P. 1
Kelenjar Asesoris Pada Hewan

Kelenjar Asesoris Pada Hewan

|Views: 404|Likes:
Published by Talitha Khairunisa

More info:

Published by: Talitha Khairunisa on May 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2012

pdf

text

original

KELENJAR ASESORIS PADA HEWAN & MANUSIA Talitha Khairunisa (B04090182

)

Anjing & Kucing: Secara umum organ reproduksi anjing dan kucing terdiri dari testis, saluran kelamin, kelenjar kelamin, dan penis. Saluran kelamin terdiri atas vas eferens, epididimis, dan vas deferens. Pada anjing, kelenjar kelamin hanya terdiri atas kelenjar prostat sementara kelenjar vesikular dan bulbourethtralis tidak ditemukan. Kelenjar prostat anjing berkembang sempurna dan terletak pada leher vesica urinaria dan kelenjarnya bermuara pada uretra. Kelenjar asesoris akan menghasilkan seminal fluid untuk sperma. Pada kucing, kelenjar asesoris kelamin terdiri atas kelenjar prostat dan kelenjar bulbourethralis. Ukuran kelenjar prostat relatif besar dan berwarna kekuningan serta terletak pada daerah cranial pubis. Kelenjar bulbouretralis pada kucing ada satu pasang, berukuran sebesar kacang polong dan terletak pada bagian caudal kelenjar prostata. Sekresi dari kelenjar ini berupa lendir dan merupakan cairan semen yang ditumpahkan menjelang ejakulasi, bentuk kelenjar ini bulat, berselubung tebal, kompak, teletak di atas uretra dekat dengan jalan keluarnya dari cavum pelvis.

Sapi & Domba: Pada ruminansia, kelenjar asesoris kelamin terdiri dari kelenjar vesikularis, kelenjar prostat, dan kelenjar bulbourethralis. Kelenjar vesikularis pada ruminansia umumnya besar dan berlobuslobus. Panjang kelenjar ini sama pada beberapa jenis ternak seperti kuda, sapid an babi yaitu berkisar 13 – 15 cm, tetapi lebar dan ketebalannya berbeda, kelenjar vesicular pada sapi mempunyai ketebalan dan lebar hamper separuh dari yang ada pada babi dan kuda. Saluran keluar dari kelenjar ini bermuara ke dalam urethra, secara umum muaranya menjadi satu dengan ampula sehingga ada 2 muara di kiri dan kanan. Muara ini disebut ostium ejaculatorium. Kadang-kadang muaranya terpisah, yaitu muara kelenjar vesicularis berada di bagian cranial dari kelenjar ampula. Sekresi kelenjar ini banyak mengandung protein, potasium, fruktosa, asam sitrat, asam askorbut, vitamin dan enzim, warnanya kekuning-kuningan karena banyak menagndung flavin dengan pH 5,7-6,2. Sekresi kelenjar vesicularis pada sapi merupakan 50% dari total volume ejakulasi. Kelenjar prostat pada sapi berjumlah sepasang, berbentuk bulat dan tidak berlobus. Kelenjar ini terdiri dari dua bagian, yaitu badan prostate dan prostate cryptik. Bagian badan prosatata terdapat di belakang ampula, di atas urethra pars pelvina, oleh karena itu disebut corpus prostata. Corpus prostata tersebut berukuran lebar 2,5-4,0 cm dan tebal 1,0-1,5 cm. Bagian prostata yang cryptik disebut pars disseminata. Pars diseminata mengelilingi urethra pars pelvis. Di bagian dorsal ukurannya mencapai tebal 1,0-1,5 cm, panjang 10-12 cm dan tertutup oleh otot urethra. Sekresi kedua bagian ini melalui beberapa muara kecil masuk ke dalam urethra. Sekresinya banyak mengandung ion anorganik (Na, Cl, Ca, Mg). Pada sapi sekresinya sangat encer dan mempunyai pH yang basa (7,5-8,2).

di bawah prostat. dan kelenjar bulbourethralis. dibawah musculus bulbo spongiosus. sitrat. Saluran keluar dari kelenjar ini bermuara ke dalam urethra. yaitu muara kelenjar vesicularis berada di bagian cranial dari kelenjar ampula. kelenjar prostat. pada sapi lebih kecil dibandingkan pada babi. Ukurannya lebih besar daripada sapi. Cairan yang dihasilkan mengandung mucus. Muara ini disebut ostium ejaculatorium. Cairannya bersifat encer dan seperti susu. kelenjar prostat melingkari bagain atas uretra dan terletak di bagian bawah kantung kemih. Sekresi kelenjar ini kental dan banyak mengandung protein dan garam (alkalin) yang berbau khas. garam dan fofolipid untuk kelangsungan hidup sperma. Kelenjar Cowper atau bulbourethralisnya terletak di ataas urethra. terdapat pula kelenjar bulbourethralis berjumlah sepasang. Kelenjar prostat pada babi terletak pada leher kantung kemih yang mengelilingi urethra. Kelenjar tersebut terletak di di sebelah kanan dan kiri urethra bulbourethralis. dan kelenjar bulbourethralis.Selain kedua kelenjar itu. padat dan mempunyai kapsul. Pada sapi kelenjar ini sebesar buah kemiri. Sementara itu. Kelenjar ini mempunyai ukuran dan bentuk seperti bulatan yang berdaging dan berkulit keras. mengandung enzim antikoagulan. Manusia: Kelenjar asesoris pada manusia terdiri atas vesikula seminalis. Kadang-kadang muaranya terpisah. kelenjar prostat. di daerah pelvis. dan prostaglandin. secara umum muaranya menjadi satu dengan ampula sehingga ada 2 muara di kiri dan kanan. . kolesterol. babi memiliki tiga macam kelenjar asesoris kelamin yaitu kelenjar vesikularis. Babi: Sama seperti ruminansia. Saluran dari kelenjar ini langsung menuju ke urethra. sedikit asam. asam askorbat. Dinding vesikula seminalis menghasilkan zat makanan untuk sumber makanan bagi sperma. enzim pengkoagulasi. Kelenjar bulbourethralis pada manusia berupa sepasang kelenjar kecil yang terletak di sepanjang urethra. Vesikula seminalis ini menyumbangkan sekitar 60% dari total volume semen. gula fruktosa. kelenjar vesikularis babi mengeluarkan sekresi yang lebih sedikit. Perbedaan dari ruminansia. Vesikula seminalis atau kantung semen adalah kelenjar berlekuk-lekuk yang terletak di belakang kantung kemih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->