TIPE DATA PADA MISCROSOFT ACSES

Perlu kita ketahui juga type data yang ada di m.acces! berikut adalah tipe data yang ada di m. acces ! 1. Text: Merupakan tipe data yang sering digunakan(Alfabet ic dan Numeric).Panjang maksimumnya 255. 2. Number: Hanya digunakan untuk menyimpan data numerik.. 3. Date/Time: Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam.Panjang maksimumnya 8 karakter. 4. Memo: Mampu menampung nilai sampai 65535 karakter. 5. Currency: Sering digunakan untuk nilai mata uang. 6. AutoNumber: Berisi angka urut yang sudak ditetapkan oleh Access yang muncul secara otomatis dan nilainya tidak dapat diubah. 7. Yes/No: Berisi dua nilai saja yai tu Yes/No atau True/ false dan On/Off . 8. OLE Object: Digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar,suara, Dan sebagainya. 9. Hyper link: Gabungan dari Text dan Numerik yang disimpan dalam bentuk Text Digunakan untuk 10. Lookup Wizard: Untuk memilih sebuah nilai dari tabel lain atau List Box atau Combo Box. Pengertian dari Database menyimpan pointer ke situs web.

1

Database adalah Kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer secara sistemetik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Setelah anda mengisi nama database. Buka aplikasi Microsoft Access 2007 2.Operational Database 2.Analytical Database 3.Real Media Database Pengertian dari Tabel Kumpulan data yang yang tersusun menurut aturan tertentu Pengertian dari Field Tempat dafa atau informasi dengan kelompok dengan jenis yang sama Pengertian dari Record Kumpulan Field yang tersimpan dalam bentuk baris didalam tabel Setelah mengetahui pengertiannya mari kita coba untuk membuat ^^! Membuat database 1. Create nama file database 4. anda bisa langsung mengklik tombol create menekan tombol enter.Pengertian lainnya yaitu Kumpulan data yang saling berinteraksi sehingga dapat diproses Macam-macam database : 1. Pilih New Blank Database 3. Membuat Tabel Membuat Tabel Untuk membuat tabel ada 3 cara yaitu: atau 2 .Hypermedia Database on the web 5.Distributed Database 4.

Nama dari hasil pembuatan tersebut akan tampil pada lembar kerja Ms. Create table by using wizard 3. Blok field yang akan disisipi ( klik sebelah kiri nama field ) 5. Pilih Field Temple yang diinginkan 4. Create table by entering data Pada saat ini kita akan membuat tabel dengan cara yang pertama yaitu Create table in Design View. . Tuliskan Fields baru 7. Kemudian klik close dan Save OK Menghapus Field 1.Pilih Home 2. Langkah. Setelah tabel terbentuk selanjutnya terserah kita untuk melakukan proses terhadaptabel tersebut selanjutnya. Blok Field yang akan dihapus 4. Klik kanan Insert Rows 6. Setelah itu Save as table dengan nama apa aja(misal: daftar) lalu tekan enter/ 4. Pilih Home 2.1. Acces 6. Klik View lalu pilih Design View 3. Klik View lalu pilih Design View 3. Kemudian klik close dan Save OK 3 .langkahnya sebagai berikut : 1. Pilih Home 2. Create table in design view 2. Menambah Field 1. Masukan nama-nama field beserta type datanya 5. Klik View lalu pilih Design View 3.

karena didalam data bias dimungkinkan orang bisa mempunyai nama dan alamat yang sama maka untuk membedakan diberikan field yang bersifat unik. Klik View lalu pilih Design View 3. seperti NIS. ikuti langkah berikut ini: 1. Buka jendela Data Sheet dari tabel tersebut dengan langkah : 1. Rubah Field 4. Klik tombol toolbar Primary Key. Kemudian klik close dan Save OK Kunci primer / Primary key Kunci primer adalah sebuah field yang bersifat unik. 2. Pilih dan klik tabel yang anda inginkan ubah primary key-nya. Pilih dan Klik nama Field yang ingin di jadikan primary key 3. 2. Untuk menentukan dan mengubah primary key pada suatu field. NIP. Klik Ganda pada nama tabel Klik kanan pada nama tabel dan pilih perintah open dari menu yang tampil. Tekan Tombol icon Open pada area kerja kemudian Tekan tombol enter 2. Cara membuat primary key. 3. dimana data dari field tersebut tidak boleh sama. 4 . Pilih Home 2. Input Data Record/ Memasukkan Data Prosedur yang di lakukan untuk menginput data adalah sebagai berikut : 1. Kode. Kunci primer digunakan untuk membedakan antara record / data yang satu dengan yang lain. Pada jendela data base pilih salah satu nama tabel yang datanya ingin anda masukkan.Merubah Field 1.

3.tabel dan record kita juga bisa mengolah data tersebut misalnya mengurutkan data yang kita buat ! 5 .Setelah Anda jalankan salah satu per intah tersebut di atas maka akan tampil jendela data Sheet dari tabel yang masih kosong 4. . Anda dapat langung memasukan data Record sesuai dengan tatanan yang telah Anda buat pada jendela Desain View Setelah bisa membuat database.

PENYARINGAN DATA DENGAN MENGGUNAKAN FILTER Sort A to Z Untuk mengurutkan data secara Ascending Sort A to Z Untuk mengurutkan data secara Descending Clear Filter Form Untuk menghilangkan pengaruh penyaringan pada field Text Filters Equals= sama dengan Does not Equals = Tidak sama dengan Begins with= diawali dengan Does not Begins with= Tidak diawali dengan Contains =Berisi Teks Tertentu Ends With= diakhiri dengan Does not End With= Tidak diakhiri dengan PENYARINGAN DATA DENGAN SELECTION Equals= sama dengan Does not Equals = Tidak sama dengan Smaller Than = Lebih kecil dari Larger than = Lebih besar dari Between = antara Contain = berisi/ mengandung Teks tertentu Does not Contain = Tidak berisi /mengandung Teks tertentu 6 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful