PERMAINAN MONOPOLI BERULAR UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS III SD SEMERSTER 2

Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pembelajaran Membaca-Menulis yang dibimbing oleh Bapak Nurhadi

Oleh: Danang Yulid Riadi (107211410512)

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS SASTRA JURUSAN SASTRA INDONESIA

intonasi. Unsur yang tersembunyi di balik bangun struktur disebut dengan istilah lapis makna. bait e. Unsur Dasar dalam Menganalisis Puisi Sebagai suatu totalitas yang dibentuk oleh unsur intrinsik tertentu. dan ekspresi yang tepat Indikator : . Unsur tersebut meliputi: a. puisi dapat dibagi dalam beberapa lapis yang meliputi hal-hal berikut.Mampu membaca puisi dengan lafal. bunyi b. SASTRA INDONESIA DAN DAERAH April 2010 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SD/MI : SDN Panggungrejo 1 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : III/2 Pertemuan ke:1 Alokasi Waktu : 30’ Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi Kompetensi Dasar : Membaca puisi dengan lafal.Mampu memahami isi puisi . intonasi. larik atau baris d. sebuah puisi yang lahir dari tangan penyair atau Anda sendiri adalah curahan hati yang menggambarkan suasana batin. Struktur Puisi Bangun struktur puisi adalah unsur pembentuk puisi yang dapat diamati secara visual.Mampu mengidentifikasi puisi . Oleh sebab itu. dan ekspresi yang tepat A. kata c. Ia mencipta dengan penuh perenungan dan ekspresi hati paling dalam.PENDIDIKAN BAHASA. tipografi Bangun struktur disebut sebagai salah satu unsur yang dapat diamati secara visual karena dalam puisi juga terdapat unsur-unsur yang hanya dapat ditangkap lewat kepekaan batin dan daya kritis pikiran pembaca. Materi Pelajaran Puisi sebenarnya adalah hasil karya seseorang yang menciptakan dunianya tersendiri. Unsur lapis makna ini sulit dipahami sebelum memahami bangun strukturnya terlebih dahulu. .Mampu menjawab pertanyan tentang puisi . Unsur tersebut pada dasarnya merupakan unsur yang tersembunyi di balik apa yang dapat diamati secara visual.

Tema adalah ide dasar dari suatu puisi yang menjadi inti dari keseluruhan makna puisi. Dalam analisis puisi. Hasil rangkuman dari keseluruhannya itu akan membuahkan totalitas makna dalam suatu puisi. f. kesedihan. atau berbagai macam sikap lainnya sejalan dengan keanekaragaman sikap manusia dalam menyikapi kenyataan yang dihadapinya. Hal ini berbeda dengan sense yang hanya memberikan gambaran secara umum saja kepada pembaca. Penentuan totalitas makna puisi didasarkan atas pokok-pokok pikiran yang ditampilkan penyair. Ini karena tema hanya dapat diambil dengan jalan menyimpulkan dasar yang terdapat di dalam totalitas makna puisi. Hal itu disebut tidak sama dengan pandangan moral maupun amanat. pembaca akan menampilkan pertanyaan. Tema berbeda dengan pandangan moral meskipun tema itu dapat berupa sesuatu yang memiliki nilai rohaniah. Dalam rangka menganalisis feeling dan tone pada suatu puisi. masa bodoh. Adapun pandangan moral atau message dapat saja berada di dalam butir-butir pokok pikiran yang ditampilkannya. Oleh sebab itu. menggurui. semangat. Pokok-pokok pikiran apa yang diungkapkan. dalam analisis lapis makna puisi. e. contohnya sewaktu Anda berbicara masalah cinta maupun tentang cinta itu sendiri kepada kekasih Anda. subject matter berhubungan dengan satuan-satuan pokok pikiran tertentu yang secara khusus membangun sesuatu yang diungkapkan penyair. Hal itu mungkin saja terkandung dalam lapis makna puisi sejalan dengan terdapatnya pokok pikiran dalam puisi. bidang cakupan tema lebih luas daripada pandangan moral maupun message. Tone adalah sikap penyair terhadap pembaca sejalan dengan pokok pikiran yang ditampilkannya. Feeling adalah sikap penyair terhadap pokok pikiran yang ditampilkannya. B. pada dasarnya akan berhubungan dengan gambaran dunia atau makna puisi secara umum yang ingin diungkapkan penyairnya. Jika sense berhubungan dengan gambaran makna dalam puisi secara umum. Dengan kata lain. sikap penyair terhadap pokok pikiran. Subject matter adalah pokok pikiran yang dikemukakan penyair lewat puisi yang diciptakannya. Hal yang demikian mungkin saja terjadi. keriangan. Totalitas makna adalah keseluruhan makna yang terdapat dalam suatu puisi. pembaca akan berhubungan dengan upaya pencarian jawaban atas pertanyaan. Bagaimanakah sikap penyair terhadap pokok pikiran yang ditampilkannya? Serta bagaimanakah sikap penyair terhadap pembaca? Jawaban yang diperoleh mungkin akan berupa sikap keterharuan.a. akan berbeda dengan sewaktu Anda berbicara kepada teman. serta sikap penyair terhadap pembaca. sejalan dengan sesuatu yang secara umum dikemukakan penyairnya? c. d. "Apa yang ingin dikemukakan penyair lewat puisi yang diciptakan ini?" b. keberadaan makna tersebut akan membuahkan pertanyaan. Terdapatnya sense atau makna dalam suatu puisi. Metode Pembelajaran Permainan monopoli berular .

Siswa membaca puisi berdasarkan permainan monopoli berular Kegiatan penutup a. siswa bersama guru menyimpulkan pelajaran apa yang telah didapatkan b. dan manfaat yang akan diperoleh siswa Kegiatan inti a. Guru menyiapkan permainan monopoli berular b.Buku ajar Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia 1 E. menyiapkan media dan sumber belajar b. guru menyampaikan apresepsi atau pengantar pelajaran yang akan diajarkan c. Guru membimbing siswa dalam bermain monopoli berular e. Siswa melakukan permainan monopoli berular d. Langkah-langkah Pembelajaran Kegiatan Kegiatan awal a.Teks puisi . guru memberikan tugas sebagai tindak lanjut Waktu 5’ 20’ 5’ D.C. guru menanyakan kesan selama pelajaran berlangsung c. Siswa sebelumnya sudah membentuk kelompok dan bersiap melakukan permainan monopoli berular yang telah dirancang guru c. mengkondisikan siswa untuk siap belajar. doa. guru membuka pelajaran dengan salam pembuka. absen Intonasi Nama Siswa Lafal Ekspresi . No. presensi siswa.Permainan monopoli berular . guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Alat/Bahan/Sumber Belajar . Penilaian Meliputi semua kegiatan siswa selama pelajaran berlangsung dan meliputi keaktifan siswa dalam melakukan permainan monopoli berular.

c. b.. Aspek intonasi Siswa membaca puisi dengan intonasi yang sesuai Siswa membaca puisi dengan intonasi yang kurang sesuai Siswa membaca puisi dengan intonasi yang tidak sesuai • a. B. e.1 2 3 1 2 3 1 2 3 Kriteria Penilaian • a.10721141051 . b. • d. Mengetahui Kepala SDN Sukorejo Guru Kelas Nuryadi... f. A NIP.130983620073 Danang Yulid Riadi NIP. c. Aspek pelafalan Siswa membaca puisi dengan lafal yang sesuai Siswa membaca puisi dengan lafal yang kurang sesuai Siswa membaca puisi dengan lafal yang tidak sesuai Aspek ekspresi Siswa membaca puisi dengan ekspresi yang sesuai Siswa membaca puisi dengan ekspresi yang kurang sesuai Siswa membaca puisi dengan ekspresi yang tidak sesuai :3 :2 :1 :3 :2 :1 :3 :2 :1 :9 Skor Maksimum Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut: Perolehan Skor Nilai akhir = ---------------------------Skor Maksimum (9) X Skor Ideal (100) = ..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful