P. 1
Use Case Diagram

Use Case Diagram

|Views: 858|Likes:
Published by Beni Irawan

More info:

Published by: Beni Irawan on May 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2013

pdf

text

original

Use Case Diagram

Agenda
Konsep Pemodelan Use Case Diagram Use Case

Use Case Diagram Use Case diagrams menggambarkan interaksi antara use case dan actor Use case merepresentasikan fungsionalitas sistem. Actor merepresentasikan orang. . atau sistem yang menyediakan atau menerima informasi dari sistem Use case diagram menunjukkan actor mana yang menginisialisasi/use case Use case diagram juga mengilustrasikan informasi yang diterima actor dari sistem. kebutuhan sistem dari sudut pandang pengguna.

Intinya : Use Case Diagram dapat mengilustrasikan requirement/kebutuhan sistem .

Use Case Diagram Use case dan actor menggambarkan ruang lingkup sistem yang sedang dibangun Use case meliputi semua yang ada dalam sistem Actor meliputi semua yang ada di luar sistem .

1. Namun. Istilah aktor. use case. terdapat perbedaan diantara keduanya. Konsep Pemodelan Use Case Ada kemiripan antara business use case dan use case. relasi. yaitu : Item Use case Business Use case Menjelaskan apa yang dikerjakan bisnes Eksternal terhadap organisasi Internal terhadap organisasi Use Case diagram Menjelaskan apa yang sistem lakukan dalam bisnis Eksternal terhadap sistem (mungkininternal terhadap organisasi) Tidak digunakan Actor Business workes . diagram aktifitas padanya.

Actor Adalah seseorang atau apa saja yang berhubungan dengan sistem yang sedang dibangun. Dalam UML direpresentasikan dengan notasi beriku ini: Pasien .

Actor Ada 3 tipe 1.merupakan gambaran secara actor fisik dan umum dan selalu ada pada setiap sistem . Waktu Tipe pertama actor secara fisik atau seorang pengguna. Sistem yang lain dan berhubungan dengan sistem yang dibangun 3. Pengguna sistem 2.

maka ia memainkan peranan sebagai petugas kesehaatn. .Actor Ketika memberi nama actor. Misal. namun dalam kesempatan lain ia menjadi pegawai dalam puskesmas tersebut. Ali adalah seorang pasien. gunakan nama peranan dan jangan nama posisi Seorang individu dapat memainkan beberapa peranan.

Actor Tipe Kedua adalah sistem yang lain. semisal SIM rumah sakit. Maka dalam kasus ini. . Misalkan pada sebuah sistem Informasi Puskesmas memerlukan koneksi dengan aplikasi sistem yang lain. SIM rumah sakit adalah actor.

Karena waktu berada di luar kendali kita. Mungkin pemerintah akan memberikan kesempatan untuk mendapat pengobatan secara gratis. maka ia dapat menjadi actor. Misalkan :  Bagian registrasi mendata pasien yang berulang tahun pada hari kesehatan anak. Maka sistem secara otomatis menyeleksi pasien secara acak untuk mendapatkan hadiah tersebut.Actor Tipe ketiga adalah waktu Dapat menjadi actor jika seiring perjalan waktu dapat memicu event/kejadian dalam sistem. .

use case menggambarkan bagaimana seseorang menggunakan sistem. Dengan kata lain. Use dalam UML dinotasikan dengan simbol Pendaftaran Pasien .Use Case Adalah bagian fungsionalitas tingkat tinggi yang disediakan oleh sistem.

Relationships Relasi asosiasi digunakan untuk menunjukkan relasi antara actor dan use case Ada tiga tipe relasi antara use case Relasi Include Relasi Extend Relasi Generalisasi .

setiap use case harus diinisialisasi oleh actor .Relasi Asosiasi Relasi antara actor dan use case Dinotasikan seperti gambar berikut Pasien Registrasi Pasien Arah panah menunjukkan siapa yang mengawali komunikasi. Dengan mengecualikan use case dalam relasi include dan relasi extend.

Relasi Include Memungkinkan satu use case menggunakan fungsionalitas yang disediakan oleh use case lainnya. <<include>> Memberikan resep obat mengambil obat .

Tergantung pada kondisi pasien yang diperiksa.Relasi Extend Memungkinkan suatu use case secara optional menggunakan fungsionalitas yang disediakan oleh use case lainnya. extend>> Pemeri saan Kes ehatan Tes laboratori m Use case pemeriksaan kesehatan suatu saat memerlukan tes laboratorium. tapi pada saat lain tidak. .

Relasi Generalisasi Digunakan untuk menunjukkan bahwa beberapa actor atau use case mempunyai beberapa persamaan. namun ada perbedaan spesifik abtara actor /use case tersebut. Pet s edis D kter Bidan .

Use Case Diagram Sistem Informasi Puskesmas Pendaftaran pasien Petugas Loket Pasien Pemeriksaan kesehatan Petugas medis <<extend>> Tindakan medis <<include>> Tea Laboratorium Laboran Pemberian resep Pengambilan obat Apoteker .2.

Tugas Individu Pilihlah salah satu studi kasus dibawah ini sesuai dengan no NIM terakhir dan buatlah Use case diagran untuk studi tersebut ! 0. Inventori Laboratorium Komputer 9. Kepegawaian Fakultas Teknik 8.Parkir UNIJOYO Contoh NIM 050451100131 memilih studi kasus no 1 Bagi Mahasiswa yang melakukan kecurangan. Rental VCD/DVD 2. Rekam Medik Pada Rumah Sakit XYZ 1. Penjualan Minimarket 3. tugas tidak akan dinilai. Dikumpulkan Rabu 15-10-2008 di kelas . Perpustakaan UNIJOYO 4. Apotik 7. Penerimaan Siswa baru pada SMU X 6. Sistem Informasi Akademik Unijoyo 5.

Bersambung« .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->