N2/O2/H2 DUAL-PUMP CARS: PERCOBAAN PENGESAHAN

ABSTRAK Dual-pompa anti-Stokes koheren Raman spektroskopi (CARS) digunakan untuk mengukur suhu dan spesies relatif kepadatan N2, O2 dan H2 dalam dua percobaan. nilai rata-rata dan rootmeansquare (RMS) penyimpangan ditentukan. Berarti pengukuran suhu pada tungku yang berisi udara antara 300 dan 1800 K setuju dengan termokopel pengukuran dalam 26 K rata-rata, sementara rata fraksi mol setuju untuk dalam 1,6% dari yang diharapkan nilai. Standar suhu pengukuran deviasi rata-rata 64 K sedangkan standar deviasi fraksi mol spesies rata-rata 7,8% untuk O2 dan 3,8% untuk N2, berdasarkan pengukuran tunggal 200-shot. pengukuran awal juga telah dilakukan di burner datar-api untuk api bahan bakar-ramping dan bahan bakar kaya. Standar deviasi suhu 77 K diukur, dan rasio H2 untuk N2 dan O2 untuk N2 masing-masing memiliki standar deviasi dari rata-rata nilai 12,3% dan 10% dari rasio yang diukur.
PENDAHULUAN Secara historis, kombinasi dari satu dimensi perhitungan, model semi-empiris, dan hasilnya percobaan demonstrasi teknologi telah digunakan untuk merancang ramjet pembakaran supersonik (scramjet) mesin yang akan kekuatan ruang hipersonik masa depan kendaraan. Baru-baru ini, sepenuhnya tiga dimensi komputasi dinamika fluida (CFD) kode ini bukan sedang used.1 Arus turbulen ini, bereaksi, dan memiliki wilayah besar pembalikan aliran. Mereka menunjukkan shock gelombang, interaksi shock-batas lapisan, dan lainnya efek kompresibilitas. Karena kerumitan ini, menyederhanakan banyak asumsi biasanya dibuat untuk membuat kode komputer cukup cepat untuk praktis mesin desain. Untuk efisiensi komputasi, RANS (Waktu rata-rata) bentuk persamaan Navier-Stokes digunakan. Ini membutuhkan pengenalan empiris model-model untuk turbulensi. Mekanisme kimia dalam kode CFD disederhanakan, dan kimia-turbulensi interaksi sering diabaikan sama sekali. Sayangnya, banyak aspek dari model yang digunakan dalam kode ini sebagian besar belum teruji karena kurangnya,

Sistem seperti ini akan mampu untuk menghasilkan statistik korelasi penting. Sebuah sistem pengukuran yang secara bersamaan dapat mengukur beberapa atau semua sifat ini pada satu titik di alirannya terutama dicari.2. Spektrum ini dapat muat pada komputer dengan model teoritis untuk menentukan suhu Dual-pompa CARS teknik yang digunakan dalam arus bekerja bukan menggunakan satu kuning dan satu pompa hijau balok. Aliran data lapangan yang akurat diperlukan untuk memvalidasi ada model dan untuk mengembangkan baru ones. murni-rotasi beberapa Raman transisi H2 hadir di wilayah ini spektral sebagai . temperatur dinding dan dorong. Sinar merah yang sama broadband digunakan seperti pada konvensional CARS N2 broadband.dan kesulitan dalam memperoleh. Kebetulan. 3 Konvensional CARS4 N2 broadband menggunakan dua hijau spektral-sempit balok sebagai balok pompa dan satu spektrum-luas merah balok seperti balok Stokes. spesies utama konsentrasi. Jadi. dan kecepatan. tidak mengganggu optik untuk sekaligus mengukur suhu dan relatif fraksi mol N2. Kami telah menggunakan dual-pompa anti-Stokes koheren Raman spektroskopi (MOBIL) method. Meskipun database terbatas flowfield pengukuran dalam mesin scramjet ada. Perbedaan frekuensi antara hijau dan merah balok biasanya berkaitan ke pergeseran Raman getaran N2. Ini korelasi sangat penting untuk menentukan yang banyak koefisien dalam model turbulensi. flowfield kuantitatif pengukuran. seperti suhu-spesies korelasi. yang dihasilkan CARS biru spektrum berisi spektrum N2 dan O2. paling sebelumnya perbandingan antara percobaan CFD dan telah terbatas pada tekanan dinding. Intensitas relatif dari kedua spektrum ini memberikan ukuran relatif fraksi mol N2 dan O2. O2 dan H2.1 Yang paling diinginkan pengukuran adalah suhu. Makalah ini membahas serangkaian percobaan kalibrasi bertujuan mengkarakterisasi sistem. The CARS sinyal kemudian balok biru spektrum yang luas yang berisi N2 yang spektrum. Frekuensi pompa sinar kuning dipilih sehingga frekuensi perbedaan antara kuning dan merah sama dengan sebuah balok Raman getaran resonansi dari O2. suhu kecepatan korelasi dan korelasi spesies-kecepatan.

. Beberapa metode yang berbeda telah diusulkan untuk pengukuran simultan multiple spesies menggunakan CARS.5 Metode ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan MOBIL vibrasi dilakukan di sini. berdasarkan diukur spesies.4 Metode ini termasuk dual-Stokes getaran CARS teknik di mana dua yang berbeda broadband balok digunakan untuk berinteraksi dengan dua hijau pompa balok. Spektra Ini juga diukur di masa sekarang percobaan. Kerugian utama dari dual-pompa CARS metode adalah bahwa hal itu menghasilkan lebih rendah sinyal intensitas dari CARS konvensional dengan faktor empat atau lebih. menghasilkan dua CARS spasial yang dipisahkan sinyal balok. Meskipun tidak dilakukan di makalah ini. di sisi lain.baik. Pada Sebaliknya. Ini menghilangkan kebutuhan dan kesalahan yang terkait dengan energi laser--pulsa pengukuran dan kalibrasi detektor. karena degenerasi dari hijau pompa balok telah dihapus. Penurunan dalam sinyal biasanya tidak dapat diatasi dengan sewenang-wenang meningkatkan kekuatan laser karena kejenuhan terkenal efek yang terjadi pada kekuasaan yang lebih tinggi. sehingga fraksi-fraksi mol relatif N2. Metode lain yang digunakan untuk mengukur O2 dan N2 bersamaan adalah murni-rotasi CARS. adalah mungkin untuk membuat asumsi tentang kimia untuk memperkirakan fraksi mol H2O. memungkinkan baik pemisahan O2. Dualpump The Metode MOBIL. balok kesegarisan dan semuanya dikumpulkan pada detektor yang sama. murni rotasi CARS spektrum dapat menjadi sangat rumit dengan banyak spesies tumpang tindih dalam spektrum diukur. N2. dualpump CARS telah digunakan dengan sukses oleh beberapa penulis arus bereaksi berkecepatan tinggi. Namun demikian. Berdasarkan asumsi. Metode ini mengharuskan pengukuran semua tiga laser intensitas dan kalibrasi hati-hati dari beberapa detektor untuk menentukan spesies fraksi mol dari intensitas sinyal relatif. dual-pompa CARS metode menggunakan laser tiga sama balok untuk menghasilkan sinyal balok dari ketiga berbeda molekul. O2 dan H2 dikuantifikasi. dan spektrum H2 sehingga spektral tumpang tindih diminimalkan. tapi dalam aliran rumit lingkungan yang mengandung banyak spesies. Sinyal. mutlak mol fraksi dari empat spesies utama hidrogen pembakaran dapat ditentukan.

Kita koreksi kesalahan pada opsi gridding adaptif yang digunakan untuk mempercepat kode. karena sesuai dengan parameter tambahan O2 dan H2 mol fraksi. Jadi. Namun. Kami meningkat ukuran array untuk memungkinkan komputasi yang lebih besar daerah spektral dari sebelumnya mungkin. Livermore. O2. Peningkatan dalam ukuran array diperlambat pelaksanaan program tetapi diperlukan untuk menghitung N2. O2. khususnya. mempersulit analisis karena hidrogen spektral garis agak sempit. dan H2) cepat-pas unmanageably perpustakaan besar. Kami membuat beberapa modifikasi yang signifikan terhadap CARSFIT program untuk pekerjaan saat ini. N2. CA. Penggunaan injeksi-unggulan laser YAG di experiment2 mereka juga pengukuran presisi meningkat dibandingkan dengan menggunakan . aplikasi saat ini dual-pompa CARS secara signifikan lebih menantang. spesies mol pecahan dan pergeseran horizontal dalam spektrum untuk rekening untuk efek kemudi balok dalam percobaan yang menyebabkan balok sinyal untuk bergerak di detektor. menghilangkan perhitungan satu konvolusi dan dengan demikian meningkatkan kecepatan perhitungan untuk setiap spektrum dihitung. Beberapa parameter bebas disesuaikan untuk memungkinkan paling cocok untuk diperoleh. Akhirnya. kita telah menggunakan pas CARSFIT's internal algoritma. digunakan agar sesuai dengan data menentukan fraksi suhu dan spesies mol. dengan menggunakan metode kuadrat terkecil. dan H2 secara bersamaan. Dalam pekerjaan sebelumnya kami menggunakan CARSFIT untuk menghasilkan perpustakaan Spektra untuk berbagai nilai suhu dan N2 konsentrasi. Ini termasuk suhu. untuk saat ini bekerja. ini juga membuat 4 dibutuhkan dimensi (suhu.Pemodelan Teoritis MOBIL Spectra Program CARSFIT. sedangkan masih bisa cukup menyelesaikan rotasi hidrogen baris. yang tidak menjamin minimum global dalam metode kuadrat terkecil pas. versi dual-pompa CARSFIT dijelaskan di work3 sebelumnya diasumsikan bahwa balok pompa hijau adalah monokromatik. Kami juga direkompilasi kode untuk dijalankan dengan LINUX untuk memfasilitasi proses batch data. Selain memperlambat perhitungan ke bawah. yang dikembangkan di Sandia Nasional Laboratorium. Kehadiran H2. menyebabkan kode spektral untuk meningkatkan jumlah titik perhitungan secara dramatis (oleh lebih dari urutan besarnya). Ini program menghitung Spektrum MOBIL teoritis dan membandingkannya dengan spektrum eksperimen untuk menentukan paling cocok.

5 GHz dual-prosesor Pentium IV operasi komputer di Linux. Dengan menjalankan beberapa salinan kode pada 20 node yang berbeda dari sebuah komputer Beowulf cluster. Kami telah mengadaptasi kode CARSFIT untuk memungkinkan tambahan konvolusi untuk linewidth-terbatas hijau pompa balok untuk pekerjaan saat ini. pewarna konvensional operasi laser broadband di 607 nm dipompa oleh 250 mJ cahaya hijau dari YAG tersebut. Kami sedang bekerja untuk meningkatkan algoritma optimasi sehingga lebih sedikit spektral perhitungan yang diperlukan untuk secara akurat menentukan terbaik-fit parameter. mengurangi waktu yang diperlukan agar sesuai dengan spektra. Para lineshape dari laser broadband adalah baik diwakili oleh ganda Gaussian. menunjukkan MOBIL kepekaan dengan r bagian real dan imajiner dan i. Ini adalah tujuh convolutions. Solusi berisi zat warna Rhodamin 640 dye laser di metanol.dari laser diunggulkan. seperti yang digunakan dalam arus bekerja. kami dapat mempercepat pengolahan seluruh set data. yang telah meningkatkan kode's waktu eksekusi. yang berisi N2 dan O2 membutuhkan sekitar 20 detik untuk menghitung. PERCOBAAN Dual-pompa CARS sistem menggunakan diunggulkan frekuensi-dua kali lipat Nd: YAG laser (Spectra Fisika DCR-4) yang menghasilkan sekitar 550 mJ per pulsa di 532 nm. O2 dan / atau H2 pada kondisi api menggunakan 1. dengan yang lebih kecil dan lebih luas Gaussian diperlukan untuk . dan tentang dua menit diperlukan untuk menghitung satu spektrum mengandung N2. G1 dan G2 merupakan lineshapes laser kesatuan-dinormalisasi pompa balok 1 dan 2 masing-masing. Buatan sendiri A. The konvolusi digunakan dalam perhitungan spektrum tungku dan api mengambil bentuk di mana saya menunjukkan intensitas laser. Output dari laser YAG dibagi tiga cara. dilambangkan dengan simbol . Durasi pulsa adalah sekitar 10 ns dan yang Tingkat pengulangan adalah 10 Hz. Ini adalah dua tambahan convolutions dalam istilah-silang yang tidak dihitung jika pompa monokromatik 1 diasumsikan. meskipun pada substansial komputasi biaya. dan gd mewakili instrumen kesatuan-normalisasi fungsi respon untuk sistem deteksi. utama Gaussian memiliki lebar sekitar 150 cm-1. Fitting 200 spektra udara pada 1500 K diperlukan sekitar 33 jam. Sekitar 80 mJ digunakan sebagai sinar hijau pompa untuk CARS. Menggunakan diubah CARSFIT spektrum.

Lambda Physik merekomendasikan memasukkan cermin ke kisi ruang untuk mencegah refleksi kedua dari pengukuran. FL3002) yang telah dikonversi dari excimer memompa ke YAG pemompaan.memadai model sayap profil. Ini modifikasi. dengan hijau dan merah balok tumpang tindih. untuk mencegah kerusakan grating mungkin. terutama ketika spektrum termasuk garis H2 kuat di kawasan spektral. dan FWHM panjang 1. back-illuminated. CCD kamera (Pixel Visi. FL3002 The sinar laser osilator dye biasanya mencerminkan dua kali dari kisi sebelum diteruskan ke amplifier. Selama proses mengkonversi FL3002 untuk memompa dengan laser YAG. dan mengukur MOBIL N2 sinyal volume menyelidik itu dilalui di nitrogen lembar. SV11CBJ). Hijau dan merah balok digabungkan menggunakan dichroic cermin. diukur dengan melintasi volume probe di tipis planar jet gas nitrogen. menyebabkan tingkat ASE untuk meningkat nyata. namun. Ini diperlukan untuk memastikan normalisasi yang tepat dalam sayap spektrum. Geometri Planar gerbong boks fase-matching digunakan. diukur dengan melintasi ujung pisau di fokus dari ketiga balok. 200 mJ digunakan untuk pompa pewarna narrowband 574-nm laser (Lambda Physik. Volume probing terbentuk di persimpangan dari tiga balok memiliki FWHM diameter minimum 130 pM. Dua lensa silindris memberikan fokus horizontal tajam di keluar spektrometer untuk resolusi spektral tinggi. A 410-mm focal-length kedua lensa dikumpulkan dan collimated input tiga balok serta biru CARS sinyal balok di 491 nm. Wilayah 330-pixel itu binned menjadi tiga baris terpisah dan kemudian membaca keluar untuk memungkinkan . Ini balok biru kemudian diarahkan ke spektrometer satu meter (McPherson) dengan alur 1200 / mm grating.8 mm. Ketiga balok kemudian berlalu melalui lensa bola memiliki panjang fokus 410 mm. Dua dichroic cermin yang efisien tercermin biru sedangkan transmisi kuning cahaya yang disusun dalam konfigurasi multi-refleksi untuk mengisolasi sinyal sinar biru. Akhirnya. The sinyal ditangkap pada 1100x330 pixel nonintensified. Yang kedua refleksi digunakan untuk mengurangi laser's diperkuat spontan emisi (ASE). dikelilingi oleh 30-mmdiameter jet argon. Tambahan rincian tentang komponen di atas dari sistem laser dapat ditemukan dalam referensi 8.

O2 atau H2 resonansi menyediakan bukti normalisasi miskin. menyediakan normalisasi memuaskan. Lubang kecil di tabung memungkinkan sinar laser melewati. spektrum nonresonant telah bergeser oleh mata atas dasar run-by-lari. Pengukuran lainnya adalah dilakukan untuk menentukan spektrum laser broadband. Spektrum sinyal background-dikoreksi dibagi oleh background-dikoreksi spektrum nonresonant untuk menghapus bentuk laser dye broadband dari CARS sinyal spektrum. kemudian beralih spektrum nonresonant sampai kemiringan sisa antara spektra dinormalisasi dan teoritis dalam wilayah itu mendekati nol. Hal ini disebut 'nonresonant CARS spektrum' menyediakan pengukuran dari bentuk spektral sinar laser dye broadband. Scan ini adalah rata-rata bersama selama analisis dan dikurangi dari masing-masing dari sinyal CARS scan sebelum analisis. Dalam percobaan saat ini. Ketika memperoleh MOBIL spektrum spektrum. Proses yang terlibat memeriksa daerah spektrum yang berisi nonresonant sinyal pada kedua sisi dari spektrum resonan. Kami telah menemukan bahwa pergeseran spektrum nonresonant sampai 30 piksel (23 wavenumbers) dapat meratakan CARS off-resonansi sinyal. beberapa diperoleh untuk digunakan dalam analisis. Karena tidak adanya resonansi gas (N2. O2 atau H2) hanya MOBIL nonresonant sinyal yang dihasilkan oleh laser balok. Di masa depan. Hal ini sangat disayangkan karena kita telah menggunakan spektrometer untuk mengamati bahwa broadband laser dye's spektrum bergeser terasa lebih dari skala waktu dibandingkan dengan percobaan. kami merencanakan untuk mengotomatisasi proses ini. Scan ini termasuk kontribusi dari kebisingan kamera gelap serta tersebar lampu hijau dari ruangan. Latar belakang scan diperoleh dengan menghalangi sinar laser merah dan memperoleh 200 spektra.lebih cepat akuisisi data. . Spektrum nonresonant tidak diukur bersamaan dengan MOBIL resonan spektra. Sebuah bergelombang atau miring MOBIL sinyal jauh dari N2. Gas Argon dialirkan melalui tabung yang meliputi MOBIL pengukuran volume. Sebuah LabView antarmuka diciptakan untuk men-download spektra ke PC untuk analisis berikutnya dan untuk menampilkan data secara real-time untuk optimasi sinyal.

200 single-shot CARS spektrum diperoleh di udara ambien. Fungsi yang sama instrumen akan digunakan melalui data eksperimen sepanjang hari itu. CARSFIT digunakan untuk menghasilkan spektrum unconvolved udara teoritis. Tungku pengukuran memiliki dua karakteristik menguntungkan: suhu bisa bervariasi secara independen dari komposisi gas dan suhu bisa diperiksa terhadap termokopel karena sistem dalam kesetimbangan radiasi. Perlu dicatat bahwa adalah mungkin bahwa kebutuhan untuk dual-Gaussian fungsi instrumen mungkin timbul karena ASE dalam output laser dye sempit-band. Penggunaan fungsi ini diproduksi jauh lebih baik cocok dengan eksperimen dari tunggal Gaussian. Fungsi alat dilengkapi dihasilkan konsisten hasil atas seluruh rentang kondisi baik tungku dan api percobaan. Namun. Tungku (Lindberg.Sebelum tiap percobaan api dan tungku. Pengukuran diperoleh pada suatu atmosphericpressure tungku yang berisi udara. Jika ini adalah kasus. kami membatasi suhu ke 1800 K dalam percobaan. untuk mencegah kemungkinan termal kerusakan sistem MOBIL. . Dalam api. termokopel cenderung untuk memancarkan pada tinggi suhu dan dapat menghasilkan sistematis rendah pembacaan suhu. untuk menentukan fungsi instrumen respon sistem pengukuran. The Gaussian sekunder 6% ukuran fungsi respon utama dan beberapa 10 lebih luas kali. Sebuah nonlinier kuadrat-terkecil cocok untuk sejumlah dua distribusi Gaussian digunakan untuk menentukan kesesuaian terbaik antara diukur spektrum eksperimental dan convolved spektrum teoritis. Gambar 1: Plot keseragaman spasial di dalam tungku untuk dua temperatur puncak. itu akan lebih tepat untuk memiliki dual Gaussian untuk konvolusi balok pompa selain untuk instrumen fungsi. Untuk membuat suhu di tengah oven lebih seragam. menggunakan suhu 5010 Barat controller) terdiri dari sebuah tabung kuarsa resistively dipanaskan yang mampu beroperasi dari suhu sekitar sampai dengan 1973 K. terutama di dasar puncak H2 dan kepala N2 band.

Ketidakpastian dalam rasio kesetaraan adalah diperkirakan + / -3%. dipilih sehingga perpindahan panas pada permukaan burner akan diminimalkan dan api akan baik didekati sebagai adiabatik. dan pada ketinggian dari 2.5 cm di tengah untuk memungkinkan bagian dari laser sinar. Sebelumnya singlepump N2 CARS pengukuran dalam nyala api ini ditunjukkan bahwa daerah ini api memiliki seragam spasial distribusi temperatur pada tingkat aliran ini. Setiap pengukuran terdiri dari 200 spektrum CARS single-shot.empat bagian isolasi kuarsa pintal disisipkan ke dalam tabung 7. Pengukuran juga menunjukkan bahwa membaca termokopel setuju dengan oven's suhu internal pengukuran dalam waktu 5 K selama sebagai oven yang tersisa untuk menstabilkan selama 15 menit dan suhu controller ditetapkan ke nilai di sedikitnya 473 K. Suhu di dalam tungku adalah bervariasi antara 293 K dan 1773 K. Pengukuran juga dilakukan dalam sebuah atmosfer tekanan.2 dan 22.3 dan 27 liter standar per menit untuk hidrogen. adalah bervariasi antara 0. Gambar 1 menunjukkan profil suhu dalam oven diperoleh dengan menggunakan termokopel tipe-B NIST-dilacak. rata-api pembakar Hencken 'menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar dan udara sebagai oksidator. dengan yang pertama dan terakhir potongan terletak berdekatan dengan ujung tabung.0 cm di atas permukaan kompor. Aliran tinggi tingkat.2 standar liter per menit untuk udara dan antara 4.62 cm-diameter. Empat potongan isolasi yang sama spasi. Nyala api gas yang diselimuti oleh aliran-co helium disediakan untuk menstabilkan nyala api. antara 16. Pengukuran diperoleh pada pusat burner persegi 2. Rasio kesetaraan api. pembacaan pengukuran internal oven itu digunakan sebagai temperatur nominal. Potongan-potongan isolasi adalah sekitar 5 cm panjang dan terdapat lubang berdiameter 2. Pengukuran menunjukkan bahwa suhu sangat seragam selama sepuluh sentimeter keluar dari pusat dari oven.5-cm. . Untuk sisa percobaan. Fits adalah .5 dan 4 menggunakan Teledyne massa Hastings flow meter. HASIL DAN PEMBAHASAN Perapian Gambar 2 menunjukkan perbandingan antara suhu diukur dengan CARS dan termokopel di Lindberg tungku.

atau 3.6% dan 0.4% masing-masing. Bar kesalahan dalam Gambar 2 menunjukkan standar deviasi individu pengukuran. Untuk pengetahuan penulis '. Gambar 3: fraksi mol N2 dan terukur O2 untuk pengukuran tungku .dihasilkan untuk setiap spektrum individu. Referensi 9 menggambarkan tungku pengukuran menggunakan broadband CARS N2. Perbedaan berarti antara diukur dan temperatur nominal adalah 26 K. Rata-rata diukur fraksi mol N2 dan O2 berbeda dari ditabulasikan nilai dengan 1.8% dan 7. seperti yang akan dijelaskan dalam pembahasan hasil rata-api. Hasil ini juga konsisten dengan referensi 10. Alasannya untuk ini perbedaan kemungkinan besar disebabkan oleh penggunaan modeless Stokes laser dalam referensi 9. meskipun semua pengukuran dengan baik dalam satu standar deviasi dari nilai nominal suhu.6% dari tertinggi yang diukur suhu. tapi ini meningkat sampai 5% untuk pengukuran 1773-K. dibandingkan dengan kami standar deviasi dari 5% pada 1273 K. Sekali lagi error bar di plot menunjukkan standar deviasi pengukuran. meskipun teknik telah diuji secara luas di berbagai api lingkungan. Suhu standar deviasi dalam pengukuran adalah dari urutan 2% pada 1187 K. kurang dari 1% dari cocok gagal untuk berkumpul (yang kode mengembalikan kondisi awal). ini adalah yang pertama pengukuran temperatur dan fraksi mol dalam tungku menggunakan CARS dual-pompa. di mana presisi meningkatkan suhu dari 5% menjadi 1% bila laser dye modeless menggantikan berdiri konvensional gelombang laser seperti yang digunakan di masa sekarang pengukuran.8% dari nilai yang terukur . Deviasi standar rata-rata di suhu sekitar 64 K. Untuk lebih dingin kondisi. Hasil ini dikeluarkan dari analisis. The rata-rata standar deviasi untuk mol N2 dan O2 fraksi adalah 3. Gambar 2: CARS mengukur suhu di tungku. Standar mutlak penyimpangan cenderung meningkat dengan suhu. Semua pengukuran rata-rata menghasilkan suhu yang sedikit lebih rendah dari nilai nominal nilai. Referensi 11 menetapkan bahwa perbaikan paling ditandai ketika mode-tunggal laser pompa digunakan dengan laser Stokes modeless.

Referensi 5 kutipan serupa ketidakpastian dalam tungku dengan menggunakan CARS rotasi murni O2 pada suhu antara 300 dan 2050 K.5 spektrum jelas menunjukkan baik N2 dan O2 band.0 kasus masing-masing. Api Hasil api yang disajikan di sini masih awal dan hanya = 0. 2.5. Ketika dual-pompa CARS teknik yang diterapkan pada scramjet ruang bakar mengalir. dan juga tidak menunjukkan tren yang signifikan dalam ketepatan dari pengukuran dengan perubahan suhu. The = 0. Gambar 4: Diukur rata-rata O2/N2 mol fraksi rasio untuk pengukuran tungku. 1.5 dan 1. Tidak ada kecenderungan baik dalam kesalahan sistematis atau dalam deviasi standar sebagai Suhu bervariasi. The garis rotasi individual tidak diselesaikan dalam .75. Tidak ada kecenderungan dengan mengubah jelas dalam perjanjian dengan suhu fraksi mol diharapkan.masing.0 juga diperoleh. Rasio rata-rata O2/N2 fraksi mol adalah 0.2% sebanding dengan 4. Perjanjian ini lebih buruk dan standar deviasi lebih besar.5% dikutip dalam penelitian itu.2682. Nilai rata-rata dilengkapi baik oleh kode. rasio gas resonan spesies masih akan diandalkan dalam kondisi seperti ini. Seperti yang diharapkan dari persetujuan mutlak mol pengukuran fraksi.0 hasilnya akan dibahas di sini. baik yang berbeda sedikit dari nilai nominal. Deviasi standar dalam rasio adalah 0. komposisi gas secara keseluruhan tidak akan diketahui secara akurat.0 dan 4.266. atau 8. Namun.7% dari nilai yang diukur. kerentanan gas nonresonant tidak dapat ditentukan tanpa membuat tambahan asumsi tentang kimia tersebut. Di bawah ini keadaan. Rasio fraksi mol O2/N2 disajikan pada Gambar 4. meskipun data pada rasio kesetaraan 0.023. Sebuah perbandingan langsung dapat dilakukan dengan standar deviasi di roomtemperature udara dikutip dalam referensi 3.0 dan 3. Gambar 5 menunjukkan Spektrum rata-rata dan CARSFIT cocok untuk = 0. Dengan demikian. fraksi mol relatif konsisten dengan data yang diharapkan. Kami diukur deviasi standar 5. atau dengan standar deviasi baik fraksi mol mutlak. mutlak mol fraksi ditentukan dari CARSFIT tidak akan tentu dapat diandalkan. sedangkan = 1 spektrum tidak bukan karena oksigen telah dikonsumsi. karena merupakan rasio dua kuantitas ukuran. sekitar 1% lebih rendah dari nilai yang diharapkan 0.

Jika rata-rata nonresonant spektrum digeser oleh beberapa piksel. osilasi ini dapat dihapus dalam normalisasi sinyal ke nonresonant. Gambar 5: spektrum rata-rata dengan cocok untuk (a) = 0. Kami bermaksud untuk membuat nonresonant pergeseran parameter cocok dalam analisis masa depan.5 pengukuran setuju dengan nilai dihitung dari 0.094 masing untuk = 0. maka terlihat sebagai osilasi dalam sisa.0). 0. H2 tidak muncul dalam spektrum baik karena semua bahan bakar telah dikonsumsi di lokasi ini di api.spektra.0 0.5. dan air adalah hanya non-resonan spesies utama mungkin ada di spektrum. tetapi mungkin memiliki signifikan berpengaruh terhadap fraksi mol O2 diukur ketika kuantitas yang kecil. Gambar 6 menunjukkan spektrum tunggal-shot diperoleh dalam kaya bahan bakar api tekanan atmosfer ( = 3. Bunyi ini tidak memiliki signifikan efek pada suhu dipasang. Spektrum menunjukkan band N2 dan juga beberapa H2 diskrit baris. Meskipun ini tidak mudah untuk melihat dalam spektrum angka 5 (b).5 dan (b) = 1. khususnya di tinggi band getaran di kiri plot. Karena ini adalah kondisi bahan bakar yang kaya. mol N2 fraksi dan fraksi mol O2 adalah 1575.093.0.527 untuk = 1. Kedua pengukuran adalah sekitar 1 standar lebih rendah dari nilai yang diharapkan untuk adiabatik deviasi api yang dihitung menggunakan kesetimbangan NASA Lewis code13. dan ini harus menghapus osilasi dari data.0. Band O2 tidak muncul dalam spektrum karena semua oksigen telah dikonsumsi di lokasi ini dalam nyala. smallamplitude ini osilasi sinyal disebabkan oleh film tipis gangguan pinggiran di CCD.0% dari diukur nilai-nilai dalam setiap kasus.578 dan 0. dan 2270 dan 0. Standar deviasi pada suhu untuk 200 individu tunggal-shot Spektrum adalah 4. Fraksi mol O2 rata-rata di = 0. yang merupakan kasus untuk = 0. Parameter yang sesuai adalah . The = 1 spektrum menunjukkan beberapa garis rotasi struktur dalam band getaran pertama bersemangat. Ini adalah jauh lebih mudah untuk melihat dalam plot rata-rata daripada di individu spektra. Suhu rata-rata deviasi standar untuk kedua pengukuran adalah 77 K. The = 1 bidang juga menunjukkan kecil osilasi dalam data. Fit parameter untuk suhu rata-rata. Deviasi standar dalam rasio O2/N2 diukur dalam 200 spektrum tunggal-shot adalah sekitar 10% dari nilai yang terukur. kerentanan latar belakang non-resonan ditetapkan dengan air untuk perhitungan CARSFIT.5 data.

meskipun signifikan-toshot ditembak variasi yang melihat di ketinggian relatif dari hidrogen baris. Deviasi standar dalam rasio H2 untuk N2 adalah 12. O2 dan H2. suhu dan pengukuran fraksi mol dibawa ke banyak perjanjian yang lebih baik dengan nilai-nilai adiabatik. Referensi 14 diukur H2 rotasi CARS suhu yang tinggi dengan 70 K saat dibandingkan dengan teori dan N2 CARS pengukuran. meskipun perlu dicatat bahwa rata-rata = 3. Ini parameter rata-rata 62 spektrum dipasang. dan rata-rata N2 dipasang dan Fraksi mol H2 8. dan awal hasil yang telah diperoleh dalam burner datar-api. ketika mereka hadir dalam aliran.0. KESIMPULAN Dual-pompa CARS pengukuran kalibrasi telah berhasil dilakukan dalam tungku. Ini mungkin bahwa efek yang sama adalah pembobotan suhu diukur di sini. dan 0. Suhu dipasang secara signifikan lebih tinggi dari 1769 K nilai adiabatik.415.337 untuk suhu.1890 K. fraksi mol O2 dan fraksi mol H2.7% dari mengukur nilai. mol N2 fraksi. 0. 5. Ini percobaan diuji teknik di atas berbagai temperatur dan fraksi mol N2. Penjelasan lain yang akan menjelaskan baik suhu dan mol perbedaan fraksi adalah bahwa sebenarnya kesetaraan rasio lebih rendah dari yang diharapkan.6% tinggi dan rendah masing. Penyebab perbedaan ini masih diselidiki.9% 17.3% untuk pengukuran ini. atau entrainment sekitarnya udara ke nyala api. Dalam setiap kasus sesuai dengan baik. The penurunan rasio kesetaraan mungkin telah dibawa tentang dengan laju aliran yang salah karena kesalahan kalibrasi di meter aliran. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa suhu standar deviasi di rasio kesetaraan. yang dapat dilengkapi dengan masuk akal spektrum teoritis. lebih tinggi daripada api dua lainnya pengukuran. Gambar 6 dipilih sebagai khas sesuai dengan data tunggal-shot. Jika rasio kesetaraan pengukuran berkurang sebesar 15%. 0.0 spektrum menghasilkan dipasang suhu yang tampak seperti cocok untuk kedua spektrum hidrogen dan nitrogen. Percobaan yang dihasilkan tungku suhu dan fraksi mol konsisten dengan pengukuran termokopel dan ditabulasikan mol fraksi N2 dan O2 di udara. Dual-pompa CARS telah terbukti untuk menghasilkan konsisten sinyal dari ketiga spesies. Perbandingan dengan pengukuran sebelumnya menunjukkan hasil yang konsisten dengan penelitian menggunakan alat yang sama dan menunjukkan bahwa perbaikan ketepatan pengukuran dapat dicapai dengan menggunakan laser sempit-band pompa dan .

modeless dye laser. Pengukuran api. dengan deviasi standar rata-rata 77 K untuk suhu pengukuran. Perubahan tersebut juga akan memudahkan spektral perhitungan. mungkin disebabkan oleh terlalu tinggi rasio kesetaraan. Lebih banyak bekerja diperlukan untuk menentukan penyebab perbedaan ini. Gambar 6: single-shot Dilengkapi spektrum. Mole-fraksi rasio telah standar deviasi yang 10-12% dari diukur nilai. Bagus cocok diperoleh untuk ketiga rasio kesetaraan dipilih. Suhu rata-rata untuk api bahan bakar kaya secara sistematis tinggi dengan 120 K.0 api . UCAPAN TERIMA KASIH Kami ingin mengakui bantuan Jeff Putih dari NASA Langley Research Center untuk membantu menganalisis spektrum CARS pada sekelompok besar pribadi komputer. secara signifikan mengurangi komputasi waktu. menunjukkan perjanjian dengan teori dalam satu standar deviasi untuk kondisi bahan bakar ramping dan stoikiometri. meskipun awal. Presisi juga diharapkan meningkatkan sekali pergeseran spektrum non-resonansi dimasukkan sebagai salah satu parameter pas. = 3.