A.

KARAKTERISTIK LAPORAN HASIL PENELITIAN Laporan penelitian merupakan satu kesatuan utuh dokumen yang menuliskan setiap langkah dan hasil yang didapat dari suatu kegiatan penelitian.Bartol (1981) menyebutkan empat hal yang harus dihindari pada saat peneliti memutuskan untuk menuliskan hasil penelitian yaitu: 1. Memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel yang overlapping 2. Hanya melaporkan satu korelasi meskipun korelasi tersebut signifikan, tetapi sangat sedikit manfaat yang bisa didapat dari hubungan tersebut 3. Laporan hasil negatif tanpa menyebutkan alat analisis yang digunakan 4. Masalah sudah terlalu banyak dibahas Disamping empat hal yang harus dihindari, Bartol (1981) menyebutkan tujuh faktor yang harus diperhatikan pada saat kita bermaksud menuliskan laporan penelitian sebagai berikut. 1. Apakah pertanyaan dalam penelitian signifikan, dan kerja yang dilakukan asli dan penting? 2. Apakah instrumen yang digunnakan telah menunjukkan reliabilitas dan validitas yang memuaskan? 3. Apakah hasil yang diperoleh dengan jelas berkaitan dengan variabel yang dituju dalam penelitian? 4. Apakah desain penelitian secara lengkap dan tidak meragukan telah menguji hipotesis yang ditetapkan? 5. Apakah partisipan benar-benar mencerminkan keterwakilan populasi yang dibuat dalam penelitian sehingga generalisasi yang dilakukan dapat diterima? 6. Apakah peneliti menerapkan standar etika jika dilakukan dalam memberi perlakuan terhadap partisipan? 7. Apakah penelitiansudah berada pada tahap siap dipublikasikan temuannya? B. ASPEK DALAM LAPORAN HASIL PENELITIAN

Laporan penelitian yang berhasil adalah laporan yang dipahami target pembacanya. Latar belakang masalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan penelitian terhadap suatu masalah atau problematika yang muncul. nama tes) d. Pendahuluan Bab Pendahuluan adalah bab yang mengantarkan isi naskah. mudah dipahami. (3) Pembatasan Masalah. Kesimpulan dan implikasi 3. Halaman judul Judul seharusnya menyingkat ide utama dengan menarik. Abstrak disyaratkan akurat. dapat ditulis dalam bentukan uraian paparan atau poin -poin . dan (5) Manfaat Penelitian. jenis kelamin. cara pengumpulan data. Masalah yang diteliti. Untuk mencapai tujuan ini Asosiasi P sikologi Amerika menerbitkan Publication Manual of The American Psycological Association (2001) yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menulis laporan dan atikel penelitian yaitu: 1. c. seperti jumlah. 2. tipe. tingkat signifikasi statistik e. Pendahuluan dalam karya ilmiah biasanya terdiri atas (1) Latar Belakang Masalah. Judul harus merupakan pernyataan singkat dari topik utama dan mengidentifikasi variabel atau teori yang dibahas dalam artikel serta hubungan di antara variabel tersebut. Metode penelitian (termasuk alat. satu kalimat b. umur. Abstrak Abstrak adalah ringkasan singkat dan lengkap dari isi laporan yang memungkinkan pembaca untuk melihat isi artikel dengan cepat. Subyek. ringkas. yaitu bab yang berisi hal-hal umum yang dijadikan landasan kerja penyusun. (2) Identifikasi Masalah. Temuan. dan informasi saran untuk abstrak dari study empirik (± 120 kata) a. spesifikasikan karakteristik utama. (4) Tujuan Penelitian.

alat dan bahan yang digunakan selama penelitian biasanya dicantumkan semuanya 5. Sumarna Suranapranata. Jika salah satu batasan masalah yang dirumuskan dalam kalimat tanya itu. Diskusi . Sedangkan pembatasan masalah diambil dari bagian-bagian identifikasi masalah yang akan diteliti. 4. maka tujuan penelitiannya ialah mengetahui hasil pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab. dan kemampuan. waktu.). Hasil 6. Tujuan penelitian diambil dari batasan masalah. Phd. berbunyi. lembaganya dan bagi dunia pendidikan pada umumnya. Metode Bagian metode menjelaskan secara detail bagaimana penelitian dilakukan. Sedangkan manfaat penelitian bisa dituliskan manfaat untuk si peneliti atau guru. alat dan bahan yang digunakan tidak perlu terlalu dirinci/disebutkan sampai sekecil-kecilnya Untuk Laporan Hasil Penelitian.saja. ³Bagaimana hasil belajar dengan menerapkan metode tanya jawab. Biasanya tidak semua masalah yang berhasil diidentifikasi diteliti karena keterbatasan biaya. Identifikasi masalah merupakan kumpulan masalah yang berhasil diurai atau dipetani (meminjam istilah Direktur Bindiklat. Bahan dan Metode bisa ditulis Metodologi atau Metode Penelitian Bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa subheading tergantung kepada penulis dan biasanya tidak pernah dibatasi (tapi jangan berlebihan!) dan tidak ada batasan jumlah kata Salah satu bagian yang banyak mendapat perhatian reviewer pada saat artikel kita direvisi/ditelaah Untuk jurnal ilmiah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful