P. 1
Kliping Penjas

Kliping Penjas

|Views: 1,608|Likes:
Published by Budy Liu

More info:

Published by: Budy Liu on Apr 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

Kliping Penjas tentang Senam Lantai

Dibuat oleh : Chindy Dirgantari eL VIII B / 03

Di negeri kita sekarang sedang digalakkan apa yang disebut senam pagi Indonesia. . Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu.Senam lantai Biasanya merupakan nomor pertama dalam pertandingan atas pertimbangan kesempatan bagi para pesenam untuk juga berlaku sebagai pemanasan karena gerakangerakannya tidak memerlukan tenaga otot yang luar biasa. Untuk pertama kali nomor ini sebagai nomor perseorangan dalam Olympiade 1932 dan bagi wanita baru 20 tahun kemudian.045 m. Gerakan-gerakannya dapat dikerjakan secara seragam dan membentuk formasi-formasi yagn menarik dan mengesankan. Lantai pertandingan berukuran 12 m2 dalam ruang yang berukurang 14 m2 dilapisi karpet kenyal setebal 0. Gerakangerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Pria tampil dalam waktu 70 detik dan wanita dengan diiringi musik 90 detik. putaran. keseimbnagan dicampur dengan unsur-unsur lonjakan dan akrobatik. Nomor ini mungkin merupakan tontonan yang paling mengasyikkan dibanding dengan alat-alat lain meskipun sebenarnya relatif berkembang paling baru. Senam lantai sangat populer terutama bagi penyelenggaraan secara massal yang dapat diikuti oleh ribuan peserta bersama-sama. Keduanya bertujuan untuk memberikan kesan kepada para wasit dengan rangkaian urutan dari berbagai lompatan.

g. a. Jongkok. Jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala. tekuk kedua siku tangan menghadap ke atas di dekat telinga. kedua telapak tangan menyentuh matras. tarik dagu dan lutut ke dada dengan posisi tangan merangkul lutut. Siku ke samping. . d. Sikap akhir guling depan adalah jongkok kemudian berdiri tegak. dagu dan lutut tarik ke dada. c. lutut dan dagu tetap mendekat dada. 2. letakkan kedua telapak tangan di atas matras. Guling Belakang (Backward Roll) Langkah_langkah guling belakang bulat yaitu sebagai berikut. Berdiri tegak. kedua tangan lurus di samping badan.1. gerakkan kaki untuk dejatuhkan ke belakang kepala. Angkat kedua tangan ke depan. telapak tangan di dekat telinga. Guling Depan (Forward Roll) Guling depan adalah guling yang dilakukan ke depan. c. Adapun langkahlangkah untuk melakukan guling ke depan adalah sebagai berikut. Bergulinglah ke depan. bungkukkan badan. Lipat kedua lutut. a. Dorong lengan ke atas. f. b. Sentuhkan bahu ke matras. d. f. e. b. e. Jongkok dengan lengan lurus ke depan. Guling badan ke belakang hingga bahu menyentuh matras. masukkan kepala di antara dua tangan. Bahu menyentuh matras.

tetakkan kediua tangan di matras kirakira satu langkah dari kaki. Setelah itu letakkan tengkuk di antara kedua tangan sambil mengambil sikap guling depan. Sikap Awal Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua lengan diangkat lurus ke atas. Gerakan Lenting Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan lenting tengkuk adalah sebagai berikut. segeralah mengguling ke depan. Pelaksanaan Ketika posisi untuk guling depan tercapai. kedua kaki segera dilecutkan lurus ke depan sambil dibantu oleh kedua tangan yang mendorong badan dengan menekan matras. a. Kedua kaki dijaga agar tetap lurus. Sambil membungkukkan badan. c. b. Akhirnya . kedua kaki segera mendatar. Saat tubuh sudah berada di atas kepala. Sikap Akhir Ketika layangan selesai.3. Badan tetap melenting dan kedua lengan tetap terangkat lurus. Lecutan ini meyebabkan badan melenting ke depan. . berdiri tegak.

Pinggang ditopang oleh kedua tangan. 5. dengan dilanjutkan mengangkat kedua kaki lurus ke atas (rapat) bersama-sama.4. sedangkan pundak teta menempel pada lantai . Kemudian secara perlahan berdiri tegak. Sikap Kayang Caranya adalah sikap berdiri membelakangi matras dengan kedua kaki agak dibuka dan kedua tangan diayunkan ke belakang. Sikap Lilin Sikap lilin adalah tidur terlentang. ke atas secara perlahan hingga kedua telapak tangan menempel pada matras.

Di dalam kliping ini sudah saya rangkum sedemikian rupa mengenai senam lantai.Kata Pengantar … Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkatNya yang senantiasa selalu mendampingi kita semua. Mohon maaf bila ada kata kata yang kurang menyenangkan. .. Saya selaku pembuat mengucapkan terima kasih kepada anda yang sudah meluangkan waktunya untuk melihat atau sekedar membaca kliping ini. Penulis. Walupun di dalam kliping ini masih ada beberapa yang kurang saya memohon maaf sebesar besarnya. Terima kasih..

Sikap permulaan berdiri tegak. akan di bahas dulu bagaimana melakukan guling depan yang betul. tungkai depan bengkok sedang tungkai belakang lurus. tangan menumpu pada matras selebar bahu lengan keras. Kedua tangan melepaskan tumpuan dari matras. Mengguling ke depan dengan mendaratkan kuduk terlebih dahulu dan kedua kaki dilipat rapat pada dada. Cara melakukan gerakan guling depan sebagai berikut : a. 5. e. Kembali berusaha jongkok. Berdiri Tangan (Hands Stand) 1. Luruskan kedua kaki. . Kedua tungkai rapat dan lurus merupakan satu garis dengan badan dan lengan. 4. c. kepala dilipat sampai dagu dengan menyentuh dada. pandangan sedikit ke depan. b. kencangkan otot perut.BERGULING KE DEPAN DILANJUTKAN LENTING TENGKUK/KEPALA Sebelum latihan rangkain gerakan berguling ke depan lenting tengkuk/kepala. 2. 3. pantat didorong setinggi-tingginya. salah satu kaki sedikit ke depan. Bungkukkan badan. Sikap permulaan jongkok tangan menumpu pada matras selebar bahu. Ayunkan tungkai belakang ke atas. badan dijulurkan ke atas. Perhatikan keseimbangan. pandangan di antara tumpuan tangan. siku tangan di tekuk. d. pegang mata kaki dan berusaha bangun.

guru-guru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid. senam pramuka. Bungkukan badan. ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri. Kedua tungkai rapat dan lurus merupakan satu garis dengan lengan. Adapun artikel menyangkut senam lantai : Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan. Sekarang. diantaranya senam lantai. tungkai ke depan bengkok. sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam. sedang tungkai belakang lurus. senam lantai. . senam aerobik. 4. Senam ada berbagai macam. pantat didorong setinggi-tingginya. banyak orang melakukan senam aerobik. balok keseimbangan. pandangan sedikit lurus ke depan. di tempat fitness. 2. dll. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus. yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia. salah satu kaki sedikit ke depan. baik oleh orang tua. diikuti tungkai yang lain. Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi.Berdiri Tangan Dengan Sikap Kaki Dibuka 1. seperti SKJ dan senam pramuka. relaksasi atau menenangkan pikiran. tangan menumpu pada matras selebar bahu lurus. Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Biasanya di sekolah dasar. Sikap permulaan berdiri tegak. selanjutnya kaki dirapat kembali lalu dibuka ke depan dan ke belakang pandangan diantara tumpuan kedua tangan. kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. 3. Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh. biasanya ada yang melakukannya di rumah. senam hamil. Ayunkan tungkai belakang ke atas. setelah itu kaki di buka ke samping kiri dan kanan. maupun oleh pengajar olahraga di sekolah. Namun ketika beranjak remaja. di gymnasium maupun di sekolah. pertahankan sikap ini beberapa saat.

Lambang senam lantai Dari kota Malang : .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->