Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup karena Aktivitas Manusia

Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup karena Aktivitas Manusia

Manusia memanfaatkan kemajuan ilmu dan teknologi untuk mengeksploitasi lingkungan sehingga kebutuhan hidupnya terpenuhi. Namun, ilmu dan teknologi yang dipergunakan oleh manusia telah mengakibatkan tekanan terhadap lingkungan hidup. Karena dalam memanfaatkan alam, manusia terkadang tidak memerhatikan dampak yang akan ditimbulkan. Beberapa bentuk kerusakan lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia, antara lain, meliputi hal-hal berikut ini. 1. Pencemaran Lingkungan Pencemaran disebut juga dengan polusi, terjadi karena masuknya bahan-bahan pencemar (polutan) yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan. Bahan-bahan pencemar tersebut pada umumnya merupakan efek samping dari aktivitas manusia dalam pembangunan. Salah satunya adalah pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh zat-

Berdasarkan jenisnya. yaitu pencemaran udara. serta udara. Disatu sisi. dan pencemaran suara. Hasil dari sisa-sisa kemajuan teknologi itu kini telah meracuni tanah. Gambar Pencemaran udara dari cerobong asap pabrik . pencemaran dapat dibagi menjadi empat. pencemaran air.zat polutan yang semakin menyesaki bumi akibat dari kemajuan teknologi. air. teknologi memang kita butuhkan tetapi disisi lain telah menyebabkan pencemaran yang sangat membahayakan kehidupan. Jadi. pencemaran tanah. teknologi hendaknya diciptakan sedemikian rupa sehingga tetap ramah terhadap lingkungan.

Pencemaran tanah disebabkan karena sampah plastik ataupun sampah anorganik lain yang tidak dapat diuraikan di dalam tanah. sehingga tanah kelebihan zat-zat tertentu yang justru dapat menjadi racun bagi tanaman. dan bila bersenyawa dengan air hujan akan menimbulkan hujan asam yang dapat merusak dan mencemari air. disebabkan oleh asap sisa hasil pembakaran. antara lain. mesin-mesin pabrik. dan mesin-mesin pesawat terbang atau roket. Pencemaran tanah juga dapat disebabkan oleh penggunaan pupuk atau obat-obatan kimia yang digunakan secara berlebihan dalam pertanian.Gambar Pencemaran udara dari kendaraan bermotor Pencemaran udara yang ditimbulkan oleh ulah manusia antara lain. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran udara. menipisnya lapisan ozon (O3). atau tumbuhan. tanah. berkurangnya kadar oksigen (O2) di udara. khususnya bahan bakar fosil (minyak dan batu bara) yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor. Dampak rusaknya ekosistem tanah adalah semakin berkurangnya tingkat .

tercemarnya air tanah. seperti sungai. Sesungguhnya antara pencemaran udara. pestisida. Zat-zat polutan dalam air yang tercemar akan terurai dan tercampur dalam udara ketika berlangsung proses penguapan. dan air laut. dan berbagai bahan kimia lainnya. Sebagian air yang tercemar juga memasuki tanah sehingga tanah pun itu tercemar. Hujan asam ini jika mengenai tanaman atau hewan secara langsung dapat memperlambat pertumbuhannya dan bahkan membunuhnya. Pencemaran air pada akhirnya juga menyebabkan pencemaran udara dan tanah. danau atau waduk. air permukaan. Sebagian zat . minyak.kesuburan tanah sehingga lambat laun tanah tersebut akan menjadi tanah kritis yang tidak dapat diolah atau dimanfaatkan. Air hujan asam itu juga memasuki air permukaan seperti sungai atau danau dan meracuni tumbuhan serta hewan-hewan air. terjadilah pencemaran udara. Sebagian hujan asam itu meresap ke tanah dan meracuni tumbuh-tumbuhan. seperti deterjen. dan racun tersebut tanpa disadari akan masuk ke dalam tubuh manusia apabila manusia tersebut mengkonsumsi tumbuhan dan hewan yang sudah terkontaminasi racun tersebut. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air adalah rusaknya ekosistem perairan. Air hujan yang telah tercemar karbon monoksida itu bersifat asam sehingga sering disebut hujan asam. Zat-zat polutan yang ada di dalam tanah dapat menguap ke udara. selain itu. terkondensasi dan turun sebagai hujan. tanah dan air ini satu sama lain saling berkaitan. seperti asap pabrik dan kendaraan bermotor melepaskan karbon monoksida ke udara. Tumbuhan dan hewan itu jika masih hidup akan menyimpan racun dalam tubuhnya. Pencemaran tanah pun akhirnya juga menyebabkan pencemaran air dan udara. Udara yang tercemar itu naik bercampur dengan uap air. Pencemaran air terjadi karena masuknya zat-zat polutan yang tidak dapat diuraikan dalam air. tersumbatnya aliran sungai oleh tumpukan sampah juga dapat menimbulkan polusi atau pencemaran. menimbulkan bau yang tidak sedap dan menyesakkan pernafasan.

Kalau sudah seperti itu. Degradasi Lahan Degradasi lahan adalah proses berkurangnya daya dukung lahan terhadap kehidupan. mesin kereta api. dan dapat menimbulkan stres. misalnya lahan kritis. antara lain. 1) Lahan kritis dapat terjadi karena praktik ladang berpindah ataupun karena eksploitasi penambangan yang besar-besaran. yaitu suara yang memiliki kekuatan > 80 desibel. Gambar Hujan Asam Dan selanjutnya adalah Pencemaran suara adalah tingkat kebisingan yang sangat mengganggu kehidupan manusia. Dampak pencemaran suara menimbulkan efek psikologis dan kesehatan bagi manusia. 2. penurunan pendengaran karena kebisingan (noise induced hearing damaged). siapakah yang akan rugi? Tentu manusia-lah yang akan rugi dan menanggung semua akibatnya. Pencemaran suara dapat ditimbulkan dari suara kendaraan bermotor. dan kerusakan hutan. Bentuk degradasi lahan. mesin jet pesawat. kerusakan ekosistem laut. susah tidur. meningkatkan tekanan darah. sungai. mesin-mesin pabrik. dan danau. Degradasi lahan merupakan bentuk kerusakan lingkungan akibat pemanfaatan lingkungan oleh manusia yang tidak memerhatikan keseimbangan lingkungan. dan instrumen musik.polutan itu juga memasuki air tanah dan mengisi air sumur. meningkatkan detak jantung. .

misalnya menangkap ikan dengan menggunakan jala pukat. 3) Kerusakan hutan pada umumnya terjadi karena ulah manusia. sehingga kekayaan ikan dan hewan laut lain di suatu daerah dapat berkurang. keringnya mata air. Kerugian yang ditimbulkan dari kerusakan hutan. atau menggunakan racun untuk menangkap ikan atau terumbu karang. misalnya punahnya habitat hewan dan tumbuhan. antara lain. dan praktik peladangan berpindah.2) Rusaknya ekosistem laut terjadi karena bentuk eksploitasi hasil-hasil laut secara besarbesaran. kebakaran hutan. Rusaknya terumbu karang berarti rusaknya habitat ikan. . penggunaan bom. karena penebangan pohon secara besar-besaran. serta dapat menimbulkan bahaya banjir dan tanah longsor.

Gambar Kebakaran hutan salah satu penyebab kerusakan hutan Degradasi lahan dapat berupa penggundulan hutan (deforestation) dan penggersangan lahan (desertification). 1) Penggundulan hutan (deforestation) .

setiap tahun luas hutan berkurang sebanyak 1. Penebangan hutan sudah dilakukan penduduk selama berabad-abad. Sedang di Indonesia. Banyak factor yang menyebabkan manusia melakukan penggundulan hutan. Seandainya 1 hektar = 1 lapangan sepak bola. Pembangunan permukiman Pembangunan permukiman baru sering dilakukan denga cara membuka lahan hutan.Gambar Penebangan hutan secara liar menyebabkan hutan gundul Perusakan dan penebangan hutan secara permanen merupakan tindakan yang menyebabkan hutan gundul. termasuk hutan Papua. Dorongan ekonomi cukup berperan dalam hal ini. dan Kalimantan. Sumatera. Diperkirakan hutan yang hilang setiap hari seluas 400. a. dapat dibayangkan betapa cepat hutan hilang dari wilayah Indonesia. Hanya saja. Daerah transmigrasi disiapkan untuk ditempati para transmigran agar dapat membangun kembali lingkungan barunya.6 juta hektar. Yang lebih memprihatinkan. Lahan transmigran disiapkan di daerah tertentu dengan cara . kebanyakan kerusakan hutan terjadi di wilayah hutan hujan tropis.000 hektar. dalam 50 tahun terakhir ini kerusakan mulai dirasakan.

lahan pertanian yang dikerjakan intensif tanpa periode jeda telah mempercepat proses degradsi tanah. fasilitas prasarana transportasi juga disiapkan untuk para transmigran. Di Indonesia. Perluasan lahan pertanian Di Amerika Selatan. Kebanyakan lahan gundul di wilayah ini pada beberapa dekade terakhir disebabkan oleh pengembangan dan peternakan hewan besar serta perluasan lahan perkebunan. kegiatan perladangan berpindah dituding turut menciptakan hutan gundul. Sebagai bukti. Lahan diwilayah ini tidak cocok untuk pertanian dan peternakan karena kurang subur. Penggunaan bahan bakar kayu Pohon-pohon hutan dapat dijadikan kayu bakar. Pengundulan lahan juga mempercepat degradasi lahan. Kandungan unsur hara dalam tanah menyusut secara cepat dalam beberapa tahun. Selain disediakan rumah-rumah dan laha pekarangan. c. Pemanfaatan kayu sebagai sumber energi terutama terjadi di Negara-negara berkembang seperti Etiopia dan Burkina Faso di .membuka hutan. Lebih lanjut. di Indonesia. b. penyediaan lahan transmigran disiapkan untuk menempatkan jutaan penduduk dari Jawa atau wilayah lain yang berpenduduk padat. pertanian tanaman pangan dan penggembalaan ternak yang membutuhkan lahan luas menimbulkan banyak kerusakan hutan. Jalan-jalan dibuat untuk menghubungkan dengan daerah luar. sekitar 2/3 luas hutan telah rusak.

Untuk mendapatkan batu bara. Tekanan akibat peningkatan jumlah penduduk akan memperluas penggundulan hutan. Sebagai contoh. cara yang umum di lakukan di Indonesia adalah denagn penambangan terbuka/ permukaan (open-cut/ surface mining). Peningkatan jumlah penduduk menambah tekanan pada luas lahan hutan.Afrika. batu bara di tambang untuk bahan bakar pembangkit listrik. Gambar Pembukaan Hutan . Penambangan terbuka/ permukan Bahan tambang perlu dikeluarkan dari dalam bumi agar dapat bermanfaat bagi manusia. Hal ini disebabkan karena kemampuan regenerasi hutan lebih lambat disbanding kerusakan hutan serta peningkatan kebutuhan penduduk. Gambar Pohon-pohon hutan dijadikan kayu bakar d. Lahan yang bayak mengandung cadangan batu bara kebanyakan masih berupa hutan. Di Negara tersebut bahan bakar kayu mengambil porsi lebih dari 90% dari seluruh energy yang digunakan. Diperkirakan kebutuhan bahan bakar kayu pada tahun 2025 menjadi dua kali lipat dari pasokan yang kini tersedia.

e. Selanjutnya kayu-kayu gelondongan hasil pembalakan diangkat keluar dari hutan melalui jalan yang dibuat dengan melintasi tengah hutan. Hujan dan angin mudah mengerosi tanah yang terbuka. hutan menjadi gundul dan permukaan lahan menjadi rusak. Pembalakan Pembalakan yang tidak terkendali menjadi penyebab utama kerusakan hutan. Dalam setahun hutan yang rusak mencapai 1. Kerusakan lahan hutan akibat kegiatan penambangan terbuka perlu perbaikan yang sungguh-sungguh. sinar matahari menyinari langsung sehingga tanah menjadi kerin. Fungsi hutan sebagai penutup dan pelindung tanah menjadi hilang. Degradasi lahan di wilayah ini menyebabkan terbentuknya gurun. Pada lahan yang terbuka. tidak subur. yaitu dengan reklamasi dan penghijauan kembali. Pohon-pohon yang tersisa akan tumbang oleh angin karena tanah tempat tumbuh akar sudah terkikis. 2) Penggersangan lahan (desertification) Penggersangan lahan banyak terjadi di wilayah iklim kering (arid) dan setengah semi kering (semiarid). Akibatnya. Alat-alat berat seperti traktor dan bulldozer juga menghancurkan vegetasi dan memadatkan tanah dilindasannya. Pengankutan kayu-kayu gelondongan menyebabkan banyak kerusakan pohon-pohon pada jalur lintasan yang dilalui truk pengangkut.6 juta hektar atau seluas 3 hektar permenit. Ini berarti hutan yang gundul akibat penggalakan dalam satu menit sama denagn enam kali luas lapangan sepak bola. Kerusakan hutan Indonesia termasuk yang tercepat di dunia. Ini berarti telah terjadi kerusakan lahan secara meluas yang menyebabkan vegetasi tidak dapat tumbuh. dan sulit diolah. Kegiatan pembalakan atelah mengubah lahan hutan menjadi gundul secara cepat. .Metode penambangan terbuka menyebabkan lahan hutan yang ditebangi semakin meluas. Dapat dibayangakan betapa hebat dampak pembalakan terhadap kerusakan hutan. Jika tidak. Tanah yang padat sulit menyerap air hujan sehingga menghambat vegetasi untuk tumbuh kembali. akan banyak lubang raksasa atau bopeng-bopeng di permukaan lahan bekas tamabang serta lahan gundul menimbulkan degradasi lingkungan yang serius.

Hanya saja. Beberapa penyebab penggersangan lahan sebagai berikut. Gambar 32. Kegiatan pertanian Pertumbuhan penduduk di wilayah semiarid biasanya diikiuti oleh kegiatan pertanian yang meningkat. keadaan ini akan mempercepat penurunan kesuburan lahan.Seperti halnya penggundulan hutan. a. Selama berabad-abad para penggembala ternak berpindah-pindah menjelajahi padang gembala bersama ternak-ternaknya. Vegetasi alami tidak dapat tumbuh dan berkembang biak pada lahan gersang karena tanah kekurangan makanan (unsur hara). hal ini sulit terwujud karena hewan gembalaan yang telah meninggalkan lading penggembalaan digantikan oleh hewan gembalaan yang lain. maka akan berpengaruh besar terhadap pembentukan lahan gersang pada suatu wilayah. Lahan yang sudah tidak subur kemudian di tinggalkan. Praktik-praktik pertanian yang buruk dengan menanami lahan secara terus menerus tanpa jeda memang mapu meningkatkan hasil panen. Hewan gembalaan juga menginjak-nginjak lahan dan memakan rumput yang tinggal sedikit. Akan tetapi. Lahan yang telah habis rumputnya akan kembali pulih setelah ditinggakan dan di beri cukup kesempatan untuk tumbuh. Ternak yang sedang merumput . penggersangan lahan merupakan masalah lingkungan pada decade sekarang. bila kegiatan ini digabung denagn kerusakan alam secara alami. Akan tetapi. Pertambahan jumlah hewan ternak telah meningkatkan kebutuhan lading penggembalaan untuk merumput. Cara hidup mereka member sedikit pengaruh terhadap kerusakan lahan. Jumlah dan ukuran hewan ternak memengaruhi kebutuhan pakan.

resiko kerusakan tanah bias diperkecil.b. Kaki-kaki hewan yang menginjak tanah turut menekan lahan dan memadatkan tanah. Ketika lahan menjadi gundul dan terbuka karena pertumbuhan penutupnya hilang. maka angin dan hujan mudah mengerosi lapisan tanah atas yang subur. Penggunaan teknologi Penggersangan di wilayah semiarid dapat ditimbulkan oleh pemanfaatan teknologi irigasi modern. Degradasi lahan telah di perburuk oleh hewan-hewan gembala yang menginjak-nginjak lahan subur di lingkungan sekitar. c. Kemudahan mendapatkan air menyebabkan para penggembala tinggal di wilayah itu. Lahan dibiarkan istirahat agar vegetasi alami bias tumbuh kembali. Hilangnya vegetasi Peningkatan jumlah hewan dan manusia mempengaruhi penurunan jumlah vegetasi. Sebenarnya jika penggembala di lakukan dengan sistem rotasi seperti pada penanaman tanaman pertanian. Lahan yang tererosi tidak dapat menanam dan meresapkan air . Di wilayah Afrika banyak disediakan sumur bor untuk para penggembala dibuat untuk mendapatkan air tanah. Sumur-sumur ini telah menarik para penggembala dan hewan gembalaanya untuk minum dan merumput. Vegetasi berkurang Gambar 33. Kegiatan pencarian kayu bakar dan hewan-hewan gembala yang merumput menyebabkan jumlah vegetasi berkurang dengan cepat. akhirnya pengembalian ketersediaan unsur hara dalam tanah berlangsung lebih cepat.

hujan ke dalam tanah. BY : YANUAR INDRA PRADANA / 35 / XI IPS 1 . Kondidi ini menimbulkan lahan gersang sehingga vegetasi tidak dapat tumbuh subur dan lahan menjadi sepi dari kehidupan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful