Pengembangan Rumah Super Murah Bukan Hanya Perumnas

Rabu, 27/04/2011 17:33 WIB - www.detikfinance.com

Inti beritanya adalah pembuatan rumah murah yang biasanya dilakukan oleh perum perumnas kali ini akan diserahkan kepada swasta, yakni REI (Real Estate Indonesia). Beberapa langkah yang sudah dilakukan antara lain : Pembuatan saluran air untuk perumahan Pembuatan sirkuit listrik dan instrumen terkait Perbaikan akses jalan menuju perumahan Rencana pembangunan kompleks pertokoan dan rumah makan di sekitar lokasi untuk mempermudah penghuni dalam memenuhi kebutuhan belanjanya Detail berita : a. Jumlah rumah murah yang akan didirikan sebanyak seratus ribu unit yang tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan harga per unit berkisar 20 ± 30 juta rupiah. b. Tujuan primer pembuatan rumah murah adalah untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah supaya bisa memiliki tempat tinggal yang nyaman. c. Tujuan sekunder adalah untuk menyediakan lahan yang khusus dibangun menjadi permukiman mengingat semakin sulitnya mendapatkan lokasi pembuatan rumah yang layak. d. Supaya tetap mengenai sasaran sosial, pemerintah melakukan suatu bentuk intervensi terhadap swasta yang mengambil alih proyek tersebut, yaitu dengan cara subsidi.

Benefit yang Mungkin dan Diharapkan Timbul: 1. Teratasinya masalah kekurangan lahan pembuatan rumah Proyek pemerintah, dalam hal ini Perum Perumnas, membuat rumah murah yang lokasinya tersebar di beberapa daerah di Indonesia akan membantu mengatasi permasalahan masyarakat yang kebingungan dalam mencari lahan yang tepat sebagai tempat tinggal mereka. Terlebih lagi, banyaknya cabang perusahaan di daerah -daerah akan mempermudah proses pembebasan lahan terkait proyek ini. Dengan terjalinnya kerjasama antara perusahaan dengan para pemimpin di daerah, maka hal ini tidaklah sulit untuk direalisasikan. Asalkan dengan alasan serta tujuan yang tepat, yang berpotensi positif bagi masing-masing daerah sebagai lokasi pelaksanaan proyek. 2. Teratasinya masalah finansial masyarakat terkait pendirian sebuah rumah

Tetapi paling tidak keberadaan kemudahan akses jalan akan membuat kondisi transportasi lebih baik dari sebelumnya. Namun. bukan berarti pemerintah harus menderita kerugian atas kegiatan tersebut karena sudah barang tentu pemerintah memiliki kebijakan penentuan harga untuk menekan baik kerugian maupun keuntungan yang akan ditanggung atau diperoleh pihak-pihak tertentu pada tingkat yang masih dapat dijangkau. Maka. Pada akhirnya hal ini bisa memberikan keuntungan bagi warga di sepanjang jalur yang memiliki usaha. baik besar maupun kecil. Begitu pula dengan Perum Perumnas yang mendelegasikan wewenangnya dalam pengadaan proyek rumah murah untuk dikelola oleh pihak swasta. Tentunya masyarakat di sekitar kompleks juga akan merasakan kenyamanan berlalu-lalang meskipun hanya sebatas mengarah ke lokasi dan tempat-tempat penting yang diutamakan. Semakin nyaman suatu jalur transportasi akan menjadikan daerah tersebut banyak diakses oleh setiap orang. di satu sisi masyara kat berpenghasilan rendah bisa mendapatkan harga yang murah sesuai dengan tujuan primer pembuatan rumah murah dan di sisi lain pihak swasta bisa menikmati keuntungan yang nantinya akan mereka gunakan untuk kelangsungan usahanya. Sehingga diharapkan pembangunan rumah murah ini bisa sedikit lebih meringankan beban finansial bagi mereka yang berpenghasilan rendah untuk bisa tinggal di tempat yang layak huni. proyek ini memang di alamatkan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah. 4. 3. Namun. Membantu meningkatkan kesejahteraan sektor swasta Tidak semua fungsi pengadaan barang dan/atau jasa pemerintah yang ditujukan untuk kepentingan umum selalu dilakukan oleh pemerintah sendiri. Maka dari itu pemerintah menjalankan intervensi dalam bentuk subsidi yaitu dengan cara membeli beberapa bagian dari total nilai proyek yang dikerjakan swasta supaya. Membantu memajukan daerah sekitar lokasi Dari beberapa poin berita utama yang telah disebutkan di atas maka dapat dijelaskan sebagai berikut : Perbaikan akses jalan utama menuju kompleks tidak hanya akan memberikan kemudahaan akses semata-mata untuk kompleks.Sesuai dengan tujuan utamanya. karena semakin besar . juga tidak sepenuhnya teknis pengerjaan proyek diserahkan kepada swasta mengingat perbedaan orientasi mendasar yang ada antara kedua bagian integral perekonomian Negara. di sisi lain. di mana swasta lebih berorientasi profit sedangkan Perum Perumnas selaku BUMN memandang profit bukanlah tujuan utamanya melainkan fungsi sosial sebagai tujuan dasar. jalur dan aktifitas transportasi akan semakin ramai.

Karakteristik barang publik yang memungkinkan timbulnya masalah ini adalah karakteristik non-rival consumption. Hal tersebut timbul pada jenis barang publik. Free Rider Problem Seperti kita tahu bahwa free rider problem adalah suatu kondisi yang wujud ketika terdapat sekelompok orang yang rela memberikan kontribusi pendanaan dalam penyediaan barang dan/atau jasa namun di sisi lain terdapat sekelompok orang lain yang enggan memberikan kontribusi biaya bagi penyediaan barang dan/atau jasa yang sama. Listrik yang dimisalkan selain untuk kompleks juga untuk penerangan jalan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Taruhlah perbaikan akses jalan . Pembuatan sirkuit listrik dan instrumen terkait pun tidak jauh berbeda dengan perbaikan akses jalan. perekonomian daerah akan menjadi terangkat. Sedangkan pendirian rumah makan. Dalam hal ini. dan perbaikan akses jalan menuju perumahan. Mengapa? Pendirian pertokoan dan juga rumah makan di sekitar perumahan dapat menimbulkan kekurangtertarikan konsumen untuk melakukan pembelian di tempat usaha milik warga sekitar. seperti yang kita tahu bahwa pajak rumah makan merupakan pajak daerah. sehingga warga sekitar akan merasa dirugikan dengan hal tersebut. Efek Samping yang Mungkin Timbul: 1. akan memberikan kontribusi peningkatan pendapatan daerah tempat perumahan tersebut dibangun. 2. Pembangunan kompleks pertokoan dan rumah makan di sekitar lokasi Kompleks pertokoan yang didirikan disekitar perumahan selain memberikan kemudahan bagi para penghuni perumahan juga bagi warga sekitar dalam melakukan perbelanjaan. yang termasuk ke dalam barang publik adalah pembuatan sirkuit listrik dan instrument terkait. Eksternalitas Negatif Hal ini bisa timbul sebagai efek samping dari pendirian pertokoan dan rumah makan di sekitar perumahan. Penerangan yang semakin baik akan menghilangkan kesunyian sekitar lokasi yang telah didukung dengan perbaikan akses jalan yang memadai. Tidak seperti sebelumnya yang misal harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mencapai tempat perbelanjaan.kemungkinan mereka untuk mendapatkan pengunjung atas usaha yang mereka lakukan. Secara ringkas. Sulit untuk melakukan pembatasan konsumsi atas kedua jenis barang tersebut.

Fungsi alokasi Fungsi alokasi menguraikan aktivitas pemerintah dalam menyediakan barang publik atau proses alokasi sumberdaya untuk digunakan sebagai barang pribadi atau barang publik serta mengatur bagaimana komposisinya. secara tidak langsung telah diuraikan pula fungsi dan aktivitas pemerintah dalam perekonomian. Meskipun tidak secara kasat mata dalam bentuk penyesuaian distribusi pendapatan dan kekayaan. 3. Dalam hal ini adalah bagaimana dan langkah apa saja yang telah ditempuh pemerintah dalam usahanya mendirikan 100 ribu rumah murah untuk tahun 2011 dengan bekerja sama dengan pihak swasta (REI). Dari keseluruhan pembahasan yang telah diuraikan di atas. kecuali jika ada yang bisa melakukan pembatasan konsumsi. yang diwakili Perum Perumnas. pemerintah telah secara tegas memastikan tujuan pembangunan rumah murah ini adalah untuk menjalankan fungsi kemanfaatan sosial bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan adanya proyek besar-besaran tersebut. Stabilitas ekonomi dan laju pertumbuhan ekonomi Ini terwujud dengan dijalinnya kerjasama antara pemerintah. yang diwakili REI (Real Estate Indonesia). paling tidak untuk 2011.menuju perumahan yang bisa di nikmati oleh masyarakat daerah terutama di sekitar kompleks perumahan. dan. Fungsi distribusi Fungsi distribusi menerangkan penyesuaian distribusi pendapatan dan kekayaan untuk menjamin pemerataan keadilan. Sehingga diharapkan akan menciptakan pemerataan keadilan antara warga Negara satu dengan lainnya. 1. dengan swasta. bisa jadi jalan untuk menuju perumahan juga bisa dinikmati oleh sekelompok orang selain penghuni perumahaan tanpa mengurangi porsi penerangan sebagian kelompok yang lain. diharapkan akan bisa menyerap sebanyak mungkin tenaga kerja untuk bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan 100 ribu rumah murah untuk tahun 2011 sehingga pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. 2. daerah sekitar. Kemudian pembangunan sirkuit listrik yang pada akhirnya akan digunakan untuk penerangan perumahan. Fungsi stabilisasi Fungsi stabilisasi pemerintah adalah dengan cara penggunaan kebijakan anggaran untuk mempertahankan : Tingkat kesempatan kerja. Kerjasama tersebut akan menjaga kestabilan tingkat efektifitas dan efisiensi pasar yang dibarengi .

detikfinance.com/read/2011/04/27/173338/1626953/1016/p engembang-rumah-super-murah-bukan-hanya-perumnas . Sumber berita : http://www.dengan semangat orientasi sosial. Maka dengan adanya kerjasama tersebut tidak menutup kemungkinan akan tercipta ekuilibrium pasar yang kondusif bagi perekonomian dalam negeri pada khususnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful