P. 1
taksonomi tumbuhan

taksonomi tumbuhan

|Views: 482|Likes:
Published by Raisya Rahmayosa

More info:

Published by: Raisya Rahmayosa on May 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2012

pdf

text

original

TAKSONOMI TUMBUHAN

YULMIRA YANTI, SSi, MP

pemberian nama/penggolongan (klassifikasi) .tumbuhan  Ruang lingkup taksonomi tumbuhan  1. pengenalan (identifikasi)  2.PENDAHULUAN  Taksonomi Ilmu yang mempelajari tata nama pemberian nama tumbuh.

TATANAMA TUMBUHAN  Peraturan tentang pemberian ilmiah perlu kesamaan pemahaman di antara ahli botani di seluruh dunia tentang apa yang dimaksud  Nama ilmiah nama-nama dalam bahasa latin tanpa ada bahasa asalnya  Setiap individu tumbuhan termasuk dalam sejumlah taksa yang jenjang tingkatnya berurutan .

(Oryza sativa)  Nama takson diatas tingkat suku (famili) diambil dari ciri khas yang berlaku untuk semua warga dengan yang berbeda me nurut tingkatnya contoh Poaceae/ graminae .Lanjutan  Tingkat jenis (species) dasar dari seluruh takson yang ada contoh (Zea mays).

 Nama suku (famili) merupakan satu kata sifat yang diperlakukan sebagai kata benda berbetuk jamak  Nama tersebut diambil dari nama salah satu marga yang termasuk suku dan ditambah akhiran -aceae  Nama marga kata benda berbentuk mufrad /suku kata kata ini dapat dari sumber manapun. dapat disusun sembarang .

HASIL  Tanaman cabai telah berumur 60 hari  Pertumbuhan tanaman baik  Tidak menunjukkan adanya gejala penyakit virus kuning keriting  Tanggapan petani terhadap kegiatan cukup bagus .

 Nama ilmiah harus bersifat ganda terdiri atas dua suku kata berbentuk mufrad bahasa latin  Nama takson tingkat suku kebawah diikuti nama orang yang memberikan nama ilmiah dalam bentuk singkatan  Contoh Zea mays L .

filogenetik .KLASSIFIKASI  Klassifikasi tumbuhan pembentukkan kelompok-kelompok dari seluruh tumbuhan yang ada di bumi disusun takson-takson secara teratur  Sifat yang dijadikan dasar klassifikasi berbeda-beda tergantung mengadakan klasifikasi dan tujuan yang dicapai  Ada tiga sistem klassifikasi 1. buatan 2. sistem alam 3.

3. Berdasarkan sejarah perkembangannya ketiga sistem klassifikasi tersebut dibagi menjadi 4 periode 1. Periode sistem numerik. 2. Priode sistem habitus. Periode sistem fillogenetik  Sistem kontemporer klassifikasi didasarkan modifikasi dari sistem yang telah ada dengan penambahan data baru . Periode sistem alam 4.

telah mengakibatkan sekelompok/ sebagian kelompok organisme yang semula termasuk dalam dunia tumbuhan dunia (regnum)baru / regnum yang lain . Kemajuan IPTEK berpengaruh terhadap perkembangan ilmu taksonomi tumbuhan  Perubahan klassifikasi organisme hidup 2 dunia 4 dunia 5 dunia.

IDENTIFIKASI  Menentukan namanya yang benar dan tempatnya yang tepat dalam sistem klassifikasi Tumbuhan yang akan diidentifikasi mungkin belum dikenal dunia ilmu pengetahuan (belum ada nama ilmiah)/mungkin sudah dikenal oleh dunia ilmu pengetahuan .

 Penentuan nama baru dan penentuan tingkat-tingkat takson harus mengikuti aturan yang ada dalam KITT  Prosedur identifikasi tumbuhan pertama kali diperkenalkan ke dunia ilmiah memerlukan pemahaman dari isi KITT  Identifikasi tumbuhan memelukan bantuan orang spesimen herbarium buku-buku flora dan monografi. kunci identifikasi lembar identifiasi jenis .

 Flora suatu bentuk karya taksonomi tumbuhan yang memuat jenis-jenis tumbuhan yang ditemukan dalam satu wilayah tertentu  Monografi suatu bentuk karya taksonomi tumbuhan yang memuat jenis-jenis tumbuhan yang tergolong dalam kategori tertentu .

 Kunci identifikasi serentetan pertanyanpertanyaan yang jawabnya harus ditemukan pada spesimen yang akan diidentikasi  Bila semua pertanyaan berturut-turut dalam kunci identifikasi ditemukan jawabnya.berarti nama serta tempatnya dalam sistem klassifikasi tumbuhan yang akan diidentifikasi dapat diketahui  Lembar identifikasi jenis sebuah gambar suatu jenis tumbuhan yang disertai dengan nama klasifikasi jenis yang bersangkutan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->