PROPOSAL PRAKTEK KERJA LAPANGAN

TINJAUAN PEMINJAMAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RSUD TANGERANG

Disusun Oleh : Taty Suhayati NPM: 08.303.136

POLITEKNIK PIKSI GANESHA JURUSAN REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN BANDUNG

2011 2 .

pelayanan rawat inap. Rumah sakit dapat memberi pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. yang mana dengan adanya bukti tertulis tersebut maka rekam medis yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan. bagian rekam medis. Rumah sakit adalah bagian yang penting di bidang kesehatan dan berperan dalam menunjang kelangsungan hidup masyarakat agar hidup sehat dan sejahtera. pelayanan ini bersifat dasar spesialistik dan sub spesialistik dengan menggutamakan sarana kesehatan dengan menyelenggarakan kesehatan secara merata dengan mengutamakan upaya penyembuhan penyakit dan pemulihan kepada masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. pelatihan. dan penelitian bagi para tenaga kesehatan. pelayanan. pelayanan gawat darurat. dengan tujuan upaya penunjang tertib administrasi dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan rekam medis. di rumah sakit mempunyai beberapa ruang baik untuk pengobatan. informasi. Rekam medis merupakan bukti tertulis mengenai proses pelayanan yang diberikan kepada pasien oleh Dokter dan tenaga kesehatan lainnya.PROPOSAL PRAKTEK KERJA LAPANGAN JURUSAN REKAM MEDIS DAN INFORMATIKA KESEHATAN (ARM) POLITEKNIK PIKSI GANESHA A. Rekam medis diartikan suatu dokumen yang berisi catatan mengenai identitas pasien. pelayanan rujukan yang mencakup pelayanan rekam medis dan penunjang medis serta dimanfaatkan untuk pendidikan. pemeriksaan pengobatan tindakan dari rekam medis lain pada 3 . Latar Belakang Rumah Sakit mempunyai fungsi dan tujuan sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan berupa pelayanan rawat jalan.

dan administrasi Gawat Darurat dan lain-lain termasuk didalamnya adalah pengelolaan berkas Rekam Medis pasien secara baik. kebutuhan seorang tenaga rekam medis memegang peranan penting dalam pemberian informasi yang bermanfaat bagi pasien dan lembaga kesehatan pada umumnya. Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh seorang tenaga administrasi Rekam Medis adalah dalam penanganan administrasi Rawat Jalan. selama diberikan pelayanan di rumah sakit baik rawat jalan. Rawat Inap. Kebutuhan praktis dari suatu Rumah Sakit atau Instansi Kesehatan sangat di butuhkan sebagai bekal dan pengalaman bagi mahasiswa. mulai dari berkas pendaftaran sampai dengan penyimpanan dan penemuan kembali berkas Rekam Medis untuk kepentingan pengambilan keputusan. sehingga secara otomatis rekam medis mempunyai peran yang sangat penting demi kelangsungan dan perkembangan rumah sakit yang berkaitan rekam medis ini. rawat inap maupun gawat darurat. PKL (Praktek Kerja Lapangan) Di Rumah Sakit Dengan Melakukan tugas-tugas urusan rekam medis. sesuai dengan pedoman penyelenggaraan pendidikan. rawat jalan.sarana kesehatan yang dicatat secara berkesinambungan. Rekam medis adalah satu bagian yang ada di suatu rumah sakit. dapat mengetahui lebih jauh tentang konsep dasar pada rekam medis. Mahasiswa yang melaksanakan PKL diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif guna membantu tugas dan kelancaran 4 . kerja. Dewasa ini. Oleh karena itu. tidak hanya melayani pasien semata tetapi masih banyak hal-hal yang harus dikerjakan oleh rekam medis. maka diwajibkan kepada seluruh jurusan Rekam Medis untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Rumah Sakit/Puskesmas/Balai kesehatan dan lembaga kesehatan lainnya.

Memberikan bekal pengetahuan tentang etika profesi. Visi Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (ARM) Politeknik Piksi Ganesha Bandung: “ Menjadi Program Studi yang mampu menjawab tantangan di era globalisasi dan menghasilkan sumber daya manusia profesional dalam bidang Rekam Medis dan Informatika Kesehatan. maka penulis mengajukan permasalahan “Bagaimana prosedur dan Peminjaman Rekam Medis di RSUD Tangerang?” 5 . 3. Misi Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (ARM) Politeknik Piksi Ganesha Bandung: 1. kewirausahaan dan administrasi kesehatan. D.B. Memberikan pengetahuan aplikasi komputer dan pemograman sistem informasi rumah sakit serta berketerampilan bahasa asing. 2. Memberikan bekal ilmu yang bermanfaat dalam bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah diuraikan di atas.” C. Mengasilkan lulusan yang professional dalam bidang Rekam Medis dan informasi kesehatan yang mampu bersaing di sektor jasa kesehatan. 4.

Mengetahui dan memahami prosedur administrasi Unit Gawat Darurat. E. Mengetahui dan memahami pengolahan data komputer Rekam Medis yang baik dan benar. Bagi Penulis Adapun manfaat bagi penulis antara lain: a.E. 6 . 6. Meningkatkan kegiatan kemampuan dan keterampilan sehingga siap untuk terjun dalam dunia kerja. 2. Mengetahui dan memahami tugas dan pekerjaan administrasi di RSUD Tangerang. b. prosedur/alur Rekam Medis. penomoran. 3. penyimpanan dan penemuan kembali berkas Rekam Medis. Mengembangkan kemampuan secara nyata dan dapat menambah pengalaman. Mengetahui kegiatan dan kedisiplinan kerja yang ada pada dunia nyata. Mengetahui dan memahami hal-hal yang berkenaan dengan bidang administrasi Rekam Medis mulai dari berkas pendaftaran pasien. c. Manfaat Praktek Kerja Lapangan (PKL) Adapun manfaat diadakan praktek kerja lapangan (PKL) adalah : 1. Tujuan Penelitian Adapun Tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dari pelaksanaan PKL adalah sebagai berikut : 1. 4. Mengetahui dan memahami prosedur administrasi Rawat Inap. 5. Mengetahui dan memahami prosedur administrasi Rawat Jalan.

Dapat memberikan usulan dan pertimbangan dalam melaksanakan tugas bagi karyawan Rekam Medis di RSUD Tanggerang. Data Primer Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian sebagai sumber informasi yang dicari (Syaifuddin Azwar. 3. b. Sebagai bahan pertimbangan dan masukan untuk evaluasi kekurangan-kekurangan dan instansi dalam pembekalan mahasiswa. 2007: 91).2. surat kabar. tidak langsung diperoleh oleh peneliti dari subjek penelitinya (Syaifuddin Azwar. Metode Penelitian 1. Dalam hal ini adalah hasil wawancara dengan bagian rekam medis. Sumber Data a. Mampu mempersiapkan lebih matang terhadap pembekalan mahasiswa. F. 2007: 91). Bagi tempat PKL (Rumah Sakit) Adapun manfaat bagi rumah sakit antara lain : a. b. Data Sekunder Data sekunder adalah data yang diperoleh lewat pihak lain. Dalam hal ini berasal dari buku. Dapat memberikan masukan bagi pelayanan yang lebih baik bagi petugas rekam medis b. 7 . majalah. Bagi instansi pendidikan Adapun manfaat bagi instansi pendidikan antara lain : a. internet yang berhubungan dengan Rekam Medis di RSUD Tanggerang.

2. 2005: 93) c. 3. Metode Observasi Metode observasi adalah suatu prosedur yang berencana antara lain meliputi (pengamatan) dan mencatat jumlah serta taraf aktivitas tertentu yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti (Notoatmodjo Soekidjo. Metode Wawancara Metode wawancara adalah metode atau cara pengumpulan data serta sebagai informasi dengan jalan menanyakan langsung kepada seseorang yang dianggap ahli dalam menyelesaikan suatu permasalahan (Bawono Antoni. 2006: 30). Jenis Penelitian Dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang diartikan untuk menganalisa data tersebut dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya untuk dapat disajikan dalam bentuk sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh pembaca (Kuncoro Mudrajad. Metode Pengumpulan Data Adapun metode yang penulis gunakan dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut: a. 2005: 93). 8 . Studi Kepustakaan Studi kepustakaan adalah suatu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan pencarian data-data yang berhubungan dari berbagai sumber pustaka untuk kelengkapan data yang dibutuhkan (Notoatmodjo Soekidjo. b. 2003: 124).

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN Dalam bab ini berisi tentang hasil kegiatan praktek dan pembahasan obyek yang kami lakukan. pengertian Peminjaman. visi dan misi rumah sakit. tujuan dan kegunaan rekam medis. fasilitas. BAB III TINJAUAN UMUM Dalam bab ini akan diuraikan mengenai gambaran umum rumah sakit umum daerah Tanggerang (RSUD Tangerang). manfaat penelitian. perumusan masalah. rekam medis dan kesehatan sebuah rumah sakit. rencana strategis rumah sakit. metode penelitian dan sistematika penulisan. pengertian rekam medis. BAB II TINJAUAN TEORI Dalam bab ini diuraikan tentang pengertian rumah sakit. 9 . Sistematika Penulisan Untuk memudahkan pemahaman laporan semester dan tugas akhir. prosedur Peminjaman Rekam Medis dan sistem Peminjaman Rekam Medis. alur rekam medis dan staf rekam medis. ditulis dengan sistematika sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah.G. jenis layanan serta informasi lain seputar rumah sakit. sistem penyimpanan rekam medis.

10 .BAB V PENUTUP Dalam bab ini berisi tentang kesimpulan dari kegiatan yang penulis lakukan dan beberapa saran yang mungkin diperlukan peserta (PKL) Praktek Kerja Lapangan yang akan datang membaca laporan semester dan Tugas Akhir ini.Telp : 085715217083 I. Mauk Kab.Tangerang No. Peserta / Mahasiswa PKL Peserta/ Mahasiswa yang melaksanakan PKL adalah mahasiswa jurusan Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Program DIII Politeknik Piksi Ganesha Bandung. DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN H.006/002 Kec. dimulai tanggal 21 Februari – 21 April 2011 atau sesuai dengan kesibukan tempat PKL. Desa Gunung Sari RT. lembaga menetapkan jangka waktu Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 50 hari kerja atau selama kurang lebih 2 (dua) bulan. Nama NPM Alamat : Taty Suhayati : 08303136 : Kp. Teknis dan Jangka Waktu Praktek Kerja Lapangan (PKL) Praktek kerja lapangan (PKL) sebagai salah satu syarat akademik untuk memenuhi tugas akhir di POLITEKNIK PIKSI GANESHA BANDUNG juga sekaligus untuk meningkatkan kemampuan praktis di lapangan.Gunung Sari. Oleh karena itu.

Penilaian dilakukan secara langsung oleh pejabat atau pembimbing lapangan yang ditunjuk di tempat praktek melalui lembar penilaian hasil PKL yang telah disediakan oleh POLITEKNIK PIKSI GANESHA BANDUNG. Penilaian dilakukan secara individual atau setiap mahasiswa yang melaksanakan praktek. Penilaian ini juga merupakan alat monitor untuk mengetahui laporan kemajuan (progress report) selama mahasiswa melaksanakan PKL.J. Penilaian dan Evaluasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) Agar pelaksanaan PKL dapat meningkatkan mutu pendidikan dilapangan maka diperlukan adanya penilaian hasil PKL. Adapun penilaiannya sebagai berikut : No 1 2 3 4 5 6 7 8 Jenis Penilaian Kehadiran Penilaian / Etika Berpakaian Disiplin Kerja Inisiatif Adaptasi dengan Lingkungan Kerja Tanggung Jawab Kerja Keterampilan Kerja Ketekunan Kerja Jumlah Nilai Keseluruhan Nilai Rata – Rata Nilai 11 . Lembar penilaian bersifat rahasia (tidak perlu diketahui mahasiswa) agar lebih objektif serta diserahkan melalui mahasiswa yang bersangkutan kepada lembaga dengan amplop tertutup.

12 . kamis. dan simpati serta bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan di tempat praktek.K. Beretika sopan. ramah. Mengenakan kartu identitas (ID Card) yang telah disediakan Lembaga atau Tempat Praktek. melaksanakan praktek kerja yang diketahui oleh pejabat/ pembimbing lapangan yang berwenang. Mengisi daftar hadir yang disediakan oleh lembaga setiap kali. sabtu selama melaksanakan PKL. Ketentuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) 1. 5. mahasiswa wajib membuat hasil laporan PKL yang dapat dikonsultasikan dengan pejabat/ pembimbing lapangan atau oleh Dosen Pembimbing yang telah ditentukan dan kemudian diwajibkan untuk mempresentasikan hasil PKL di kampus. 2. Setelah melaksanakan PKL. Mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku ditempat PKL. 4. Berpakaian seragam praktek kerja jurusan ARM setiap hari selasa. 6. 3.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.