INFRASTRUKTUR DAN TATA PEMERINTAHAN DESA CIBEUREUYEUH

Desa Cibeureuyeuh merupakan desa dengan luas wilayah 2.009.583 ha/m² terdiri dari luas persawahan sebesar 1,37 ha/m² dan luas perkebunan 31,5 ha/ m². Perekonomian Desa cibeureyeuh dipengaruhi oleh faktor-faktor sumber daya alam serta sumber daya manusia dengan angkatan kerja yang berjumlah 1.292 orang. Melihat dari perbandingan luas wilayah secara keseluruhan dengan luas pemanfaatan lahan pertanian dapat dikatakan bahwa sebagian besar masyarakat Desa Cibeureuyeuh bermatapencaharian petani. Hal itu pula yang menjadi penopang perekonomian Desa Cibeureuyeuh. Selain sektor pertanian, Desa Cibeureuyeuh memiliki potensi ± potensi seperti sektor peternakan dan industri rumah tangga. Berikut ini merupakan penjabaran secara mendetil mengenai perekonomian Desa Cibeureyeuh. 1. Sektor Pertanian Sektor pertanian merupakan sektor yang mendominasi sehingga pembangunan sarana dan prasarana lebih difokuskan untuk mendukung perkembangan ekonomi masyarakat desa di sektor ini. Sebagian besar lahan pertanian merupakan lahan pribadi yang dikelola oleh pemilik lahan itu sendiri, dengan demikian, hasil dari keseluruhan pertanian lebih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan sisanya dapat dijual ke tengkulak. Di Desa Cibeureuyeuh lahan pertanian dibagi menjadi 2 klasifikasi berdasarkan letak lahan yaitu kelas I dan II. Luas lahan kelas I seluas 70 ha dan memiliki kontur tanah datar sehingga memungkinkan penggunaan alat-alat berat seperti traktor serta dibantu oleh tenaga kerbau. Dalam satu tahun lahan kelas I dapat dipanen sebanyak tiga kali karena dipengaruhi oleh bantuan teknologi. Luas lahan kelas II seluas 120 ha dan memiliki kontur tanah berlereng sehingga tidak memungkinkan penggunaan alat-alat berat dan hanya dibantu oleh tenaga manusia serta alat-alat pertanian. Dalam satu tahun lahan kelas II dapat dipanen sebanyak dua kali.Desa Cibeureuyeuh saat ini memiliki tempat pengolahan padi sendiri sehingga para petani tidak perlu keluar dari desa dalam melakukan proses pengolahan hingga siap jual.Setelah proses panen selesai lahan tidak dapat langsung dimanfaatkan untuk penanaman padi kembali karena kondisi tanah yang tidak subur. Oleh karena itu lahan pertanian dimanfaatkan untuk penanaman bawang.Kegagalan panen terjadi di Desa Cibeureuyeuh, adapun beberapa faktor kegagalan panen seperti hama ulat, tikus, serta perubahan cuaca yang tidak menentu. Antisipasi yang dilakukan petani yaitu dengan membuat perangkap tikus tradisional serta mengandalkan ularular sawah serta penggunaan pestisida.

000.150. Peternakan ini memiliki 600 ekor ayam dengan modal berkisar Rp 11.000 untuk sapi yang berbobot empat kwintal ( bobot minimal sapi siap jual ) sedangkan bobot maksimal satu ekor sapi satu ton. Peternakan ini dikelola secara mandiri tanpa ada bantuan modal dari pihak-pihak lain. Sedangkan biaya pakan yang dibutuhkan sebesar Rp 5.000.. New Zealand dimana sapi tersebut diklasifikasikan dalam dua jenis yaitu sapi simental dan limousine. Selain penjualan daging sapi. setelah berusia 35 hari umumnya ayam langsung dijual atau disalurkan melalui distributor yang datang ke rumah Ibu Cicih. Pak Haji Dadang juga memiliki beberapa domba adu sebanyak 20 ekor. Bila dihitung pengeluaran perhari untuk satu ekor sapi adalah Rp 12. Selain peternakan sapi. Sapi yang diternakan merupakan jenis sapi potong yang didapatkan dari Jawa Tengah.dan total pengeluaran salama satu bulan berkisar Rp 10. Baik penjualan daging sapi maupun kotoran sapi sudah terdistribusi secara optimal dengan memiliki agen penyalur.000 per karung dimana dalam satu kali angkutan bisa mencapai Rp 3.500.per orang dalam satu hari.Ayam dijual seharga Rp 14.000.000. y Peternakan Ayam Ibu Cicih merupakan pemilik satu-satunya peternakan ayam di Desa Cibeureuyeuh. ampas tahu sebanyak satu setengah kwintal.000 dimana modal tersebut diperoleh dari kredit melalui Bank BRI.5 ton dedak dan vitamin per 35 hari.. Ibu Cicih memanfaatkan pekarangan rumah bagian belakang sebagai tempat pemeliharaan ayam.500. Bibit dibeli dari agen pembibitan berupa ayam yang baru berumur satu hari. Australia. y Peternakan Sapi Di Desa Cibeureuyeuh terdapat empat peternakan sapi dengan populasi sapi seluruhnya sebanyak 38 ekor. . namun ini hanya sekedar hobi. kami berkunjung ke salah satu peternakan sapi yang dimiliki oleh Pak Haji Aang Sunarya yang saat ini diwariskan kepada anaknya yang bernama Pak Haji Dadang.Pakan sapi per hari terdiri dari konsentrat sebanyak setengah kwintal singkong sebanyak setengah kwintal. Sapi-sapi tersebut adalah sapi impor dari Kanada.5 kg.2.000.000. Peternak sapi Pak Haji Dadang memiliki populasi sapi terbanyak di desa cibeureyeuh berjumlah 33 ekor sapi dengan modal awal sebesar Rp 400.000 ± Rp 12.Ayam yang diternakan adalah ayam jenis broiler (ayam pedaging). peternakan ini juga menjual kotoran sapi yang dapat dijual seharga Rp 7. Untuk memenuhi pakan ternak dibutuhkan 1. Peternakan ini memiliki empat orang pegawai dengan upah sebesar Rp 30.-. Untuk memperoleh informasi. Sektor Peternakan Sektor peternakan di Desa Cibereuyeuh terbagi menjadi dua..000 serta luas tanah dan bangunan 22×9 m².000. yaitu peternakan sapi dan peternakan ayam.000.000.perbulan.per kilogram dengan rata-rata berat perekor 2-2.000. Penjualan untuk satu ekor sapi dihargai sebesar Rp 20.

dan tampah yang semuanya berbahan dasar bambu. Sektor industri rumah tangga Sektor Industri rumah tangga di Desa Cibeureuyeuh terbagi menjadi dua yaitu sektor makanan dan kerajinan.000. 15.000 perbuah kemudian bakul (boboko).000. Rata-rata penjualan per hari adalah 6 kilogram keripik pisang dengan harga jual Rp. Pisang yang digunakan adalah pisang kapas dan pisang nangka. Narimbang y Kerajinan Desa Cibeureuyeuh memiliki salah satu bentuk keranjinan tangan berupa kantong koja. Keripik pisang dan singkong ini membutuhkan minyak sebanyak 5 hingga 10 kilogram perhari dan keripikkeripik ini dijual sebagian ke toko-toko dan warung-warung sekitar Cibeureuyeuh dan sebagain lagi di supply ke H. Hasil kerajinan kantong koja biasa didistribuskan melalui tengkulak dan juga diekspor keluar negeri. Selain kantong koja.per kilogram. Penjualan keripik singkong 1 kwintalnyamenghasilkan singkong balado sejumlah 225 bungkus dengan harga jual Rp..Lama proses pengerjaan kantong koja berukuran kecil adalah dua hari dengan kisaran harga kantong koja besar Rp.3.. . Kantong koja ini terbuat dari benang dan dalam proses pewarnaan pengrajin menggunakan kayu pohon salam. 10. 25. Untuk mendapatkan informasi kami mewawancarai langsung pemilik industri tersebut. 10. 30.  Keripik Singkong Bahan baku singkong didapatkan dari tetangga dengan harga Rp. y Makanan Singkong dan pisang merupakan komoditi industri rumah tangga di Desa Cibeureuyeuh yang dapat diolah menjadi keripik. kecil Rp.000 dan khusus untuk kantong handphone seharga Rp. 2000. 1000 per kilogram.per kilogram. 365 per bungkus sedangkan 2 ons keripik singkong balado dijualseharga Rp. pengrajin biasa membuat kipas (hihid) dengan harga Rp.000. 4000 per bungkus  Keripik Pisang Bahan baku pisang juga didapat dari tetangga dengan harga Rp.

7 Tahun 2007 Periode 2010-2016 .BAGAN STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAHAN DESA CIBEUREUYEUH Berdasarkan PERDA No.

 Menghimpun. dan membina potensi masyarakat. y Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat adalah lembaga yang berfungsi untuk mengawasi pemberdayaan desa. y Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tugas dan Fungsi Tim Penggerak PKK : Tugas :  Merencanakan. yang strukturnya terdiri dari Komandan Pleton dan 1 anggotanya. motivasi. 4 Rukun Warga (RW). melaksanakan. Dusun yang terdapat di Desa Cibeureuyeuh. Contoh kegiatan yang diawasi : bedah rumah dari kabupaten dan pembuatan gorong-gorong. yaitu : Dusun Cidempet I dan Dusun Cidempet II. pemerintahan. Ketua Koordinator Wilayah I dan 4 anggotanya. Beranggotakan 7 orang. yaitu : membahas masalah pembangunan.Fungsi kepala desa ada 3. Ketua Koordinator Wilayah III.  Memberikan bimbingan. Kepala Desa Cibeureuyeuh membina 2 Dusun. y Satuan Tugas Linmas Di Desa Ciebeureuyeuh terdapat Satuan Tugas Linmas. dan membina pelaksanaan program-program kerja PKK. Ketua Koordinator Wilayah II dan 7 anggotanya. dan memfasilitasi Tim Penggerak PKK/ kelompok-kelompok PKK di bawahnya. dan kemasyarakatan. khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program PKK. karena di Desa Cibeureuyeuh memiliki jumlah warga yang tidak sampai 1500 orang. sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat. menggerakkan. Dalam pelaksanaannya. y Rukun Warga (RW) Desa Cibeureuyeuh memiliki Rukun Warga yang terbagi menjadi 4. Ketua Wilayah IV dan 1 anggotanya. . Lembaga-Lembaga Kemasyarakatan : y Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Badan Permusyawaratan Desa adalah suatu badan yang berfungsi sebagai musyawarah dan mitra kerja kepala desa. dan 15 Rukun Tetangga (RT).

program no 7. Karang Taruna. evaluasi dan monitoring terhadap pelaksaan program-program PKK. pelaporan. pokja II. Gotong Royong 3. perencanaan. Pendidikan dan Ketrampilan 7.10 lingkup kerja pokja IV. bendahara. program no. pokja III. Struktur kepengurusan PKK ada ketua. kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. program no. Kesehatan 8. 3-5 lingkup kerja pokja III. oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. KIM. maju dan mandiri. Babinkamtibmas. Kelestarian Lingkungan Hidup 10. Perencanaan Sehat Program no. wakil. Menyampaikan laporan tentang pelaksanaan tugas kepada Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK pada jenjang yang sama dan kepada Ketua Umum / Ketua Tim Penggerak PKK setingkat di atasnya. pokja IV. sehat sejahtera. Di Desa Cibeureuyeuh ini juga terdapat Persatuan Ojeg Cidempet (POCI). yang memiliki ketua dan 16 anggota. pembina. pengendali. y Lembaga Kemasyarakatan Lainnya Lembaga kemasyarakatan lainnya adalah Babinsa. . Gapoktan.  Mengadakan supervisi. pokja I. 1-2 lingkup kerja pokja I. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga 6. motivator. Pangan 4. Ada 10 program pokok PKK.9. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila 2. dan pembimbing gerakan PKK. antara lain : 1. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi 9. pelaksanaan.  Gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari. dan penggerak masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan program PKK  Fasilitator. Fungsi : Penyuluh. Sandang 5. dan penasehat. Bidan Desa. berakhlak mulia dan berbudi luhur. 6-8 lingkup kerja pokja II. DKM. sekretaris.

Dalam sekali tampil durasi yang dibutuhkan antara 5-7 jam atau sekitar 12 km perjalanan. kabupaten Sumedang.000 per hari untuk satu ekor kuda dan dalam sehari kuda-kuda tersebut biasanya makan sebanyak 4 kali. Ditambah dengan pembawa alat-alat suara (speaker toa. asesoris kuda dan perlengkapan musik pengiring. dedak. Selama 36 tahun bekerja. jelas muncul musik pengiring yang berbeda.Dalam pertunjukannya. Sementara musik pengiring Kuda Renggong di dalam festival.30. Pak Aca telah banyak mengikuti festival yang diselenggarakan ditinggkat kecamatan maupun kabupaten. karnaval).yaitu Kuda Renggong desa dan Kuda Renggong Festival. Prestasi yang paling membanggakan adalah ketika mengikuti undangan dari Presiden Soeharto. goong. didapatkan informasi bahwa awal mula kesenian Kuda Renggong didapat dari hasil turun-temurun keluarga. Untuk menikmati kesenian ini. dan kecrek. berasal dari desa Cikuburuk. tamtam. dan semakin h semakin ari semarak dengan pelbagai kreasi para senimannya. bedug. Kuda Renggong terbagi manejadi dua kategori. biasanya berlomba lebih lengkap dan moderen dengan penambahan peralatan musik terompet Brass. Tarif yang dipasang sangat relatif tergantung dari jarak tempuh yang dibutuhkan menuju tempat pertunjukan. Musik pengiring Kuda Renggong di desa-desa. pemesan biasanya menghubungi Pak Aca 6-7 bulan sebelum pertunjukan. karena umumnya keterbatasan kemampuan untuk memiliki alat-alat musik (waditra) yang baik. keyboard organ. bapak Aca membutuhkan biaya sebesar Rp. genjring kemprang. terompet.000 per ekor. ketuk. Hal ini tercatat dalam setiap festival Kuda Renggong yang diadakan setiap tahunnya. Kuda Renggong kini telah menjadi komoditi pariwisata yang dikenal secara nasional dan internasional. simbal.Pada usia 2 tahun kuda sudah bisa dilatih. biasanya cukup sederhana. Sebagai seni pertunjukan rakyat yang berbentuk seni helaran (pawai. ampli sederhana.1. dan juga vitamin yang biasa diberikan satu bulan sekali. Umumnya terdiri dari kendang.Desa Cibeureuyeuh memiliki sebuah kesenian khas bernama Kuda Renggong. dan pada usia 7 tahun kuda tersebut sudah siap tampil hingga usia 20 tahun. Makanan yang dibutuhkan biasanya terdiri dari rumput.500. drum. Dari dua bentuk pertunjukan Kuda Renggong. Dalam merawat kuda-kudanya. para penari. perkembangan kuda Renggong dilihat dari pilihan bentuk kudanya yang tegap dan kuat. yang berarti keterampilan berjalan kuda untuk mengikuti irama musik terutama kendang yang biasanya dipakai sebagai media tunggangan arak-arakan sunat atau khitan. Sejarah kuda renggong menurut beberapa seniman. mic sederhana). . Dana yang dikeluarkan untuk akseosris sebesar Rp. kecamatan Buah Dua. Berdasarkan wawancara dengan seorang seniman Kuda R enggong bernama Bapak Aca(57 tahun). Kuda yang dimiliknya berjeumlah 3 ekor yang berasal dari Jawa Timur. Kata renggong dalam kesenian ini merupakan metatesis dari kata Ronggeng.

.Selama satu bulan. Kendala yang dihadapi dari kesenian Kuda Renggong di desa Cibeureuyeuh adalah kurangnya perhatian dari pemerintah serta minimnya lahan untuk pengembangbiakan.000.100.40. Kelompok Kuda Renggong ini beranggotakan 35 orang termasuk dengan para penarinya.Rp.000 tergantung dari keahlian masing-masing. Bayaran untuk setiap anggota berkisar antara Rp. biasanya kesenian Kuda Renggong di desa Cibereueyeuh biasanya tampil sebanyak 10 kali.

si Mata kuliah : pancasila MAKALAH PANCASILA DI SUSUN O L E H NAMA NPM KELAS / SEMESTER PRODI : MAHDAYANI : 43101085 :E/I : ILMU PEMERINTAHAN SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TAHUN 2011 . S.Nama dosen :Muliani. M. S. ip.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful