KONSEP MASYARAKAT MADANI

Kelompok 4 : Shelie Puspitasari (0710910014) Atika Yuan S. (0810910004) Etrie Febriana S. (0810910006) Septi Utami D. (0810910018) Khairatul IF (105090100111031) Ariani mahdiah (105090100111035)

dan agama. misalnya Indonesia. penyusunan konsep.PENDAHULUAN ‡ Konsep masyarakat madani merupakan tuntutan baru yang memerlukan paradigma baru dalam berpikir. dan tindakan-tindakan. adat istiadat. ‡ Masyarakat madani diprediksi sebagai masyarakat yang berkembang sesuai dengan potensi budaya. ‡ Hal tersebut menjadikan semua bangsa berpotensi untuk dipersiapkan dan diberdayakan menuju masyarakat madani. .

PERMASALAHAN ‡ Apa pengertian masyarakat madani dalam ajaran islam ? ‡ Apa saja karakteristik masyarakat madani ? ‡ Bagaimana cara mewujudkan kesejahteraan masyarakat madani ? ‡ Bagaimana perkembangan masyarakat madani di Indonesia ? ‡ Bagaimana posisi dan perat umat islam di Indonesia? .

. Baik terhadap saudara sesama Muslim maupun terhadap saudara non-Muslim. ‡ Tegaknya prinsip demokrasi atau dalam dunia Islam lebih dikenal dengan istilah musyawarah.Mewujudkan Masyarakat Madani ‡ Diakuinya semangat pluralisme ‡ Sikap toleransi (tasamuh).

Pengertian Masyarakat Madani Bahasa Arab Masyarakat Madani Secara Etimologi .

Masyarakat Madani Masyarakat madani adalah suatu masyarakat ideal yang didalamnya hidup manusia-manusia partisipan yang masing-masing diakui sebagai warga dengan kedudukan yang serba serta dan sama dalam soal pembagian hak dan kewajiban. karena tunduk dan patuh pada ajaran kepatuhan yang dinyatakan dalam supermasi hukum dan peraturan. Masyarakat madani adalah masyarakat masyarakat yang berperadaban(ber-´madaniyahµ). . dan berkeadilan. dimana masyarkat memiliki motivasi dan inisiatif indivudual. Masyarakat madani (almujtama·al-madani) adalah masyarakat bermoral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dan stabilitas masyarakat. Masyarakat madani adalah masyarakat yang secara umum memiki ciri-ciri berbudaya. demokratis. berperadaban.

Berperadaban tinggi Berakhlak mulia .Karakteristik Mayarakat Madani Bertuhan Damai Tolong-menolong Toleran Keseimbangan antara hak dan kewajiban sosial.

Ali Imran : 110) .Mewujudkan Masyarakat Madani (QS.

dan beriman kepada Allah. di antara mereka ada yang beriman. menyuruh kepada yang ma'ruf. dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik . . tentulah itu lebih baik bagi mereka.Artinya : Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia. Sekiranya Ahli Kitab beriman. dan mencegah dari yang munkar.

‡ Realitas dari norma tersebut bergantung pada kemampuan umat Islam itu sendiri untuk memanfaatkan norma atau potensi yang dimilikinya. dan bukan riil. Keunggulan yang dimaksud adalah sifatnya yang normatif.Kandungan Dalam Surat Ali Imran : 110 ‡ Diantara aspek kebaikan umat Islam itu adalah keunggulan kualitas SDM-nya di banding dengan umat non-Islam. . potensial.

Konsep masyarakat madani bisa tercipta asalkan Setiap elemen masyarakat saling mengerti posisinya masing-masing. bukan berarti masyarakat madani mustahil untuk bisa terealisasi dengan baik. saat ini masyarakat madani masih belum terlaksana secara maksimal dan hanya sekedar menjadi wacana. Namun. Walaupun demikian. keadaan dimana kekuatan masyarakat diperhitungkan merupakan kondisi yang diidamkan oleh berbagai negara. .Perkembangan Masyarakat Madani di Indonesia Masyarakat madani.

. Menciptakan keadilan sosial dan demokrasi. Mewujudkan tatanan sosial-politik yang demokratis dan sistem ekonomi yang adil.Peran Umat Islam Melakukan pembenahan kedalam tubuh umat untuk menghapus kemiskinan. Merangsang kemajuan intelektual.

Sekian Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful