RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

: Sejarah : XI IPS C / 2 : 15 : 2 X 45 menit (1 pertemuan) : Memahami perjalanan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. :Kemampuan menganalisis hubungan antara berkembangnya pahampaham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan serta munculnya keragaman ideologi di Indonesia.

Indikator : 1. Mengidentifikasi latar belakang lahirnya nasionalisme Indonesia 2. Mendeskripsikan proses terbentuknya transformasi etik dan perkembangan identitas kebangsaan di berbagai daerah 3. Mendeskripsikan perkembangan nasionalisme di Indonesia 4. Mendeskripsikan perkembangan organisasi-organisasi pergerakan nasional Indonesia A. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu: 1. Menjelaskan pengertian dari pergerakan nasional Indonesia 2. Menyebutkan latar belakang terbentuknya nasionalisme Indonesia 3. Menyebutkan organisasi-organisasi yang berpengaruh terhadap terbentuknya nasionalisme Indonesia 4. Mendeskripsikan perkembangan organisasi-organisasi pergerakan nasional Indonesia 5. Mengidentifikasi ideologi-ideologi organisasi pada masa pergerakan nasional Indonesia B. Materi Pembelajaran: Nasionalisme Indonesia dan organisasi-organisasi pergerakan nasional. C. Metode Pembelajaran: Tugas, Resitasi dan kuis D. Langkah-langkah Pembelajaran: Kegiatan guru dan siswa 1. Kegiatan awal a. Apersepsi • Guru mengucapkan salam, presensi kehadiran siswa, dan pengkondisian ketertiban kelas. b. Motivasi • Memberikan semangat dan motivasi untuk memulai pelajaran hari ini. Alokasi waktu

10”

1

• Siswa mampu memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajarinya. Elaborasi : • Guru membagikan lembar kerja siswa yang telah disediakan • Guru memberikan waktu kira-kira 10 menit kepada siswa untuk mengisi lembar jawaban tersebut • Setelah beberapa siswa selesai denagn tugasnya. b. Penilaian: • Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. • Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahami 10” 60” 10” 2 . c. Kegiatan Penutup a. b. guru menyuruh beberapa siswa untuk menuliskan jawabannya dipapan tulis dan siswa sedikit menjelaskannya • Guru mempersilakan siswa lain untuk berpendapat jika ada jawaban yang berbeda dari jawaban temannya yang didepan • Guru meluruskan dan menambahkan jawaban siswa • Guru memberikan kuis mengenai materi terhadap siswa dan yang menjawab mendapat point • Guru memberikan lembar kerja yang berbeda kepada siswa untuk kembali dikerjakan • Seperti tugas sebelumnya murid kembali menjelaskan jawabannya didepan kelas dan guru menambahkan. 3. Penilaian tertulis dilakukan dengan cara membagikan lembar tugas kepada tiap siswa.• Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi mengenai pergerakan nasional Indonesia. Kegiatan Inti : a. Eksplorasi : • Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai materi dan tujuan pembelajaran yang akan dibahas pertemuan ini • Guru menyuruh siswa untuk mempersiapkan buku paket pada materi pergerakan nasional Indonesia. jika ada yang belum dipahami • Guru dan siswa bersama-sama memberikan kesimpulan tentang materi pokok pelajaran. Refleksi : • Guru mempersilakan siswa untuk bertanya. 2. Komparasi : • Siswa dapat menunjukkan sikap dan prilaku baik dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Jakarta: Erlangga. Darsono Usaha yang dlakukan oleh organisasi ini: memajukan ekonomi rakyat pribumi. terorganisasi secara teratur. pengaruh perkembangan paham-paham baru dari Barat 2. Munculnya kaum terpelajar Sudirohusodo. R. Penerbit Quadran. I Wayan Badrika. Abdul Muis. 3. b. dan terebntuknya organisasi-organisasi pergerakan. Sejarah untuk SMA dan MA Jilid 2 Program IPS. F. semaun. dan yang lebih menonjol adalah pergerakan nasional sesudah tahun 1908 denagn ciriciri:Bersifat nasional. perdagangan dengan semangat Islam.T Tirtokusumo. (2006). E. Wahidin Tokoh-tokoh : H. dan para pedagang pribumi yang sedang memerdekakan Indonesia dan salah memajukan kepentingan priyayi rendah menghadapi persaingan dengan satunya dengan membentuk organisasi. Tjokroaminoto. • Format penilaian Bagian Soal Usaha yang dlakukan oleh organisasi ini: BU mulai merambah ranah politik setelah menjadi anggota Komite Pertahanan Hindia dan memperjuangkan diadakannya milisi pemuda-pemuda Indonesia. Triyono Suwito. Faktor Ekstern : 1. munculnya pergerakan nasional di negara-negara Asia dan Afrika Ciri-ciri: pergerakan nasional Indonesia terbagi kedalam 2 periode yaitu pergerakan nasional sebelum tahun 1908 dan sesudah tahun 1908. Dan memajukan organisasi pergerakan menjadi organisasi nasional yang perdagangan dengan semangat Islam didirikan oleh kaum terpelajar Latar Belakang :a. Penilaian/evaluasi: a. Sarana komunikasi mempermudah komunikasi antar daerah 3. banyak anggota BU yang duduk di dalam Volksraad. Lembar tugas I Analisislah lahirnya pergerakan nasional Indonesia. Alat / Sumber belajar: 1. Alimin. Bandung: Titian Ilmu.c. Kenangan kejayaan kerajaan sriwijaya dan Majapahit Tokoh-Tokoh : Dr. Sejarah untuk SMA dan MA Kelas XI. kemenangan jepang atas Rusia 1905 3. serta bandingkalah organisasi Budi Utomo dengan Sarekat Islam ! Bagian 1 Bagian 2 Bagain 3 Pergerakan Nasional Indonesia Budi Utomo Sarekat Islam Pengertian :masa dimana rakyat Indonesia Latar Belakang Bediri: bertujuan untuk Latar Belakang Bediri: lebih bersifat bersatu dan berusaha untuk melepaskan menghimpun beasiswa untuk pendidikan ekonomis dimaksudkan untuk membantu diri dari belenggu penjajahan untuk anak kalangan priyayi rendah. Sejarah Untuk SMA Kelas XI Program Ilmu Sosial. Perasaan senasib sepenanggungan 2. Umar Said 4. perjuangan diplomasi. Penugasan: • Menugaskan masing-masing siswa untuk memperdalam lagi materi yang dibahas dengan mengisi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan membaca materi untuk pertemuan selanjutnya. (2006). faktor intern 1. 2. menerpakan disiplin partai untuk tidak menjadi anggota dua atau tiga organisasi politik Bobot Nilai 3 .(Jawa dan Madura) namun selanjutnya pedagang Cina.

PI 6. Politik Katolik Jawi 5.1 10-40 2 10-30 3 10-30 Jumlah jika semua benar 100 b. NU 4. Gerakan Wanita Bagian II Ideologi Komunis 1 SI (Merah) 2. ISDV 3. PNI baru 8. IP (Indische Partij) 3. PKI Bagian III • Format penilaian Bagian Soal 1 2 3 Jumlah jika semua benar Bobot nilai 10-30 10-40 10-30 100 Bandung. Taman Siswa 5. Partindo 7. gerakan wanita Aisyah Bagian I Ideologi Nasionalis 1 PNI 2. Undan Juhana NIP: Elin Liani NIM: 0705574 4 . 1 April 2011 Mengetahui. Gerakan Pemuda 4. Muhammadiyah 3.lembar tugas II Identifikasilah organisasi-organisasi dalam masa pergerakan nasional Indonesia kedalam 3 karakteristik ideologi dibawah ini ! Ideologi Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia Dipengaruhi Oleh : Ideologi Agama 1 SI (putih) 2. Dosen Luar Biasa PLP Praktikan PLP Drs.

5 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful