y Sistem ekonomi liberal kapitalis adalah sitem ekonomi yang aset-aset produktif dan faktorfaktor produksinya sebagian besar dimiliki oleh sektor individu/swasta. Sementara tujuan utama kegiatan produksi adalah menjual untuk memperoleh laba. y Sistem perekonomian/tata ekonomi liberal kapitalis merupakan sistem perekonomian yang memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi barang. menyalurkan barang dan lain sebagainya. . menjual barang.

Klasik Sistem ekonomi Liberal Modern .

Sistem Ekonomi Liberal Klasik y berlangsung sekitar abad ke-XVII sampai menjelang abad ke-XX y individu/swasta mempunyai kebebasan penguasaan sumber daya maupun pengusaan ekonomi dengan tanpa adanya campur tangan pemerintah untuk mencapai kepentingan individu tersebut .

Sistem Ekonomi Liberal Kapitalis Modern y diterimanya peran pemerintah dalam pengelolaan perekonomian y kebebasan individu juga dibatasi melalui pemberlakuan berbagai peraturan y Nasib pekerja juga sudah mulai diperhatikan dengan diberlakukannya peraturan-peraturan yang melindungi hak asasi buruh sebagai manusia .

y tidak semua aset produktif boleh dimiliki individu terutama yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak y Untuk menghindari perbedaan kepemilikan yang mencolok. maka diberlakukan pajak progresif misalnya pajak barang mewah .

Inggris. Yunani. Jerman. Bolivia. Chili. Kolombia. Kanada. Italia. y Di benua Eropa. Kuba. Denmark. Cekoslovakia. sebagian besar menganut sistem ini antara lain Austria. Kroasia. Ekuador. Portugal. Bulgaria. Argentina. . Brasil. Belanda. Swedia. Belgia. Maksiko.Negara-negara yang menganut sistem ekonomi liberal kapitalis modern antara lain : y Di benua Amerika. Spanyol. antara lain Amerika Serikat. Polandia. Prancis. Paraguay. Peru dan Venezuela.

Senegal. Malaysia. sistem ekonomi ini terbilang masih baru. Singapura. Filipina. Turki. Israel. Afrika Selatan.y Di benua Asia. Negara yang menganut antara lain Mesir. Korea Selatan. Jepang. y Kepulauan Oceania. Taiwan. Iran. antara lain India. antara lain Australia dan Selandia Baru. . Thailand. y Di benua Afrika.

y Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi. y Masyarakat terbagi menjadi dua golongan. y Masyarakat diberi kebebasan dalam memiliki sumber-sumber produksi. yaitu golongan pemilik sumber daya produksi dan masyarakat pekerja (buruh). .Ciri ekonomi liberal y Semua sumber produksi adalah milik masyarakat individu.

y Kegiatan selalu mempertimbangkan keadaan pasar. y Biasanya barang-barang produksi yang dihasilkan bermutu tinggi.y Timbul persaingan dalam masyarakat. . terutama dalam mencari keuntungan. y Pasar merupakan dasar setiap tindakan ekonomi.

y Setiap individu bebas memiliki untuk sumber-sumber daya produksi. . yang nantinya akan mendorong partisipasi masyarakat dalam perekonomian. karena masyarakat tidak perlu lagi menunggu perintah/komando dari pemerintah.Keuntungan Ekonomi Liberal y Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi.

y Efisiensi dan efektivitas tinggi. . karena setiap tindakan ekonomi didasarkan motif mencari keuntungan. karena adanya persaingan semangat antar masyarakat.y Timbul persaingan semangat untuk maju dari masyarakat. y Menghasilkan barang-barang bermutu tinggi.

Banyak terjadinya monopoli masyarakat. . yang miskin semakin miskin.Kelemahan Ekonomi Liberal y Terjadinya persaingan bebas yang tidak sehat y y y y bilamana birokratnya korup. Masyarakat yang kaya semakin kaya. Banyak terjadinya gejolak dalam perekonomian karena kesalahan alokasi sumber daya oleh individu. Pemerataan pendapatan sulit dilakuka karena persaingan bebas tersebut.

.Hak Kepemilikan Keuntungan Konsumerisme Kompetisi Harga Institusiinstitusi dalam Ekonomi Liberal Kapitalis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful