Pada bagian pendahuluan atau awal pembahasan dikemukakan hal-hal yang berkenaan dengan latar belakang, perumusan

masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sumber data. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya. Artikel ini akan menjelaskan tiap bagian tersebut dilengkapi contoh pendahuluan karya tulis. 1. Latar Belakang Pada bagian ini penulis mengemukakan sebab-sebab mengapa masalah yang dipersoalkan perlu diteliti dan ditulis. Misalnya, karena masalah yang dibahas mempunyai arti penting bagi masyarakat. 2. Perumusan Masalah Perumusan masalah harus sungguh-sungguh jelas. Permasalahan yang akan menjadi pembahasan penelitian diajukan dalam bentuk pertanyaan. Merujuk pada pertanyaan itu penulis melakukan langkah-langkah penelitian dan penelaahan sehingga dapat terjawab dengan tepat. 3. Tujuan Penelitian Dalam tujuan penelitian atau penulisan dikemukakan usaha-usaha dan hasil-hasil yang telah dicapai secara garis besar. Jika karya ilmiah bertujuan menyampaikan pandangan atau peni¬laian penulis tentang topik yang telah diteliti, tujuan umumnya mengemukakan hipotesis penelitian dan penilaian penulis sesudah penelitian. Adapun tujuan khususnya perlu dikemukakan pertimbangan-pertimbangan yang mendukung penilaian. 4. Manfaat Penelitian Manfaat penelitian dapat diuraikan secara umum dan khusus. Misalnya, untuk kepentingan praktis, untuk kepentingan bidang keilmuan atau bidang profesi penulis, dan untuk kepen¬tingan kelompok atau instansi. 5. Penentuan Sumber Data Penentuan sumber data meliputi populasi dan sampel. Populasi di bidang metodologi penelitian berarti sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel penelitian. Adapun sampel berarti contoh, yakni bagian kecil data penelitian yang dianggap dapat mewakili keseluruhan data yang dianalisis untuk memperoleh informasi tentang seluruh data penelitian. Perhatikanlah contoh pendahuluan karya tulis ilmiah berikut! BAB I Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Masalah Candi Borobudur merupakan situs kebangaan bangsa Indonesia, baik sebagai objek wisata

Teknik Wawancara Teknik ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara lengkap mengenai Candi Borobudur dari narasumber/ guide.3 Tujuan Penelitian Secara terperinci. 1. 1. Magelang Jawa Tengah. 1. Studi Pustaka Penulis menelaah sumber-sumber lain yang berkaitan dengan penelitian dari buku-buku. atau internet. penulis menentukan lokasi penelitian ini di Kompleks wisata Candi Borobudur. Untuk memperoleh informasi tentang makna tiap tingkat Candi Borobudur. yakni di kompleks wisata Candi Borobudur.4 Metode Penelitian Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan. Oleh karena itu.… 1. tujuan dari penelitian dan penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut.5 Sumber Data Untuk memperoleh data dalam suatu penelitian. Teknik Pengamatan Langsung Penulis terjun langsung ke lokasi pengamatan. c. 2. Candi Borobudur merupakan Candi terbesar kedua setelah Candi Ankor Wat di Camboja.6 Sistematika penulisan Adapun sistematika penulisan karya ilmiah ini adalah sebagai berikut. . Apa fungsi Candi Borobudur jika dihubung 3. Magelang awa Tengah b. Bagaimana hubungan makna dan fungsi Candi Borobudur dihubungkan dengan ritual atau upacara keagamaan? 1.2 Perumusan Masalah Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1. diperlukan sumber data. Data akan mudah diperoleh apabila ditentukan terlebih dahulu lokasi penelitian. Untuk mengetahui fungsi Candi Borobudur dihubungkan dengan ritual atau upacara keagamaan. dst. Makna ritual atau keagamaan apakah yang terkandung dalam bangunan Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah? 2. artikel. 1. penulis mempergunakan metode observasi berupa: a.maupun sarana keagamaan.

. Tujuan Penelitian. dan Aplikasi Teori Penelitian dengan Objek Penelitian. Teori Penelitian. Bagian pendahuluan ini meliputi Latar Belakang Masalah. Bagian landasan teori meliputi Deskripsi Umum Objek.Bab I Pendahuluan. Metode Penelitian. Perumusan Masalah. Bagian ini meliputi kesimpulan dari hasil penelitian dan saransaran untuk penelitian lanjutan. Sumber Data. Bab IV Simpulan dan Saran. dan Sistematika Penulisan. Pembahasan meliputi pengolahan data dan analisis data. Bab III Pembahasan. Bab II Landasan Teori.

• Sistematika penulisan. isi. yang berisi alasan mendasar pemilihan topik. • Implikasi. • Masalah atau topik bahasan. berisi garis besar yaitu apa yang ditulis mulai dari pendahuluan. boleh juga tidak. berisi maksud tulisan. Anda juga dapat menuliskannya dalam bentuk poin-poin. apa yang ingin dicapai dan deskripsi sasaran penulisan. Dapat berupa paparan teoritis maupun paparan praktis. berisi intisari topik yang ingin dibahas. Bab III Penutup Bab ini terdiri atas: • Kesimpulan. sampai penutup. berisi intisari dari hasil pembahasan dalam kalimat yang jelas. Daftar Pustaka Berisi catatan semua sumber yang Anda pergunakan dalam menulis makalah. • Tujuan penulisan. berisi dampak yang mungkin timbul dari pembahasan Anda.Sistematika penulisan makalah Penulisan makalah disusun per bab. tetapi jangan libatkan alasan yang bersifat pribadi atau alasan subjektif. Bab II Pembahasan Bab ini berisi penjelasan tentang topik dan sub bagian dari topik dengan menyertakan data – data pendukung atau referensi. • Saran. gunakan bahasa yang singkat dan jelas. Poin implikasi ini boleh disertakan. berisi tentang rekomendasi atau tindak lanjut kepada pihak-pihak terkait. Bab-bab tersebut terdiri atas: Bab I Pendahuluan Bab ini terdiri atas: • Latar belakang. .

namun dalam pelaksanaannya. disinilah BBM banyak disalah gunakan. Kelangkaan ini bisa saja disebabkan oleh sumber daya mimyak bumi yang terbatas. B. banyak mengalami kegagalan yang berakibat fatal. atau bisa dikatakan langka. tapi mereka dapat membelinya dari pedangang eceran. Latar Belakang BBM adalah salah satu sumber daya alam yang dimiliki oleh bumi dan kita tahu bahwa persediaannya terbatas. Semakin langkanya BBM ini.contoh pendahuluan sebuah makalah PENDAHULUAN A. Rumusan Masalah Yang menjadi rumusan masalah pada makalah ini ialah: 1. pemerintah mengeluarkan sebuah program. rencana ini pada awalnya disambut dengan baik. tentunya dengan harga yang tidak bersubsidi. Bagaimana cara mencari solusi untuk mengatasi kelangkaan BBM? 2. Pemerintah menjual BBM kepada rakyat dengan harga bersubsidi. yaitu mengganti minyak tanah dangan gas. namun banyak juga masyarakat yang tidak bisa mendapatkan BBM yang bersubsidi dari pemerintah tersebut. sehingga banyak sekali rakyat yang mengantri untuk mendapatkan BBM pemerintah yang disubsidi. sehinga pada saat ini dimana BBM memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. khususnya untuk kendaraan bermotor. Bagaimmana cara mengunakan sumber daya alam dengan baik dan benar? C. Untuk mengetahui penyebab langkanya BBM di Indonesia saat ini 2. Tujuan Pembuatan makalah ini bertujuan untuk: 1 . Untuk mengetahui bagaimana cara kita menghadapi kelangkaan BBM saat ini . sangat sulit untuk dicari. bahkan menelan korban jiwa.dan orangorang yang mementingkan kepentingannya sendiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful