KESATUAN BAGIAN PENUTUP KARYA ILMIAH

MAKALAH Disusun sebagi Bahan Diskusi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia yang Diampu oleh Drs. HM. Nur Fawzan Ahmad, M.A.

Disusun oleh kelompok 8 : 1. Siti Yuniar Pangestu 2. Tiffany Rahma N. 3. Ahmad Pradana 4. Wulandhari 5. Alantito S. (24040110120015) (24040110110028) (24040110110007 ) (24040110120034) (24040110130045)

JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2010

KATA PENGANTAR Segala puji bagi ALLAH swt Tuhan Yang Maha Pengasih. 3. Untuk itu dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada 1. Desember 2010 Penulis . kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi seluruh pihak yang membutuhkan. HM. kami dalam Semarang. Drs. hidayahnya dan kasih-nyalah penulis makalah ini dapat terselesaikan dengan baik walaupun banyak hambatan dan rintangan dalam menyelesaikannya. Dalam penulisan makalah ini. M. atas segala rahmat. Berbagai pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah membatu dalam pembuatan makalah ini.. Kami menyadari bahwa makalah yang kami susun masih jauh dari sempurna.penulisan ini diharapkan dapat menjadi manfaat bagi para pembacanya. dan petunjuk dari berbagai pihak. 2. Nur Fawzan Ahmad. Kedua orang tua kami yang telah membesarkan dan mendidik dengan penuh kasih sayang serta memberi dukungan kepada kami. selaku dosen pembimbing mata kuliah Bahasa Indonesia yang telah membimbing penulisan makalah ini.Untuk itu kami meminta masukan kritik dan saran dari pembaca. bimbingan. penulis banyak mendapatkan bantuan.A. Akhir kata. Penulis makalah Kesatuan Bagian Penutup Karya Ilmiah .

.....2 Rumusan Masalah…………………………………......………………………………………………………....……………………………5 2......i KATA PENGANTAR…………………………………………………………...16 ...4 Penyelesaian Sumber Referensi……….... Saran……………………..6..ii DAFTAR ISI……………..........2 Tujuan Daftar Pustaka………………………………………………........1 Latar Belakang Penulisan Makalah….....……………………………………......1 1......3 2..4 2..………………………………4 2.....DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL........3 Penulisan Daftar Pustaka berdasarkan Tahun………...........3 Tujuan Penulisan Makalah………………………………….....2 Penulisan Daftar Pustaka berdasarkan Penulisnya……………...15 b.5 Cara Menyusun Daftar Pustaka…………....………………………………………………….12 2.……….. Kesimpulan…………………………………………………………...1 Definisi Daftar Pustaka…………..2 1.6 Unsur-Unsur Daftar Pustaka…………………………………………6 2......1 Penulisan Daftar Pustaka berdasarkan Sumber Pustaka……….…………......3 2.......6.............6.......………………….iii BAB I PENDAHULUAN 1.3 Mengklasifikasi Daftar Pustaka…………...2 BAB II PEMBAHASAN 2..6 2...........................13 BAB III PENUTUP a.........……………………………………………15 DAFTAR PUSTAKA……….…………………………..

S3).1 Latar Belakang Sebagian mahasiswa beranggapan bahwa menyusun karya ilmiah dengan bahasa yang baik dan benar itu rumit dan menyusahkan. Oleh sebab itu. dan bagian akhir. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai daftar pustaka. penelitian. dan pengetahuan orang lain sebelumnya. Secara garis besar. lalu didukung oleh pembaca. karya ilmiah harus memenuhi sistematika yang sudah dibakukan supaya tidak sulit dalam mempelajarinya. Mereka mengeluh ketika diberi tugas menyusun karya ilmiah oleh dosen. bahkan pelajar SMA. kumpulan pengalaman. teknologi. bagian yang diletakkan di bagian depan lazim disebut bagian awal. Tujuan karya ilmiah adalah agar gagasan penulis karya ilmiah itu dapat dipelajari. Pada bagian akhir suatu karya ilmiah terdiri dari daftar pustaka atau daftar rujukan dan lampiran.BAB I PENDAHULUAN 1. Sistematika karya ilmiah adalah urutan letak bagian-bagian karya ilmiah. bagian mana yang harus didahulukan dan bagian mana pula yang harus dikemudian-kan. dan seni yang diperolehnya melalui perpustakaan. bagian selanjutnya disebut bagian inti karya tulis. Siapa pun mahasiswa (S1. Karya Ilmiah adalah karya seorang yang berupa hasil pengembangan yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan. masyarakat. S2. Tujuan pencantuman daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah adalah agar pembaca . Hal tersebut cukup menjadi bukti bahwa pengetahuan mereka mengenai sitematika penulisan karya ilmiah sangat kurang. mampu menyusun karya ilmiah bila mereka mau mempelajari cara-caranya atau diberi arahan oleh dosen pembimbing yang berpengalaman.

pada bagian akhir perlu dicantumkan daftar pustaka. 2. kenyataannya penulisan daftar pustaka dalam pembuatan karya ilmiah yang dilakukan oleh para mahasiswa sering terjadi kesalahan penulisan. Keadaan tersebut mendorong penulis untuk membahas secara mendetail dan benar sistematika penulisan daftar pustaka. Namun sangat disayangkan.bisa mengetahui sumber bacaan apa saja yang dijadikan acuan kita dalam menulis karya ilmiah.3 TUJUAN MAKALAH Adapun tujuan makalah ini adalah untuk : 1. Oleh sebab itu. 1.2 RUMUSAN MAKALAH Berdasarkan latar belakang masalah. 1. . dari tiap sumber yang berbeda? 3. Bagaimana urutan susunan daftar pustaka yang benar ? 1. menjelaskan urutan susunan daftar pustaka yang benar. Apakah cara penulisan daftar pustaka berbeda. Untuk itu dalam makalah ini penulis memilih judul “KESATUAN BAGIAN PENUTUP KARYA ILMIAH”. membahas cara penulisan daftar pustaka yang diambil dari berbagai sumber yang berbeda. pembaca dapat mengukur kedalaman pembahasan masalah ketika mereka membaca daftar pustaka. menjelaskan pengertian dari daftar pustaka. Agar para mahasiswa tidak lagi melakukan kesalahan dalam penulisan daftar pustaka. Apa yang dimaksud daftar pustaka? 2. rumusan makalah yang diajukan yaitu sebagai berikut. 3. Selain itu.

1 Definisi Daftar Pustaka Urutan letak bagian-bagian karya ilmiah disebut juga sistematika karya ilmiah. . semua bahan pustaka yang disebutkan dalam teks skripsi. dan disertasi. tidak dimasukkan ke dalam daftar pustaka. bahan pustaka yang hanya digunakan sebagai bahan bacaan tetapi tidak dirujuk dalam teks. Artinya. Pada bagian akhir suatu karya ilmiah terdiri dari daftar pustaka atau daftar rujukan dan lampiran (bila ada). tesis. maupun yang belum dipublikasikan seperti paper. majalah. Melalui daftar pustaka ini pembaca dapat mengetahui sumber-sumbr apa saja yang dipergunakandalam penulisann karya ilmiah itu tanpa membaca seluruh tulisan terlebih dahulu. surat kabar. Bahan pustaka yang dimasukkan ke dalam daftar pustaka harus sudah disebutkan dalam teks. harus dicantumkan dalam daftar pustaka. 2. bagian selanjutnya disebut bagian inti. tesis. Berdasarkan daftar pustaka itu pembaca yang berpengalaman akan dapat mengira mutu pembahasan tulisan tersebut. Dalam penulisan karya ilmiah bagian yang harus didahulukan adalah bagian awal. dan bagian akhir. dan disertasi. karena tujuan utama dari daftar pustaka adalah untuk mengidentifikasikan karya ilmiah itu sendiri.2 Tujuan Daftar Pustaka Daftar pustaka bermaksud mentabulasi atau mendaftarkan semua sumber bacaan baik yang sudah dipublikasikan seperti buku. skripsi. Daftar pustaka adalah salah satu teknik notasi ilmiah yang merupakan kumpulan sumber bacaan atau sumber referensi saat menulis karangan ilmiah.BAB II PEMBAHASAN 2. Sebaliknya.

hampir tidak ada sumber sekundernya. Sumber semacam ini disebut sumber primer. 2. Jadi daftar pustaka secara keseluruhan merupakan sumber primer.2. tesis. Hal ini disebabkan karena: (1) sumber-sumber bacaan ini belum tentu semuanya termasuk bacaan yang baik. Dengan demikian sumber bahan yang dipakai adalah yang ada hubungan dengan bidang yang akan diikupas. yaitu bidang masalah yang ditelaah. disertasi. Daftar pustaka yang kurang dari dua puluh referensi termasuk daftar pustaka yang pendek. Dalam karya ilmiah yang menjurus pada suatu bidang ini. majalah. . Dari beberapa sumber bacaan yang sama ini dipilih salah satu saja sebagai sumber referensi dalam daftar pustaka. jurnal. Penggolongan terhadap daftar kepustakaan seperti ini disebut penggolongan berdasarkan bidang.3 Mengklasifikasi Daftar Pustaka Suatu karya ilmiah atau skripsi. Tetapi pengelompokkan daftar pustaka memuat lebih dari dua puluh sumber referensi. Dari semu buku yang kita baca tadi tidak harus semuanya kita masukkan ke dalam daftar pusaka. skripsi. surat kabar. teerutama yang berhubungan dengan masalah yang kita bahas. (2) kadang-kadang sumber bacaan mengemukakan pendapat atau ide serta kesimpulan yang sama. Selain pembagian atau klasifikasi berdasarkan bidang. daftar pustka dapat diklasifikasikan menurut jenis sumber ini didasarkan pad kelompok : buku. Untuk daftar pustaka yang pendek penggolongan sumber referensi menurut jenisnya tidak diperlukan .4 Penyelesaian Sumber Referensi Untuk menyiapkan bahan dari suatu topik tulisan ilmiah biasanya banyak sekali sumber bacaan yang kita baca. Sumber bacaan yang kurang baik tidak akan membantu mutu tulisan ilmiah tadi. atau tesis merupakan has karya yang mengarah pada suatu bidang tertentu.

bukan berdasarkan urutan angka atau huruf. 2. Gelar tidak dicantumkan. 2. Hal ini berarti bahwa dalam menyeleksi kutipan atau catatan kaki haruslah betul-betul relevan dengan masalah yang akan dibahas. f dan seterusnya. d. Berikut ini adalah cara penulisan daftar pustaka yang umumnya digunakan dalam penulisan karangan ilmiah.5 Cara Menyusun Daftar Pustaka Penulisan daftar pustaka sangat penting untuk dipelajari. Urutkan susunan daftar pustaka berdasarkan urutan abjad nama belakang penulis. 3. Tulis tajuk daftar pustaka dengan menggunakan huruf capital di bagian tengah atas. 2. e. Semua pustaka yang dicantumkan dalam daftar pustaka tidak diberi nomor urut 1. Jarak spasi setiap baris dalam satu sumber adalah satu spasi. Jika nama pengarang dan nama lembaga yang menerbitkan itu tidak ada. 4. b. .Yang perlu di perhatikan dalam menyusun daftar pustaka ialah bahwa semua referensi dari sumber bacaan yang telah dimuat ke dalam catatan kaki harus dimasukkan ke dalam daftar pustaka. penulisn daftar pustaka didasarkan pada judul pustaka acuan tersebut. 1. 4. Gunakan alinea menggantung atau menonjol. 5. atau diberi huruf a. 5 dan seterusnya. Dengan demikian daftar pustaka yang disusun adalah daftar pustaka pilihan karena kutipan atau catatan kakinya merupakan hasil pilihan juga. atau nama lembaga yang menerbitkan sumber bacaan. 3. c. sedangkan jarak antara sumber bacaan yang sat dengan yang lainnya adalah satu setengah spasi.

