RPPcahaya pert.

3 SMP NEGERI 2 BALUNG

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP

Mata Pelajaran Kelas / Semester Materi Pokok Alokasi Waktu

: IPA ( aspek fisika) : VIII/II : Cahaya : 4 x 40 menit

Standar Kompetensi: 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kompetensi Dasar: 6.2 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa Indikator : 1. Menjelaskan hukum pembiasan cahaya ( hukum snellius ) 2. Menjelaskan pembiasan cahaya pada kaca plan paralel dan prisma 3. Menghitung indeks bias pada kaca plan paralel 3. Menghitung sudut deviasi pada prisma

A. Tujuan Pembelajaran 1. Konten Sain a. 2. Mendeskripsikan pembiasan pada kaca plan paralel dan prisma

Konten Aplikasi Sains

1

c. yang terjadi karena cahaya melalui dua jenis medium yang berbeda indeks biasnya. Materi Pembelajaran 1. Sikap dan Nilai a. Pembiasan cahaya ( refraksi) adalah peristiwa pembelokan cahaya. b. b. Menemukan cara menghitung indeks bias cakaya Menemukan cara menghitung sudut deviasi pada prisma B. c.3 SMP NEGERI 2 BALUNG a. d. Christian Huygens menyatakan bahwa perbandingan antara 2 .Menemukan cara menghitung sudut pembias prisma dan sudut deviasi g.RPPcahaya pert. Menyebutkan contoh perisiwa pembiasan pada kehidupan sehari-hari 4. sehingga kecepatan cahaya pada kedua medium optik tersebut juga berbeda. Menunjukkan ketertarikan terhadap pembelajaran Merangsang keinginan bertanya Mengetahui konsep pembiasan cahaya Merespon pertanyaan guru Berpikir Kritis f. e. b. Pembiasan terjadi karena perbedaan kerapatan optik antara dua medium. Berpikir Kritis a. Menjelaskan pembiasan pada prisma dan kaca plan paralel Menentukan indeks bias pada kaca plan paralel Menentukan sudut deviasi pada prisma 3.

Secara matematis dinyatakan : Dimana : c = cepat rambat cahaya di udara ( 3 x 108 m/s) v= cepat rambat acahaya di medium (m/s) n = indeks bias medium Indeks bias tidak pernah lebih kecil dari 1. Hukum Snellius atau hukum pembiasan cahaya a. b. dan sebaliknya. Sinar datang dari medium kurang rapat ke medium lebih rapat dibiaskan mendekati garis normal. artinya ≥1. == 2. sinar bias. Pembiasan cahaya a. Sinar datang. dan garis normal terletak pada satu bidang datar.3 SMP NEGERI 2 BALUNG cepat rambat cahaya di udara dengan cepat rambat cahaya di medium optik disebut indeks bias. 3. Kaca plan paralel 3 .RPPcahaya pert.

Berdasarkan gambar di atas. akan dibiaskan mendekati garis normal. Prisma Prisma adalah zat bening yang dibatasi oleh dua bidang datar. Apabila seberkas sinar datang pada salah satu bidang prisma yang kemudian disebut sebagai bidang pembias I. yaitu pembiasan ketika memasuki kaca planparalel dan pembiasan ketika keluar dari kaca plan paralel. Pada saat sinar keluar dari kaca Sinar datang ( i' ) dari udara (medium renggang) ke kaca (medium rapat) maka akan dibiaskan ( r' ) menjauhi garis normal ( N ) b. Pada saat sinar memasuki kaca : Sinar datang ( i ) dari udara (medium renggang) ke kaca (medium rapat) maka akan dibiaskan ( r ) mendekati garis normal ( N ).RPPcahaya pert. berkas sinar tersebut akan dibiaskan menjauhi garis normal.3 SMP NEGERI 2 BALUNG Kaca plan paralel merupakan keping kaca tiga dimensi atau kaca tebal yang permukaannya rata dan memiliki sisi-sisi yang berhadapan saling sejajar. cahaya yang mengenai kaca planparalel akan mengalami dua pembiasan. 4 . Sampai pada bidang pembias II.

Kayu yang dimasukkan ke dalam air kelihatan bengkok b. Peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari a. Kacamata positif dan negatif Contoh soal: 5 : Dm = sudut . Pada saat tejadi deviasi minimum.3 SMP NEGERI 2 BALUNG Persamaan sudut deviasi prisma : Keterangan : D = sudut deviasi i1 = sudut datang pada bidang batas pertama r2 = sudut bias pada bidang batas kedua berkas sinar keluar dari prisma β = sudut pembias prisma Nilai sudut deviasi berubah-ubah sesuai besarnya sudut datang. Bintang berkedap kedip d. Dasar air tampak lebih dangkal c.RPPcahaya pert. Terjadinya pelangi e. besar sudut datang i1 sama dengan sudut bias r2 Dengan deviasi minimum i1 = sudut datang (udara ke prisma) r2 = sudut bias (prisma ke udara ) β = sudut pembias prisma 4.

Demonstrasi c. Peristiwa berhubungan pembiasan. Cooperative Learning b. Langkah-langkah Kegiatan No 1.25 x 108 m/s C.RPPcahaya pert. Ceramah b. indeks bias udara 1 dan indeks bias air 4/3. Jika cepat rambat cahaya di udara 3x108 m/s. akan dibelokkan merambat medium yang dari ke lain. Pembelajaran Langsung 2. tersebut dengan Cahaya atau jika satu Maka medium si Berdisku secara bebas seolah-olah atau dibiaskan untuk menentukan pengertian pembiasan cahaya 6 . akan terlihat patah dibengkokkan. Langkah Pembelajaran Tahap Kontak Guru - Diskripsi Kegiatan Siswa penjelasan guru. Siswa dari memperhatikan Aperseps i : jika sebatang pensil dimasukkan ke dalam gelas berisi air. Strategi Pembelajaran a. Berapakah cepat rambat cahaya di dalam air? Jawab : 2. Strategi dan Metode Pembelajaran 1.3 SMP NEGERI 2 BALUNG Cahaya merambat dari udara menuju air. Metode Pembelajaran a. Disk D.

dan pertanyaan guru Menjelas kan materi. prisma. contoh soal. indeks bias.RPPcahaya pert. dan memberikan soal pembiasan tentang cahaya pada kaca plan paralel. mengerjakan soal. 2. - yang terbentuk.3 SMP NEGERI 2 BALUNG No Langkah Pembelajaran Diskripsi Kegiatan Guru Siswa pengertian pembiasan da sinar cahaya adalah peristiwa pembelokkan arah rambat cahaya karena melalui dua medium yang berbeda kerapatan optiknya. dan pemanfaatan dalam kehidupa seharihari. Bagaimana sinar yang datang dari medium kurang rapat ke medium yang lebih rapat? Menunju k beberapa siswa untuk menjawab pertanyaan. 7 Memper hatikan guru dan bertanya jika siswa tidak mengerti. Tahap Kuriositi memahami Membim bing setiap siswa untuk tentang contoh soal yang telah diberikan dan memberi kesempatan siswa yang tidak mengerti untuk bertanya. a siswa Beberap menjawab Siswa memperhatikan. .

Setiap kelompo k berdisku si untuk mengerj akan persoala n n. - - -Siswa mempresentasikan hasilnya masingmasing di depan kelas.RPPcahaya pert. mencatat. - Diskripsi Kegiatan Guru Siswa Membag .3 SMP NEGERI 2 BALUNG No 3. Tahap Nexus . dan mengajukan pertanyaan jika ada kesimpulan akhir 8 4.Memberikan penegasan kesimpulan hasil diskusi kelas setelah seluruh kelompok telah menyampaikan hasil . yang diberika pembiasan cahaya. Langkah Pembelajaran Tahap Elaborasi i yang laki. Menden gar.-siswa kelompok terdiri belajar dari 2 berkelo mpok sesuai dengan Memberi tugas secara kelompok untuk persoalan mengerjakan tentang Meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil atau jawaban di depan kelas. - perempuan dan 2 laki- yang dibentuk oleh guru .

Kecepatan cahaya dalam es adalah 2.3. Uraian 3. Buku Paket IPA Terpadu b. Praktek b. 2. Internet G. Seberkas a.3 SMP NEGERI 2 BALUNG No Langkah Pembelajaran kan tugas Guru pembahasan.RPPcahaya pert. Diskripsi Kegiatan Siswa yang belum jelas Siswa dirumah memperhatikan Memberi untuk mengerjakan lks E. Instrumen Indikator Instrumen ( Butir Soal) Menjelaskan hukum pembiasan Jelaskan hukum-hukum pembiasan cahaya ( hukum snellius) cahaya ( hukum snellius)! Menjelaskan pembiasan cahaya Apa pengertian dari pembiasan pada kaca plan paralel dan cahaya dan bagaimana sinar yang prisma 3. Koqnitif cahaya datang dari udara ke kaca. Tes tulisan b. No 1. Penilaian 1. Panjang 9 .108m/s. LKS c. Tehnik a. Unjuk kerja 2. Alat dan Bahan a. Menghitung indeks bias pada kaca plan paralel datang dari medium kurang rapat ke medium lebih rapat? 1. Hitunglah indeks bias es! 2. Media sederhana ( gelas dan pensil ) F. Bentuk Tes a. Sumber Pembelajaran a.

A. Berapakah panjang gelombang cahaya di dalam kaca jika indeks bias kaca 3/2 4. Kemampuan siswa bekerja sama 2. Setiap nomor pada jenjang afektif mendapat nilai 2. Keterampilan siswa berkomunikasi 3. Kemampuan untuk menghitung indeks bias dan sudut deviasi pada kaca plan paralel dan prisma. Jika sudut deviasinya 450. Katekunan siswa dalam bekerja c. Setiap nomor pada jenjang koqnitif mendapat nilai 2 x 5 = 10 b. berapakah sudut pembias prismanya? b.5 x 4 = 10 c. Tanggung jawab siswa 4. Psikomotorik 1. Ternyata sinar meninggalkan prisma dengan sudut bias 150.RPPcahaya pert.3 SMP NEGERI 2 BALUNG No Indikator Instrumen ( Butir Soal) gelombang cahaya di udara 7. Afektif 1. Penilaian Keterangan : a. Setiap nomor pada jenjang psikomotor mendapat nilai 2.200Ȧ.5 x 4 = 10 Total nilai 10+10+10 /3 = 10 10 . dari indeks bias udara? Menghitung sudut deviasi pada Seberkas sinar jatuh pada prisma prisma dengan sudut datang 300.

M.Subiki. 16 April 2011 Guru Pamong Guru Praktikan Iri Wahyoe.3 SMP NEGERI 2 BALUNG Balung.1950403 198701 1 001 Drs.RPPcahaya pert. S.070210192016 Kepala SMP Negeri 2 Balung DosenPembimbing Drs. M.1963 0725 199402 1 001 11 .W.Kes NIP.19720407 200701 2 015 Maya Wulandari NIM.Suroto.Pd NIP.Pd NIP.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful