PENULISAN KUTIPAN

PENULISAN KUTIPAN

Model Turabian (1973), menggunakan catatan kaki (footnote) untuk menunjukkan referensi, dan menggunakan istilah-istilah ibid, op cit, dan loc cit. American Psychological Association [APA] (1988), digunakan dalam penulisan artikel untuk jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh The National Association of Social Workers (NASW) seperti Social Work dan Social Work Research & Abstracts juga sudah menggunakan cara ini

PENULISAN KUTIPAN

Model Turabian

and the rising relative share of GDP attributable to intangible capital (Abramovitz and David.PENULISAN KUTIPAN Model Turabian A related characteristic of economic growth. 2000). . is the growing relative importance of intangible capital in total productive wealth. that became increasingly evident from the early 20th century onwards.

maka untuk menunjukkan referensi cantumkan tahun penerbitan dalam tanda kurung langsung setelah nama penulis tersebut. ditunjukkan juga nomor halaman sumbernya. referensinya ditunjukkan dengan menyebut nama. ‡ Jika kutipan merupakan kutipan langsung. jika nama penulis tidak disebutkan dalam uraian. tetapi setiap referensi ditunjukkan oleh nama penulis dan tahun penerbitan.PENULISAN KUTIPAN Model APA tidak menggunakan catatan kaki seperti dalam model Turabian. ‡ Jika nama penulis yang dikutip sudah termasuk dalam uraian. pada akhir kutipan langsung. ‡ Jika nama penulis tidak termasuk dalam uraian. ‡ Pada akhir kutipan langsung. tahun terbitan. dan nomor halaman yang semuanya di dalam tanda kurung . dicantumkan nomor halaman dalam tanda kurung. maka referensi ditunjukkan oleh nama penulis dan tahun dalam tanda kurung yang dibatasi oleh koma. artinya kata demi kata diambil dari sumbernya.

µ Of course in practical business problems neat divisions of type of community may be difficult to realize. SID is defined as a design that clarifies what features are needed for systems that mediate communities and improve their knowledge-creating activities. artinya kata demi kata diambil dari sumbernya. . ditunjukkan juga nomor halaman sumbernya. ´ .µ (Azechi. This runs counter to the research discussed above in which conditions for ´wetnessµ may improve collaboration ² as contrasted with the transfer of ´facts. pp. However Azechi·s higher goal is point out such concerns for the discipline of social intelligence design (SID). . 2005. Azechi stated that a pilot study showed that the ´dryµ community enhanced the motivation of community members to present and obtain information. 110-111).PENULISAN KUTIPAN Jika kutipan merupakan kutipan langsung. .

maka untuk menunjukkan referensi cantumkan tahun penerbitan dalam tanda kurung langsung setelah nama penulis tersebut. Improving the efficiency and quality of meetings by appropriation of technology offers a challenge and an opportunity. . The fourth major theory described by Waldeck. (2002) was the bona fide group perspective (BFGP).µ Fulk and Collins-Jarvis (2001) cited studies that showed managers spending 25 to 60% of their time in meetings which are increasingly virtual. Pascale (2005) promote the positive deviance model in which the community is the guru. ´Only when people feel safe enough to discuss a taboo and when the community is sufficiently invested in finding solutions can the prospect of an alternative reality appear.PENULISAN KUTIPAN Jika nama penulis yang dikutip sudah termasuk dalam uraian. et al. Blogs may reduce the need for formal meetings whether face-toface (FTF) and/or on-line.

maka referensi ditunjukkan oleh nama penulis dan tahun dalam tanda kurung yang dibatasi oleh koma. et al. practical social science discipline (Briggs. Globalization and increased outsourcing are prima facie evidence that the network society has changed the way we all work and live (Castells. 2005). 2000). Some weblog technologies include comments facilities that permit readers to engage easily in a discussion about particular blog entries (Efimova & de Moor..PENULISAN KUTIPAN Jika nama penulis tidak termasuk dalam uraian. 2003). . Hence collaboration engineering has emerged as an applied.

referensinya ditunjukkan dengan menyebut nama. jika nama penulis tidak disebutkan dalam uraian.PENULISAN KUTIPAN Pada akhir kutipan langsung. tahun terbitan. pada akhir kutipan langsung. dicantumkan nomor halaman dalam tanda kurung. dan nomor halaman yang semuanya di dalam tanda kurung .

irama. intonasi. menggantikan beberapa unsur nonbahasa yang diperlukan untuk memperjelas gagasan atau pesan. . Unsur-unsur nonbahasa tersebut tidak terdapat di dalam bahasa tulis. Hal ini disebabkan. serta unsur-unsur nonbahasa lainnya ikut memperlancar. mimik. jeda.Ejaan dan Tanda Baca Gagasan yang disampaikan secara lisan atau tatap muka lebih mudah atau lebih cepat dipahami daripada secara tertulis. dalam bahasa lisan faktor gerakgerik. Ketiadaan itu menyulitkan komunikasi dan memberikan peluang untuk kesalahpahaman. Di sinilah ejaan dan pungtuasi (tanda-tanda baca) berperan sampai batas-batas tertentu.

ada suatu keserasian pendapat antara kedua unsur tersebut. Perilaku yang dikualifikasikan sebagai kejahatan. Perbedaan-perbedaan tersebut mungkin timbul. walaupun tidak mustahil terjadi perbedaan. .Ejaan dan Tanda Baca kejahatan merupakan suatu peristiwa penyelewengan terhadap norma²norma atau perilaku teratur yang menyebabkan terganggunya ketertiban dan ketentraman kehidupan manusia perilaku yang dikualifikasikan sebagai kejahatan biasanya dilakukan oleh sebagian terbesar warga masyarakat atau penguasa yang menjadi wakil-wakil masyarakat seharusnya ada suatu keserasian pendapat antara kedua unsur tersebut walaupun tidak mustahil terjadi perbedaan tersebut mungkin timbul karena kedua unsur tadi tidak sepakat mengenai kepentingankepentingan pokok yang harus dilindungi Kejahatan merupakan suatu peristiwa penyelewengan terhadap norma atau perilaku teratur yang menyebabkan terganggunya ketertiban dan ketentraman kehidupan manusia. Seharusnya. karena kedua unsur tadi tidak sepakat mengenai kepentingan-kepentingan pokok yang harus dilindungi. biasanya dilakukan oleh sebagian besar warga masyarakat atau penguasa yang menjadi wakil-wakil masyarakat.

dikritik. terutama kutipan tidak langsung. Sebagai penjelasan. ditelaah. Namun demikian. kita harus bertanggung jawab penuh terhadap ketepatan dan ketelitian kutipan. dan hasil penelitian dikutip kembali untuk dibahas. Di samping itu. Janganlah tulisan kita itu penuh dengan kutipan. Yang masing-masing dibagi lagi atas kutipan panjang dan kutipan pendek . konsep. b.Kutipan dan Catatan Kaki Kutipan Menyisipkan kutipan-kutipan dalam sebuah tulisan ilmiah bukanlah merupakan suatu keaiban. Kutipan ini dapat berfungsi sebagai: a. dipertentangkan. c. Landasan teori. Melalui sebuah kutipan sebuah tulisan akan terkait dengan penemuan-penemuan atau teori-teori yang telah ada. Kutipan terdiri atas kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. atau diperkuat. Penguat pendapat yang dikemukakan penulis. kita hanya mengutip kalau memang perlu. Tidak jarang pendapat.

Kutipan semacam ini tidak dijalin dalam teks.Kutipan dan Catatan Kaki Kutipan Langsung Kutipan langsung yang lebih dari tiga baris ketikan disebut kutipan langsung panjang. Indensi dari kalimat pertama tujuh ketukan dari garis tepi (margin) atau tiga ketukan dari garis tepi yang baru. kutipan langsung panjang tidak diapit dengan tanda kutip. Banyak batasan yang telah dikemukakan mengenai pengertian definisi. misalnya mengemukakan: Definisi pada prinsipnya adalah suatu proses menempatkan suatu objek yang akan dibatasi ke dalam kelas yang dimasukinya (berarti klasifikasi lagi). dengan menyebutkan ciri-ciri yang membedakan objek tadi dari anggota-anggota kelas lainnya. . Kutipan langsung panjang diketik dengan jarak baris satu spasi tunggal pada garis tepi baru yang jaraknya empat ketukan huruf dari garis margin. . tetapi diberi tempat tersendiri. . . Ingat. Keraf.

Kutipan dan Catatan Kaki Kutipan Langsung Kutipan langsung dapat digolongkan ke dalam kutipan langsung pendek kalau tidak melebihi tiga baris ketikan. Moeliono mengemukakan. pemusatan perhatian.µ . Mengenai kalimat efektif Anton M. dan keringkasan. Kutipan ini cukup dijalin ke dalam teks dengan meletakkannya di antara dua tanda petik. perpautan. ´Kalimat yang efektif dapat dikenal karena ciri-cirinya yang berikut: keutuhan.

atau ringkasan dan kesimpulan dari sebuah tulisan.Kutipan dan Catatan Kaki Kutipan Tidak Langsung Kutipan tidak langsung merupakan pengungkapan kembali maksud penulis dengan kata-katanya sendiri. tetapi tetap dinyatakan dengan bahasa Indonesia. . kemudian dinyatakan dengan bahasa sendiri. Jadi. yang dikutip hanyalah pokok-pokok pikiran. Walaupun yang dikutip dari bahasa asing.

karena sesuatu hal kutipan tidak langsung dapat melebihi satu paragraf. Namun. Untuk mengatasi kesulitan ini. . karena gaya penulisannya sama dengan gaya penulis. yaitu dengan menyebutkan nama penulis yang dikutip pada permulaan parafrase dan memberikan angka catatan kaki pada akhir kalimat parafrase. disingkat sedemikian rupa sehingga tidak lebih dari satu paragraf.Kutipan dan Catatan Kaki Kutipan Tidak Langsung Kutipan tidak langsung (parafrase) sebaiknya dilakukan sependek mungkin. Kutipan tidak langsung yang lebih dari satu paragraf inilah yang disebut kutipan tidak langsung yang panjang. Untuk parafrase yang lebih dari satu paragraf ini menimbulkan kesulitan bagaimana mengidentifikasi bahwa paragraf-paragraf itu merupakan kutipan.

Kutipan dan Catatan Kaki Kutipan Tidak Langsung Bagaimana ujud penalaran ilmiah itu di dalam pelaksanaannya? Berikut ini dikemukakan penjelasan Shurter dan Pierce. Di dalam analogi. Penalaran induktif mungkin merupakan generalisasi. . Penalaran induktif merupakan proses penalaran untuk menarik suatu prinsip/ sikap yang berlaku umum atau suatu kesimpulan yang bersifat khusus berdasarkan atas fakta-fakta khusus. analogi atau hubungan kausal. Hubungan kausal adalah hubungan ketergantungan antara gejalagejala yang mengikuti pola sebab-akibat «««. Generalisasi adalah proses penalaran berdasarkan pengamatan atas sejumlah gejala dengan sifat-sifat tertentu untuk menarik kesimpulan menge¬nai semua atau sebagian dari gejala serupa itu. infe¬rensi tentang kebenaran suatu gejala khusus ditarik berdasarkan kebe naran gejala khusus yang bersamaan.

Akan lebih balk lagi parafrase itu diambil dari satu sumber. tidak dibaur dengar teks. Akan tetapi jika ide. Sebaiknya parafrase pendek ini disediakan tempat tersendiri. Dari penelitiannya Ia menyimpulkan bahwa pemberian pengalaman-pengalaman belajar yang terarah mempengaruhi struktur pemikiran anak. atau kesimpulan yang dikutip itu berasal dari bermacam-macam sumber dan sangat mirip satu sama lain. . lebih balk diparafrasekan dalam satu paragraf dengan menvebutkan semua sum¬bernya dalam satu paragraf. Muass (1975) mengadakan penelitian untuk menjawab masalah apakah perkembangan pemikiran operasional formal tidak dapat dipercepat melalui pengajaran seperti yang mula-mula dikemukakan Piaget.Kutipan dan Catatan Kaki Kutipan Tidak Langsung Kutipan Tidak Langsung Pendek Parafrase yang terdiri dari satu paragraf disebut pendek. pendapat.

Ia harus bertanggung jawab terhadap ketidaktepatan dan ketidaktelitian kutipan yang dikutip. . Tetapi dalam keadaan terpaksa. Selain itu pengutip wajib mencantumkan dalam catatan kaki bahwa Ia mengutip sumber itu dari sumber lain. Kedua sumber itu dituliskan dalam catatan kaki dengan dibubuhi keterangan ´dikutip dariµ. Apabila seorang penulis terpaksa mengutip dari kutipan.Kutipan dan Catatan Kaki Mengutip dari Kutipan Mengutip dari kutipan harus dihindari. misalnya sulitnva menemukan sumber aslinya. mengutip dari kutipan bukanlah merupakan suatu pelanggaran.

waktu. (Sahono Soebroto. Ketiga. « Sahono Soebroto mengatakan bahwa tugas administrasi negara mencakup semua aspek kehidupan nasional bangsa. tetapi disampaikan dalam bentuk maka¬lah dalam seminar atau loka karya. lokakarya. Pertama kita harus dapat mengidentifikasikan orang yang membuat pernyataan tersebut. harus pula dapat kita identifikasikan lembaga yang menerbitkan publikasi ilmiah tersebut serta tempat dan itu tidak diterbitkan. dan lembaga yang melakukan kegiatan tersebut. dan sebagainya. seminar. makalah. Kedua. .Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki Pernvataan ilmiah yang kita pergunakan dalam tulisan kita harus mencakup beberapa hal. maka harus disebutkan tempat. misalnya buku. 1982: 7). majalah. kita harus pula da¬pat mengidentifikasikan media komunikasi ilmiah tempat pernyataan itu dimuat atau disampaikan.

b) tempat memperluas pembahasan yang diperlukan tetapi tidak relevan jika dimasukkan dalam teks. sebagai penghargaan terhadap karya orang lain. hal yang sama dibahas dalam tulisan. . c) referensi silang. yaitru petunjuk yang menyatakan pada bagian mana/ halaman berapa. Catatan kaki dipergunakan sebagai: a) pendukung keabsahan penemuan atau pernyataan penulis yang tercantum di dalam teks atau sebagai petunjuk sumber. d) tempat menyatakan penghargaan atas karya atau data yang diterima dari orang lain.Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki Catatan kaki dicantumkan sebagai pemenuhan kode etik yang berlaku. penjelasan ini dapat berupa kutipan pula.

setiap bab. menyatakan bahwa perbedaan itu tidak semata¬mata berdasarkan perbedaan jenis kelamin saja. Sehubungan dengan hal itu. 2. dan seterusnya) di belakang bagian yang diberi catatan kaki. ‡ Catatan kaki dapat ditempatkan langsung di belakang bagian yang diberi keterangan (catatan kaki langsung) dan diteruskan dengan teks. Peranan dan tugas kaum pria berbeda dengan peranan tugas kaum wanita. melainkan ber¬hubungan erat dengan kondisi sosial budaya lingkungannya.Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki ‡ Penomoran catatan kaki dilakukan dengan menggunakan ang-ka Arab (1. . agak ke atas sedikit tanpa memberikan tanda baca apapun. Namun sebaiknya untuk lebih efektif berurut untuk seluruh tulisan. Nomor itu dapat berurut untuk setiap halaman. atau seluruh tulisan. ‡ Antara catatan kaki dengan teks dipisahkan dengan garis se-panjang baris. Margaret Mead (1935) berdasarkan penelitiannya di beberapa masyarakat di Papua Nugini. Cara yang lebih banyak dilakukan ialah dengan meletakkannya pada bagian bawah (kaki) halaman atau pada akhir setiap bab.

diikuti titik (. d. kalau ada (b) Nomor cetakan.). kalau ada (c) Kota penerbit. penerjemah). ditulis dengan huruf kapital (kecuali kata-kata tugas) dan digarisbawahi. kalau ada. diikuti titik dua (:) (d) Nama penerbit. diikuti koma (.) (e) ahun penerbitan c. ditulis dalam urutan diikuti koma (. e diletakkan diantara tanda ku¬rung ( « ) (5) Nomor jilid kalau perlu (6) Nomor halaman. (3) Nama atau nomor seri. (2) Judul buku.Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki Unsur-Unsur Catatan Kaki Buku (1) Nama pengarang (editor. (4) Data publikasi: (a) Jumlah jilid.) .

Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki Unsur-Unsur Catatan Kaki Artikel dalam Majalah Berkala (1) Nama pengarang (2) Judul artikel. di antara tanda kutip(µ) (3) Nama majalah. (6) Nomor halaman. . digarisbawahi. (5) Tanggal penerbitan. (4) Nomor majalah jika ada.

b) op. dipergunakan untuk catatan kaki dari sumber yang pernah dikutip. nomor halaman. artinya dalam karya yang telah dikutip). artinya tempat yang telah dikutip). ) dan koma ( . cit. cit. Urutannya: nama pengarang. tetapi telah disisipi catatan kaki lain dari sumber lain. Ditulis dengan huruf besar. c) loc. (Singkatan dari Ibidum. . seperti di atas tetapi dari halaman yang sama: nama pengarang loc. cit. untuk catatan kaki yang sumbernya sama dengan catatan kaki yang tepat di atasnya. cit. (Singkatan dari loco citati. diikuti titik ( . (tanpa nomor halaman). digarisbawahi. (Singkatan dari opere citati. artinya sama dengan di atas).Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki Unsur-Unsur Catatan Kaki Catatan Kaki Singkat a) Ibid. ) lalu nomor halaman. op.

Strategi Pengembangan Kekuatan Penalaran (Jakarta Departemen P dan K.. 1979). 5. p. Suara Alam No. 3. 18. John Dewey. Linus Simanjuntak. Ibid. How We Think (Chicago: Henry Regnery Com¬pany. ´Andaikan Kolam itu Bumi Kitaµ. John Dewey. Majalah 7. BP3K. op.. p. p. 75. cit. 17-18.cit. 81-95. 1974).Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki Buku 2. 9 (1980). loc. pp. 4. John Dewey. p. 15. . 6.

29 April 1981.htm. John E. Jum·at 11 Agustus 2000. 289-309.kompas.htm . pp. Tajuk Rencana daiam Kompas (Jakarta). Bardach. ´Fishµ. Internet 11. 9.com/kcm/news/0008/11/0038. 13:32 wib Tips Memilih Nama Domain http://www. 11. 7 Mei 1981. ´Encyclopedia Americana (New York: Americana Corporation. Kompas Cyber Media. 1973). Artikel dalam Sinar Harapan (Jakarta).Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki Surat Kabar 8. Ensiklopedia 10.

Setiap perguruan tinggi menetapkan aturan tertentu mengenai teknik penulisan ini. Disertasi 12. dan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMPµ (Disertasi yang tidak diterbitkan. namun semua bersepakat untuk menghargai penemuan atau karya orang lain . Lokasi Sekolah. Meskipun aturan itu mungkin berbeda-beda.) Perlu diketahui bahwa banyak cara yang telah diterapkan sehubungan dengan pemakaian dan penulisan kutipan. Fakultas Pasca Sarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta. p. dan daftar kepustakaan. Skripsi. Sabarti Akhadiah.Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki Sumber Yang Belum Dipublikasikan Seperti Tesis. catatan kaki.36. ´Pengaruh Materi Pengajaran Bahasa Indonesia. 1983.

1983. Meskipun aturan itu mungkin berbeda-beda. dan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMPµ (Disertasi yang tidak diterbitkan. ´Pengaruh Materi Pengajaran Bahasa Indonesia. Disertasi 12.Kutipan dan Catatan Kaki Catatan Kaki Sumber Yang Belum Dipublikasikan Seperti Tesis. Sabarti Akhadiah. dan daftar kepustakaan. Lokasi Sekolah.) Perlu diketahui bahwa banyak cara yang telah diterapkan sehubungan dengan pemakaian dan penulisan kutipan. Fakultas Pasca Sarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta. catatan kaki. Setiap perguruan tinggi menetapkan aturan tertentu mengenai teknik penulisan ini. p. namun semua bersepakat untuk menghargai penemuan atau karya orang lain . Skripsi.36.

«««««««« Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful