BLOCK GRANT PROGRAM REVITALISASI KKG PAI GUGUS XIX KOTA LUBUKLINGGAU

KKG KECAMATAN KOTA PROPINSI KETUA : PAI GUGUS XIX : LUBUKLINGGAU UTARA I : LUBUKLINGGAU : SUMATERA SELATAN : YURSIL HELMIS

PROPOSAL

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KOTA LUBUKLINGGAU TAHUN 2008

Sukarno-Hatta Kel. S U D A R J O ( SD Negeri 78LLG) 2. SUGIONO ( SD Negeri 82 LLG ) 10. MARZUKI (SD Negeri 79LLG ) 7.PENGESAHAN JUDUL KEGIATAN : BLOCK GRANT PROGRAM REVITALISASI KKG PAI KKG KETUA ANGGOTA : PAI GUGUS XIX : YURSIL HELMIS : 1. RUSNAWATI ( SD Negeri 78 LLG) 4.H. ROSMALINA (SD Negeri 80 LLG ) 9. SAFRULLAH ( SD Negeri 78 LLG ) ALAMAT KKG : SD NEGERI 78 LUBUKLINGGAU Jl. MISQIATI (SD Negeri 79 LLG ) 3. JAYA WARDANI ( SD Negeri 80 LLG) 8.n Kepala Dinas Diknas Lubuklinggau Kasubdin Pendidikan Dasar Ketua KKG PAI Gugus XIX DRS.M.Durian Rampak Kec. WIDIYANTI (SD Negeri 82 LLG) 5.Lubuklingau Utara I DISAHKAN DI : LUBUKLINGGAU TANGGAL : 25 Maret 2008 MENGETAHUI/MENYETUJUI A. BURLIAN HUSIN.Si NIP 131149999 YURSIL HELMIS NIP 1319969552 . HERAWATI ( SD Negeri 80 LLG ) 6.

Kesimpulan B. Tujuan C. Rekap Pelaksanaan Kegiatan 4. Manfaat BAB II : DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN BAB III : RENCANA PROGRAM KERJA DAN KEGIATAN A. Jadwal Kegiatan KKG BAB IV : PENUTUP A. Saran LAMPIRAN 1. Contoh Daftar Hadir Halaman i ii iii iv 1 2 2 2 2 3 4 6 7 8 8 . Rencana Anggaran C. Tujuan dan Kegiatan B. Sasaran D. Contoh Pengeluaran Anggaran ( 2 tahun terakhir ) 3. Susunan Pengurus yang disahkan 2.i DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL PENGESAHAN KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I : PENDAHULUAN A. Latar Belakang B. Jenis Program. Hasil yang diharapkan E.

Dalam upaya melaksanakan kebijakan tersebut. Proposal ini berisikan kegiatan-kegiatan pokok program Revitalisasi KKG yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2008 dengan mengacu pada kesesuaian program peningkatan mutu pendidikan di Kota Lubuklinggau serta kesinambungan pembangunan dimasa yang akan datang. Lubuklinggau .ii KATA PENGANTAR Usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan secara terus menerus telah dilakukan oleh pemerintah melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Sumatera Selatan. sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk meningkatkan mutu pendidikan agar dapat mencapai Standar Nasional Pendidikan. Berdasar dari kebijakan tersebut kami telah membuat usulan dalam bentuk Proposal untuk kegiatan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) PAI di Gugus XIX kota Lubuklinggau. 25 Maret 2008 Ketua KKG PAI Gugus XIX YURSIL HELMIS NIP 131969552 . Mudah-mudahan proposal ini dapat diterima dan bermanfaat. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Sumatera Selatan sebagai perpanjangan tangan Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan akan melaksanakan program Revitalisasi Kelompok Kerja Guru ( KKG ) dengan memberikan bantuan dalam bentuk Block Grant.

Sehubungan dengan adanya informasi dari LPMP Sumatera Selatan mengenai Pemberian Dana langsung ( Block Grant ) kepada forum KKG pada tahun Anggaran 2008. reoriantasi pembelajaran dari teaching menjadi learning. Kelompok Kerja Guru ( KKG ) merupakan suatu wadah asosiasi atau perkumpulan bagi guru di Sekolah Dasar ( SD ) yang berada dalam satu Gugus. menuntut untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam melaksanakan perubahan proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan. berfungsi sebagai sarana saling berkomonikasi. belajar dan bertukar pikiran serta pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi / pelaku perubahan reoriantasi pembelajaran di kelas. Latar Belakang Perubahan paradigma pendidikan di era globalisasi ini mengharuskan adanya perubahan pola pikir guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ). Kami sangat mendukung program tersebut karena revitalisasi KKG dapat mendukung secara optimal peningkatan kemampuan profesional guru dalam pembelajaran. Sejalan dengan program Departemen Pendidikan Nasional yang berupaya merevitalisasi Kelompok Kerja Guru ( KKG ) dengan menetapkan kebijakan berupa pemberian dana langsung ( Block Grant ) kepada KKG yang ada di Kota/Kabupaten Propinsi Sumatera Selatan melalui UPT Ditjen PMPTK di daerah yaitu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Sumatera Selatan. untuk itu kami mengajukan proposal ini untuk mendapatkan bantuan dana Block Grant tersebut. Guru harus mengantisipasi dan mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) . (1) . akreditasi dan kultur kelas.ii BAB I PENDAHULUAN A. Perubahan pola pikir guru dalam mengelola dan melaksanakan proses pembelajaran.

4. Memetakan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru sehari-hari dengan saling berbagi pengalaman dari contoh praktek yang baik ( Best Practice ) 4. Bagi Siswa 3. D. E. antara lain : 1. Bagi Guru : Dapat meningkatkan kompetensi guru sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan melalui berbagai kegiatan KKG dan mengembangkan diri 2. Kinerja guru akan meningkat 3. Bagi Sekolah : Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah : Terciptanya guru-guru yang kompeten. Adanya masukan langsung terhadap permasalahan dan kendala yang dihadapi guru dilapangan. Tujuan Program pemberian Block Grant kepada Kelompok Kerja Guru ( KKG) bertujuan untuk : 1. Memberdayakan guru Inti dan instruktur di KKG 3. Kompetensi Propesional akan meningkat 4.Bagi Pemerintah : Dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerahnya masing-masing . Manfaat Block Grant akan menberikan manfaat kepada berbagai pihak.B. I Kota . Sasaran Sasaran program revitalisasi melalui dana Block Grant adalah Kelompok Kerja Guru ( KKG ) PAI Gugus XIX Kecamatan Lubuklinggau Utar Lubuklinggau. Meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai aktifitas di KKG 2. Hasil yang diharapkan Melalui pemberian dana Block Grant diharapkan hal-hal sebagai berikut : 1. Kegiatan KKG kelas dapat terselenggara secara berkala dan berkesinambungan 2. propesional dan meningkatkan mutu pendidikan di SD peserta Gugus XIX KKG. Memetakan jalan dan ikut berperan dalam proses sertifikasi C.

forum KKG PAI Gugus XIX Kecamatan Lubuklinggau Utara I Kota Lubuklinggau melaksanakan berbagai kegiatan yang meliputi : 1. Menyusun Silabus mata pelajaran Pendidika Agama Islam 3. Menyusun Rencana Pembelajaran mata pelajaran pendidikan Agama Islam 4. . Membuat Kisi-kisi soal 6. para pendidik semakin menyadari akan pentingnya pendidikan dalam pengembangan karir mereka dan tuntutan tugas mereka di sekolah. Penyusunan Prota dan Prosem mata pelajaran Pendidikan Agma Islam 2.(2) BAB II DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN Pada tahun 2006 dan 2007. keterampilan dan juga propesionalisme guru. Tingkat pemahaman mereka terhadap materi kegiatan tersebut menunjukan peningkatan dari tahun sebelumnya. Dari sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di atas. para guru yang menjadi peserta KKG Gugus XIX menunjukan kemajuan yang cukup baik. Mencari dan membahas berbagai metode yang dipakai dalam pembelajaran 5. Sebagai contoh pada tahun 2005 pemahaman mereka tentang kurikulum hanya 55 % maka pada tahun 2006 dan 2007 meningkat menjadi 80 %. Melaksanakan Analisis mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Disamping itu. Ini artinya Forum seperti Kelompok kerja Guru ( KKG ) ini memiliki konstribusi dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan.

e. Tujuan dan Kegiatan 1. Pengembangan bahan ajar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI )SD c. Pendalaman konsep Lesson Study. Pengembangan Media dan alat peraga pembelajaran yang bermutu pada pembelajaran PAI. kompetensi juga keterampilan guru dalam pengembangan : a. Pengembangan metode pembelajaran PAI yang sesuai dengan prinsip PAKEM d. Menyetarakan kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan. Jenis Program a. f. melaksanakan. Tujuan Secara umum tujuan Pelaksanaan Program tersebut di atas adalah untuk meningkatkan Kompetensi dan propesionalisme guru dan juga meningkatkan daya kreasi dan inovasi guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. dan mengevaluasi proses mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI )yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat . gairah guru untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mempersiapkan. Secara khusus meningkatkan pengetahuan. Pengembangan Kurikulum / Silabus implementif sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada setiap kelas mata pelajaran PAI b. mengasikan dan mencerdaskan siswa c.(3) BAB III RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN KKG GUGUS XIII KOTA LUBUKLINGGAU A. Jenis Program. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Satuan Pendidikan ( KTSP ) b. Mengembangkan Kultur kelas yang kondusif sebagai tempat proses pembelajaran yang menyenangkan. 2. Membangun kerjasama dengan masyarakat sebagai mitra guru dalam melaksanakan proses pembelajaran d. Menumbuhkan pembelajaran.

Menentukan Sistem Penilaian i.(4) f. Mengembangkan keterampilan penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan profesional j. Pembuatan alat peraga pembelajaran PAI e. Pembahasan konsep dan komponen Silabus Implementatif b. Saling berbagi informasi dan pengalaman dalam rangka menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi i. Perancangan metode pembelajaran PAI f. l. Guru memperoleh informasi teknis edukatif yang berkaitan dengan kegiatan pelaksanaan Kurikulum. Pemahaman Lesson Studi layanan pembelajaran serta pengembangan diri secara (5) . Menyusun Lembar Hasil Belajar h. Menyusun langkah-langkah pembelajaran PAI d. Mendiskusikan permasalahan yang dihadapi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan mencari cara penyelesaian yang sesuai dengan karateristik siswa yang diajar sesuai dengan kelas dan lingkungannya g. 3. Membuat Prota dan Prosem pembelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam c. Pembuatan dan pengguanaan alat peraga yang bermutu untuk setiap mata pelajaran. Kegiatan a. Pemahaman Konsep Lesson Study. metodologi pembelajaran dan sistem evaluasi pada setiap pembelajaran h. Penggunaan metode PAKEM untuk setiap pembelajaran k. Penggunaan Media Pembelajaran PAI j. Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal g.

000.000.109. JADWAL KKG KELAS V GUGUS XIX KOTA LUBUKINGGAU .B.000.000.000.160.300.500. Transport Peserta (30 Orang x 1 Kegiatan ) 4.000.000.000.100.1.1. Honor 4. Transport pengantaran proposal ke LPMP Sumsel (1 Orang x1 kegiatan ) 13 OK 13 OK 1 OK 7. Transport b.000.2.000.000.20.8.- IV DESIMININASI / SEMINAR 1.100.000.300.000. Konsumsi ( 13 Orang x1 kegiatan ) b.30.000.000.300.200.10.400.300.- 50.000.000.000.000.000.000.20. Konsumsi ( 33 Orang x 1 Kegiatan ) 6.100.- III JUMLAH II LAPORAN PEMANTAUAN INTERNAL 1.000.000.500.000. Peserta ( 10 Orang x 10 Kegiatan ) a.000.000.000.000.000.60.000. Nara sumber ( 1 Orang x 10 Kegiatan ) a.100.10.30.000.Transport Pengantaran Laporan ke LPMP Sumatera Selatan JUMLAH III 100.000.000.000.000. Panitia ( 2 Orang x 10 Kegiatan ) a. Konsumsi 10 OK 10 OK 100 OK 100 OK 20 OK 20 OK 130 OK 20.- II PELAKSANAAN 1.000.000.000.500.1. Transport b.000. Honor 3. Transport Nara Sumber (1 Orang ) 2.20.000.000.100. Transport Panitia ( 2 Orangx 1 Kegiatan ) 5. Transport b.Rapat Persiapan a. RENCANA ANGGARAN BIAYA NO KEGIATAN/ SUB KEGIATAN VOLUME SATUAN (Rp) JUMLAH ( Rp) I PERSIAPAN 1. ATK 2.300. ATK 5.600.109.000.2. Honor Nara Sumber ( 1 Orang ) 3.91.- 100.000. ATK 2.000.300.000.000.000.000.000.- JUMLAH I 500.10. Honor 2.- Mengetahui Ketua KKG PAI Gugus XIX Lubuklinggau.000.25 Maret 2008 Bendahara YURSIL HELMIS NIP 130 969552 (6) RUSNAWATI NIP 130767106 C. ATK dan Penggandaan Desiminasi JUMLAH IV JUMLAH I + II + III + IV 1 OK 1 OK 30 OK 2 OK 33 OK 50.330.000.10. Dekomentasi / Penggandaan 3.160.

25 Maret 2008 Ketua KKG PAI Gugus XIX YURSIL HELMIS NIP 130969552 (7) . 6 7 8 9 10 Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal tiap mata pelajaran Menyusun Lembar Hasil Belajar Menentukan Sistem Penilaian Penggunaan Media Pembelajaran PAI Widyaiswara LPMP Widyaiswara LPMP Widyaiswara LPMP Pengawas TK/SD Lubuklinggau.No 1 PERTEMUA N /TANGGAL MATERI NARA SUMBER HASIL YANG DIHARAPKAN I 28 Juni 2008 II 12 Juli 2008 III 26 Juli 2008 IV 09 Agus 2008 V 23 Agus 2008 VI 06 Sept 2008 VII 20 Sept 2008 VIII 04 Okt 2008 IX 18 Okt 2008 X 25 Okt 2008 2 3 4 Menyusun langkahlangkah pembelajaran PAI Membuat Prota dan Prosem pembelajaran PAI Pembahasan konsep dan komponen Silabus PAI Penyusunan Silabus Pembelajaran PAI berbasis KTSP Pengawas TK/SD Pengawas TK/SD Pengawas TK/SD Pengawas TK/SD Guru dapat menyusun Silabus Guru dapat menyusun Prota dan Prosem Guru dapat menyusun silabus Guru dapat melakukan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan Guru dapat melakukan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan Guru dapat melakukan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan Guru dapat menentukan KKM Guru dapat menyusun Lembar Hasil Belajar ( LHB ) Guru dapat Tehniktehnik penilaian Guru dapat melakukan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan 5 Pembuatan alat peraga Pengawas TK/SD pembelajaran PAI Perancangan metode Guru Pemandu pembelajaran PAI .

B. Hasil pertemuan KKG dapat menjadi acuan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.BAB IV PENUTUP A. Dengan adanya KKG diharapkan dapat menumbuhkan daya kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran. KESIMPULAN Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa : 1. 3. KKG dapat menjadi wadah berbagi ilmu dan pengalaman sekaligus memetakan berbagai masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran . kualifikasi dan propesionalisme yang standar. Agar KKG dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan . Dana Bantuan Langsung ( Block Grant ) agar berkesinambungan dan ditindaklanjuti pada masa-masa yang akan datang. Dana pendukung dalam kegiatan operasional KKG berupa Dana Bantuan Langsung ( Block Grant ) sangat diharapkan oleh sekolah inti sebagai penyelenggara kegiatan maupun SD Imbas sebagai anggota dalam Gugus XIX 5. sehingga akan berimbas pada peningkatan proses pembelajaran dan pencapaian belajar siswa. tentunya harus didukung oleh berbagai pihak. 4. 2. 3. 2. Semoga terjalinnya kerjasama yang harmonis antara sekolah Inti sebagai penyelenggara dengan sekolah Imbas sebagai anggota Gugus. SARAN 1. KKG PAI sangat berperan dalam meningkatkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan agar memiliki kompetensi. (8) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful