PERUBAHAN WUJUD ZAT

Peta konsep:

PERUBA HAN ZAT

SIFAT ZAT

PERUBA HAN BENTUK

PEMISA HAN CAMPU RAN

FISIKA

KIMIA

FISIKA

KIMIA

FILTRAS I

DESTILA SI

KRISTA LISASI

SUBLIM ASI

KROMA TOGRAF I

Perubahan benda cair,padat dan gas Menurut fisika 1. Benda atau zat padat berubah menjadi benda cair = Mencair atau Pencairan Contoh : - es krim yang berubah menjadi cair terkena suhu panas - permen atau coklat yang mencair terkena suhu panas 2. Benda atau zat cair berubah menjadi benda padat = Membeku atau Pembekuan Contoh : - membuat es kebo dari air sirup dalam plastik - membuat agar-agar atau jelly

. Benda atau zat padat berubah menjadi benda gas = Menyublim atau Penyubliman atau Sublim Contoh : . Contoh lain proses filtrasi adalah saat kita memisahkan campuran garam dan pasir. Benda atau zat cair berubah menjadi benda gas = Menguap atau Penguapan Contoh : .Spirtus atau spiritus menguap saat terkena udara Menurut kimia  Penyaringan (filtrasi) Peristiwa alam turunya hujan ke bumi akan mengalir ke tempat yang lebih rendah di permukaan bumi dengan membawa zat-zat lain.kapur barus yang menyublim menjadi gas berbau wangi . Benda atau zat gas berubah menjadi benda cair = Mengembun atau Pengembunan Contoh : .pembuatan ammonium sulfat dan ammonium nitrat bahan pupuk 5.sehingga dihasilkan sumber air yang jernih.dan mengalami penyaringan tanah .Hujan malam berasal dari uap awan yang menjadi air . Air yang meresap ke dalam tanah melalui celah-celah kecil .Air comberan menguap menjadi uap terkena sinar matahari .3. Zat yang tertahan dan tertinggaal di kertas saring disebut residu. Benda atau zat gas berubah menjadi benda padat = Menghablur atau Penghabluran atau hablur atau mengkristal atau pengkristalan Contoh : . Cairan yang dapat lolos dari kertas dinamakan filtrate.Biang es didalam kotak es tongtong untuk mendinginkan es 4.Udara lembab dan dingin di pagi hari membuat embun di pucuk daun 6.

dll.  Sublimasi adalah perubahan zat dari wujud padat menjadi gas atau sebaliknya .uaitu penguapan dan pengembunan. Penyulingan (destilasi) Adalah proses pemisahan campuran zat cair yang didasarkan pada perbedaan titik didih zat. Setelah air laut terjebak dalam tambak –tambak . Proses pemisahan csmpuran dilakukan dengan dua proses. Air laut di alirkan menuju ke tambak – tambak yang dibuat di pinggir pantai.  Kromatografi Adalah proses pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel – partikel zat yang dicampur pada satu medium . Air yang terkandung dalam air laut akan menguap.Zat yang dapat menyublim antara lain kapur barus.kafein.memperoleh air murni dari campuran air yang sudah terkotori zat padat yang larut didalamnya. Contoh pemisahan campuran dengan destilasi : memperoleh bensin dari campuran antara air dan bensin .sehingga terbentuklah kristal garam.  Kristalisasi Contoh kristalisasi : petani garam mendapatkan garam dengan cara menguapakan air laut.selanjutnya proses penguapan terjadi dengan bantuan sinar matahari.iodine.