PEMENCARAN DAN PERPINDAHAN (MIGRASI) BANTUAN DAN PENGHALANG

Kelompok 2 : Defriyanto 3250408005 Dewi Agustina 3250408013 Megawati HDJ 3250408016 Novi Ike S 3250408060 Alif Nur S 3250408061

Di dalam alam hanya sebagian kecil bagian tubuh tumbuhan yang dapat dipancarkan. disebut diseminul (diaspora) yang tumbuh disuatu tempat dan melakukan migrasi. dan buah. Badan diaspora yang dipindahkan yaitu alatalat reproduksi seperti spora. yang sesungguhnya hanya dapat tercapainya dengan penghunian tetap ditempat yang baru. biji. .Pemencaran merupakan proses esensial yang mendahului migrasi.

berkembang biak dengan biji juga berkembang biak dengan cara pembentukan tunas.‡ Diaspora merupakan tumbuhan yang vegetatif atau tumbuhan yang tidak mengalami modifikasi. sehingga menjadi peluang perpindahan yang efektif. . ‡ Sebagian besar jenis tumbuhan yang terdapat di hutan daerah iklim sedang bagian bumi utara seperti ´cemaraµ. contohnya tumbuhan enceng gondok ‡ Tumbuhan yang sama akan menghasilkan lebih dari satu macam diseminul.

yang membawa penghembusan biji. khususnya spora cendawan dan bakteri. Angin membawa biji atau buah kelapisan atas udara bagi spora yang mikroskopik. buah atau seluruh tumbuhan diatas es didaerah Kutub Utara. . Angin dapat melakukan pemencaran mencapai jarak beratus-ratus mil. ‡ Contoh angin eksesional.PEMENCARAN OLEH ANGIN ‡ Angin merupakan hal yang penting dalam pemencaran tumbuhan yan berbeda-beda.

‡ Perbedaan sifat-sifat spora: a) Spora b) Biji c) Biji Berjumbai d) Buah Berjumbai e) Biji Bersayap f) Buah Bersayap g) Biji dan Buah Berambut Panjang h) Rumput Gulung (Rumput lomba-lomba) i) Lain Organ atau Lain Cara j) Lontaran .‡ Pemencaran merupakan hal yang sangat penting dalam perpindahan tumbuhan di daerah yang jauh seperti Kutub Utara.

dan tingkat perkrmbangannya pada satu diseminul. tumbuhan yang mengapung bebas seperti gulma itik (Lemna spp) . Contoh tumbuhan hidup di bawah permukaan air adalah Algae. tumbuhan tinggi seperti gulma air dari kanada Elodea canadensis.PENYEBARAN OLEH AIR DAN ES ‡ Bentuk tumbuhan yang sering dipencarkan oleh air yaitu bersifat akuatik. Syarat utama untuk penyebarannya yaitu adanya daya apung yang cukup dan impermeabilitas bagi air.

banjir dan danau d) Gunung es.Cara-cara utama pemencaran oleh air: a) Arus laut b) Sungai dan Selokan c) Penghanyutan oleh hujan. gumpalan es .

.

.

.

‡ Misal: a) Biji pohon bakau b) Buah Kelapa .PEMENCARAN DIBANTU OLEH AIR ‡ Darwin membuat tafsiran konservatif bahwa biji dari jenis tumbuhan dari setiap jenis flora setelah dikeringkan dapat mengapung melintasi lautan yang lebar 900 mil yang kemudian akan berkecambah.

PEMENCARAN OLEH HEWAN Cara pemencaran:  Pengangkuatan secara ekstozoik atau epizoik yaitu pengangkuatan biji tanaman dengan melekat atau menempel pada permukaan tubuh hewan.  Pengangkutan dengan cara endozoik yaitu pengangkutan biji tanaman dengan cara bijinya ditelan oleh hewan biasnya biji ini resisten terhadap proses pencernaan hewan. .

Hewan yang berperan dalam pemencaran : a) Burung b) Hewan Mamalia c) Hewan Rendah .

PEMENCARAN OLEH MANUSIA ATAU PERKEMBANG BIAKAN OLEH MANUSIA ‡ Pada dasarnya perkembang biakan suatu vegetasi melalui perantara manusia dengan dua sifat yaitu secara sengaja maupun tidak sengaja. kuda. dan kerbau atau pembuangan limbah sampah akan berperan sebagai penyebaran flora di suatu daerah. ‡ Pada umumnya perkembang biakan oleh manusia dengan benih-benih tanaman pertanian holtikultura yang telah diekspor maupun diimpor. Selain itu melalui pupuk organik dari sapi. . namun tanpa disadari bahwa dalam kumpulan biji benih tadi terdapat beragam biji gulma yabg ikut terbawa sehingga dapat berkembang biak di daerah tersebut.

‡ Faktor-faktor penghalang tersebut dibedakan menjadi 4 tipe: 1) Fisiografi 2) Iklim 3) Tanah 4) Makhluk hidup .PENGHALANG ‡ Tumbuhan tidak dapat berkembangbiak karena adanya penghalang terhadap pemencaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful