Makalah Media Pembelajaran

KRITERIA, FUNGSI, MANFAAT, DAN KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

Disusun oleh: 1. Mutiatus Sholikah (083174005) 2. Rahayu Budi Astuti (083174201) 3. Rita Rizki K.S (083174206)

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN MATEMATIKA 2011

Program yang dikembangkan harus memberikan pembelajaran yang diinginkan oleh pembelajar.KRITERIA MEDIA PEMBELAJARAN YANG BAIK Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat.Media dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah kognitif. kecocokan dengan ukuran kelas. 2001).melakukan kegiatan yang melibatkan pemahaman konsep-konsep atau . Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. kemampuan untuk diubah. Selain itu media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Kriteria penilaian yang pertama adalah kemudahan navigasi. Untuk menarik minat pembelajar. Hubbard mengusulkan sembilan kriteria untuk menilainya (Ouda Teda Ena. Di dalam buku karangan Azhar Arsyad beberapa keriteria media di katakan layak atau baik antara lain sebagai berikut: 1. Kriteria penilaian yang terakhir adalah fungsi secara keseluruhan. Sebuah program harus dirancang sesederhana mungkin sehingga pembelajar tidak perlu belajar komputer lebih dahulu. Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi pembelajar. Thorn mengajukan enam kriteria untuk menilai multimedia interaktif (Ouda Teda Ena. pengaruh yang ditimbulkan.dan psikomotor. kerumitan dan yang terakhir adalah kegunaan.afektif. Kriteria lainnya adalah ketersediaan fasilitas pendukung seperti listrik. Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan. Kriteria keempat adalah integrasi media dimana media harus mengintegrasikan aspek dan ketrampilan materi yang harus dipelajari. kriteria yang lainnya adalah pengetahuan dan presentasi informasi. Kriteria di atas lebih diperuntukkan bagi media konvensional. apakah program telah memenuhi kebutuhan pembelajaran si pembelajar atau belum. keringkasan. Ada beberapa kriteria untuk menilai keefektifan sebuah media. Kriteria yang kedua adalah kandungan kognisi.seperti menghafal. 2001). program harus mempunyai tampilan yang artistik maka estetika juga merupakan sebuah kriteria. Kedua kriteria ini adalah untuk menilai isi dari program itu sendiri.tujuan ini dapat digambarkan dalam bentuk tugas yang harus dikerjakan /dipertunjukkan oleh siswa. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada pembelajar. umpan balik dan juga mendorong pembelajar untuk melakukan praktik-praktik dengan benar. Kriteria pertamanya adalah biaya. Sehingga pada waktu seorang selesai menjalankan sebuah program dia akan merasa telah belajar sesuatu. waktu dan tenaga penyiapan. Biaya memang harus dinilai dengan hasil yang akan dicapai dengan penggunaan media itu. Semakin banyak tujuan pembelajaran yang bisa dibantu dengan sebuah media semakin baiklah media itu.

Media yang berbeda misalnya film dan grafik memerlukan symbol dank ode yang berbeda.Apapun media itu.prinsip.visual pada slide harus jelas dan informasi atau pesan yang ditonjolkan dan ingin disampaikan tidak boleh terganggu oleh elemen lain yang berupa latar belakang .dana. Praktis. 6.Kriteria ini menuntun para guru/instruktur untuk memilih media yang ada.Pengembangan visual baik gambar maupun fotograf harus memenuhi persyaratan teknis tertentu.dan bertahan.luwes.Proyektor Transparasi(OHP).Media yang dipilih sebaiknya dapat digunakan di mana pun dan kapan pun dengan peralatan yang tersedia disekitarnya.Nilai dan manfaat media amat ditentukan oleh guru yang menggunakannnya.serta mudah dipindahkan dan dibawa kemana-mana.jika tidak tersedia waktu . 3.Misalnya.atau sumberdaya lain untuk memproduksi.atau generalisasi.Media yang efektif untuk kelompok besar belum tentu sama efektifnya jika digunakan pada kelompok kecil atau perorangan . . 5.dan perorangan.kelompok kecil .2. Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta.atau mudah dibuat sendiri oleh guru. 4.tepat untuk mempertunjukkan proses dan transformasi yang memerlukan manipulasi ruang dan waktu.mudah diperoleh.dan oleh karena itu memerlukan proses dan keterampilan mental yang berbeda untuk memahaminya.Televisi misalnya.ini merupakan salah satu keriteria utama. Guru dengan mudah menggunakannya.kelompok sedang. hubungan ±hubungan perubahan . Pengelompokkan sasaran.proyektor slide dan film dan sebagainya tak berarti apa-apa jika guru belum dapat menggunakannya dalam proses penbelajaran sebagai upaya mempertinggi mutu dan hasil belajar.konsep.guru harus mampu menggunakannya dalam proses pembelajaran.Media yang mahal dan memakan waktu lama untuk memproduksinya bukanlah jaminan sebagai media yang terbaik.Agar dapat membantu proses pembelajaran secara efektif .tidak perlu dipaksakan.dan mengerjakan tugas-tugas yang melibatkan pemikiran pada tigkatan lebih tinggi.Ada media yang tepat untuk jenis kelompok besar. Mutu teknis.media harus selaras dan sesuai dengan kebutuhan tugas pembelajaran dan kemampuan mental siswa.

memudahkan penafsiran data. rangkaian dan strategi pembelajaran adalah kriteria untuk seleksi dan produksi media.. video. Selanjutnya diungkapkan bahwa penggunaan media pengajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian informasi (pesan dan isi pelajaran) pada saat itu. (ii) mengatasi keterbatasan ruang. Jadi dalam hal ini dikatakan bahwa fungsi media adalah sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar. dan mengatasi sikap pasif siswa. dan (iv) memberikan rangsangan yang sama. dan tugas atau respon yang diharapkan dari pebelajar (Arsyad. Walaupun ada halhal lain yang juga perlu diperhatikan dalam pemilihan media. di mana pemilihan metode tertentu akan berpengaruh terhadap jenis media yang akan digunakan. Sadiman. waktu. Sedangkan menurut Criticos (1996). meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. dan lingkungan belajar) yang dilakukan oleh seorang pengajar dipengaruhi oleh peran media yang digunakan. hasil belajar. fota atau film bingkai. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru. penataan pembelajaran (iklim. Dalam arti bahwa harus ada kesesuaian di antara keduanya untuk mewujudkan tujuan pembelajaran. dan memadatkan informasi. (iii) meningkatkan kegairahan belajar. karakteristik pebelajar. . memungkinkan siswa belajar sendiri berdasarkan minat dan kemampuannya. dsb. dan daya indera. Keduanya saling berkaitan. peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat film. slide. kondisi.FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN Efektivitas proses belajar mengajar (pembelajaran) sangat dipengaruhi oleh faktor metode dan media pembelajaran yang digunakan. misal objek yang terlalu besar untuk dibawa ke kelas dapat diganti dengan gambar. adalah sebagai berikut: (i) memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat visual. penyajian data/informasi lebih menarik dan terpercaya. isi materi ajar. dan bahkan berpengaruh secara psikologis kepada siswa (Hamalik. Kehadiran media dalam pembelajaran juga dikatakan dapat membantu peningkatan pemahaman siswa. 1986). dkk (1990) menyampaikan fungsi media (media pendidikan) secara umum. 2002). dapat menyamakan pengalaman dan persepsi siswa terhadap isi pelajaran. tujuan pembelajaran. Dengan demikian. seperti: konteks pembelajaran.

dan memerankan. Dengan kata lain bahwa media pembelajaran ini berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dalam bentuk teks (disampaikan secara verbal). Fungsi kompensatoris media pembelajaran adalah memberikan konteks kepada siswa yang kemampuannya lemah dalam mengorganisasikan dan mengingat kembali informasi dalam teks. di . Dalam fungsi atensi. fungsi afektif. Terhadap pemahaman isi pelajaran. dibandingkan dengan pebelajar yang belajar lewat melihat atau sekaligus mendengarkan dan melihat. Berdasarkan temuan-temuan penelitian diungkapkan bahwa fungsi kognitif media visual melalui gambar atau lambang visual dapat mempercepat pencapaian tujuan pembelajaran untuk memahami dan mengingat pesan/informasi yang terkandung dalam gambar atau lambang visual tersebut. (ii) makna bahan pengajaran akan menjadi lebih jelas sehingga dapat dipahami siswa dan memungkinkan terjadinya penguasaan serta pencapaian tujuan pengajaran. fungsi kognitif. secara nalar dapat dikemukakan bahwa dengan penggunaan media akan lebih menjamin terjadinya pemahaman yang lebih baik pada siswa. dan fungsi kompensatoris. Berdasarkan atas beberapa fungsi media pembelajaran yang dikemukakan di atas. Pebelajar yang belajar lewat mendengarkan saja akan berbeda tingkat pemahaman dan lamanya ³ingatan´ bertahan. Dalam hal ini gambar atau simbul visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa. Sudjana dan Rivai (1992) mengemukakan beberapa manfaat media dalam proses belajar siswa. melakukan langsung. Media pembelajaran juga mampu membangkitkan dan membawa pebelajar ke dalam suasana rasa senang dan gembira. dan (iv) siswa lebih banyak melakukan aktivitas selama kegiatan belajar. Dengan menggunakan istilah media pengajaran. mendemonstrasikan. media visual dapat menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran. tidak hanya mendengarkan tetapi juga mengamati.Fungsi media. khususnya media visual juga dikemukakan oleh Levie dan Lentz. seperti yang dikutip oleh Arsyad (2002) bahwa media tersebut memiliki empat fungsi yaitu: fungsi atensi. tidak semata-mata didasarkan atas komunikasi verbal melalui kata-kata. (iii) metode mengajar akan lebih bervariasi. Fungsi afektif dari media visual dapat diamati dari tingkat ³kenikmatan´ siswa ketika belajar (membaca) teks bergambar. maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar memiliki pengaruh yang besar terhadap alat-alat indera. yaitu: (i) dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa karena pengajaran akan lebih menarik perhatian mereka.

Fungsi media dalam proses pembelajaran ditunjukkan pada Gambar 2. Dengan kemampuan ini. Dalam proses pembelajaran. artrinya siswa dapat menyebutkan kata tetapi tidak mengetahui artinya. misalnya gambar. kecepatannya. misalnya diubah ukurannya. Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima dan mengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran. et. perhatian tidak berpusat. Hal ini terjadi karena biasanya guru mengajar hanya dengan penjelasan lisan (ceramah). kemudian dapat disimpan dan pada saat diperlukan dapat ditunjukkan dan diamati kembali seperti kejadian aslinya. siswa melamun. siswa cenderung hanya menirukan apa yang dikatakan guru. Ketiga. media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). cara menyajikan bahan . cara mengajar guru membosankan.al. warnanya. Pertama. 2001) adalah sebagai berikut. kemapuan fiksatif.mana ada keterlibatan emosianal dan mental. dipotret. dan menampilkan kembali suatu obyek atau kejadian. Tentu hal ini berpengaruh terhadap semangat mereka belajar dan kondisi pembelajaran yang lebih hidup. artinya media dapat menampilkan kembali obyek atau kejadian dengan berbagai macam perubahan (manipulasi) sesuai keperluan.. ada hal lain yang lebih menarik mempengaruhi perhatian siswa. salah tafsir. Ketiga. menyimpan. model. difilmkan. Hambatan-hambatan komunikasi dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut. dan sebagainya. Pertama. kemampuan distributif. artinya media mampu menjangkau audien yang besar jumlahnya dalam satu kali penyajian secara serempak. gangguan fisik. direkam. serta dapat pula diulang-ulang penyajiannya. Tiga kelebihan kemampuan media (Gerlach & Ely dalam Ibrahim. Dalam kegiatan interaksi antara siswa dengan lingkungan. obyek atau kejadian dapat digambar. Hal ini terjadi karena biasanya guru hanya menjelaskan secara lisan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran yang lain. Kedua. bagan. yang nantinya bermuara kepada peningkatan pemahaman pebelajar terhadap materi ajar. hal ini dapat terjadi karena beberapa hal antara lain. verbalisme. kemampuan manipulatif. artinya dengan istilah atau kata yang sama diartikan berbeda oleh siswa. misalnya siaran TV atau Radio. Kedua. artinya dapat menangkap. fungsi media dapat diketahui berdasarkan adanya kelebihan media dan hambatan yang mungkin timbul dalam proses pembelajaran.

burung hantu. kelelawar. model atau foto siswa dapat dengan mudah membandingkan dua benda yang berbeda sifat ukuran. video. Dengan slide. Pengembangan media pembelajaran hendaknya diupayakan untuk memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media tersebut dan berusaha menghindari hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran. teknik loncat indah. 2 tak. amuba. Apa yang diamati atau dilihat. yang disajikan secara lambat atau pada saat tertentu dihentikan. film. Tidak terjadi proses berpikir yang logis mulai dari kesadaran hingga timbulnya konsep. Mengamati dengan teliti binatang-binatang yang sukar diamati secara langsung karena sukar ditangkap. 11. Menyaksikan benda yang ada atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dengan bantuan gambar. kurang adanya pengawasan dan bimbingan guru. video tentang kehidupan harimau di hutan. Dengan bantuan gambar. fungsi media dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut. Mengamati dengan jelas benda-benda yang mudah rusak/sukar diawetkan. Misalnya. 7. Dengan bantuan film atau video. Bunga dari kuncup sampai mekar yang berlangsung beberapa hari. potret. Dengan menggunakan model/benda tiruan siswa dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang organ-organ tubuh manusia seperti jantung. warna. pertempuran. baik karena jaraknya jauh. rekaman suara denyut jantung dan sebagainya. baik karena terlalu besar atau terlalu kecil. Secara rinci. Dapat melihat secara lambat gerakan-gerakan yang berlangsung secara cepat. Misalnya dengan perantaraan paket siswa dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang bendungan dan kompleks pembangkit listrik. 5. dengan slide dan film siswa memperoleh gambaran tentang bakteri. Memperoleh gambaran yang jelas tentang benda/hal-hal yang sukar diamati secara langsung karena ukurannya yang tidak memungkinkan. proses perkembangan katak dari telur sampai menjadi katak dapat diamati hanya dalam waktu beberapa menit. dan sebagainya. tidak terjadinya pemahaman. dialami secara terpisah. 6. artinya kurang memiliki kebermaknaan logis dan psikologis. Dengan film atau video dapat dengan mudah siswa mengamati jalannya mesin 4 tak. siswa dapat memperoleh gambaran yang nyata tentang benda/peristiwa sejarah. film. potret. dan sebaginya. Mendengar suara yang sukar ditangkap dengan telinga secara langsung. berbahaya. Dengan mudah membandingkan sesuatu. Keempat. siswa dapat mengamati dengan jelas gaya lompat tinggi. slide. atau media yang lain. 1. 8. 9. atau terlarang. dan sebagainya. dengan bantuan film dapat diamati hanya dalam beberapa detik. Mengamati gerakan-gerakan mesin/alat yang sukar diamati secara langsung. atau video siswa dapat mengamati pelangi. Mengamati benda/peristiwa yang sukar dikunjungi. dan sebagainya. gunung meletus. 3. Misalnya. film atau video siswa dapat mengamati berbagai macam serangga. dan sebagainya. Dengan video. 4. Dapat melihat secara cepat suatu proses yang berlangsung secara lambat. slide. dan sebagainya. paru-paru.pelajaran tanpa variasi. alat pencernaan. Mengamati peristiwa-peristiwa yang jarang terjadi atau berbahaya untuk didekati. 2. 10. . keadaan dan kesibukan di pusat reaktor nuklir. Dengan perantaraan gambar. dan sebagainya.

. Guru tidak harus menjelaskan materi ajaran secara berulang-ulang.12. siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan. baik secara alami maupun manipulasi. 15. Dengan modul atau pengajaran berprograma. kemudian dapat mengamati secara ringkas proses penggilingan tebu yang disajikan dengan menggunakan film atau video (memantapkan hasil pengamatan). sebab dengan sekali sajian menggunakan media. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan Dengan bantuan media pembelajaran. tidak monoton dan tidak membosankan. sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup. penafsiran yang berbeda antar guru dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara siswa dimanapun berada. gerakan dan warna. dan temponya masing-masing. minat. kesempatan. siswa dapat mengamati bagian mesin yang sukar diamati secara langsung. 3. siswa akan lebih mudah memahami pelajaran. Setelah siswa melihat proses penggilingan tebu atau di pabrik gula. 14. dan kecepatan masing-masing. gambar. Melihat ringkasan dari suatu rangkaian pengamatan yang panjang/lama. 2. Dapat belajar sesuai dengan kemampuan. Dengan siaran radio atau televisi ratusan bahkan ribuan mahasiswa dapat mengikuti kuliah yang disajikan seorang profesor dalam waktu yang sama. Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah: 1. 13. Dapat menjangkau audien yang besar jumlahnya dan mengamati suatu obyek secara serempak. model. sedangkan tanpa media guru cenderung bicara satu arah. Efisiensi dalam waktu dan tenaga Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Melihat bagian-bagian yang tersembunyi dari sutau alat. MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. 4. bagan. Dengan diagram. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif Dengan media akan terjadinya komukasi dua arah secara aktif. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik Media dapat menampilkan informasi melalui suara.

6. 3. mempersamakan pengalaman. . Mengatasi keterbatasan ruang.Perlu kita sadari waktu belajar di sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah. 7. menimbulkan persepsi yang sama). menyentuh. gerak yang terlalu cepat ata lambat. 8. Memperjelas penyajian pesan yang verbalistis (dalam bentuk kata-kata yang yang tertulis atau lisan) 2. Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif Guru dapat berbagi peran dengan media sehingga banyak mamiliki waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya. pembentukan kepribadian. memotivasi belajar. Mengatasi sikap pasif siswa (menimbulkan kegairahan belajar . memungkinkan interaksi langsung siswa dengan lingkungannya. merasakan dan mengalami sendiri melalui media pemahaman siswa akan lebih baik. seperti membantu kesulitan belajar siswa. Mengatasi perbedaan latar belakang guru atau siswa (memberikan perangsang yang sama. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi belajar lebih mandalam dan utuh. waktu. memungkinkan siswa belajar mandiri). Bila dengan mendengar informasi verbal dari guru saja.5. tetapi jika diperkaya dengan kegiatan melihat. 4. siswa kurang memahami pelajaran. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar Proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan. dan daya indera (objek yang terlalu besar atau kecil. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung seorang guru. dan lain-lain KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM) 1. kejadian atau peristiwa dimasa lalu. objek yang terlalu kompleks).

%20LUAR%20SEKOLAH/194704171973032%20%20MULIATI%20PURWASASMITA/MEDIA_PEMBELAJARAN. Fungsi.50 Warpala . Media Pembelajaran. Media Pembelajaran: Arti. Ardiani. Posisi. I Wayan Sukra.kompasiana.upi.45 Poedjiastoeti.com/2009/12/18/media-pembelajaran-arti-posisifungsi-klasifikasi-dan-karakteristiknya/ diakses tanggal 1 Februari 2011 jam 11. Azhar.Landasan konseptual Media Pembelajaran. Klasifikasi..Media Pembelajaran. Mustikasari. Sri.2009.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.13 WIB.http://file.DAFTAR PUSTAKA Arsyad. I Wayan.http://edukasi.edu/Direktori/A%20%20FIP/JUR.Surabaya: Unipress UNESA Santyasa.%20PEND. Mengenal Media Pembelajaran. .1999..pdf diakses tanggal 22 Februari 2011 jam 09. dan Karakteristiknya.com/mengenal-mediapembelajaran/ diakses tanggal 22 Februari 2011 jam 10. http://edu-articles.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful