Berdasarkan gambar, erepsin dihasilkan oleh organ yang berlabel... A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 Berikut ini adalah ciri-ciri sel : 1.

Bersifat Eukariotik 2. Memiliki vakuola 3. Memiliki dinding sel 4. Memiliki sentriol 5. Memiliki ribosom Sel hewan memiliki ciri-ciri antara lain .... 1, 2, dan 3 A. 1, 3, dan 4 B. 1, 4, dan 5 C. 2, 3, dan 4 D. E . 2, 3, dan 5

Soal: 56 Proses penyaringan dan penyerapan dari hasil metabolisme yang terakhir dilakukan di hati

A. E . Soal: 57 Dari eksperimen Stanley Miller hasil akhirnya terbentuk zat yang disebut…….Spindel dan seluruh isi sel agak memanjang Pembelahan sel di atas terjadi pada fase.. 1.Tiap-tiap kromosom menuju kutub yang berlawanan 3. asam asetat C. E . limpa C. ginjal D. . amonia D. asam nukleat B. asam amino A. usus besar B.. asam deoksinukleat Soal: 58 Pembelahan sel secara meiosis dengan ciri-ciri sebagai berikut.Kromosom homolog yang berada pada bidang equator bergerak dan memisahkan dari satu dengan yang lainnya 2.

E .. Interfase I Soal: 59 Perhatikan perkembangan metamorfosis kupu-kupu di bawah ini! Urutan metamorfosis yang benar adalah. Telofase I D. 1 4-3-2-1E 5 . 1-2-3-4A. 1 3-4-5-2D. . Anafase I B. Metafase I C. 5 3-4-2-5C.. 5 3-2-1-4B.Profase I A.

2. dan 3 adalah………. amilum. 1 dan 5 E. putik. Benang sari. protein. A. P. 2 dan 3 D.tangkai putik. 4 dan 5 C.. protein dan lemak B. ovari E. Putik. R. Tangkai putik. tangkai sari. 1 dan 2 Soal: 101 Perhatikan gambar bunga berikut ! Berdasarkan gambar tersebut yang bernomor 1. .. ovari C. benang sari. biji B. Tangkai sari. Q. glukosa dan lemak C. mengandung glukosa. ovari D. mengandung protein. dan vitamin A. benang sari.1 dan 4 B. mangandung amilum. glukosa.. lemak. ovarium Soal: 166 Berdasarkan data gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh. kepala sari.

protein. E. B. k mengangkut zat nutrisi ke seluruh jaringan tubuh A. . glukosa dan asam amino. lemak. P. mengandung amilum. x kontraksi dan y relaksasi B. mengandung protein. mengatur suhu tubuh C. C. E. E . D. menghantarkan rangsang ke organ-organ tubuh B. R. mengangkut sisa-sisa metabolisme ke alat-alat pengeluar D.D. mengedarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh Soal: 235 A. Kromosom bakteri dalam DNA manusia Gen yang memproduksi insulin ke DNA bakteri DNA virus ke dalam bakteri Gen virus ke dalam gen bakteri Soal: 173 Penyataan di bawah ini fungsi sistem transport pada manusia. dan asam amino alah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan…… DNA bakteri ke pankreas manusia A. blukosa.

Hanya (1). D. (2). x relaksasi dan y relaksasi D. Sistem organ pencernaan manusia di susun oleh organ-organ : 1. Manakah di bawah ini yang merupakan enzim yang mengubah protein.. A. mengendalikan pikiran dan perasaan E. usus halus 3. protease (3)pepsin. sistem endokrin. Hanya (4) betul. B. mulut . rektum 4. lipase A. Fungsi sistem saraf antara lain . mengatur keluar masuknya impuls saraf dari dan ke otak C. Hanya (2).x kontraksi dan y kontraksi C. kerongkongan 5.. menghubungkan otak dengan organ-organ tubuh D. (1)tripsin. x dan y kontraksi dan relaksasi Sistem koordinasi pada manusia terdiri atas sistem saraf.dan (4) betul.. lambung 2. dan (3) betul. dan (4) betul. (3). erepsin (2)anhidrase (4)katalase. Hanya (1). dan indera. dan (3) betul. mengendalikan emosi Makanan yang dimakan dapat dicernakan secara kimiawi dan mekanik dalam sistem pencernaan. (1). (2). E. mengatur perubahan alat-alat tubuh bagian dalam dengan cepat B.. C.. x relaksasi dan y kontraksi E.

. A.4. rongga perut mengecil B.3... 5. 5.. Pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat diukur A.2. rongga perut membesar E. rongga dada membesar D.3.4. Pertumbuhan tidak dapat dinyatakan dengan bilangan C. 5. .4. rongga perut membesar Pernyataan berikut yang membedakan pertumbuhan dan Perkembangan adalah…. rongga dada membesar C. 5.1. berekalasi.26 D.4. aktivitas otot antar tulang rusuk akan..1.6.4. 5. berelaksasi.1. berkontraksi.36 E.2.3. berelaksasi.26 C.16 Perbedaan mekanisme pernapasan perut dan pernapasan dada adalah pada waktu inspirasi. A. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan bilangan E.2.16 B. Pertumbuhan tidak dapat diukur B.3. Perkembangan hanya dapat dinyatakan dengan bilangan D. berkontraksi. anus Urutan organ-organ penyusunan sistem penceraan yang benar adalah .

Pertumbuhan tercepat terjadi pada daerah I dan II. E. Pembelahan sel tercepat terjadi pada daerah II. B. Pertumbuhan ditempat gelap lebih cepat D. A.. Gambar A = pada akar diberi garis mendatar dengan jarak yang sama. Auksin mempercepat pertumbuhan akar.Soal: 572 kambium B. 1 A.. Gambar B = kecambah setelah dua hari. felogen E. C. meristem C.. Hormon tumbuh banyak terkumpul pada keping Soal: 777 A. dermatogen Soal: 581 Gambar berikut ini menunjukkan perubahan yang terjadi pada akar kecambah. B. histogen D. Berdasarkan gambar di atas jaringan epitelium yang terdapat pada selaput lendir usus adalah . Berdasarkan gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa :…. 2 .

asetaldehid .piruvat .asetaldehid .etonal C.etonal .C. D.asetaldehid A.piruvat .laktat . E. Soal: 921 Gambar penampang bunga.etanol B. 1 dengan 6 A.laktat .glukosa .. Terbentuknya biji merupakan hasil peleburan antara nomor.asetaldehid .. laktat ... piruvat . 3 4 5 Soal: 778 Secara berurutan permentasi alkohol melibatkan senyawa. glokosa . etonal ..piruvat D. . glukosa .asetaldehid ..glukosa E .

. Hydrilla dan tabung reaksi A. B. 2 dengan 3 D. E . 2 dengan 5 Soal: 922 Perhatikan gambar eksperimen fotosintesis berikut ini! Berdasarkan gambar dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh dalam fotosintesis adalah. C. D..1 dengan 5 B.. 2 dengan 4 C. .

E .. karbohidrat dan lemak Soal: 924 Fungsi hormon adrenalin adalah sebagai berikut .. . dapat disimpulkan makanan tersebut mengandung . karbohidrat dan amilum C.. mengubah glikogen menjadi glukosa A. E ... amilum dan protein B.. Soal: 923 Perhatikan tabel hasil percobaan uji makanan terhadap suatu jenis makanan (X) berikut! Berdasarkan data di atas. karbohidrat dan protein A. amilum dan lemak D.. mengubah glukosa menjadi glikogen B.

penyerapan air C. gerakan protoplasma di dalam sel hidup C.menurunkan kadar glukosa dalam darah C.. meningkatkan denyut jantung A. daerah pemanjangan Soal: 1001 Perhatikan gambar sistem pencernaan di bawah ini... Bagian yang bertanda X menghasilkan getah yang mengandung enzim ... Erepsin D. Soal: 926 Gerak pada tumbuhan tergolong dalam gerak niktinasti adalah.. E . gerakan bakteri-bakteri ke arah adanya cahaya Soal: 976 Perhatikan gambar penampang membujur ujung akar di samping! Fungsi bagian akar nomor 2 adalah untuk. E.. A. gerakan daun putri malu jika di sentuh D. . gerakan membelok batang tanaman ke arah cahaya E. membentuk bulu akar B. melindungi jaringan di dalamnya D. daerah pendewasaan A... Pepsin B. menutupnya daun leguminoceae B.. Tripsin C. meningkatkan tekanan darah D.

Sekretin E.. Ptialin Soal: 1004 Gambar A dan B di atas menyatakan arah gerak tumbuhan jenis. B .. D . A . E .. fotonasti dan heliotropi positif fototaksis dan geotropi positif fotonasti dan fototaksis negatif fototropi dan geotropi negatif fototaksis dan geotropi negatif Soal: 1005 . C .

. E .Seorang siswa mengalami gangguan pencernakan makanan dengan gejala sukar membuang air besar. Sembelit. disebabkan infeksi kuman D.. disebabkan infeksi selaput rongga tubuh . Diare. Apendisitis. disebabkan kekurangan vitamin C C. disebabkan makananya kurang mengandung serat A. disebabkan keracunan makanan B. Gangguan ini disebut. Kolik.. Peritonitis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful