P. 1
azaz doppler

azaz doppler

|Views: 502|Likes:
Published by yuda_exo

More info:

Published by: yuda_exo on May 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2012

pdf

text

original

Azas doppler

pada tahun 1800 ahli fisika membuktikan bahwa sumber bunyi berfrequensi (fo) mempunyai derajat tinggi apabila sumber bunyi bergerak menjauh pendengar akan terdapat frequensi de ngan derajat rendah. Demikian pula apabila pendengar mendekati sumber bunyi akan memperoleh frequensi bunyi dengan derajat tinggi.percobaan frequensi ini disebut doppler shift. Sedangkan efek yang timbul akibat bergeraknya sumber bunyi / bergeraknya pendengar disebut efek doppler

‡ Efek doppler dipergunakan untuk mengukur bergeraknya zat cair didalam tubuh.000Hz 2. Magnet listrik dengan frequensi diatas 20. Berkas ultrasonik /bunyi ultra mengenai darah ( darah bergerak menjauhi bunyi ) darah akan memantulkan bunyi ekho dan diterima oleh detektor. misalnya : darah. ‡ Ultrasonik/ bunyi ultra dihasilkan oleh: 1. Kristal piezzo electrik dengan frequensi diatas 20.000 Hz .

.MAGNET LISTRIK ‡ Batang ferromagnet diletakkan pada medan magnet listrik maka akan timbul gelomban bunyi ultra ujung batang ferromagnet. Demikian pula apabila batang ferromagnet dilingkari dengan kawat kemudian dialiri listrik akan timbul gelombang ultra sonic pada ujung batang ferromagnet.

demikian pula vibrasi kristal akan menimbulkan listrik. Berdasarkan sifat itu maka kristal piezzo elktrik dipakai sebagai tranducer pada ultrasonography.KRISTAL PIEZZO ELECTRIK ‡ Kristal piezzo ditemukan oleh piere curie dan jacques pada sekitar tahun 1880 tebal kristal 2. .85 mm. Apabila kristal piezzo electric dialiri tegangan listrik maka lempengan kristal akan mengalami fibrasi seingga timbul frequensi ultra .

DAYA ULTRASONIK Frequensi dan daya ultrasonik yang dipakai dalam bidang kedokteran menurut kebutuhan. Apabila daya ultrasonik ditingkatkan sampai 1W/cm2 akan dipakai sebagai pengobatan sedangkan untuk merusak jaringan kanker dipakai daya 103W/cm2 .01W/cm2. apabila ultrasonik ang digunakan untuk diagnostik maka frequensi yang digunakan sebesar 1 MHz sampai 5 MHz dengan daya 0.

Prinsip penggunaan ultrasonik ‡ Efek dopler merupakan dasar penggunaan ultrasonik yaitu terjadi perubahan frequensi akibat adanya pergerakan pendengar atau sebaliknyadan getaran bunyi yang dikirim ke objek itu sendiri .

Pada jaringan bisa terjadi pembentukkan rongga dengan intensitas yang tinggi . sedangkan sebagian lagi pada titik tersebut mengalami perubahan panas.Efek gelombang ultrasonik ‡ Mekanik. dipakai untuk menentukan lokasi batu empedu ‡ Panas. yaitu membentuk emulsi asap/awan dandisntegrasi beberapa benda padat. nelson heerich dan krusen. menunjukkan bahwa sebagian ultrasonik mengalami refleksi pada titik yang bersangkutan.

‡ Efek biologis. bakteri. sesuai hukum van t hoff ( menimbulkan panas ) otot mengalami paralyse dan sel-sel hancur. efek yang ditimbulkan ultrasonik ini merupakan gabungan dari berbagi efek misalnya. akibat pemanasan menimbulkan pelebaran pembuluh darah. gelombang ultrasonik menyebabkan proses oksidasi dan terjadi hidrolisis pada ikatan polyster.‡ Kimia. Selain itu menyebabkan keletihan pada tubuh manusia apabila daya ultrasonik ditingkatkan . virus dapat mengalami kehancuran. Selain itu ultrasonik menyebabkan peningkatan permeabilitas membran sel dan kapiler serta merangsang aktifitas sel.

transducer yang menerima gelombang balik akan diteruskan ke amplifier berupa gelombang listrik kemudian gelombang tersebut ditangkap oleh CRT ( 0sciloscope ) .Ultrasonik sebagai pelengkap diagnosis ‡ Kristal piezzo electric yang bertindak sebagai transducer mengirim gelombang ultrasonic mencapai pada dinding berlawanan kemudian gelombang bunyi dipantulkan dan diterima oleh transducer tersebut pula.

Ada 3 macam metode dalam memperoleh gambaran.‡ Gambaran yang diperoleh CRT tergantung teknik yang dipergunakan. A skanning 2. M skanning . yaitu : 1. B skanning 3.

daerah/lokasi yang didalam bola mata. A Skanning mendiagnosis tumor otak ( Echo Encephalo Graphy ) memberi informasi tentang penyakitpenyakit mata. . menentukan apakah kornea / lensa yang opaque / ada tumor-tumor retina.Hal-hal yang diagnosis dengan Ultrasonik ‡ Sesuai dengan metode skanning yang dipakai maka ultrasonik dapat dipergunakan untuk diagosisis : ‡ 1.

misalkan : hati.‡ 2. Lebih banyak memberi informasi daripada x-ray dan sedikit resiko yang terjadi. Untuk mendeteksi kehamilan sekitar 6 minggu. mata. B skanning a. jantung janin b. lambung. Misalkan : x-ray dapat mendeteksi kista yang radioopaque B skanning lebih banyak memberi petunjuk tentang tipe kista . serta abortus yang sedang berlangsung. Untuk memperoleh informasi struktur dalam dari tubuh manusia. usus. c. kelainan dari uterus / kandung peranakan dan kasus-kasus pendarahan yang abnormal.

USG ( ULTRASONOGRAPH PENGERTIAN . ) Ultrasonograph adalah suatu alat yang berfungsi untuk mendeteksi bagian dalam tubuh dengan memanfaatkan frekwensi ultrasound. .

PRINSIP KERJA USG .

DSC unit ( digital ) Dinamakan bagian digital karena fungsi dari bagian ini adalah untuk memproses signal ECHO dimana sinyal tersebut sudah berupa sinyal ± sinyal digital Keyboard fungsinya untuk memasukan data ± data pasien.l : filtering dan phasing. Dapat pula ditambahkan rangkaian charging bila kita ingin menggunakan Batery/accu DC ± DC converter fungsinya untuk merubah tegangan DC 24 V menjadi tegangan DC yang lebih rendah yaitu. mis : nama . coment. PB ± CNN : unit ini menghubungkan transduser ( probe ) ke rangkaian pulser Pulser : Membangkitkan pulsa ± pulsa tegangan tinggi untuk di transmisikan sebagai ultrasound signal ke tubuh dan memperkuat ultrasound echo yang diterima dengan control data dari unit receiver Receiver : Pada unit ini ultra sound echo signal diproses a. id.5 V. .PRINSIP KERJA ‡ ‡ AC ± DC converter fungsinya merubah tegangan listrik PLN (220 V AC ) menjadi tegangan 24 VDC. Kristal tersebut juga berfungsi sebagai penerima signal echo ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . kemudian diteruskan ke DC-DC converter. tegangan lebih dan pembatas arus (over voltage/ current protection ). didalamnya terdapat sekumpulan kristal yang apabila mendapat signal dari pulser akan bergetar sehingga menghasilkan getaran ultrasound. lalu signal akan diproses secara digital oleh bagian digital. T/R ( Transceiver and Receiver ). + 5 V. Keyboard akan dikontrol langsung oleh rangkaian CPU di bagian digital ECG unit fungsinya untuk menampilkan gelombang ECG pada tampilan M-mode dengan menumpangkan signal ECG tersebut pada signal echo di bagian digital RS 232 fungsinya untuk menerima atau mengirim data digital dari atau ke peralatan peripheral Transduser / probe. setiap bagian converter sudah dilengkapi dengan pelindung terhadap noise ( filter ). +12 V dan ± 12 V.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->