Jika ada beberapa buku yang dijadikan sumber ditulis oleh orang yang sama dan diterbitkan dalam tahun yang sama pula.6. dan 5. Nama penerbit. Jakarta:Bumi Aksara.P. 4. Hasibuan. yang urutannya ditentukan secara kronologis atau berdasarkan abjad judul buku-bukunya. M. Contohnya adalah sebaagai berikut : Cornet. A Textbook of Modern Toxicology. E. Levi. b. GA: Career Ladder Clearinghouse. ditulis dengan urutan : nama akhir. 2.2. c dan seterusnya. Singapore: McGraw-Hill Company Inc. dengan huruf capital pada setiap awal kata. Atlanta. 1996.1 Penulisan Daftar Pustaka berdasarkan Sumber Pustaka 1. dan nama tengah. L. Pustaka dari Buku Tahun penerbit ditulis setelah nama penulis.6 Unsur-Unsur Daftar Pustaka secara Umum Pada dasarnya. unsur yang ditulis dalam daftar pustaka itu secara berturut-turut meliputi : 1. Career Ladder Plans:Trends and Emerging Issues-1985.E. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut : Hodgson. 1985a. Nama penulis. dan K. 1997. nama awal.S. Tahun penerbitan. Kota tempat penerbitan. diakhiri dengan titik. 3. kecuali kata hubung atau kata tugas. . Judul buku ditulis dengan huruf miring . Week. serta tanpa gelar akademik. dan P. Judul. termasuk sub judul. 2. Tempat penerbit dan nama penerbit dipisahkan dengan titik dua (:). data tahun penerbitan diikuti dengan lambang huruf a. Organisasi dan Motivasi.

Z. dan K. 1990. diikuti dengan tahun dan judul artikel diapit tanda kutip.) baik untuk satu maupun lebih editor. 4. . nomor berapa (dalam kurung). dan huruf awal dari setiap katanya dengan huruf capital kecuali kata tugas.”Karakteristik Kualitatif”. Atlanta. 12-25). dan nomor halamannya disebutkan dalam kurung. dan nomor halaman dari artikel tersebut. Pustaka dari Artikel dalam Buku Kumpulan Artikel (ada editornya) Nama penulis artikel ditulis di depan diikuti dengan tahun penerbitan. Nama jurnal ditulis dengan cetak miring. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut : Hasan.Cornet. Judul buku kumpulannya ditulis dengan huruf miring. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra(hlm. dan huruf kapital pada setiap awal kata.”) tanpa cetak miring. Planning Career Ladders:Lessons from the States. Week. Pustaka dari Buku yang Berisi Kumpulan Artikel (ada editornya) Penulisannya seperti menulis rujukan dari buku ditambah dengan tulisan (Ed. di antara nama penulis dan tahun penerbitan.) baik untuk satu editor maupun lebih. Dalam Aminuddin (Ed. 3. L. 1990. 1985b.). Magelang: HISKI Komisariat Malang dan YA3. Bagian akhir berturut-turut ditulis jurnal tahun ke berapa. diberi keterangan (Ed. Nama editor ditulis seperti menulis nama biasa. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. GA: Career Ladder Clearinghouse. M. Pustaka dari Artikel Dalam Jurnal Nama penulis ditulis paling depan. Malang HISKI Komisariat Malang dan YA3.). 2. Judul artikel diapit tanpa kutip (“…. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut : Aminuddin (Ed.

dan R. B. Judul artikel diapit tanda kutip. 1997). ”Partisipasi dalam Siaran Pedesaan dan Pengadopsian Inovasi”. B. TESOL Quarterly. “Kulit Ternak. Nama majalah ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama setiap kata. 1999. 1997. 6(2):49-60. dan huruf capital pada setiap huruf awal kata. Scarcella.Contoh penulisannya adalah sebagai berikut : Dwilora.Long. 1(1):33-47. Pustaka dari Artikel Dalam Majalah atau Koran Nama penulis ditulis paling depan. Dwiloka. Lezat dan Bergizi Tinggi:. M. A. dan tahun (jika ada). The Indonesian Journal of Community Nutrition and Family Studies. Nomor halaman disebut pada bagian akhir. B. diikuti oleh tanggal. 2003. H. Gardner. Forum Penelitian. . Contoh penulisannya adalah sebagai berikut: Dwiloka. Rate and Eventual Attaintment in Second Language Acquistion”. kecuali kata tugas atau kata hubung. SAIN-TEKS. 7 Juli hlm. ditambah dengan penyebutan CD-ROM-nya dalam kurung. S. Suara Karya. “Kontroversi Isu Minyak Tropis”. Pustaka dari Artikel dalam Jurrnal dari CD-ROM Penulisannya daftar pustaka sama dengan pustaka artikel dalam jurnal cetak. 27(2):48-57.. Hanafi. dan dicetak miring. 6. 1989. 1987. “Cholesteremic Effect of Several Kinds of Eggs”. 1981. 70-76. 5. 12. 13:573-82 (CD-ROM: TESOL Quarterly Digital. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut : Krashen. “Age. Do Babies Sing a Universal Song?” Psychological Today. bulan. hlm.

Bandung: Yrama Widya. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Pustaka dari Koran Tanpa Penulis Nama koran ditulis pada bagian awal dicetak miring. Pustaka Berupa Karya Terjemahan Nama penulis asli ditulis paling depan. dan nama lembaga yang bertanggung jawab atas penerbitan karangan tersebut. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut: Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Pustaka dari Dokumen Resmi Pemerintah yang Diterbitkan Oleh Suatu Penerbit Tanpa Penulis dan Tanpa Lembaga Judul atau nama dokumen ditulis di bagian awal dengan cetak miring. 10. “Rawan Pangan. bulan dan tahun ditulis setelah nama Koran. hlm. 2004. dan nama penerbit. diikuti oleh tahun penerbitan. 2003. kota penerbit. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. nama penerjemah. Tanpa Basis Sumber Daya Lokal”. tahun terjemahan. diikuti tahun penerbitan karya asli. 41.7. 9. nama tempat penertbitan. nama tempat penerbitan dan nama penerbit terjemahan. judul terjemahan. 8. Jika tahun . Pustaka dari Lembaga yang Ditulis Atas Nama Lembaga Tersebut Nama lembaga penanggung jawab langsung ditulis paling depan. Tanggal. 18 Maret 2005. diikuti dengan tahun. kemudian judul ditulis dengan huruf besar-kecil diapit tanda kutip dan diikuti dengan nomor halaman. judul karangan yang dicetak miring. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut: Kompas.

Universitas Diponegoro. nama pertemuan.. Pustaka dari Makalah yang Disajikan dalam Seminar. Koestoer. tesis. ditulis dengan kata Tanpa Tahun. “Menulis Karya Ilmiah”. judul makalah diapit tanda kutip. Contoh : Dwiloka. atau disertasi diapit tanda kutip diikuti dengan pernyataan skripsi. Pustaka dari Internet Berupa Karya Individu Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak.”. nama kota tempat perguruan tinggi.. dan diahiri dengan . 1990.J. 12. Pustaka dari Skripsi. lembaga penyelenggara. atau Lokakarya Nama penulis ditulis paling depan. dilanjutkan dengan tahun. Jakarta:Universitas Indonesia Press. 2004. 11.W. Contoh : Pitayaningrum. “Efek Perebusan 30 Menit dengan Daun Kumis Kucing terhadap Penurunan Kandungan Logam Berat dalam Hati dan Usus Sapi yang Digembalakan di TPA Jatibarang. tempat penyelenggaraan.penerbitan buku asli tidak dicantumkan. tesis. 2 Agustus.. Kimia dan Entoksikologi Pencemaran. Terjemahan oleh Y. diikuti dengan tahhun yang tercantum pada sampul. judul karya tersebut (diapit tanda kutip) dengan diberi keterangan dalam kurung (online). Penataran. dan nama fakultas serta nama perguruan tinggi.W. 13. Skripsi. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut: Connel. diikuti secara berturut-turut tahun. 2003. atau disertasi tidak diterbitkan. Tesis. kemudian diikuti dengan pernyataan “Makalah disajikan dalam . D. judul skripsi. C. Semarang: Fakultas Peternakan. Makalah ini disajikan dalam Penataran dan Lokakarya Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang. B. dan tanggal serta bulannya. Semarang. Miller. Semarang”. 1995. dan G. atau Disertasi Nama penulis ditulis paling depan.

C. Contoh: Griffith. No. 1.cc. (Online). dan diakhiri dengan alamat sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses.ed. diantara tanda kurung. Pustaka dari Internet Berupa Artikel dari Jurnal Nama penulis seperti rujukan dari bahan cetak. judul artikel. dan diakhiri dengan alamat e-mail sumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses. diikuti secara berturut-turut tahun. Edu/epaa/.asu. Contoh : Abadi. Education Policy Analysis Archive. 14. (NETTRAIN@ubvm. nama bahan diskusi (diapit tanda kutip) dengan diberi keterangan dalam kurung (Online).buffalo. NETTRAIN Discussion List. diakses 22 November 1995). (Online). topik bahan diskusi.bulan. “Summary of Citing Intenet Sites”. diakses 12 Desember 2003). (http://www. (Online). 2002.chang. A.J. 15.jamu-jawa04htm/. Contoh : Wilson.alamatsumber rujukan tersebut disertai dengan keterangan kapan diakses. diikuti secara berturut-turut oleh tanggal. Pustaka dari Internet Berupa Bahan Diskusi Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak. 16. Pustaka dari Internet Berupa E-mail Pribadi Nama pengirim (jika ada) dan disertai keterangan dalm kurung (alamat e-mail pengirim). diikuti secara berturut-turut oleh tanggal. . tahun. “Kumis Kucing”. volume dan nomor. Vol. “Coordinating Family and School: Mothering for Schooling”. diantara tanda kurung. 1995. nama jurnal (diapit tanda kutip) dengan diberi keterangan dalam kurung (Online).diakses 12 Februari 1997).I.coom. 3.jayaabadi.edu. 20 November 1995. diantara tanda kurung. D. (http://olam.

ywcn. “Pesona Negeri Singa di Penghujung Tahun”. topik isi bahan (diapit tanda kutip). cantumkan nama lembaga yang menerbitkan buku tersebut.bulan.id). nama yang dikirimi disertai keterangan dalam kurung (alamat e-mail yang dikirim). Atau jika mengambil dari surat kabar atau majalah. “Artikel untuk JIP”. seperti Romeo Andromeda Primakusuma. Jika itu terjadi. Cara penulisan dalam dafar pustaka adalah Pusat Pembinaaan dan Pengembangan Bahasa.or. Kamus Istilah Ekonomi. Jakarta. E-mail kepada Ali Saukah (jipsi@mlg. Sebagai contoh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa menerbitkan Kamus Istilah Ekonomi pada 2005 di Jakarta. Romeo Andromeda. Keterangan diatas adalah sistematika penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber. Dali. Kadang-kadang sebuah buku tidak mencantumkan nama penulisnya.net.id). 8 November.6.2 Penulisan Daftar Pustaka berdasarkan Penulisnya Jika sebuah sumber bacaan ditulis oleh pengarang yang memiliki nama tiga unsur. tahun. Jakarta . cara penulisannya Kompas. 2005. bukan Primakusuma. 1 Oktober 1997. (ikip-jk@indo. 2006. 2. cara mencantumkandalam daftar pustaka Primakusuma. Contoh : Naga. Andromeda Romeo.

Gorys. 2.Jika mengambil sumber bacaan dari beberapa buku dan pengarang yang sama. Arifin. Tulislah huruf (a) di belakang tahun yang terbit dan tulislah huruf (b). 1980. Ende: Nusa Indah. (c) dan seterusnya di belakang tahun yang terbit terakhir. Keraf. Jan Van dkk.3 Penulisan Daftar Pustaka berdasarkan Tahun Penulisan tahun terbit dicantumkan setelah nama penulis dan diakhiri tanda titik. Jakarta: Akademika Resindo. Jakarta: Intermasa. cara pencantuman dalam daftar pustaka yaitu nama pengarang pertama dibalik dan diikuti lambang ‘&’ (dan) diikuti nama pengarang yang kedua dan ketiga tanpa membalik namanya. tulislah dkk. Komposisi. Tentang Sastra. . Ende: Nusa Indah. Luxemburg. jika nama pengarang dua atau tiga orang. (dan kawan-kawan) di belakang nama pertama. ____________.6. ____________. 1981. Pencantuman huruf di belakang tahun ini berfungsi untuk memudahkan perujukan dalam innote. Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. 1989. Terjemahan Achadiati Ikram. Zaenal dan S. buatah garis dibagian bawah nama penulis. Ende: Nusa Indah.. Selanjutnya. Eksposisi dan Deskripsi. 1985. Amran Tasay. Diksi dan Gaya Bahasa. Cermat Berbahasa Indonesia. Jika nama pengarang lebih dari tiga orang.

. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1987b: 14)’ Apabila kedua kutipan tersebut dimasukan ke dalam daftar pustaka menjadi Darmono. Surabaya: Atiek Jaya. 1987b. (Darmono.4 Pendekatan Penelitian Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra. Tanpa Tahun. “Catatatan Kecil tentang Aspek Jika sebuah sumber bacaan tidak mencantumkan tahun terbit. Mulyana. 1987a. Perempuan Biasa. tulislah frase tanpa tahun dan akhiri dengan tanda titik. Sosiologi sebuah pengantar Ringkas. 1... yang menjelaskan bahwa melalui sosiologi sastra kita dapat menganalisis ‘apakah latar belakang sosial pengarang menentukan isi karangan? Apakah. masyarakat dan karya sastra. ____________________... sosiologi sastra adalah ilmu yang membahas hubungan antara pengarang. Menurut SapardiDjoko Damono (1987a: 1). Selanjutnya. .Perhatikan contoh berikut. Adang. Sapardi Djoko.

bukan berdasarkan urutan angka atau huruf. termasuk sub judul. nama awal.BAB III PENUTUP 3. serta tanpa gelar akademik. 3. Cara penulisan daftar pustaka yang diambil dari berbagai sumber yang berbeda maka sistematika penulisan daftar pustaka juga berbeda. Bahan pustaka yang dimasukkan ke dalam daftar pustaka harus sudah disebutkan dalam teks. karena ini adalah bagian yang penting disebabkan pada daftar pustaka mencantumkan sumber-sumber penulisan. Urutkan susunan daftar pustaka berdasarkan urutan abjad nama belakang penulis. judul.2 Saran Sebaiknya dalam melakukan penulisan karya tulis ilmiah ataupun makalah dan lain-lainnya diperhatikan pada penulisan daftar pustaka. dan nama penerbit.1 Kesimpulan Daftar pustaka adalah salah satu teknik notasi ilmiah yang merupakan kumpulan sumber bacaan atau sumber referensi saat menulis karangan ilmiah. Daftar pustaka memiliki berbagai unsur-unsur diantaranya adalah nama penulis. ditulis dengan urutan : nama akhir. kota tempat penerbitan. . dan nama tengah. telah dijelaskan dalam bab sebelumnya. Perbedaan sistematika penulisan daftar pustaka. tahun penerbitan. atau nama lembaga yang menerbitkan sumber bacaan.

Jakarta: Erlangga. Sabarti . Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir. Dwiloka. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media. . Niknik M. Kuntarto. Jakarta. 1988.DAFTAR PUSTAKA Akhadiah. 2005. 2009. PT Rineka Cipta. Bambang dan Rati Riana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful