NAMA NPM PRODI SUKU

: YUDI PUTRA ARDIANSYAH : 0913033070 : PENDIDIKAN SEJARAH : JAWA

A. Nama dan Bahasa Nama bahasa dan suku saya adalah bahasa Jawa dan suku Jawa. Biasanya bahasa Jawa diungkapkan dalam kehidupan sehari-hari secara lisan. Bahasa Jawa pun ada bahasa Jawa halus dan ada bahasa Jawa kasar. Untuk bahasa Jawa halus umumnya digunakan untuk menghormati orang yang lebih tua. Sedangkan bahasa Jawa kasar digunakan untuk berbincang dengan teman atau dengan sebaya. Untuk bahasa Jawa yang tertulis saat ini tidak begitu digunakan. Walaupun digunakan, tulisannya pun masih sama dengan huruf abjad. Sedangkan untuk bahasa isyarat sendiri tidak pernah digunakan dalam melakukan komunikasi.

B. Lokasi Lokasi suku Jawa sendiri terletak di pulau Jawa yang meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Suku Jawa sendiri terbagi menjadi beberapa sub suku. Perbedaan ini disebabkan oleh jarak lokasi yang terpisah jauh dari suku jawa satu dengan suku jawa yang lainnya. Akibatnya kebudayaan yang dihasilkan pun berbeda. Saat ini pula suku Jawa banyak bermigrasi ke luar pulau Jawa. Di provinsi Lampung sendiri, suku Jawa cukup mendominasi di sekitar kabupaten atau kota. Suku saya sendiri terletak di Jawa Timur tepatnya dikabupaten Banyuwangi. Namun di provinsi Lampung, lokasi orang tua saya terletak di Bukit Kemuning kab. Lampung Utara. Sedangkan lokasi nenek saya terletak di Way Serdang, kab. Mesuji.

C. Demografi Masyarakat Jawa pada umumnya tersebar keseluruh penjuru Indonesia. Namun pada awal mulanya suku Jawa hanya ada di Pulau Jawa. Di pulau Jawa itu sendiri meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Setiap provinsi Jawa, memiliki tata bahasa dan budaya yang sedikit berbeda. Misalkan Jawa Tegal akan berbeda bahasanya dengan Jawa Solo meskipun keduanya masih terletak dalam satu provinsi yakni Jawa Tengah. Sedangkan Jawa saya yakni Banyuwangi, Jawa Timur tidak jauh berbeda dengan Jawa Tengah Semarang ataupun Jawa pada umumnya.

Namun Jawa pada umumnya banyak melakukan ritual kepercayaan seperti memberikan sesaji kepada laut Selatan. G. Seni suara contohnya seperti menjadi sinden atau penyanyi campur sari dan kroncong. Umumnya masrakat Jawa Modern bermata pencaharian sebagai pengusaha atau pegawai isntansi pemerintah dan swasta. ataupun upacara tradisional jawa yang sering dikaitkan dengan masalah agama. Sedangkan masyarakat Jawa Modern sendiri umumnya tinggal di daerah perkotaan. maka seorang istri harus mengikuti kemanapun sang suami pergi. Untuk Jawa di lingkungan keluarga saya. penduduknya banyak yang bekerja sama. . Organisasi Sosial Sistem kekerabatan suku Jawa biasanya ditarik dari garis keturunan Ayah. mereka cenderung hidup individualisme. Kesenian Kesenian suku Jawa umumnya banyak di seni suara dan seni musik. mereka lebih menjurus pada seni tari dan seni musik. Namun untuk saat ini. masyarakat Jawa dibedakan menjadi dua yakni masyarakat Jawa Tradisional dan masyarakat Jawa Modern. Masyarakat Jawa Tradisional umumnya tinggal di desa dan bermata pencaharian sebagai seorang petani padi. Sedangkan di musik dapat berupa memainkan gamelan. Religi Sistem religi suku Jawa umumnya memeluk agama Islam. Namun tak sedikit juga yang memeluk agama lain. Setiap ada anggota keluarga yang menikah. F. Dalam hal ini keluarga saya memeluk agama Islam. Tari yang sering ditampilkan adalah tari reog atau k uda lumping. Mereka bahu membahu dalam mencapai suatu hasil tanpa ada rasa pamrih di dalamnya.D. bercocok tanam di lading ataupun seorang peternak unggas atau hewan kaki empat. Namun untuk suku Jawa modern. upacara-upacara keagamaan suku Jawa umumnya ada banyak namun khusus Jawa orang tua saya. Ada pula yang di seni tari seperti tari kuda lumping dan jatilan. upacara atau ritual tertentu jarang dilaksanakan. E. Kesusastraan suci umat Islam suku Jawa sendiri banyak didasarkan pada cerita-cerita kuno orang Jawa seperti legenda wali songo dan lainnya. Yang mungkin dilaksanakan adalah seperti upacara memperingati maulid nabi SAW dengan puasa sunah. Mata Pencaharian Mata pencaharian suku Jawa umumnya adalah seorang petani. Dalam masyarakat Jawa Tradisional sendiri.

Perubahan Perubahan yang terjadi di dalam suku Jawa umumnya terjadi pada masyarakat Jawa yang tinggal di daerah perkotaan. gerabah. Lalu suku Jawa juga menghasilkan barang-barang kerajinan tangan seperti anyaman. saling sapa bila bertemu dan selalu ramah terhadap siapapun. Namun masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan tidak begitu melaksanakan apa-apa yang dilakukan masyarakat desa pada umumnya. Mereka juga menghormati setiap makhluk hidup yang ada disekitarnya. cukup luas yakni mereka tahu akan hewan atau tumbuhan yang ada disekitar mereka. . Peralatan Hidup Suku Jawa umumnya menghasilkan produk-produk yang bagus seperti pakaian Batik yang saat ini telah dinyatakan sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia. Mereka lebih bersikap individualisme dan tidak menghiraukan tetangga sebelahnya. peralatan masak dan lain sebagainya. Masyarakat Jawa yang tinggal dipedesaan masih mempertahankan tradisi lama yakni bergotong royong. J. walaupun saat ini tidak semuanya melakukan hal yang di atas. Dalam hal ini Jawa dikeluarga saya banyak yang menghasilkan peralatan rumah tangga seperti dan berbagai macam bentuk anyaman seperti geribik. Sistem Pengetahuan Pengetahuan yang dimiliki suku Jawa.H. I. Ketika diminta bantuanpun harus ada upahnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful