KURIKULUM SMKN 1 BANGIL

SILABUS
NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU KOMPETENSI DASAR
1. Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

: SMK NEGEERI I BANGIL : Dasar Kompetensi Kejuruan : X / 2 (GENAP) : Menerapkan keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH) : 071DKK3 : 40 X 45 MENIT INDIKATOR
 Informasi yang berhubungan dengan peraturan kesehatan dan keselamatan kerja dan syarat-syaratnya dikumpulkan.  Peraturan-peraturan kesehatan dan keselamatan yang berkaitan dengan teknologi informasi di area klien ditetapkan dan didokumentasikan.  Dokumen diajukan pada pengawas untuk diverifikasi.

MATERI PEMBELAJARAN
 Undang-undang kesehatan dan keselamatan kerja.  Peraturan-peraturan kesehatan dan keselamatan kerja yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi.  Dokumen-dokumen K3.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Menjelaskan undang-undang kesehatan dan keselamatan kerja.  Menjelaskan peraturan-peraturan kesehatan dan keselamatan kerja yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi.  Menjelaskan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

PENILAIAN
 Test tulis  Wawancara

ALOKASI WAKTU TM
5

PS
-

PI
-

SUMBER BELAJAR
 Modul K3  UU Keselamatan kerja

2. Melaksanakan prosedur K3

 Dokumen kesehatan dan keselamatan kerja disebarkan pada semua pos kerja.  Dokumen-dokumen kesehatan dan keselamatan kerja yang berhubungan dengan teknologi informasi diperbaharui dan didiseminasikan

 Test tulis  ancara  Obser vasi / Pengamatan Waw

5

5 (10)

-


K3 

Modul UU Keselamatan kerja Peratu ran penggunaan LAB

PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

SILABUS - Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Halaman 1 dari 3

 Prosedur kesehatan dan keselamatan kerja dilaksanakan untuk menjamin keamanan dilingkungan kerja  KEGIATAN PEMBELAJARAN Menjelaskan prosedur kesehatan dan keselamatan kerja untuk memperbaiki masalah yang ada. Menjelaskan prosedur kesehatan dan keselamatan kerja untuk menjamin keamanan di lingkungan kerja.Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Halaman 2 dari 3 .  Mengikuti prosedur darurat dalam hubungannya dengan prosedur organisasi.  Mencari bantuan dari kolega dan / atau yang berwenang bila sesuai.  Melaporkan detail situasi darurat secara akurat sebagaimana diperlukan dalam hubungannya dengan kebijakan organisasi. Menentukan ketentuan pertolongan petama pada kecelakaan  Prosedur situasi darurat dan prosedur organisasi diterapkan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan. dan menentukan dan mengambil langkah yang harus dilakukan di dalam cakupan tanggung jawab pribadi.  Prosedur K3 ditetapkan sesuai dengan undang-undang K3 MATERI PEMBELAJARAN  Prosedur kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan kerja ditinjau untuk memperbaiki masalah yang ada.  Test tulis  Wawancara  Observasi / Pengamatan 10 5 (10) -  Modul K3  UU Keselamatan kerja PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SILABUS . Menerapkan konsep lingkungan hidup INDIKATOR  Kesehatan dan keselamatan kerja ditetapkan sesuai undang-undang kesehatan dan keselamatan kerja.KURIKULUM SMKN 1 BANGIL KOMPETENSI DASAR 3.  Pengenalan situasi darurat dan situasi yang berpotensi darurat  Prosedur darurat dan prosedur organisasi  Mengenali situasi darurat dan situasi yang potensial darurat.  PENILAIAN Test tulis  ancara  Obser vasi / Pengamatan Waw ALOKASI WAKTU TM 5 PS 5 (10) PI - SUMBER BELAJAR  Modul K3  UU Keselamatan kerja  4. dan dilaporkan pada pengawas.

 Melakukan semua penanganan manual dalam hubungannya dengan persyaratan legal. kebijakan perusahaan. Pemeliharaan lingkungan kerja dalam kondisi aman KEGIATAN PEMBELAJARAN  Menggunakan gelang pengaman (untuk keperluan grounding) secara tepat. 195204061979031008 PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SILABUS . kebijakan perusahaan. kebijakan perusahaan.Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Halaman 3 dari 3 . Kusniadi NIP. PENILAIAN ALOKASI WAKTU TM PS PI SUMBER BELAJAR   Keterangan TM PS PI : Tatap Muka : Praktek di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka) : Praktek di Industri (4 jam praktik di Du/ Di setara dengan 1 jam tatap muka) Bangil. panduan keselamatan dan kesehatan nasional  MATERI PEMBELAJARAN Penggunaan peralatan dan perlengkapan K3 Penanganan manual. persyaratan legal. panduan keselamatan dan kesehatan nasional. dan peralatan perlindungan pribadi.KURIKULUM SMKN 1 BANGIL KOMPETENSI DASAR INDIKATOR  Penggunaan peralatan dan perlengkapan K3 dipahami secara tepat. 28 April 2010 Kepala SMK Negeri 1 Bangil Drs.  Penanganan manual dilakukan dengan memepertimbangkan persyaratan legal. panduan keselamatan dan kesehatan kerja. sepatu.  Membantu dalam pemeliharaan lingkungan kerja dalam kondisi yang aman.  Melakukan pengukuran untuk mencegah luka atau kerusakan yang berhubungan dengan aktivitas tempat kerja dan mengontrol bahaya tempat kerja.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful