BAB XX ANIMASI 2 DIMENSI

Teknologi Animasi

Dewasa ini perkembangan teknologi software dibidang animasi sangat pesat hal ini terbukti dengan makin banyaknya software-sofware pilihan yang bisa digunakan salah satunya adalah animasi 2 dimensi dengan menggunakan flash. Dalam bab pembahasan kali ini akan ditunjukkan bagaimana memulai dan memproduksi film dengan menggunakan macromedia flash atau adobe flash (versi terbaru dari flash).

Faktor kecepatan proses produksi dan beberapa kemudahan memproduksi animasi agaknya merupakan pilihan yang tepat meskipun banyak kemudahan, tetapi sama halnya dengan software lain. Flash mempunyai kelebihan maupun kekurangan dibanding dengan program lain.

A. Bekerja dengan flash
Perhatikan Gambar 20.1 di bawah, sesuai dengan fungsi tool.

time line

stage (area kerja)

library
menu tool

Gambar: 20.1 Areal tool

Direktorat Pembinaan SMK (2008)

62

Membuat karakter dengan flash 63 Gambar: 20. Sub Selection (untuk mengatur garis kurva yang kita inginkan). Fungsi Tool Selection tool (fungsinya untuk menyeleksi garis. Fill transform tool (untuk mengatur warna gradasi). Ink bucket dan Paint tool (mengubah warna garis dan warna bidang). Eye droper (memilih warna) dan eraser (menghapus garis dan warna). Text Tool (untuk membuat tulisan). Free transform (untuk mengecilkan dan membesarkan obyek).2 Contoh pembuatan karakter dengan tools Direktorat Pembinaan SMK (2008) .Teknologi Animasi 1. Lasso tool (untuk menyeleksi bagian tertentu yang sulit kita seleksi). Hand tool (menggeser area kerja) Zoom tool (membesarkan dan mengecilkan area kerja). membuat Oval dan recteangel (membuat bidang). 2. Line tool (untuk garis lurus). membentuk garis). Pen Tool (membuat garis sekaligus mengatur kurva garis).

2 a. Lingkaran hitam untuk pewarnaan. Secara teknis bisa menggunakan scanner jika gambar yang dihasilkan menggunakan media kertas dan alat tulis atau digambar langsung dengan dengan tools flash jika menggunakan komputer secara langsung b. Gambar: 20.3 Posisi penempatan gambar frame by frame pada layer Direktorat Pembinaan SMK (2008) 64 . Full animation Secara prinsip hampir sama dengan animasi tradisional full drawing menggambar pergerakan digambar satu demi satu secara berurutan sampai pada key drawing akhir. Garis biru menunjukkan tools yang digunakan membuat garis out line karakter. B. Garis merah tools membuat lingkaran kepala dan bentuk badan. c.Teknologi Animasi Keterangan Gambar 20.

dan 20.4 Frame obyek tangan 1 Tinggal mengecek animasi gerakannya dengan menekan Ctrl+ Enter.Teknologi Animasi C.6. Gambar: 20.7. Gambar: 20.7 Frame obyek badan 65 Direktorat Pembinaan SMK (2008) . Sebagai contoh. 20. Dalam hal ini membagi bagian bagian karakter yang membutuhkan banyak gerakan serta bagian lain yang tidak membutuhkan banyak gerakan yang diterapkan dalam waktu yang bersamaan. 20. mendayung dan sebagainya. karakter berbicara.8). Untuk itu perlu dilakukan pemisahan bagian-bagian tubuh karakter antara yang sedikit menggunakan gerakan dan yang banyak menggunakan gerakan.5 Frame obyek tangan 2 Gambar: 20. perhatikan contoh pada Gambar 20. Limited Animation Teknis produksi animasi ini digunakan untuk penghematan gambar. Metode ini bisa digunakan untuk bermacam-macam keperluan gerakan tergantung dari perencanaan dan kebutuhannya (Gambar: 20.4. mengayuh sepeda.6 Frame obyek tangan 3 Gambar: 20.5.

1. 3. Animasi dengan menggunakan motion tween Inti dasar penggunaan animasi dalam flash ada empat macam yang harus diketahui dan dikuasai . Kemampuan dan keterampilan animator dituntut secara penuh dalam membuat key drawing maupun inbeetweennya (lihat (Gambar: 20. 66 .hal ini antara lain.8 Penggabungan beberapa gambar dalam satu frame yang memberikan kesan adanya gerakan animasi D. 2. 4.8). Animasi motion tween Inti dari animasi ini adalah memindahkan objek atau karakter dari satu titik penempatan ke titik penempatan lain dengan kecepatan dan durasi tertentu. Animasi motion shape. maka secara otomatis inbeetween Direktorat Pembinaan SMK (2008) 1. kita cukup memindahkan keposisi tujuan (posisi B). Animasi pengulangan (Looping).) 2. Animasi frame by frame.Teknologi Animasi Gambar: 20. Menggunakan flash. Animasi frame by frame Dinamakan penuh karena tidak mengenal pemisahan gambar proses jangka waktu pembuatannya akan memakan waktu yang banyak. Sebagai contoh adalah ketika karakter gambar bergerak pindah dari posisi A ke posisi B. Animasi motion tween.

Tempatkan posisi kotak awal. seperti karakter yang sering digunakan untuk jenis animasi ini kendaraan yang bergerak. kupu-kupu. Contoh lain. Adapun langkah-langkah membuat Animasi motion tween. burung yang sedang terbang. seperti Gambar: 20. a.10. Gambar: 20. bola yang bergerak melintas. pilih create motion tween (lingkaran merah). adalah sebagai berikut: c.9.9 (bawah) Cara melakukan motion tween 67 Direktorat Pembinaan SMK (2008) . dan sebagainya. Klik kanan pada frame time line 1.Teknologi Animasi perpindahannya akan dilakukan sepenuhnya oleh komputer tanpa kita harus bersusah payah menggambar transformasinya.10 penempatan posisi kotak awal Gambar: 20. Buat bidang kotak dengan menggunakan shape tool b. seperti gambar 20.

100.11. Pindahkan gambar kotak kearah sebelah kanan. seperti Gambar 20.11 Contoh pemindahan kota dalam frame Gambar: 20. Langkah no. Kemudian klik pada union skinnya untuk melihat tracing pergerakannya. seperti Gambar 20. 4 Langkah no.12 Gambar klik union skin pada lingkaran merah Direktorat Pembinaan SMK (2008) 68 . 5 Gambar: 20.Teknologi Animasi d. Langkah “d” bisa kita lakukan pada frame yang lain.12. dan seterusnya. misalnya 50.9). Lakukan insert key frame pada frame 20 (bebas) dengan klik kanan kemudian pilih insert key frame seperti langkah pada langkah “b” (Lihat Gambar: 20. e. f.

Test pergerakannya dengan me- 69 Gambar: 20. dissolve. Animasi motion shape Animasi motion shape adalah animasi perubahan bentuk dari bentuk awal menuju ke bentuk yang berbeda. 3.13 Gambar hasil motion tween merah g. zoom in zom out. misalkan kita membuat bentuk kotak. Hal ini biasanya digunakan untuk permainan camera movement (paning.14. tilt down. dan lainnya). pembesaran atau penggabungan dari cara-cara tersebut di atas. Motion tween tidak hanya digu-nakan untuk pergeseran. h. maka bisa menggunakan animasi motion shape. lihat contoh pada Gambar 20. Transformasi secara otomatis dari bentuk kotak ke bentuk bulat akan terprogram oleh computer. tapi bisa juga untuk dilakukan penggecilan. Hasilnya seperti Gambar 20. nekan enter / Ctrl+Ente. tilt up.13.14 Contoh animasi menggunakan motion shape Direktorat Pembinaan SMK (2008) .Teknologi Animasi Gambar: 20. kemudian kita ingin mengubahnya menjadi bentuk bulat.

hampir sama dengan motion tween. Klik kanan pada frame tertentu misalnya pada frame 20 pilih insert blank key frame. a.Teknologi Animasi Bila ditinjau melalui proses kerjanya. klik pada frame tengah diantara frame 1 sampai frame 20 (Gambar: 20.15). Buatlah bentuk kotak pada frame pertama dengan menggunakan menu tools pada flash (shape tools). Adapun langkah-langkah membuat Animasi motion shape.15). Gambar: 20. Tekan enter atau Ctrl + enter untuk melihat animasinya. e. secara otomatis program flash akan menjalankan perubahan dari bentuk kotak ke bentuk bulat sejumlah 20 frame yang sudah kita rencanakan (Gambar: 20. b.15 Keterangan langkah animasi motion shape Direktorat Pembinaan SMK (2008) 70 . adalah sebagai berikut: c. Pada stage di frame 20 buat gambar lingkaran tempatkan disembarang tempat (posisi bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan). Pilih tween type shape. d. hanya dalam motion shape ada proses perubahan bentuk.

16 Contoh menggunakan symbol Gambar: 20.19. Buat tiga symbol dengan langkah diatas beri nama symbol 1. sehingga pada panel library akan tampak seperti Gambar 20. gelombang ombak yang secara terus menerus. Buatlah gambar badan lebah pada symbol 1.18). c. symbol 3 (symbol untuk menggabungkan antara badan dan sayap). Animasi looping (cycling) Prinsip animasi ini adalah animasi yang memerlukan gerakan secara terus menerus dan konstan seperti roda berputar. maka yang harus kita lakukan adalah memisahkan antara sayap dan badan. Gambar: 20. klik window pada menu bar pilih library. Langkah-langkah Animasi looping sebagai berikut: dalam membuat (cycling). seperti pada proses pembuatan animasi yang menggunakan teknik limited animation hanya saja tidak dilakukan pada layer tetapi dibuat dengan menggunakan symbol 1 dan symbol 2. kepakan sayap burung.17 Gambar symbol 1 dan symbol 2 71 Direktorat Pembinaan SMK (2008) Gambar: 20. serangga terbang. symbol 2.Teknologi Animasi 4. Klik insert pada menu bar.19 Panel library . dan sebagainya.pilih new symbol pilih pada graphic pada kotak dialog create new symbol (Gambar: 20.sayap pada symbol 2. Kita akan membuat animasi lebah yang terbang ditempat selama 3 detik.18 Kotak dialog create new symbol b.dan gabungkan dua symbol tersebut pada symbol 3. Gambar: 20. adalah a.

Teknologi Animasi d.20 dan 20.21 Gambar setelah disatukan Direktorat Pembinaan SMK (2008) 72 .20 (bawah) Proses menata symbol1 dan symbol 2 pada area kerja symbol 3 (stag ) Drag Gambar: 20.drag symbol 1 ke area stage. Klik dua kali pada symbol 3. Gambar: 20. atur dan tata posisi sayap pada badan lebah sehingga akan tampak seperti pada Gambar 20. kemudian symbol 2.21.

lalu ubah posisi sayap dengan free transform tool kemudian putar posisi sayap.24.22 (kiri) Gambar yang tampil pada stage scene 1 Gambar: 20.23 dan 20. f. Buat animasi frame by frame sayap lebah dengan cara klik kanan pada frame 2 (pada time line symbol 2).23 (bawah) Membuat gambar pergerakan sayap pada frame 1 dan frame 2 Frame 1 Frame 2 73 Direktorat Pembinaan SMK (2008) . Aktifkan union skinnya sehingga hasilnya akan tampak seperti Gambar 20. Klik symbol scene 1. Gambar: 20. pilih insert key frame.Teknologi Animasi e. kemudian drag symbol 3 ke area stage. Klik dua kali pada symbol 2.

atau lalat yang sedang terbang. lalu pilih insert frame.25 (bawah) Guide layer 1.Teknologi Animasi h. dan zig-zag. 2. Klik kanan frame 2 pada time line symbol 3. Pada symbol scene. Gambar: 20. Kadang gerakan seperti ini kita butuhkan. 1 klik kanan pada frame 75 (3 detik) dengan memilih insert frame. jika kita membuat animasi serangga. meliuk-liuk. kupu-kupu. maka animasi kepakan sayap lebah akan terulang (bergerak) sampai frame 75. E. ke atas ke bawah.24 Mengaktifkan union skin g. adalah sebagai berikut: Gambar: 20. Animasi dengan menggunakan add motion guide Dalam animasi terkadang kita melihat objek animasi bergerak tidak beraturan ke kanan. Buat layer baru dengan menekan/ klik pada add motion guide (lingkaran merah pada Gambar 20. Direktorat Pembinaan SMK (2008) 74 . Buat animasi teknik looping se-perti contoh sub bab 4.25). Kemudian tekan Ctrl+enter. Langkah-langkah dalam membuat animasi dengan menggunakan add motion guide. ke kiri. sehingga ketika drag dijalankan pada scene time line utama symbol 3 akan bergerak sejumlah frame sayap tersebut. Hal ini harus dilakukan untuk menyamakan jumlah pergerakan frame sayap.

27 Gerakan lebah .27. Klik kanan pada frame 1 layer 1 pilih create motion tween. 5. maka akan kita lihat karakter lebah akan bergerak mengikuti garis yang kita buat. Aktifkan layer guide buat garis lintasan secara acak pada stage. lalu tekan enter. Gambar: 20. 6. seperti Gambar 20.26 dan 20. 4.26 Garis yang akan diikuti lebah 75 Direktorat Pembinaan SMK (2008) Gambar: 20. Insert key frame pada frame 75 layer satu sehingga muncul tanda panah.Teknologi Animasi 3. Tempatkan gambar lebah frame 1 pada unjung awal lintasan dan tempatkan gambar lebah pada frame 75 pada ujung akhir lintas-an.

Pada menu bar klik modify. Lakukan pengeditan gambar yang sudah dirubah ekstensinya Gambar: 20. pilih export. Direktorat Pembinaan SMK (2008) 76 . Flash movie. 3. untuk G. maka akan muncul panel dialog seperti gambar dibawah ini klik OK. pilih import. pilih Bitmap pilih trace bitmap tekan OK. 3. adalah sebagai berikut: Gambar: 20. dialog. 2.29 Windows AVI I. Pilih ekstensi pada windows AVI (Gambar: 20. Mengimpor suara Hampir keseluruhan hasil film animasi memerlukan pendukung suara. jpeg sequence dan lain-lainnya F. Buatlah mobil berjalan dengan menggunakan motion tween. pilih dan klik export movie (Gambar: 20. Export movie Langkah terakhir dalam pembuatan film animasi mengekspor hasil film menjadi ekstensi movie misalnya. Klik file pada menu bar. cari folder yang berisikan sound.Teknologi Animasi Windows AVI. adalah sebagai berikut: 1.28). 2. seperti suara iringan. Tekan enter mendengarkan hasilnya. Langkahlangkah yang harus dijalankan dalam mengisi suara adalah sebagai berikut: Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam mengexport movie. 1. Tugas pendalaman 1.28 Export movie 1. Mengimport gambar Secara prosedural langkah mengimport gambar sama dengan mengimport sound. Drag hasil import tersebut ke areal kerja stage. maupun sound effect yang lain. 2. musik atau lagu. Buatlah karakter mobil dengan menggunakan menu tool pada flash. secara otomatis akan terimport ke panel library. Hanya saja untuk mengedit gambar dan mewarnainya perlu melakukan perubahan ekstensinya dari bitmap ke arah ekstensi vektor dalam flash.29). 2. klik file pada menu bar. pilih import to library/ stage. Klik save. Cara mengimport gambar dalam animasi. H.

Buatlah roda berputar dengan menggunakan symbol.Teknologi Animasi 3. 77 Direktorat Pembinaan SMK (2008) .