MAKALAH HASIL KULIT JAGUNG

Oleh: 1. Ragil Alfani Diniarti (Matematika) 2. Jazilatul Suaiba (Biologi) 3. Edlyn Amalina (Fisika) .

UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULATAS MATEMATIKA ILMU PENGETAHUAN ALAM
OKTOBER, 2010

I. Banyak kita menjumpai kulit jagung di areal persawahan ataupun di tempat-tempat para penjual yang menggunakan jagung. Mengetahui manfaat dari kulit jagung. Banyak penduduk Indonesia yang bekerja sebagai petani.bukan hanya bijinya saja.2. TUJUAN 1. Salah satu hasil pertanian itu adalah jagung.3. Apa yang dapat kita manfaatkan dari kulit jagung? 1. Oleh karena itu jagung banyak ditemukan dalam berbagai daerah. Tapi dalam tanaman jagung juga terdapat kulit jagung yang dapat kita manfaatkan juga. LATAR BELAKANG Di negara Indonesia memiliki iklim tropis oleh karena itu sangatlah cocok untuk partanian. Kulit-kulit jagung dapat kita manfaatkan sebagai sampul. .1. Semua itu dapat kita manfaatkan yang nantinya mungkin akan dapat menghasilkan royalti. Oleh karena itu kami mengambil judul mengenai kulit jagung karena pemanfaatannya yang kurang maksimal. Bagian jagung yang dimanfaatkan hanyalah pada bagian bijinya saja. Berbagai bahan olahan makanan banyak yang terbuat dari bahan dasar jagung. RUMUSAN MASALAH 1. 1. PENDAHULUAN 1.

Pembungkus rokok ataupun pembungkus kue yang menggunakan kulit jagung prosesnya hanya dengan cara mengeringkan kulit jagung tersebut tanpa ada proses pengawetan ataupun pewarnaan. sampul. mulai dari dibuat untuk sayur. Adapun bahan dasar yang dapat digunakan dalam pembuatannya adalah kulit jagung dan bagian tumbuhan. Kulit jagung yang semula berwarna hijau harus dikeringkan dulu dan kemudian diawetkan. tanaman jagung tetap menyisakan permasalahan berupa limbah kulit jagung. Limbah kulit jagung dapat dimanfaatkan untuk aplikasi. Barang ± barang tersebut merupakan salah satu usaha yang dapat dikembangkan.aplikasi lain yang memberikan nilai lebih kepada limbah kulit jagung tersebut dan juga industri dimana aplikasi tersebut diterapkan. Dalam pembuatan sampul ataupun lampion. Banyak juga indusri-industri pengelola makanan yang menggunakan jagung sebagai bahan utamanya. PEMBAHASAN Tanaman jagung merupakan salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh penduduk Indonesia.II. Di berbagai daerah di Indonesia sangatlah mudah untuk menemukan tanaman jagung. sebagai pembungkus dodol. . Namun selain pemanfaatan tersebut. Pemanfaatannya juga beragam. Limbah kulit jagung di Indonesia banyak digunakan sebagai bahan pakan ternak. dan lampion.untuk lauk.pembungkus rokok. Namun jumlah pemakaiannya tidak sebanding dengan dengan jumlah limbah jagung yang dihasilkan. Masih sedikit orang yang dapat memanfaatkan kulit jagung secara maksimal. Sebelum diaplikasikan menjadi kerajinan tangan bahan tersebut diolah terlebih dahulu melalui proses pengawetan dan pewarnaan.ataupun langsung di makan. Ada beberapa orang yang memanfaatkan kulit jagung sebagai bunga kering. Untuk pembuatan bunga kering. Setelah itu kulit jagung diberi warna agar terlihat menarik.setelah pengawetan dan pewarnaan agar lebih menarik kita juga dapat memberi gambar-gambar yang cantik dan bagus. sebelumnya buat polanya terlebih dahulu kemudian cetak pada kulit jagung dan mulailah merangkai.

.1.2.III.  Pemerintah sebaiknya sering mengadakan penyuluhan tentang meningkatkan ide yang unik dan menarik bagi konsumen. KESIMPULAN  Dari tanaman jagung tidak hanya bijinya saja yang dapat bermanfaat tetapi kulit jagung juga mempunyai manfaat yang banyak yang nantinya memiliki nilai dan dapat menghasilkan royalti. Bukan hanya sebagai sampah yang hanya digunakan sebagai makanan ternak saja. SARAN  Sebaiknya masyarakat membuat ide-ide baru yang lebih kreatif yang nantinya dapat meningkatkan nilai jual. PENUTUP 3. 3.