P. 1
kelas11_b_indo_e_kusnadi

kelas11_b_indo_e_kusnadi

|Views: 16,723|Likes:
Published by suratnonano
Buku bahasa Untuk kelas X karangan KUsnadi
Buku bahasa Untuk kelas X karangan KUsnadi

More info:

Published by: suratnonano on Apr 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

Hasil wawancara yang dimuat pada media massa ada yang
langsung berupa teks wawancara, dan ada pula yang sudah diubah ke
dalam bentuk berita. Untuk mengubah hasil wawancara yang berupa
tanya jawab memerlukan ketelitian karena semua unsur yang dihasilkan
dari wawancara harus tersampaikan. Selain itu, penyampaiannya pun
harus menarik, singkat, dan jelas.

134
134

134
134
134

u Belajar Efektif Bahasa Indonesia 2
Bahasa Indonesia 2

Bahasa Indonesia 2
Bahasa Indonesia 2
Bahasa Indonesia 2 untuk SMA/MA Kelas XI Ilmu Alam/Ilmu Sosial u

2

Berikut ini hasil wawancara yang dikutip dari tabloid Gaul Edisi
38, 2003.
1.Bacalah hasil wawancara terhadap Steve Emmanuel berikut ini!
Gaul:Kamu ngapain aja sih, sekarang?
Steve:Ngapain lagi? Syuting, syuting, dan syuting!
Pemotretan ... jumpa fans .... trus syuting lagi! (Steve
ketawa)
Gaul:Gak bosen tuh?
Steve:Well, kadang-kadang sih, bosen juga. Tapi, what can I
do
? Itu kerjaan gue…jadi memang musti dikerjain.
Gaul:Kenapa musti? Emangnya ada yang maksa?
Steve:Gak ada. Cuma, kan gue nggak hanya bertanggung
jawab sama diri gue sendiri aja. Gue punya pacar,
dan juga sekarang sudah punya anak. Umurnya 11
bulan. Lagi lucu-lucunya. Kewajiban gue dong
menghidupi mereka (wajah Steve berubah serius saat
ngomongin anaknya. Ia kelihatan dewasa. Gaul
mencoba mengalihkan obrolan ke soal kariernya)
Gaul:Siapa sih, yang ngajak kamu masuk ke dunia
entertainment?

Steve:Gak ada. Semua terjadi secara kebetulan saja. Ada
orang yang ngajak gue ikutan modeling. Gue nurut
aja. Gak lama kemudian gue bergabung dalam satu
agency. Dari situ semua berjalan otomatis, mengalir.
Dan, gue merasa enjoy. Apalagi ketika gue mulai
punya penghasilan sendiri … hehehehe … that feels
good, Man
!
Gaul:So, cita-cita kamu sebenarnya apa? Jadi bintang
sinetron?

Steve:Wah … enggak! Cita-cita gue tuh, dari kecil pengen
banget jadi pemain sepak bola. Tapi gak diizinin. Dan
berhubung sekarang udah umur segini, ya …
kayaknya tau diri ya, … hahaha … mungkin … anak
gue nanti, deh!
Gaul:Tapi, sekarang kan, kamu ngetopnya di sinetron?
Steve:Yang sekarang terus gue jalani. Tapi yang jelas nggak
akan seterusnya di dunia seperti ini. Apalagi dunia
sinetron. Kalau imannya nggak kuat tuh, gawat
banget deh … Gue mau jadi orang baik-baik aja. Dan,
begitu uang terkumpul, gue mau jadi businessman!
(terlihat banget dari raut mukanya, Steve begitu
serius dengan hidupnya. Terutama setelah
kurangnya dukungan keluarga di saat usianya sendiri
baru 19 tahun, sementara keputusan-keputusan besar
harus diambilnya)

135
135

135
135
135

u Belajar Efektif Bahasa Indonesia 2
Bahasa Indonesia 2

Bahasa Indonesia 2
Bahasa Indonesia 2
Bahasa Indonesia 2 untuk SMA/MA Kelas XI Ilmu Alam/Ilmu Sosial u

Gaul:Balik lagi ke soal anak. Kamu sekolahnya gimana
kalau sudah punya anak?

Steve:Itu hal terpenting dalam hidup. Tadinya gue cuma
mau syuting 1 tahun, terus mau balik ke sekolah. Tapi
sekarang, udah ada anak, susah ya, kayaknya? Tapi,
kalau disuruh milih sekolah jurusan apa, hmm…
ayah gue pengen gue jadi pilot. Ibu pinginnya gue
jadi pekerja sosial, sementara gue sendiri pengen jadi
pemain sepak bola! Huahahaha … kacau, kan? Nggak
ada yang nyambung.
Gaul:Kamu kalau lagi bosen dan nggak pengen kerja,
ngapain, sih?

Steve:Marah-marah! Ngambek! Teriak ... terus berangkat
kerja! Hahaha, kasian, ya? Abis, gimana, dong? Biar
lagi nggak mood, tapi kerjaan kan harus terus!
Gaul:OK. Menurut kamu, kamu kepilih menjadi pemain
sinetron, karena kamu emang bagus mainnya atau
karena kamu cakep?

Steve:Hua ha ha ha…what kind of question is that? Well, … di
sini emang lebih banyak orang cakep yang dipilih.
Tapi kalau emang mau karier ini berlanjut sampai
tua, maka kita harus juga bisa akting dengan baik ….
Apalagi kalau bisa main sama orang yang gue
idolakan karena permainannya, wah itu kan
kesempatan yang bagus banget buat belajar.
Gaul:Siapa sih, artis yang kamu suka banget itu?
Steve:Banyak. Dan emang banyak banget pemain yang
punya karakter bagus, kayak Al Pacino .…
Gaul:Gimana kalau misalnya kamu dapet tawaran buat
main sama Al Pacino ... dan harus kasih jawaban
saat itu juga? Kamu bakal jawab apa?

Steve:Wow, takut! No, no, no…! Take it! I don’t know.
Hmmm… gue ambil! Tapi gue yakin hari pertama
syuting gue akan ngumpet dulu karena ketakutan …
tapi gue ambil deh! Hehehehe ….

Gaul:Kok ragu?
Steve:Nggak, cuma takut aja. Mungkin karena banyak
banget keputusan yang harus gue pikirin mateng-
mateng dalam hidup gue… dan bagaimanapun gue
kan masih muda banget. Sudah begitu banyak
keputusan besar yang gue ambil, resikonya besar, dan
tanggung jawabnya juga tidak main-main. Jadi gue
harus sangat hati-hati ngejawab apa-apa ….
Gaul:Kalau ada kesempatan untuk menarik atau
mengulang satu keputusan dalam hidup kamu,
yang kamu pernah sesali, yang mana yang mau
kamu perbaiki?

Steve:(Dengan mantap dan tanpa berpikir dua kali, Steve

136
136

136
136
136

u Belajar Efektif Bahasa Indonesia 2
Bahasa Indonesia 2

Bahasa Indonesia 2
Bahasa Indonesia 2
Bahasa Indonesia 2 untuk SMA/MA Kelas XI Ilmu Alam/Ilmu Sosial u

C

menjawab) Detik di mana gue memutuskan untuk
melompati pagar rumah gue dan kabur dari orang
tua ….
Gaul:Sebelum berpisah, diujung obrolan, dengan segala
kerendahan hatinya sempat menitip satu pesan:
”Jangan
pernah ngefans sama saya. Karena saya adalah
contoh yang buruk untuk ditiru. Kalau mau, ambil
saja pelajaran dari kesalahan saya!”

Pewawancara: Melani Subono

2.Rangkum hasil wawancara yang dilakukan tabloid Gaul
terhadap Steve Emmanuel tersebut!
3.Reproduksi hasil rangkuman tersebut ke dalam kesimpulan
hasil wawancara berbentuk teks berita!
4.Ubahlah menjadi bahasa yang baik dan benar serta variasi
kalimat, pilihan kata, juga EYD!
5.Bacakan hasil kerja kamu di depan kelas seperti membacakan
sebuah berita!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->