PENTINGNYA PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMPUTER BAGI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

DISUSUN OLEH : 156 2050370197 - e-Library-HARYADI

PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO DINAS PENDIDIKAN SMP NEGERI 1 Jalan Imam Bonjol No. 49 (03 35) 4210620

1

Dan juga kepada rekan-rekan pelatihan yang telah membantu dan dukungan hingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Probolinggo. karena atas ridho dan rahmat-Nyalah penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “PENTINGNYA PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMPUTER BAGI PERPUSTAKAAN SEKOLAH”. Akhir kata Penulis mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis pribadi dan juga bagi yang membacanya. Yahya Ali selaku Koordinator yang telah membimbing penulis. Sri Utari yang telah membimbing sehingga makalah ini selesai. Ibu Dra. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan karena itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SAW. 14 Januari 2008 Penulis 2 . Dengan ini Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pembimbing Pelatihan Jardiknas Pustakawan komputer dan Bapak Drs.

4. 2. Peranan. 2. Saran DAFTAR PUSTAKA 3 . dan Fungsi Perpustakaan …………………………………… 1. Manfaat …………………………………………………….2.4.2.. 2. 2.. Latar Belakang……………………………………………… 1. Sistem Komputer …………………………………………. Tujuan ……………………………………………………… 1. Pentingnya Penggunaan Teknologi Bagi Perpustakaan Sekolah 2..1. Sejarah Komputer ………………………………………….3. Petugas Perpustakaan ……………………………………… BAB III P E N U T U P 3.1. Perkembangan Komputer ………………………………….DAFTAR ISI KATA PENGANTAR BAB I PENDAHULUAN 1.5.2.6. BAB II PEMBAHASAN 2.3.. Deskripsi Singkat Tujuan. Kesimpulan 3. Definisi Komputer ………………………………………….1.

mengolah dan menyimpan cara secara cepat dan akurat. Dikatakan sebagai sumber belajar k arena dengan menggunakan perpustakaan secara tepat guna siswa dapat memperdalam pemahaman dan penghayatan pengetahuan yang diperoleh dari guru. 2. Latar Belakang 1. Dikatakan sebagai sumber informasi karena koleksi perpustakaan dapat dipergunakan untuk memperluas cakrawala pe ngetahuan dan ketrampilan murid selain yang telah diberikan oleh guru. Deskripsi Singkat Tujuan. Dengan teknologi informasi dan komunikasi data dapat disebar dan di akses secara global. 1. Fungsi dari pelayanan informasi akan menghasilkan tiga macam manfaat yaitu : Sebagai sumber belajar.3. 1.1. Dapat memproses.BAB I PENDAHULUAN 1. Untuk meningkatkan kemampuan di bidang komputer. dan fungsi Perpustakaan. 2. Agar dapat memiliki bekal untuk memahami penggunaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi. 3.2. Tujuan 1. Untuk meningkatkan kemampuan di bidang teknologi. Begitu juga penggunaan oleh guru akan memperluas cakrawala dan memutakhirkan pengetahuan guru dalam bidang studi yang diajarkan. sumber informasi dan rekreasi. 3. > Peranan perpustakaan sekolah berperan sebagai salah satu sarana pendidikan yang bersifat teknis edukatif dan bersama -sama dengan unsur-unsur pendidikan lainnya ikut menentukan berhasilnya proses pendidikan. > Fungsi perpustakaan sekolah a dalah memberikan informasi untuk menunjang program belajar dan mengajar. > Tujuan penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah menunjang program belajar bagi murid dan mengajar bagi guru agar tujuan umum dan khusus pendidikan tercapai secara optimal . Untuk meningkatkan layanan perpusta kaan. Peranan. 4 .

ketrampilan. 5 .4.Manfaat sebagai sumber rekreasi tampak dalam fungsinya memberikan koleksi ringan sehingga memberikan keselarasan. 1. 3. dan keseimbangan perkembangan perpustakaan. Dapat meningkatkan produktivitas kerja yang lebih efektif dan efisien. Meningkatkan kemampuan kita dalam mengolah data dan mencari informasi. baik guru maupun siswa. Manfaat 1. serta nilai dan sikap hidup. keserasian. Dapat menyimpan data lebih lama dan mendapatkan kembali informasi yang kita simpan. 2.

Literatur barat menyebut Al Khwarizmi dengan Algorizm yang kemudian menjadi algoritma. Tahun 1960 merupakan awal secara formal adanya ilmu komputer (komputer science). teknik komputer (Computer Engineering}. seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup pada tahun 770 -840 Masehi. menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer.BAB II PEMBAHASAN 2. mengolat input. komputer adalah sistem elektronik untuk mengolah data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input. pada intinya dapat disimpulkan bahwa „ komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input. pada tahun 1930-an berhasil memadukan algoritma. menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahaannya. dapat 6 . Masih banyak lagi ahli yang mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Definisi Komputer Istilah komputer mempunyai pengertian yang luas dan berbeda untuk setiap ahli. logika. Istilah komputer(Computer) diambil dari bahasa latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to rerckon). yaitu menerima input.2.1. dan perhitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau rule system. dan disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun 1930. atau Informatika (Informatics). seiring dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika. Menurut Blissmer (1985). Namun. memproses input sesuai dewngan instruksi yang diberikan. sert a ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. arsitektur komputer inilah yang kemudian digunakan oleh pengembang sistem komputer modern sampai sekarang. komputing (Computing). Prinsip algoritma yang digunakan diambil dari Ada Lovelace. 2. Alan Turing dan Kurt Godel. komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. Sejarah Komputer Disiplin ilmu komputer muncul sejak tahun 1940 -an. Menurut Sanders (1985). Program disimpan pada memori komputer. Penemu algoritma adalah seorang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi . yang telah dikembangkan 60 tahun sebelumnya. Sedangkan komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bosh pada tahun 1920. memprosesnya. dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memor i. memberikan informasi. John Von Neuman pada tahun 1945 mendemontrasikan salah satu karya fenomenalnya yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut „ Von Neuman Machine“.

Pada tahun 1950 -an. beberapa komputer yang mempekerjakan ribuan tabung hampa masih di produksi.000 tabung ha mpa untuk mengolah data. perusahaan minyak.menyimpan program dan hasil pengolahan serta bekerja secara otomatis“. Perkembangan Komputer Tahukah anda. a) Menggunakan teknologi tabng hampa sebagai alat pemroses dan penyimpan data b) Memori sangat rendah c) Perlu pemanasan awal yang tinggi d) Kemampuan mengolah datanya sangat lambat e) Ukurannya sangat besar f) Cepat panas dan mudah terbakar g) Memerlukan banyak tabung hampa d engan tujuan bila ada tabung hampa yang terbakar tidak mengganggu operasi keseluruhan komputer h) Penggunaan tenaga listrik sangat besar i) Contoh komputer generasi I : ENIAC. EDVAC.000 tabung di dalamnya. dan ENIAC. komponen elektronik berukuran kecil yang cara bekerjanya memanfaatkan aliran muatan (elektron) di dalam zat padat kristalin . Kemudian komputer digunakan oleh perguruan tinggi negeri. Yang termasuk dalam kelompok k omputer generasi pertama adalah UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer). perbankan. da n sebagainya. Komputer IBM 701 yang dibuat t ahun 1953 misalnya. badan sensus dan institusi pemerintah seperti Badan Meteorologi dan Geofisika. sejak kapan manusia menggunakan teknologi komput er ? Di Indonesia. Kronologi Perkembangan Komputer Kronologi perkembangan komputer dari generasi pertama sampai generasi terkini adalah sebagai berikut : 1) Komputer Generasi Pertama. Transistor 7 . komputer pertama kali masuk pada awalnya digunakan oleh militer. 2. a. memiliki ciri -ciri seperti di bawah ini.3. G 15. 2) Komputer Generasi Kedua Komputer generasi kedua muncul antara tahun1958 sampai dengan tahun 1963.Munculnya komputer generasi kedua ini ditandai dengan ditemukannya transistor. diawali dengan merebaknya komputer personal dimulai dengan Apple dan IBM PC. Adapun di tingkat dunia international penggunaan komputer secara garis besar diperkenalkan sebelum tahun 1958. SEAD. SWAC. Perkembangan komputer di Indonesia secara luas. Komputer semacam ENIAC menggunakan 18. mengandung 4.

DEC memperkenalkan komputer pertamanya : DEC PDP -1 pada tahun 1957 j) Bermula penggunaan bahasa tingkat tinggi . IC rancangan Kilby menggusur penggunaan transistor dan menjadi komponen utama dalam komputer. 3) Komputer Generasi Ketiga Pada tahun 1960. Pada sat itulah Kilby sedang mengembangkan IC (Integrated Circuit). Ciri dari komputer generasi ketiga sebagai berikut. tape dan televisi yang telah menggunakan transistor. dan ILLIAC-11. produk elektronik masih didominasi oleh radio. PASCAL 8 . Inilah komputer generasi ketiga yang diperkenalkan antara tahun 1963 sampai dengan tahun1971. a) Menggunakan Monolitic Integrated Circuit (MIC) dan Large Scale Integration (LSI) b) Mempunyai memori lebih besar c) Bekerjanya lebih cepat d) Ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya e) Teknologi transistor digantikan dengan penggunaan chip yang mengandung ratusan atau ribuan transistor yang dipadatkan f) Menggunakan teknologi small-and medium-scale integration g) Sebagai titik awal fenomena mikrokomputer h) Komputer menjadi lebih kecil dan lebih murah i) Konsep „time sharing“ diperkenalkan j) Banyak bahasa pemprograman dihasilkan – BASIC. Tidak lama kemudian. Yang termasuk kedalam kelompok ini adalah : IB M 1401. IBM 7090. Ciri-ciri komputer generasi kedua adalah seperti dibawah ini. a) Menggunakan teknologi transistor sebagai pengganti tabung hampa b) Memorinya relatif kecil atau rendah c) Kecepatan mengolah datanya lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya d) Kebutuhan untuk pemanasannya tidak terlalu tinggi e) Ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya f) Kelebihan lain dari transistor adalah tidak sepanas tabung hampa g) Pemakaian daya listrik lebih hemat dibanding generasi sebelumnya h) Penyimpanan data sudah secara magnetik i) Menjadi titik awal fenomena minikomputer .bahasa pemprograman FORTRAN dan COBOL.mempunyai sifat lebih ringan lebih kuat dan tahan lama dibandingkan teknologi tabung.

IDT. b. procesor merupakan otak pusat pengendali. pada sekitar tahun 1982 Komputer pribadi (Personal Computer) yang oleh Majalah ‘Time” diberi gelar ‘ Man of The Year”. mempunyai kapasitas memori yang sangat besar serta keunggulan-keunggulan lainnya. Beberapa merk procesor yang banyak ditemui di pasaran adalah : AMD (American Micro Device). Artinya komputer bisa beroperasi karena d idukung oleh berbagai perangkat lain. IBM dan Apple yang kini beredar di pasaran.k) Contoh komputer generasi ini : IBM System/360dan DEC PDP 8. IBM. c. Ciri-ciri komputer generasi keempat adalah : a) telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS). meski bentuk maupun volumenya justru semakin kecil. bekerja lebih cepat dan handal. APPLE. Selanjutnya menjelang tahun1990-an. Komputer generasi keempat diperkenalkan sejak tahun1971. Perkembangan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kita semua mengetahui bahwa komputer sebagai penyampai informasi dan komunikasi di dalam bekerjanya tidfak berdiri sendiri. Sejarah Perkembangan Procesor Komputer Di dalam sistem komputer. dan Intel. 5) Komputer Generasi Kelima Berkat kepopulerannya di kalangan rumah tangga maupun dunia bisnis. 4) Komputer Generasi Keempat Dampak dari ide cemerlang Kilby yang telah mengembangkan teknologi IC dapat dirasakan dengan hadi rnya komputerkomputer dalam bentuk yang lebih cerdas. Kini komputer tingkat tinggi (higher-end computer) lebih sering membedakannya dari komputer pribadi dari segi kestabilan serta kemampuan multitasking yang lebih baik. semakin cepat proses pengolahan dan pengaksesan data atau informasi. Pada saat ini ukuran procesor telah mencapai tingkatan gigahertz. daripada hanya bergantung se matamata pada kemampuan CPU. Cirex e V IA. kemampuan komputer pribadi meningkat secara drastis hampir menyamai kemampuan komputer multiuser. Ukuran tersebut menunjukkan hitungan kecepat an procesor dalam mengolah data atau informasi. 9 . Semakin besar ukuran procesor. b) masuk dalam kelompok ini adalah komputer -komputer produksi BMC.

grafik dan merubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang ber upa teks.4. 1. Software merupakan sebuah program komputer yang berisi sekumpulan instruksi dibuat dengan menggunakan bahasa khusus. dan menyimpan dat a sementara. c. b. angka dan suara. Software (Perangkat Lunak). memproses. Perangkat Input (Masukan) diantaranya . yang mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik CD (Compact Disk} > merupakan media penyimpan yang terbuat dari plastik proses penyimpan dan pembacaan data menggunakan sistem optik. baik itu berupa teks maupun gambar/grafik. dan menyimpan serta menghasulk an bentukan keluaran berupa teks. > Keyboard > alat untuk memasukkan data atau perintah ke CPU. Hard Disk > alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar yang dilapisi secara magnetis. Di samping itu dalam pengoperasian. bentuk. Program ini memberi perintah kepada komputer untuk melakukan berbagai pengoperasian 10 . 2. simbol. Perangkat output dinataranya . > Monitor > alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dan data yang diproses dalam CPU. gambar. d. Perangkat penyimpan data diantaranya .2. CD ROM > alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media Compact Disk (CD). > Printer > alat untuk memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak. Floppy Disk > alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan data ke dalam disket maupun sebaliknya. > Scanner > merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar. Sistem Komputer Sistem komputer merupa kan perangkat elektronika ya ng mampu menerima. Hardware (Perangkat Keras). sistem dan fungsinya kompuetr terdiri dari atas 2 (dua) bagian yaitu Hardware dan Software. Perangkat hardware komputer dapat dikelompokkan menjadi : a. Perangkat proses contohnya : CPU (Control Processing unit) adalah alat yang berfungsi sebagai mpemproses (pengolah) data yang merupakan rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi -instruksi pemprosesan.

mengedit foto. Perpustakaan juga akan cepat tumbuh dan berkembang bila petugasnya dapat meyakinkan kepala sekolah . Singkat kata software merupakan jiwa sedangkan Hardware berfun gsi sebagai tubuh dalam sebuah komputer. yang memiliki kemampuan seperti alamnya perpustakaan yaitu mencari. Sekarang para manajer. dapat menyelami jiwa anak-anak. Pengelola perpustakaan sekolah bukanlah orang -orang yang sekedar menjaga buku tetapi yang dibutuhkan adal ah pustakawan yang profesional. Pentingnya Penggunaan Teknologi Komputer Bagi Perpustakaan Sekolah Telah anda ketahui bahwa salah satu hasil perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi kompu ter. guru-guru dan murid-murid bahwa persoalan perpustakaan itu adalah tanggung jawab bersama. Tersedianya tenaga pengelol a yang terampil. menggambar. industri dan bisnis. peneliti. mulai sebagai alat bantu menulis. mengolah. ruangan yang nyaman dapat membuat para pengunjungnya merasa senang dan betah membaca dan belajar di perpustakaaan. 2. memutar video.5.Perkembangan dalam dunia komputer. menyimpan. memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasik an program-program penyelesaian problem-problem ilmiah. 11 .pemprosesan terhadap data yang terdapat dalam program tersebut atau data yang dimasukkan oleh pengguna komputer. tahu seluk beluknya. Perpustakaan dapat memberikan kesan hidup bila petugasnya mencintai pekerj aannya. dan menemukan kembali informasi. Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah Keberhasilan penyelenggaraan perpustakaan sangat tergantung pada tenaga pengelolanya. Suasana yang menyenangkan. para pendidik. Manfaat komputer dalam kehidupan kita sehari-hari sangatlah beragam. moral dan kulturul mereka.6. Hasil yang dapat diacapai oleh perpustakaan sangat tergantung dari minat dan perhatian guru yang ditiugaskan mengelolanya. bertanggung jawab serta penuh dedikasi diperlukan untuk berhasilnya penyelengga raan perpustakaan sekolah. Peranan perpustakaan betul betul dirasakan menjadi darah daging sitem pendidikan dan pengajaran dan bukan bagian yang terpisah berdiri sendiri. 2. mengerti peranannya dalam memberikan pendidikan modern. para pejabat. dapat membuat guru dan murid merasakan bahwa perpustakaan itu betul-betul untuk melayani keperluan intelektual. dan masyarakat l uas telah banyak menggunakan komputer dalam kehidupan dalam kehidupan seh ari-harinya sebagai alat bantu yang sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang sangat melelahkan dan memakan waktu lama.

2. Perkembangan teknologi informasi telah memacu cara baru dalam kehidupan dari awal sampai akhir. e-laboratory. Sehubungan dengan hal itu. elibrary. 12 . e-government.1. e-ducation. misalnya pendidikan. militer dan kesehatan. industri bioteknologi. tetapi sudah dimanfaatkan di berbagi bidang kehidupan.2. antara lain : 1. Saran Berdasarkan kesimpulan-kesimpulan yang telah dipaparkan di atas. e-biodiversitiy. maka dapat diambil kesimpulan. sekarang ini marak berbagai terminologi yang dimulai dengan awalan e seperti e -commerce. e-jurnal. maka perlu mendapat saran-saran yang dapat meningkatkan kemampuan dibidang komputer khususnya bagi perpustakaan sekolah. Kesimpulan Berdasarkan pembahsan yang telah dipaparkan di atas.BAB III PENUTUP 3. dan berdasarkan data yang dari berbgai sumber. 3. Artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elekteronika. Hal ini dikenal dengan dengan e -life. Teknologi komputer sudah merupakan peralatan bagi kebutuhan masyarakat luas dan tidak terbatas hanya kalangan tertentu saja. Untuk itu Pemerintah Daerah khususnya dibidang pendidikan segera memberi bantuan sarana dan prasarana tersebut ke perpustakaan sekolah dan perpustakaan umum sehingga bisa di akses melalui internet. dan yang lainnya. Seiring dengan berkembang ilmu pengetahuan informasi dan komuniakasi perpustakaan digital sangat dibutuhkan.

Dirjen Sarana Pendidikan SMP. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. 13 . Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. 1983.DAFTAR PUSTAKA Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Pengetahuan Dasar Teknologi. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Dirjen Sarana Pendi dikan . Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful