MAKALAH ILMU EKONOMI

PRODUKSI USAHA PENGOLAHAN SUSU KEDELAI

OLEH : ILHAM ISMAIL 21.0152 B

INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI
(KAMPUS REGIONAL MAKASSAR)
2011

oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Amin. pembuatan makalah ini dapat terselesaikan. Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. berkat rahmat dan karunia -Nya. Makalah ini disusun sebagai pemenuhan tugas mata perkuliahan ilmu ekonomi. 25 April 2011 Penulis . Saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar -besarnya kepada pihak yang telah membantu sehingga makalah ini selesai tepat pada waktunya. Makassar. Semoga makalah ini memberikan informasi kepada kita semua dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Tuhan Yang Maha Esa.

2. serta mengganti sel -sel yang rusak atau tua.91 gram 1. 5. Thryptophane. tempe dan susu kedelai.75 gram 1. Tetapi penggunaan biji kedelai ini harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. 3. 4. Adapaun kandungan zat yang terdapat pada kacang kedelaiadalah sebagai berikut : Kandungan zat gizi kacang kedelai: No 1. Phenylalanine. 9. Susu kedelai bernilai gizi tinggi dengan kandungan asam amino yanag penting terdapat didalaim kedelai yaitu: Isoleucine. 8.BAB I PENDAHULUAN I. Latar Belakang Indonesia merupakan salah satu Negara yang banyak mengkonsumsi kacang kedelai. menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Jelasnya terlihat bahwa begitu banyak zat -zat gizi yang terdapat pada susu kedelai murni. Kadar air Energi Protein Lemak Karbohidrat Serat Kalsium Magnesium Fosfor Komposisi Kandungan 93.7 gram 33 kalori 2. Leucine. Hal ini karena biji kedelai ini mengandung tripsine inhibitor.3 gram 4 miligram 19 miligram 49 miligram Sumber : AAK.1989 Tabel diatas menjelaskan zat -zat gizi yang terdapat pada kacang kedelai yang telah diolah. 6. Kandungan zat gizi di atas adalah per 100 gram bahan. Di Indonesia penggunaan kacang kedelai masih terbatas pada bahan makanan ma nusia dan ternak. 7. yang dapat dinetralkan dengan cara direbus atau direndam dengan air panas terlebih dahulu.81 gram 1. Susu kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. dimana kacang kedelai dikonsumsi dalam bentuk olahan diantaranya adalah tahu. Threonine. Protein berfungsi untuk pertumbuhan tubuh.1. dan Valine. Selain itu . Mhetionine.

Adapun permasalahan yang banyak dihadapi dalam pengembangan usaha pengolahan susu kedelai itu sendiri. Berdasarkan paparan tersebut mak a dalam kajian ini akan dirancang analisis kelayakan ekonomi yang terdiri dari analisis marketing. 3. Semakin banyak jumlah air yang digunakan untuk mengencerkan susu.00 6. susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu sapi. maka akan semakin sedikit kadar protein yang.kacang kedelai juga menga ndung kalsium. 4. maka saat ini skala usaha pengolahan susu kedelai tergolong kecil. seperti persediaan kacang kedelai yang sering putus.00 13. Kandungan protein dalam susu kedelai dipengaruhi oleh varietas kedelai. jsejak dahulu kadelai diketahui merupakan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Keunggulan lain dari susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekal i. jumlah air yang ditambahkan. p roduksi dan sumber daya manusia . Minimnya pengembangan usaha pengolahan susu kedelai dalam skala besar lebih disebabkan adanya ketakutan dari para pengusaha yaitu tidak layaknya usaha yang di bangun dibandingkan profit yang diterima. Perbandingan kadar protein dengan bahan makanan lain: No 1. 2. serta perlakuan panas. 5. fosfor.80 Berdasarkan table di atas dapat disimpulkan bahwa kedelai mempunyai kadar protein tertinggi jika dibandingkan dengan bahan makanan lainnya. sehingga banyak bahan makanan yang menggunakan kedelai sebagai bahan baku.00 17.00 22. Kedelai Kacang hijau Daging Ikan segar Telur ayam Beras Bahan Makanan Protein (%Berat) 35. Oleh karena itu. 6.00 19. zat besi. atau tingginya harga kacang kedelai. jangka waktu dan penyimpanan. Jika dilihat dari skala usaha pengolahan susu kedelai. Kon disi ini tentunya akan membuat para pengusaha susu kacang kedelai ragu dalam mengembangkan usahanya. vitamin A dan vitamin B.

Tujuan Umum Adapun tujuan dibuatnya makalah ini adalah: 1. Menambah pengetahuan bagi penulis pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. masalah yang dapat dirumuskan adalah: berapa besar pendapatan rata -rata usaha agroindustri susu kedelai bagi para pengusaha pengolahan susu kedelai? I. Identifikasi Masalah Berdasarkan pada uraian di atas.3. Mengetahui dan menganalisis besarnya pendapatan usaha agroindustri susu kedelai. 2. .I. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Ekonomi.2. 3.

kimia. dan/atau mengubah barang yang kurang nilainya menjadi barang yang lebih tinggi nilainya dengan maksud mendekatkan produk tersebut kepada konsumen akhir. Seperti halnya susu kedela i yang menjadi bahan pangan untuk kepuasan manusia tidak tersedia secara langsung. Masing masing perubahan tersebut menentukan penggunaan input untuk menghasilkan output yang diinginkan. kemudian diolah melalui proses industri yang cukup panjang yang kemudian merubah bentuk. manusia memerlikan barang dan jasa. Dimana perubahan -perubahan yang terjadi terjadi tersebut mengarah pada suatu perubahan barang dan jasa yang kurang berguna menjadi barang dan jasa yang lebih berguna untuk memenuhi kepuasan manusia. atau dengan tangan sehingga menjadi barang jadi/setengah jadi. Produksi dalam artian lebih ³opeerasional´ adalah suatu proses dimana satu atau beberapa barang dan jasa yang disebut ³input´ diubah menjadi barang dan jasa yanag disebut ³output´.1. tempat. dan waktu penggunaan hasil -hasil produksi.BAB II PEMBAHASAN II. sifat dan kegunaannya. Industri pengolahan adalah sutu kegiatan ekonomi yang melakukan kegiatan mengubah barang dasar secara mekanik. Setiap proses untuk m enghasilkan barang dan jasa dinamakan ³Proses Produksi´. Produksi dalam artian yang umum didefenisikan sebagai segala kegiatan yang ditujukan untuk menciptakan atau menambah nilai guna atas suatu benda untuk memenuhi kepuasan manusia. Barang dan jasa tersebut tidak tersedia begitu saja. tetapi harus dibuat dengan pengorbanan tertentu. Pengertian Produksi dan Industri Dalam upaya memenuhi kebutuhan. tetapi melalui proses yang panjang. Bermula dari bahan baku kacang kedelai. Agroindustri pada dasarnya mencakup kegiatan pengolahan yang sangat luas baik dari tahapan prosesnya maupun jenisnya. Banyak jenis kegiatan yang terjadi dalam proses produksi karena ada perubahan bentuk. Hal ini terlihat pada pengertian . Ekonomi produks i dapat diartikan sebagai ³Peraturan rumah tangga di bidang produksi oleh karena terbatasnya sumber daya sedangkan kebutuhan produsen tidak kunjung dipuaskan´.

Agar dapat berproduks i. Produk pertanian sebagain bahan baku industry mempunyai cirri khusus yang tidak dapat disamakan dengan produk manufaktur. Penentuan industry ini bedasarkan besar kecilnya modal yang digunakan dan banyaknya tenaga kerja yang dipakai.agroindustri yaitu suatu kegiatan industry yang memanfaatkan produk primer hasil pertanian sebagai bahan bakunya untuk d iolah sedemikian rupa sehingga menjadi produk baru dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaanya termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri. kuantitas dan kualitas serta tersedia secara berkelanjutan akan menjamin penampilan perusahaan/industry dalam waktu yang relatif lama. dan industry kecil yang termasuk di dalamnya industri rumah tangga (home industry) . Implikasinya adalah doiperlukannya manajemen stok (bahan baku) yang terencana se cara baik (Soekarwati. Agroindustri sebagai inti dari agribisnis adalah kegiatan indst ri yang mengolah hasil pertanian baik sebagai industry hilir yang berlokasi di pedesaan dan secara fungsional meningkatkan posisi petani dalm meraih nilai tambah dengan memperolah harga pasar ynag lebih besar dari harga yan g dibayarkan oleh konsumen (Adjid. kapan dapat diusahakan. Industri dapat dibedakan atas industry besar. misalnya bagaiman system produksinya. keterampilan khusus serta peralatan atau denga n menggunakan mesin (Aziz. Bahan baku industri adalah sebagian besar dari produk pertanian dan sebagian besar pula umumnya dari produk pertanian yang dihasilkan di dalam negeri. maka karakteristik produk pertanian yang digunakan sebagai bahan baku tersebut perlu dike tahui secara baik. yang bersifat setengah jadi maupun final yang dapat segera di konsumsi. Selain itu juga diperlukan teknologi. 1998 : 25). 1993: 39). Bahan baku merupakan bahan dasar utama yang mempengaruhi jalannya kegiatan produksi untuk menghasilkan suatu produk baru. dan sebagainya. inovasi. maka setiap industri harus memiliki modal. 300: 27) . industry menengah. Dalam kaitannya dengan bahan baku. Ciri khusus tersebut yaitu bahwa prod uk pertanian itu umumnya bersifat musiman dan karenanya produk tersebut sulit tersedia sepanjang tahun. tenaga kerja dan sumber daya alam (bahan baku). Ketersediaan bahan baku industry yang tersedia secara tepat waktu.

a. b. Model Analisis dan Pengujian Hipotesis Data yang diperoleh dari lapangan diolah dan ditabulasikan menurut kebutuhan analisi s. d. 2002: 161) . 2. diukur dalam satuan rupiah. Analisis pendapatan usaha agroindustri susu kedelai dapat dilakukan dengan menggunakan rumus/formula sebagai berikut: = PrT ± B ««««««««««««««««. Kacang kedelai adalah bahan baku utama untuk pengolahan susu kedelai. Biaya investasi adalah jumlah biaya yang digunakan pengusaha untuk pengembangan usaha pengolahan minuman susu kedelai.2. Tenaga kerja adalah jumlah tenaga yang berusia 15 tahun ke atas. Firdaus dkk.3. c. serta diukur dalam satuan rupiah. II. baik dalam keluarga maupun luar keluarga untuk melakukan pekerjaan rutin sehari-hari diukur dalam satuan hari kerja pria (HKP).II. diukur dalam satuan kilogram/hari.««(Soekartawi... Operasioanal dan Pengukuran Varibe l Adapun defenisi dan pengukuran variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1. Harga jual adalah nilai penjualan susu kedelai. 1998: 77) = PrT ± (BT + BTT) Keterangan : = Pendapatan bersih PrT BT BTT = Nilai penjualan susu kedelai = Biaya tetap susu kedelai = Biaya tidak tetap susu kedelai Untuk melihat Revenue Cost Ratio maka digunakan rumus sebagai berikut: R/C = Total Penerimaan / T otal Biaya «««« (Yan. Biaya ini terdiri dari biaya peralatan dan sebagai nya. Biaya operasional adalah jumlah biaya yang digunakan dalm menjalankan usaha pengolahan minuman susu kedelai. Biaya produksi adalah hasil penjumlahan antara biaya investasi den gan biaya operasional. diukur dalam satuan Rp/Kg.

penyimpanan kedelai paling lama 4 bulan.4.. Firdaus dkk. maka seiap 2 -3 bulan sekali harus dijemur kembali (Danarti. 198 6: 88) Keterangan: R = Pendapatan Bersih C = Total Biaya Sedangkan untuk melihat titik balik pokok atau break even point (BEP) maka digunakan BEP jumlah produksi dan BEP harga produksi adalah sebagai berikut: BEPharga jual = Total Biaya/Jumlah Produksi «(Yan. Sedangkan pada gudang yang dilengkapi AC dan alat penyerap kelembaban. 1998 : 44) .. 2002: 161) II.««(Hardibroto. . kedelai dapat disimpan lebih lama sekitar satu tahun (Suorapto.Keterangan : R = Total Penerimaan C = Total Biaya Kriteria yang dipakai adalah: Jika R/C>1 Usaha pengolahan susu kedelai tersebut ³layak´ Jika R/C<1 Usaha pengolahan susu kedelai tersebut ³tidak layak´ Jika R/C=1 Usaha pengolahan susu kedelai tersebut berada dalam keadaan ³ti tik pulang pokok´ Sedangkan untuk melihat besarnya perbandingan keuntungan dengan modal dari usaha pengolahan susu kedelai maka digunakan analisis ROI (Return on Investment) sebagai berikut: ROI = (Keuntungan/Total Biaya) x 100 % ««« . 2001: 59). Proses Produksi Susu Kedelai Kedelai sebaiknya disimpan pada tempat yang kering. Karung -karung kedelai ini ditumpuk pada tempat yang diberi alas kayu agar tidak langsung menyentuh tanah/ lantai. Firdaus dkk. Apabila kedelai disimpan dalam wakktu lama. 2002: 161) BEPjumlah produksi = Total Biaya/Harga Jual «« (Yan. Bila gudang penyimpanan tidak dilengkapi alat pendingin dan pengatur kelembaban.

Susu kedelai dapat dibuat dengan proses se derhana. Dari 1 kg kedelai dapat di hasilkan 10 liter susu kedelai. Penggunaan air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dengan rasa yang lebih enak. Berikut proses pembuatan susu kadelai: Bahan : -kedelai -air panas -air dingin untuk perendaman -gula pasir -panili -garam Alat : -panci -mesin penggiling -kain penyaring -tungku atau kompor Cara pembuatan : -Bersihkan kedelai dari segala kotoran -Rebus kedelai yang telah bersih selama kira -kira 15 menit. Untuk memperoleh susu kedelai yang baik. Aduk -aduk campuran sampaimerata -Saring campuran dengan kain saring sehingga diperoleh larutan susu kedelai 1 kg 8 liter 3 liter 100-200 gr 2 gr 15 gr . kita perlu menggunakan kedelai yang berkualitas baik. Hancurkan dengan me sin penggiling -Campur kedelai yang sudah halus dengan air panas. serta tidak memerlukan keterampilan khusus. lalu rendam dalam airbersih selama kira-kira 12 jam -Cuci hingga kulit airnya terkelupas.

Hal ini penting bagi pimpinan perusahaan dalam menentukan besarnya keuntungan secara tapat. Adapun biaya produksi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah biaya saran produksi variable (tidak tetap) dan biaya sarana produksi tetap. II. tidak terlepas dari masalah biaya. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut: .-Tambahkan gula pasir. panili.dan garam ke dalam larutan susu lalu aduk rata dan panaskan.4.1. II. Penggunaan Sarana Produksi Setiap perusahaan yang menghasilkan suatu produk.2 Biaya Sarana Produksi Tidak Tetap Perhitungan seluruh jumlah biaya produksi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk setiap kali produksi dimana akan menghasilkan susu kedelai.4.

583 154.000 350.000 21.000 3.000 Jumlah (Rp) 360.000 350. sedangkan biaya pembelian bahan baku mentah lainnya yang terdiri dari kacang kedelai.671.000 62.4.000 60. dan vanili merupakan kelompok biaya yang terkecil.200.000 1. gula pasir.000 4.250 14.000 Nilai Susut (Rp) 15.440 gelas air susu kedelai.per bulan. II.000 720.3 Saran Produksi Tetap Adapun saran produksi tetap yang digunakan dalam usaha pengolahan susu kedelai diantaranya adalah: No Komponen Biaya Jumlah (buah) 1 2 3 4 5 6 7 Panci Mesin Penggiling Kain Penyaring Kompor Dandang Ember Blender 3 2 3 3 3 2 1 Jumlah Harga (Rp/satuan) 120. .800 31.000 10.883 .12 0.200 Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bahwa besarnya biaya sasrana produksi tidak tetap yang mencakup bahan baku yang terdiri dari 6 jenis bahan baku serta packing yaitu gelas plastic Rp 869.500 2.000 7.5 15 1.500.200 4.000 540. Dimana rata -rata dalam satu bulan dapat menghasilkan sebanyak 1 .000 500 60.000 250.000 8.000 180.No Komponen Biaya Jumlah Satuan Harga (Rp/Satuan) Jumlah (Rp) 1 2 3 4 5 6 Kacang Kedelai Gula Pasir Vanili Garam Minyak Gelas Plastik 6 2 0.000 150.440 Jumlah Kg Kg Kg Kg Liter Buah 10. Kegiatan proses produksi ini dilakukan dalam satu bulan enam kali proses produksi.000 24.000 1.000 869.000 750. hal ini disesuaikan dengan permintaan susu kedelai.250 22. garam.000 750.500 6.000 12. Berdasarkan data di atas maka dapat dilihat penggunaan biaya dalam proses produksi usaha susu kedelai terlihat bahwa biaya pembelian gelas packing plastic merupakan kelompok biaya terbesar.000 75.

000.440 botol Harga jual = Rp 3.320. -/botol Nilai Hasil Produksi = 1. Hal ini tergantung dari ketersediaan bahan baku dan juga besarnya permintaan konsumen.440 botol per bulan.000. dapat di kalkulasikan bahwa nilai produksi yang dihasilkan usaha agroindustri pengolahan susu kedelai tersebut adalah: Jumlah produksi = 1. - .Berdasarkan table diatas dapat dilihat besarnya biaya tetap biaya dikeluarkan oleh usaha agroindustri pengolahan susu kedelai adalah mencapai Rp 154. Harga dari usaha agroindustri pengolahan susu kedelai tersebut per botolnya dimisalkan Rp 3.000 = Rp 4. Misalkan. . -.per bulan.000.5. jumlah produksi susu kedelai adalah 240 botol per satu kali proses produksi atau 1. II.440 x 3. Dimana besarnya jumlah produksi usaha agroindustri pengolahan susu kedelai yang dihasilkan per satu kali proses produksi berbeda beda.883. Produksi dan Nilai Produksi Produksi yang dihasilkan pada usaha agroindustri pengo lahan susu kedelai dikemas dalam botol plastik. Jadi.

Produksi dapat dilakukan secara perseorangan (individu) maupun berkelompok. Agroindustri yaitu suatu kegiatan industri yang memanfaatkan produk primer hasil pertanian sebagai bahan bakunya untuk diolah sedemikian rupa sehingga menjadi produk baru dengan nilai yang lebih tinggi un tuk penggunaanya termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri. mineral.1. serat/fiber. vitamin E. kalsium.BAB III PENUTUP III. lesitin. susu kedelai mengandung banyak sekali gizi dan manfaaat di dalamnya. lemak nabati. Salah satu manfaat dari susu kedelai ada lah dapat menghambat laju osteoporosis. Karena berdasarkan hasil penelitian para ahli. bahka n jauh lebih kaya akan gizi dibandingkan susu sapi. Orang atau pihak yang menghasilkan barang disebu t produsen. vitamin A. vitamin B1. yang bersifat setengah jadi maupun final yang dapat segera di konsumsi. Omega -3 dan fibroestrogen. selain sebagai penggantisusu sapi. Kesimpulan Produksi adalah kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. isoflavon. Susu kedelai memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. karbohidrat. Dan masih banyak lagi manfaat dari susu kedelai ini bagi kesehatan. vitamin B2. Susu kedelai juga dapat dijadikan alternative terbaik pengganti susu formula yang kecenderungannya mengandung bakteri jahat yang membahayakan kesehatan balita dan anak -anak. . vitamin B kompleks. polisakarida. HDL. Adapun kandungan yang terdapat dalam susu kedelai adalah: protein. Hasil produksi berupa barang atau jasa.

Garis-garis Besar Haluan Negar a. Lien. UIP. Yacob. Jakarta. Dinas Peternakan Provinsi NAD. Jakarta. Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesa. Bunga Rampai Agribisnis Menuju Abad 21. Adjid. Bumi Aksara. Jakarta. Permodalan Agroindustri. ---------------1993. Laporan Perkembangan Usaha Peternakan. Jakarta. 1998. A.DAFTAR PUSTAKA Anonymous. M. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Rineka Cipta. Jakarta. 2002. 2009. 1993. Daniel. Pengantar Evaluasi Proyek.A. Surat Kabar Sinar Tani. Aziz. .D. Ketetapan MPR-RI Nomor II MPR 1993. Cliver Gray. Ibrahim. 1978. Karllina. Kadairah. Bangkit. Jakarta. Studi Kelayakan Bisnis. 1998.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful