, tradisional dan spekulatif. Contoh : pelepas uang«««..rasional/ tradisional ekonomi«««««...profit/keuntungan

TOKOH SOSIOLOGI KLASIK
Karl Mark, Mak Weber, Herbet Spencer, Emile Durhkeim dll. Herbert Spencer menyatakan : Masyarakat sebagai suatu organisme biologis dan perkembangan secara evolusioner dari bentuk sederhana ke bentuk yang komplek/heterogen. Masyarakat sebagai perkembangan sosial yaitu terjadinya perubahan struktur dan perubahan pada fungsi sosial.

EMILE DURKHEIM
‡ Solidaritas Mekanik merupakan suatu type ‡ Solidaritas yang didasarkan pada persamaan ,terdapat di pedesaan/masy sederhana,ada kepercayaan dan kesetiakawanan diikat oleh hati nurani kolektip(Conscience collective) ‡ Solidaritas Organik yaitu setiap anggota masyarakat tidak lagi memenuhi semua kebutuhan sendiri melainkan adanya kesalingketergantungan pada kelompok/masy lain di dasarkan pada hukum dan akal terjadi di masy perkotaan.

ADA3 DISKRIMINASI DLM MASYARAKAT INDONESIA
‡ Pemerintahan yg bersih dan wibawa, adil serta demokrasi, yaitu pemerintahan yang tidak membedakan anggota masyarakat dalam berusaha maupun mengembangkan kehidupannya. ‡ Masyarakat Indonesia harus menyakini dan membiasakan diri pada kondisi kebhinekaan bangsanya/masyarakatnya. ‡ Masyarakat Indonesia keturunan/Tionghoa harus diberi kesempatan di bidang politik dan kesempatan ekonomi diberikan non tionghoa/pribumi.

EKONOMI DUALISTIK OLEH J.H.BOEKE.
Ekonomi Dualistik Yaitu : Hubungan ekonomi yang heterogen antara masyarakat pedesaan dengan masyarakat perkotaan, dan tidak ada keselarasan sosial serta kesatuan ekonomi serta tidak ada kedamian internal yang sejati. Misalnya masyarakat desa harus menyediakan bahan makanan, tenaga kerja yang murah, dan masyarakat kota memproduksi hasil indutri dan menjualnya kepada mereka.

‡ Masalah-masalah yang timbul dari ekonomi dualistik bagi masyarakat pedesaan dan perkotaan. ‡ Kehidupan masyarakat pedesaan ada kurang lebih 60 persen ,mempunyai ikatan sosial,kesukuan tradisional,kebutuhan yang terbatas,bersahaja,prinsip produksi pertanian untuk swasembada keluarga yang mandiri dan kurang semangat mengambil untung. ‡ Kehidupan masyarakat kota sebagai kumpulan orang-orang yang tergantung pada produksi pertanian masyarakat lain, tehnologi, tenaga kerja, lebih banyak bekerja dibidang jasa.

KOPERASI INDONESIA
‡ Merupakan pelaksanaan program Pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat diperkotaan maupun dipedesaan. ‡ Merupakan pelaksanaan pengembangan perekonomian masyarakat pedesaan. Contoh : KUD menyalurkan Saprodi,(sarana produksi padi ) tetapi yang muncul toserba, pengusaha tahu-tempe.

BISNIS ADA 2 MACAM
‡ Internal yaitu Koperasi dibentuk untuk menunjang program Pemerintah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan sebagian besar anggotanya ekonomi lemah, ketrampilan berbisnis juga rendah, modalnya kurang memadai/kecil,pimpinan koperasi tidak memiliki jiwa wiraswasta yang mampu mengembangkan koperasi dari masyarakat Paguyuban menjadi organisasi yang mampu bersaing/mandiri ‡ Eksternal yaitu sistem perekonomian koperasi mengembangkan konstitusi namun tidak berdaya secara politis menjadi sangat marginal. Contoh Sistem ekonomi kita penuh dengan KKN.

EKONOMI JANGKA PENDEK
‡ Mengatasi pengangguran dan merosotnya daya beli masyarakat dan kelangkaan bahan pokok. ‡ Perlindungan usaha kecil dan adanya undang-undang anti monopoli serta penghapusan pratek monopili oleh siapapun. ‡ Debirokrasi yaitu seluruh aparat Pemerintah harus menjamin setiap perijinan usaha yang akan dilakukan. ‡ Memperbaiki undang-undang perbankan dapat memfungsikan sebagai Agen Pembangunan dan meningkatkan usaha kecil dan menengah. ‡ Menghapus Militer dari segala bentuk usaha bisnis

Ekonomi jangka menengah
‡ Penguatan usaha ekonomi yang berbasis Pertanian serta pemanfaatan sumber daya alam untuk kepentingan masyarakat. ‡ Pembaharuan undang-undang agraria untuk memberi perlindungan terhadap petani kecil , serta masyarakat adat di luar Jawa dari kekuatan modal besar(Kapitalis) ‡ Pemerintah mengeluarkan undang-undang perimbangan pusat dan daerah, mengenai pendapatan dari sumber daya alam yang merupakan hasil tambang. ‡ Pembangunan di sektor ekonomi yang memadukan pengusaha besar, menengah, dan kecil dalam kerjasama yang saling menguntungkan.

BUDAYA PERTUKARAN
‡ Merupakan aktivitas di sektor ekonomi yang dapat diterapkan dalam ekonomi pasar, dengan disertai peranan budaya dalam masyarakat. ‡ DAVID MACLELLAND mengatakan bahwa nilai merupakan suatu kebutuhan di dalam masyarakat yang berupa prestasi(neet for achievement). ‡ GEERT dalam ekonom bazar yaitu orang mencari informasi dalam kondisi dimana disatu sisi penjual berusaha memperoleh keuntungan yg maksimal dan pembeli memaksimalkan pengguna.

MEMPEROLEH INFORMASI
‡ Klienisasi yaitu hubungan yang dilakukan tidak lagi berdasarkan antara penjual dan pembeli, tetapi telah terjalin hubungan sosial yang sangat akrap. Contoh : Sudah berlangganan harganya lebih murah,karena tetangga/saudara. ‡ Mencari harga yang paling murah,karena dengan melakukan tawar menawar mengenai harga yang rendah. Contoh : dipasar tradisional, penjual dipinggir jalan.

KAPITALIS PEMULA
‡ ARIEF BUDIMAN . ‡ Menyatakan bahwa budaya kapitalis malu-malu di dalam masyarakat umum yang digambarkan dalam lirik lagu antara kapitalisme dan kekuasaan. Contoh : Iwan Fals dengan lagunya BENTO,menyatakan perilaku pengusaha muda/kapitalis muda yang kaya raya memperlakukan setiap orang, dapat diatur dengan uang dan kekuasaan merupakan senjata yang paling ampuh terhadap siapapun.

SEKTOR INFORMAL
‡ FEIGE menyatakan suatu tindakan ekonomi yang gagal untuk mentaati aturan-aturan kelembagaan yang telah mapan /terabaikan dari perlindungan. ‡ CARTELS AND PORTES menyatakan semua aktivitas yang menghasilkan pendapatan, yang belum diatur oleh Negara dalam lingkungan masyarakat dimana aktivitas yang sama diatur.

CIRI SEKTOR INFORMAL
‡ Mudah memasukinya keahlian, modal dan organisasinya. ‡ Perusahaan milik keluarga. ‡ Beroperasi pada skala kecil. ‡ Insentif tenaga kerja dalam produksi dengan tehnologi sederhana. ‡ Pasar yang tidak diatur dalam persaingan/kompetitif.

EKONOMI INFORMAL (Castels dan Portes )
‡ Mempertahankan kelangsungan hidup oleh individu dan keluarga. ‡ Peningkatan fleksibilitas manajerial dan pengurangan tenaga kerja. ‡ Bertujuan untuk akumulasi modal oleh perusahaan kecil melalui kesetiakawanan, fleksibilitas dan pembiayaan yang rendah.

‡ Mengurangi pengangguran di kota. ‡ Sebagai strategi alternatif pemecahan masalah keterbatasan kesempatan kerja. ‡ Sebagai katup pengaman yang dapat meredam ledakan sosial, sebagai akibat meningkatnya pencari kerja baik dari kota maupun pendatang dari pedesaan.

SEKTOR INFORMAL BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT KOTA

BUDAYA DAN PERTUKARAN
‡ Pertukaran merupakan suatu aktivitas ekonomi yang diterapkan dalam ekonomi pasar dan budaya mempunyai peranan dalam masyarakat. ‡ David Maclelland menyatakan bahwa Nilai merupakan suatu kebutuhan berprestasi(Need for achivement). ‡ Polangi menyatakan bahwa tehnologi dan tenega kerja merupakan suatu komoditas ,dan penggerak dari pasar yang mengatur dirinya sendiri.

BUDAYA DAN KELAS SOSIAL
‡ Kelas Bawah,yaitu mempunyai peranan sosialisasi dan budaya dalam mempertahankan kebersamaan,solidaritas kelompok, dan mengijinkan suatu tidakan ekonomi dalam masyarakat. Contoh , oleh James Scoot mengenai : ‡ Mengenai moral ekonomi petani. ‡ Mengenai ekonomi pedagang dengan pembeli saling mengguntungkan.

‡ Profesionalisme dan Manajer. ‡ Yaitu merupakan suatu nilai dan norma yang memiliki kemampuan untuk melakukan mobilisasi/mobilitas secara vertikal maupun harisontal dalam masyarakat. ‡ club malam / diskotik,cafe, merupakan suatu tempat media tukar-menukar impormasi serta tempat untuk negosiasi antar pengusaha atau teman. ‡ Masyarakat yang agamis/relejius cape/diskotik ada anggapan ,merupakan tempat yang kurang baik bagi masyarakat.

‡ Kelas Pekerja atau Buruh. ‡ Merupakan berkisar pada bahasa rasa, kehormatan, norma,nilai, dan budaya dapat mempengarhi perilaku setiap masyarakat di suatu daerah. Contoh :mencari pembantu di daerah Minang, akan mengalami banyak kesulitan krn menganut garis keturunan matrilenial,ada anggapan merendahkan martabat wanita.

ASPEK BUDAYA DLM TINDAKAN EKONOMI
‡ DIMAGGIO DALAM BUDAYA ORGANISASI : ‡ KOGNITIF merupakan suatu kebiasaan, rutinitas, dalam pemecahan suatu masalah/problem dan pengambilan suatu keputusan. Contoh : melakukan training bagi karyawan baru di suatu kantor/lembaga.

‡ SIMBOLIK merupakan suatu penekanan pada norma ± norma atau nilai dalam suatu perusahaan sehingga dapat memotivasi lebih banyak karyawan dan berkembangnya suatu aktivitasnya. Contoh : melibatkan karyawan dalam ulang tahun suatu perusahaan,olah raga bersama/jalan kaki. ‡ Pendekatanproduksi dan manajemen perusahaan, karyawan dilibatkan dalam manajemen antara pimpinan dan buruh. Contoh : Manajer lebih menggunakan logika rasional. Buruh lebih banyak menggunakan logika sentimen/tenaga kerja.

Negara negara Asia Korea Selatan,Taiwan Dan Jepang mengalami pemerataan dan pertumbuhan dengan ³Rural Depelopment Program´ -Membangun prasarana pedesaan ( Jalan raya,Jembatan,Irigasi, Penyuluhan,Kredit,Pendidikan,Kesehatan) Landreform yaitu membagikan tanah pertanian yang lebih merata kepada para petani berada maupun petani-petani kecil.

Pertumbuhan Ekonomi,Pemerataan dan Pembangunan Pedesaan

‡ Mendorong Industrialisasi di pedesaan yaitu merupakan sumber pertumbuhan ekonomi yang mengarah kepada kebutuhan dasar rakyat banyak ,dan bukan saja kebutuhan golongan atasan yang berada.

Basic Needs Oriented Depelopment Strategy
‡ YaituSuatu strategi yang dapat mengkombinasikan pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan hasil-hasil pembangunan. ‡ Mendorong pasaran domestik yang luas dan mendorong industri-industri baru yang melayani kebutuhan rakyat banyak.

Unsur-unsur kebutuhan dasar
‡ Kebutuhan pangan, sandang, pemukiman. ‡ Fasilitas pendidkan, transpotasi, komunikasi, air minum yang sehat, kesehatan. ‡ Lapangan pekerjaan yang produktip,pendapatan yang mencukupi untuk penyediaan barang barang dan jasa-jasa kebutuhan dasar. ‡ Partisipasi aktip dalam proses pengambilan keputusan yang menyangkut kebutuhan sendiri

URBANISASI
‡ Yaitu proses perpindahan penduduk dari desa kekota, atau dapat pula dikatakan urbanisasi merupakan proses terjadinya masyarakat kota.

SEBAB MUNCULNYA URBANISASI
‡ Push Faktors ‡ Kesempatan kerja kurang ‡ Adat istiadat masih kuat ‡ Hiburan kurang ‡ Peredaran uang sedikit. ‡ Menambah pendidikan ‡ Full Faktors ‡ Kesempatan kerja banyak. ‡ Adat-istiadat longgar ‡ Hiburan banyak. ‡ Peredaran uang banyak. ‡ Pendidikan lebih maju.

FAKTOR YG MENYEBABKAN PERUBAHAN SOSIAL
‡ IN TERNAL. -Bertambah atau berkurangnya penduduk. -Innovasi baru atau tehnologi baru. -Pertentangan atau konflik perseorangan/kelompok. - Pemberontakan / Revolusi yaitu perubahan sosial karena perubahan masyarakat, misal bentuk kerajaan menjadi diktator.

‡ FAKTOR EXTERNAL. ‡ PS yang berasal dari lingkungan manusia yaitu : banjir, gempa bumi, gunung meletus. ‡ Peperangan yaitu negara yang menang memaksakan kepada negara yang kalah menerima kebudayaan yang lebih tinggi. ‡ Pengaruh kebudayaan asing yaitu karena kedua negara saling pengaruh-mempengaruhi dan saling menerima pengaruh dua kebudayaan. Contoh : pakian upacara perkawinan, gaya hidup masyarakat.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN SOSIAL.
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ -Kontak dengan kebudayaan lain (Agama) Sistem pendidikan yang maju. Sikap menghargai hasil karya seseorang. Pelapisan sosial yang terbuka. Pendidikan yang heterogen. Orientasi kemasa depan. Tidak pasrah artinya manusia harus berusaha untuk memperbaiki kehidpan yang lebih baik.

FAKTOR YANG MENGHAMBAT PERUBAHAN SOSIAL
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Kurang hubungan dengan masyarakat lain. Pendidikan yang terlambat. Sikap masyarakat yang masih tradisional. Indoktrinasi. Rasa takut terhadap perubahaan sosial. Hambatan yang bersifat idiologi. Adat kebiasaan yang kuat. Sikap masyarakat yang pasrah. Sikap masyarakat yang tertutup.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->