P. 1
SDKK3_Menerapkan K3LH

SDKK3_Menerapkan K3LH

|Views: 461|Likes:
Published by Dedy Firmansyah

More info:

Published by: Dedy Firmansyah on May 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/29/2012

pdf

text

original

KURIKULUM SMKN 1 BANGIL

SILABUS
NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU KOMPETENSI DASAR
1. Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

: SMK NEGEERI I BANGIL : Dasar Kompetensi Kejuruan : X / 2 (GENAP) : Menerapkan keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH) : 071DKK3 : 40 X 45 MENIT INDIKATOR
 Informasi yang berhubungan dengan peraturan kesehatan dan keselamatan kerja dan syarat-syaratnya dikumpulkan.  Peraturan-peraturan kesehatan dan keselamatan yang berkaitan dengan teknologi informasi di area klien ditetapkan dan didokumentasikan.  Dokumen diajukan pada pengawas untuk diverifikasi.

MATERI PEMBELAJARAN
 Undang-undang kesehatan dan keselamatan kerja.  Peraturan-peraturan kesehatan dan keselamatan kerja yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi.  Dokumen-dokumen K3.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Menjelaskan undang-undang kesehatan dan keselamatan kerja.  Menjelaskan peraturan-peraturan kesehatan dan keselamatan kerja yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi.  Menjelaskan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

PENILAIAN
 Test tulis  Wawancara

ALOKASI WAKTU TM
5

PS
-

PI
-

SUMBER BELAJAR
 Modul K3  UU Keselamatan kerja

2. Melaksanakan prosedur K3

 Dokumen kesehatan dan keselamatan kerja disebarkan pada semua pos kerja.  Dokumen-dokumen kesehatan dan keselamatan kerja yang berhubungan dengan teknologi informasi diperbaharui dan didiseminasikan

 Test tulis  ancara  Obser vasi / Pengamatan Waw

5

5 (10)

-


K3 

Modul UU Keselamatan kerja Peratu ran penggunaan LAB

PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

SILABUS - Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Halaman 1 dari 3

 Prosedur K3 ditetapkan sesuai dengan undang-undang K3 MATERI PEMBELAJARAN  Prosedur kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan kerja ditinjau untuk memperbaiki masalah yang ada.  Test tulis  Wawancara  Observasi / Pengamatan 10 5 (10) -  Modul K3  UU Keselamatan kerja PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SILABUS . Menentukan ketentuan pertolongan petama pada kecelakaan  Prosedur situasi darurat dan prosedur organisasi diterapkan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan. dan dilaporkan pada pengawas.  Melaporkan detail situasi darurat secara akurat sebagaimana diperlukan dalam hubungannya dengan kebijakan organisasi.  Mencari bantuan dari kolega dan / atau yang berwenang bila sesuai.  PENILAIAN Test tulis  ancara  Obser vasi / Pengamatan Waw ALOKASI WAKTU TM 5 PS 5 (10) PI - SUMBER BELAJAR  Modul K3  UU Keselamatan kerja  4.  Pengenalan situasi darurat dan situasi yang berpotensi darurat  Prosedur darurat dan prosedur organisasi  Mengenali situasi darurat dan situasi yang potensial darurat.  Mengikuti prosedur darurat dalam hubungannya dengan prosedur organisasi. Menjelaskan prosedur kesehatan dan keselamatan kerja untuk menjamin keamanan di lingkungan kerja.  Prosedur kesehatan dan keselamatan kerja dilaksanakan untuk menjamin keamanan dilingkungan kerja  KEGIATAN PEMBELAJARAN Menjelaskan prosedur kesehatan dan keselamatan kerja untuk memperbaiki masalah yang ada.KURIKULUM SMKN 1 BANGIL KOMPETENSI DASAR 3.Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Halaman 2 dari 3 . Menerapkan konsep lingkungan hidup INDIKATOR  Kesehatan dan keselamatan kerja ditetapkan sesuai undang-undang kesehatan dan keselamatan kerja. dan menentukan dan mengambil langkah yang harus dilakukan di dalam cakupan tanggung jawab pribadi.

kebijakan perusahaan. sepatu.  Melakukan pengukuran untuk mencegah luka atau kerusakan yang berhubungan dengan aktivitas tempat kerja dan mengontrol bahaya tempat kerja. kebijakan perusahaan. Pemeliharaan lingkungan kerja dalam kondisi aman KEGIATAN PEMBELAJARAN  Menggunakan gelang pengaman (untuk keperluan grounding) secara tepat. Kusniadi NIP. dan peralatan perlindungan pribadi.Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Halaman 3 dari 3 . panduan keselamatan dan kesehatan nasional. panduan keselamatan dan kesehatan kerja.KURIKULUM SMKN 1 BANGIL KOMPETENSI DASAR INDIKATOR  Penggunaan peralatan dan perlengkapan K3 dipahami secara tepat. 28 April 2010 Kepala SMK Negeri 1 Bangil Drs. PENILAIAN ALOKASI WAKTU TM PS PI SUMBER BELAJAR   Keterangan TM PS PI : Tatap Muka : Praktek di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka) : Praktek di Industri (4 jam praktik di Du/ Di setara dengan 1 jam tatap muka) Bangil. 195204061979031008 PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SILABUS . persyaratan legal.  Melakukan semua penanganan manual dalam hubungannya dengan persyaratan legal.  Membantu dalam pemeliharaan lingkungan kerja dalam kondisi yang aman. kebijakan perusahaan.  Penanganan manual dilakukan dengan memepertimbangkan persyaratan legal. panduan keselamatan dan kesehatan nasional  MATERI PEMBELAJARAN Penggunaan peralatan dan perlengkapan K3 Penanganan manual.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->