Pemanfaatan Sampah Organik dan Anorganik Melalui Daur Ulang

A. Pendahuluan
1. Latar Belakang Masalah Akibat dari semakin bertambahnya tingkat konsumsi masyarakat serta aktivitas lainnya maka bertambah pula limbah yang dihasilkan. Limbah yang ditimbulkan dari aktivitas dan konsumsi masyarakat sering disebut limbah domestik atau sampah. Limbah tersebut menjadi permasalahan lingkungan karena kuantitas maupun tingkat bahayanya mengganggu kehidupan makhluk hidup lainnya terutama manusia. Selain itu aktifitas industri yang kian meningkat tidak terlepas dari isu lingkungan. Industri selain menghasilkan produk berskala besar, juga menghasilkan limbah yang berskala besar juga. Dan bila limbah industri ini dibuang langsung ke lingkungan maka akan menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Saat ini, masyarakat sudah mulai mengenal akan daur ulang sampah. Oleh karena itu, sejalan dengan gagasan Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia, upaya peningkatan pemanfaatan kembali sampah selalu diadakan diberbagai tempat. Hal ini dilakukan agar semakin banyak kalangan masyarakat mengerti tentang besarnya dampak limbah dan juga penanggulangannya dengan melakukan pemanfaatan kembali sampah itu sendiri. Salah satunya adalah masyarakat Kelurahan Jongkang Baru, Kecamatan Sariharjo. Setelah diadakannya pelatihan daur ulang yang diselanggarakan oleh MAN Yogyakarta III, masyarakat Kelurahan Jongkang Baru sudah memulai pengolahan sampah daur ulang sebagai salah satu mata pencarian mereka. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan suatu penelitian khusus untuk mengetahui dan mengenal berbagai macam jenis limbah yang dapat dimanfaatkan lagi sebagai hasil daur ulang. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberi

tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah a. c. Mengetahui hasil dari pengolahan sampah daur ulang tersebut. Tujuan Penelitian Berdasarkan permasalahan diatas.informasi kepada masyarakat bahwa banyak sampah yang masih dapat dimanfaatkan sebagai barang daur ulang. dan diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat. . b. Manfaat Penelitian Sesuai dengan latar belakang masalah dan tujuan penelitian maka diharapkan dapat memberikan informasi kepada seluruh kalangan masyarakat bahwa banyak sampah yang masih dapat didaur ulang. 3.Mengetahui pengolahan sampah daur ulang yang biasa dilakukan oleh masyarakat di daerah penelitian. Mengetahui jenis-jenis sampah yang dapat didaur ulang di daerah penelitian. 2.

Limbah atau sampah juga merupakan suatu bahan yang tidak berarti dan tidak berharga.B. disanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Limbah atau sampah juga bisa berarti sesuatu yang tidak berguna dan dibuang oleh kebanyakan orang. Menurut (g-excess. mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak berguna dan jika dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan penyakit padahal dengan pengolahan sampah secara benar maka bisa menjadikan sampah inimenjadi benda ekonomis. tapi kita tidak mengetahui bahwa limbah juga bisa menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat jika diproses secara baik dan benar. Dimana masyarakat bermukim. Ada sampah. Tinjauan Kepustakaan Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga).com). limbah atau sampah yaitu limbah atau kotoran yang dihasilkan karena pembuangan sampah atau zat kimia dari pabrik-pabrik. dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water) (Wikipedia). . ada air kakus (black water).

. Wawancara dilakukan dengan masyarakat setempat untuk menggali informasi lebih dalam lagi mengenai jenis-jenis sampah yang dapat didaur ulang. Metode Penelitian 1. dalam bentuk sampah organik. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Jongkang Baru. Untuk mengetahui sampa yang dapat dimanfaatkan kembali atau didaur ulang maka dilakukan observasi terlebih dahulu. buku catatan.C. berbagai jenis sampah padat. Juli 2011 sampai dengan minggu ke -4 . c.Agustus 2011. Teknik Wawancara. Waktu penelitian dimulai dari minggu ke-1. juga agar dapat mengetahui bagaimana cara pengolahannya. Bahan dan Alat Penelitian Bahan dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku panduan . Metode a. dapat langsung didata. d. 3. Populasi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lingkungan ( RW) yang terdapat di Jongkang Baru. Selain itu. 2. kamera. Tujuan dilakukan survei adalah untik mendapatkan jenis-jenis sampah yang ada di lokasi penelitian. peralatan tulis menulis. Dan sebanyak 40% dari setiap satu lingkungan. Setiap sampah yang telah dipisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik (rumah tangga). Pengambilan saxmpel dilakukan secara acak (random) yang terdiri atas 200 sampel. Sampel Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 10% dari sungai dan hutan. Jumlah lingkungan yang terdapat di kelurahan tersebut adalah sebanyak lima lingkungan. dan peralatan yang dianjurkan oleh masyarakat setempat untuk mengelola sampah. b. Kecamatan Sariharjo. Kecamatan Sariharjo. Metode Survei. dalam bentuk sampah rumah tangga. buku identifikasi. sedangkan yang tidak termasuk dari dua jenis diatas akan dibuang pada tempatnya.

5. cara pengolahan. . jenis sampah (organik/anorganik). jenis. dicantumkan namanya. dan hasilnya. Data dan informasi yang dicatat adalah nama sampah.4. Pengumpulan Data Pengumpulan data dapat dilakukan setelah lokasi penelitian ditetapkan. pengolahan sampah daur ulang tersebut. Pengolahan Data Data yang telah terkumpulkan ditabulasi. dan hasil daur ulang dari sampah tersebut. hasil survei dan wawancara telah dicatat.

dan juga sampah yang tidak dapat didaur kembali.D. organik dan anorganik. Hasil dan Pembahasan Berdasarkan metode penelitian yang dilakukan. kaleng. Kecamatan Sariharjo diperoleh hasil bahwa hampir seluruh dari masyarakat mengetahui cara pengolahan dan daur ulang sampah. botol. diperoleh hasil bahwa sampah yang masih dapat didaur ulang terdiri dari dua jenis yaitu. payung. bahkan hiasan. . yang nantinya dapat didaur ulang sehingga menjadi tas. dan juga jenis-jenis sampah yang dapat didaur ulang seperti plastik. Dari hasil wawancara dengan masyarakat di Kelurahan Jongkang Baru. bahkan akar tanaman. Sampah yang paling banyak ditemukan dan digunakan adalah plastik terutama sachet bekas.

Namun tidak semuanya juga dapat didaur ulang. . 2. Terdapat dua jenis sampah yang masih dapat didaur ulang yaitu organik dan anorganik.E. payung. Hasil daur ulang yang sering dibuat oleh masyarakat setempat adalah tas.hiasan. 1. dan sebagainya. Simpulan Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK MELALUI DAUR ULANG Disusun Oleh: Ananto Rizkiadi (No.4/XI IPA I) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful