Laporan Hasil Prakerin Kerja Industri Berlangsung di RADIO REPOBLIK INDONESIA dengan mengambil materi kompetensi “editing suara”

DISUSUN OLEH: NAMA SISWA : NIS :

PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGRI 7 PEKANBARU 2011

Catatan : (diisi jika ada revisi dan jika sudah revisi maka ditandatangan ulang oleh penguji dan dicatat telah direvisi) …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… .LEMBAR PENGUJIAN Laporan hasil praktek kerja industri telah diujikan didepan pihak sekolah dengan penguji: Penguji 1 Penguji 2 Tanggal ujian : ……………………………………………….

1. 6. 7. selaku Pimpinan Yayasan At-Turots Al-Islamy 3...... Kedua orangtua penulis yang telah memberi dorongan dan semangat. Muchtarom Suprihartono. Bpk.. Semoga laporan ini berguna untuk penyusun. 5..Ust. Bapak dan Ibu Guru SMK Muhammadiyah 2 Ponjong yang telah memberikan bimbingan.Lc. sehingga penulis dapat melanjutkan penyusunan lapo0ran ini hingga selesai pada akhirnya..... 4. Laporan ini dapat diselesaikan dengan bantuan beberapa pihak. Bpk.…………………………………………………………………………………………… ………………………. Saya pelau penulis mengakui bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna.Rinto Adi Saputra dan Ust. selaku pembimbing di SMK Muhammadiyah 2 Ponjong.. 8.. selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Ponjong 2. karena itu dalam kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada .. KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkah dan rahmatNya saya dapat menyelesaikan Laporan prakerin ini.masyarakat pada umumnya serta pembaca nya. Anang Supadi ... . Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun materi. Ust.. selaku pembimbing di Dunia Industri..Rulli Indrawan. Abu Nida’ CS.. Seluruh teman-temanku di SMK Muhammadiyah 2 Ponjong. Laporan ini saya buat berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama saya prakerin di Radio repoblik Indonesia(RRI) tersebut selama 4 bulan 15 hari periode 12 januari-21 april 2011... dengan dasar itu saya mohon kritik dan saran yang sifatnya positif..

Pekanbaru.sudaryanto kasno yang telah meberada di tempat prakerin yaitu di Radio republic indonnesia (RRI).Tak lupa pula saya ucap kan terima kasi yang sebanyak-banyak nya kepada pembimbing selama saya pak. Penulis Fitri yani sumbari .

4.3.1.2. Waktu dan tempat pelaksanaan ……………………………………………………. 3 1... Saran – saran ………………………………………………………………………… 15 .. 14 4.2. TEMUAN ……………………………………………………………………… 10 3.Sejarah Singkat Perusahaan ………………………………………………………….. Kesimpulan …………………………………………………………………………....2.1.1. Manfa’at yang dirasakan ……………………………………………………………. iii BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………. 4 BAB II PROSES PEKERJAAN ………………………………………………………… 5 2.. Latar Belakang ……………………………………………………………………… 2 1. 6 2.1. PENUTUP …………………………………………………………………….Maksud dan Tujuan …………………………………………………………………... 11 3..2. 12 BAB IV. Keterlaksanaan ( Faktor pendukung dan penghambat ) …………………………….DAFTAR ISI Kata Pengantar …………………………………………………………………………… ii Daftar isi ………………………………………………………………………………….. 9 BAB III. Alat dan Bahan ……………………………………………………………………… 7 2. Proses pengerjaan ( Desain Sampul Majalah ) ……………………………………… 8 2. 1 1. Hasil yang dicapai …………………………………………………………………. 13 4.3.

1 Latar belakang masalah Pada saat ini rata-rata didalam sebuah dunia usaha/industri lulusan SMK belum bisa d terima secara utuh oleh sebuah dunia usaha/industri tetapi d dalam dunia usaha atau industry lebih mementingkan lulusan yg berpendidikan tinggi daripada lulusan SMK. Jika kita kaji secara seksama. kita tidak dapat menyalahkan pihak dunia usaha/ industri. pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Sekarang peralatan di dunia usaha/ industri sudah serba otomatis sedangkan peralatan yang ada sdi SMK-SMK masih manual. Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim peralatan praktik. Hal tersebut menunjuk kan bahwa keterampilan atau skil lulusan SMK belum terlalu diakui oleh pihak dunia udaha/industry. Bahkan ada beberapa SMK yang tidak memiliki sama sekali peralatan praktik. belum tentu peralatan itu sesuai dengan yang ada di industri/ usaha. I PENDAHULUAN 1. kurang memperhatikan kebutuhan didunia industri/ usaha. Sehingga peserta diklat yang harusnya porsi pembelajaran praktik idealnya 70% hanya dapat dilaksanakan 30% saja. tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik. namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat . dalam pelaksanaan peserta diklat hanya dapat berangan-angan dengan teori saja tidak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya. Biasanya sebelum menentukan diterima atau tidak d terimanya sebuah karyawan perusahaan akan mengadakan pendidikan atu pelatihan rata-rata 2 bulan bagi yg suda lulus baru akan di terima sebagai karyawan. itu pun tidak semuanya dapat memanfaatkan secara maksimal. Penggunaan unsur ilmu pengetahuan dan teknik bekerja dapat dipelajari di sekolah. karena keahlian professional seseorang tidak semata-matadiukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja.BAB.SMK yang peralatan praktik cukup memadai.Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.jika kita bahas dalamkta tidak bisa begitu saja menyalahkan pihak dunia usaha atau industry Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/ industri. Sehingga pelaksanaan praktik hanya sekedar mengenal peralatan yang ada. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional.

pada dasarnya hanya mampu menyajikan proses dan situasi peniruan (simulasi). Pondok Pesantren Jamilurrahman As-Salafy. Karena itulah tumbuh suatu aturan keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja. oleh karena itu sulit diharapkan untuk mampu memberikan keahlian sebagaimana yang diharapkan.Wonosari KM. semua ini berhasil berkat usaha yang maksimal dan berbagai kendala/rintangan tak pernah putus asa. bahwa ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan Industri kerja (industri/ perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama . Sitimulyo. Maksud dan Tujuan 1. dengan ketua (sekarang) Abu Nida’ CS.Untuk kiat yang menjadi factor utama penentu kadar keahlian professional seseorang. Adapun tempat yang digunakan untuk kegiatan PRAKERIN oleh penulis adalah bagian Penerbitan Majalah. meliputi: Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz. karena bukan situasi yang sesungguhnya.diajarkan tetapi harus dikuasai melalui pembiasaan dan internalisasi. maka di bawah naungan Yayasan Majelis AtTurots Al-Islamy dibentuk beberapa unit kegiatan. Penerbitan Majalah .3. Adapun sekarang. Piyungan. Perumahan Islami. Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang system Pendidikan Nasional.Melihat kenyataan diatas. Misalnya tingkat keahlian seorang pilot diukur dari jumlah jam terbangnya. Kepmendikbud Nomor 080/U/1992 tentang Seklah Menengah Kejuruan dan Kepmendikbud Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum SMK. 1. berdiri sejak tahun 1994. Lajnah Fisik. Rumah Sakit At-Turots. 1.2. Dalam pengertian tersebut tersirat. mengingat semakin kompleksnya lingkup kegiatan dakwah yang digarap. yang memadukan secara sistematik dan sinkron programg pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung pada bidang pekerjaan yang relevan. hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Lc. Sejarah Singkat Perusahaan Yayasan Majelis AT-Turots Al-Islamy yang beralamat Jl.10. tingkat keahlian seorang montir diukur dari jumlah tahun kerjanya sebagai seorang montir. yakni dengan membentuk unit-unit kerja. Lajnah Dakwah.3. PP Nomor 39 1992 tentang Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional. dan sertifikat seorang “wekder” bias batal apabila lebih dari satu tahun tidak lagi mrngerjakan mengelas. Dikmenjur menetapkan strategi operasional yang berdasarkan kepada kebijakan “Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan) Departemen Pendidikan dan kebudayaan dalam model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda. dan STIKES Madani. terarah dan mencapai kemampuan keahlian tertentu. Bantul. PP Nomor 20 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah. Karanggayam. DIY. Mata diklat praktik kejuruan yang disajikan di sekolah biarpun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern.1 Maksud Sistem Ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan penddidkan keahlian kejuruan.

Untuk mencetak majalah. BAB II PROSES PEKERJAAN 2.2 Alat dan bahan Alat yang tersedia dan biasa digunakan adalah PC dengan software Corel Draw X3. Atur halaman dengan layout booklet dan secara otomatis terbagi menjadi 4 halaman. Memperkokoh link and match antara SMK dan dunia kerja. Buka program CorelDraw X4 2.3. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.Tujuan Penyelenggaraan pendidikan dengan Sistem Ganda pada SMK bertujuan untuk: Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas. sampai pada tahap penilaian dan penentuan kelulusan peserta diklat. caranya klik menu Layout > Page setup dan atur layoutnya seperti gambar di bawah ini .2.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Adapun waktu untuk melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) adalah mulai dari tanggal 8 Maret s/d 8 Mei 2010 bertempat di Yayasan Majelis At-Turots Al-Islamy bagian Redaksi Majalah FATAWA. Proses pengerjaan ( Desain Brosur ) 1.a. etos kerja yang sesuai dengan tuntutan Industri pekerjaan. Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas. d. serta pemasarannya. pihak Yayasan menggunakan fasilitas percetakan di luar Kantor Redaksi Majalah FATAWA yaitu di Surabaya. 2. keterampilan. b. menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan program. c. tahap penyelenggaraan.3. 1. 2. e.

Untuk mengganti warna background kertas. import gambar klik menu file > import. Sekarang kita kerjakan halaman pertama. Letakkan gambar tersebut pada lembar kerja .3. misalnya gambar seperti di bawah ini 5. klik menu Layout > Page setup > Background Maka tampilan kertas akan menjadi seperti gambar di bawah ini 4.

dan lakukan sepertilangkah diatas. Untuk efek transparent seperti gambar di atas. Copy teks tersebut {tekan + adalah langkah cepat untuk Copy-Paste}. 7. dan salah satu teks di berikan outline 8pt. Masukkan teks “diterbitkan oleh pustaka At-Turots komplek Islamic Centre Bin Baz Jl Wonosari Km 10 Karanggayam Sitimulyo Piyungan Yogyakarta” dengan font Arial. Masukkan teks “ disusun sebagai panduan belajar berdasar kempetensi standar TK/RA dan Psikologi perkembangan Islam “ dengan font Comic sans dengan warna merah. dan letakkan pada bagian atas lembar kerja sebagai judul 9. kita gunakan Interaktif Tranparency Tool. .6. dan kita atur sesuai keinginan. dan jadikan satu teks tersebut dan di Group Hasilnya setelah di Group. Dan berikan efek Transparent 10. Masukkan teks “Majalah anak Islam usia Playgroup/TK” dengan font Comic sans dengan warna biru 8.

Ketik-kan teks –teks dibawah ini : 13. dan masuk halaman kedua dan ketiga.11. . Letakkan gambar-gambar dan teks-teks sehingga tampak seperti gambar di bawah ini. Selesai halaman pertama. Susun semua objek diatas pada lembar kerja dan di tambah logo Ababil sehingga tampak seperti gambar di bawah ini 12.

8 derajat.8 derajat. Untuk kemiringan gambar. Group {Ctrl+G} segi empat dan teks diatas sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini 18. Buat segi empat dengan dengan warna merah dengan rotasi 77. Gabungkan objek-objek yang baru di buat. kita tinggal kli objeknya dan kita atur Rotationnya 15. Buat teks “ untuk PAUD/TK yang ingin berlangganan secara kolektif ada diskon hingga 40%*” dengan warna merah dan rotasi 77. Tulis teks “*Syarat dan ketentuan berlaku” dengan font Arial dan berwarna putih. dan hasilnya 17. dan hasilnya 16.14. sehingga tampak seperti gambar di bawah ini . 19.

. Selesai halaman 2 da 3. 21. seperti gambar di bawah ini. Kemudian pilih objek dan atur efek shadow. Copy-Paste objek teks : “Majalah anak Islam usia Playgroup/TK” dan “diterbitkan oleh pustaka At-Turots komplek Islamic Centre Bin Baz Jl Wonosari Km 10 Karanggayam Sitimulyo Piyungan Yogyakarta” yang telah dibuat 23. Gabung kan objek yang dibuat untuk halaman 4 menjadi satu.teks “*Syarat dan ketentuan berlaku” 20. lakukan pada semua objek gambar sampul 22. Import gambar-gambar sampul kemudian beri efek bayangan menggunakan tool Drop Shadow. sekarang desain halaman ke 4.

25. Jika di gabungkan menjadi satu semua objek yang dibuat. Jika sudah selesai simpan.24. klik menu File > Save/Save AS . akan terlihat seperti gambar di bawah ini : .

BAB III TEMUAN 3. sehingga penulis dapat mengerjakan job sesuai dengan tuntutan dari Yayasan Majelis At-Turots Al-Islamy bagian Penerbitan. Keterlaksanaan ( Faktor Pendukung dan Penghambat ) Dalam suatu kegiatan baik yang diadakan di dalam (intern) maupun yang di luar (ekstern) maka tak akan lepas dari segala faktor baik penghambat ataupun . Hasil yang dicapai Setelah selesai beberapa aktivitas/kegiatan sesuai yang telah direncanakan dan yang telah penulis susun untuk mendukung tercapainya tujuan. yang telah membimbing di sekolah. maka hasil yang penulis capai telah selesai danberjalan lancar.1. sehingga tamatan SMK diharapkan mempunyai keterampilan untuk terjun kedunia kerja dan mampu bersaing di era globalisasi ini. Roda gigi helix yang telah penulis buat sesuai dengan job dan sesuai dengan pesanan konsumen dan dapat digunakan/difungsikan . meskipun terdapat kendala yang dihadapi Penulis berharap dengan adanya PRAKERIN akan memiliki keahlian profesional sesuai kurikulum dari pihak sekolah. Terimakasih penulis ucapkan kepada seluruh Instruktor SMK Muhammadiyah 2 Ponjong.2.4.

1. 3.1. Manfa'at yang dirasakan Menambah wawasan dalam dunia kerja Menambah wawasan dalam cara desain brosur dan sampul majalah dengan baik Menambah tali persaudaraan antar pelajar atau sekolah dengan Perusahaan BAB IV PENUTUP 4. karena bagaimanapun juga kedua hal tersebut akan selalu ditemukan dan dihadapi. 1. pendukungnya. Kesimpulan .1. Berikut ini faktor pendukung dalam pelaksanaan Prakerin di Yayasan Majelis AT-Turots Al-Islamy bagian Penerbitan : Fasilitas peralatan sangat mendukung Pembimbingan kepada peserta prakerin baik yang dari pihak sekolah maupun dari pihak industri sangat penuh perhatian Dari Pihak Industri memberikan penuh kepercayaan Faktor penghambat : Fasilitas PC yang dipakai terbatas Ruang kerja terlalu sempit. 2. 2. dan cukup kurang lebar 3. 3. 2.2.

ternyata belum apa-apanya dibanding dengan para karyawan dari Yayasan Majelis At-turots Al-Islamy. Ruang kerja hendaknya dipeluas 3. Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing langsung oleh pihak industri. Saran-Saran 1. 4. terimakasih Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBerbagi ke Google Buzz .Akhirnya kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Fasilitas PC hendaknya di tingkatkan kwalitasnya dan kwantitasnya 2. dan bahkan penulis dapat mengukur sejauh mana penguasaan ilmu praktek multimedia.2. bahwa penulis telah menyelesaikan Praktek Kerja Industri. untuk lebih mengetahui kemajuan teknologi dewasa ini para pembaca boleh bajak setelah akhir bulan mei 2010. Untuk Sekolah hendaknya lebih meningkatkan sosialisasi ke dunia industri.Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung ( Learning by doing ) pada pekerjaan sesungguhnya. ini juga belum selesai semuanya.