P. 1
Bulan

Bulan

|Views: 123|Likes:
Published by Reza Fadli

More info:

Published by: Reza Fadli on May 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/24/2013

pdf

text

original

Bulan

.

Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi, dan merupakan satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya. Bulan tidak mempunyai sumber cahaya sendiri dan cahaya Bulan sebenarnya berasal dari pantulan cahaya Matahari. Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi Bumi tidak jatuh ke Bumi disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit Bulan mengelilingi bumi. Besarnya gaya sentrifugal Bulan adalah sedikit lebih besar dari gaya tarik menarik antara gravitasi Bumi dan Bulan. Hal ini menyebabkan Bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3,8cm/tahun. Bulan berada dalam orbit sinkron dengan Bumi, hal ini menyebabkan hanya satu sisi permukaan Bulan saja yang dapat diamati dari Bumi. Orbit sinkron menyebabkan kala rotasi sama dengan kala revolusinya. Di bulan tidak terdapat udara ataupun air. Banyak kawah yang terhasil di permukaan bulan disebabkan oleh hantaman komet atau asteroid. Ketiadaan udara dan air di bulan menyebabkan tidak adanya pengikisan yang menyebabkan banyak kawah di bulan yang berusia jutaan tahun dan masih utuh. Di antara kawah terbesar adalah Clavius dengan diameter 230 kilometer dan sedalam 3,6 kilometer. Ketidakadaan udara juga menyebabkan tidak ada bunyi dapat terdengar di Bulan. Bulan adalah satu-satunya benda langit yang pernah didatangi dan didarati manusia. Obyek buatan pertama yang melintas dekat Bulan adalah wahana antariksa milik Uni Sovyet, Luna 1, obyek buatan pertama yang membentur permukaan Bulan adalah Luna 2, dan foto pertama sisi jauh bulan yang tak pernah terlihat dari Bumi, diambil oleh Luna 3, kesemua misi dilakukan pada 1959. yang

Bulan sebagai penanda waktu Fase bulan pada saat mengelilingi bumi Bulan purnama adalah keadaan ketika Bulan nampak bulat sempurna dari Bumi. yakni pada saat posisi Bulan terhadap Bumi membentuk sudut tertentu terhadap garis Bumi . hanya sebagian permukaan Bulan yang disinari Matahari yang terlihat dari Bumi. Di antara kedua waktu itu terdapat keadaan bulan separuh dan bulan sabit. sehingga seluruh permukaan Bulan yang diterangi Matahari terlihat jelas dari arah Bumi. sehingga yang 'terlihat' dari Bumi adalah sisi belakang Bulan yang gelap. yaitu saat Bulan terletak pada hampir segaris di antara Matahari dan Bumi. Kebalikannya adalah saat bulan mati. Pada saat itu. y Fase bulan y bulan mati y bulan sabit y bulan separuh . Pada saat itu. Bumi terletak hampir segaris di antara Matahari dan Bulan.Matahari. alias tidak nampak apa-apa.

y bulan cembung y bulan purnama y bulan purnama y bulan cembung y bulan separuh y bulan sabit y bulan mati .

tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain.680. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).Bintang Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri. diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Centaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya. ³ ´ Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang. Menurut ilmu astronomi.000 kilometer. definisi bintang adalah: Semua benda masif (bermassa antara 0. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. .08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.

Matahari Matahari atau juga disebut Surya (dari nama Dewa "Surya" . Material dari matahari terbentuk dari ledakan bintang generasi pertama seperti yang diyakini oleh ilmuwan. sedangkan garis tengah antar kutubnya 43 mil lebih pendek. Garis tengah ekuatorialnya 864.Dewa Matahari dalam kepercayaan Hindu) adalah bintang terdekat dengan Bumi dengan jarak rata-rata 149.370 watt per meter persegi setiap saat. karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari. Matahari mempunyai katulistiwa dan kutub karena gerak rotasinya. bahwasanya alam semesta ini terbentuk oleh ledakan big bang sekitar 14. Matahari merupakan anggota Tata Surya yang paling besar. . Kepadatan massa matahari adalah 1. Matahari dipercayai terbentuk pada 4.680. Jumlah tenaga matahari yang sampai ke permukaan Bumi yang dikenali sebagai konstan surya menyamai 1.000 kilometer (93.6 miliar tahun lalu.000 mil. Matahari sebagai pusat Tata Surya merupakan bintang generasi kedua.41 berbanding massa air.026. Matahari dikategorikan sebagai bintang kecil jenis G.724 mil).000 juta tahun lalu. Matahari serta kedelapan buah planet (yang sudah diketahui/ditemukan oleh manusia) membentuk Tata Surya. Matahari adalah suatu bola gas yang pijar dan ternyata tidak berbentuk bulat betul.

Jupiter 6. Venus 3. Bumi 4. Neptunus . Saturnus 7. Uranus 8.Planet Planet-planet dalam Tata Surya: 1. Mars 5. Merkurius 2.

dan. yaitu Merkurius. tanggal 26 Agustus 2006.Planet adalah benda langit yang memiliki ciri-ciri berikut: y y y y mengorbit mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang. Astronomi modern menghapus Matahari dan Bulan dari daftar karena tidak sesuai definisi yang berlaku sekarang. planet dianggap sebagai representasi dewa di langit. telah "membersihkan lingkungan" (clearing the neighborhood. Jupiter dan Saturnus. Dinamakan demikian karena berbeda dengan bintang biasa. Saturnus. Merkurius. Venus. . Namun. mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan rigid body sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk kesetimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat). Mars. Uranus. Pada saat itu yang dimaksud dengan planet adalah tujuh benda langit: Matahari. Venus. Bumi. Mars. Perpindahan ini (pada masa sekarang) dapat dipahami karena planet beredar mengelilingi matahari. dan Pluto. Jupiter/Yupiter. Bulan. para ilmuwan sepakat untuk mengeluarkan Pluto dari daftar planet sehingga jumlah planet di tata surya menjadi hanya 8. Planet dari waktu ke waktu terlihat berkelana (berpindah-pindah) dari rasi bintang yang satu ke rasi bintang yang lain. Neptunus. planet-planet anggota tata surya ada 9. Sebelumnya. tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkan fusi termonuklir terhadap deuterium di intinya. mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri) di daerah sekitar orbitnya Planet diambil dari kata dalam bahasa Yunani Asteres Planetai yang artinya Bintang Pengelana. Namun pada zaman Yunani Kuno yang belum mengenal konsep heliosentris.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->