PRODUK PENYALURA N DANA

Aditya Munawariah Liza Septianingsih Pelangi Pitriyani

Skema Penyaluran Dana Penyaluran Dana Jual Beli Murabaha h Salam Istisna Sewa Ijarah Bagi hasil Musyarak ah Mudhara bah Pelengkap Hiwalah Kafalah Wakala h Rahn Qard 5/5/2011 2 .

Harga jual adalah harga beli bank dari pemasok ditambah keuntungan (marjin). Bank bertindak sebagai penjual. sementara nasabah sebagai pembeli. Kedua belah pihak harus menyepakati harga jual dan jangka waktu pembayaran. 5/5/2011 3 . Harga jual dicantumkan dalam akad jual beli dan jika telah disepakati tidak dapat berubah selama berlakunya akad.Murabahah Murabahah adalah transaksi jual-beli dimana bank menyebut jumlah keuntungannya (marjin).

tanggal dan tempat penyerahan yang jelas. Barang yang disediakan belum ada saat transakasi&harus diproduksi terlebih dahulu. seperti produk pertanian. jumlah. spesifikasi.Salam Salam merupakan bentuk jual beli dengan pembayaran di muka dan penterahan barang di kemudian hari dengan harga. 5/5/2011 4 . serta disepakati saat akad. Risiko terhadap barang yang diperjualbelikan masih berada pada penjual samapi waktu penyerahan barang. Pembeli berhak menolak barang yang akan diserahkan apabila barang tersebut tidak sesuai dengan perjanjian saat akad. kualitas.

istishna pembayarannya boleh dilakukan beberapa kali.Istishna Istishna adalah memesan kepada perusahaan untuk memproduksi barang atau komoditas tertentu untuk pembeli/pemesan. Istishna biasa digunakan pada pembiayaan manufaktur dan konstruksi. Istishna merupakan salah satu bentuk jual beli dengan pemesanan yang mirip dengan salam namun bedanya. mutu dan jumlahnya. Ketentuan umum istishna yaitu spesifikasi barang pemesanan harus jelas seperti jenis. macam ukuran. 5/5/2011 5 .

Sebagian ulama berpendapat bila penyewa tidak membatalkan akad. Sebagian ulama lain berpendapat harga sewa dapat dikurangkan dulu dengan biaya untuk perbaikan kerusakan. yakniakad al-baí dan akad ijarah . 5/5/2011 6 Al-Bai¶wal Ijarah Muntahia Bittamlik (IMBT) merupakan rangkaian dua buah akad. ijarah didefinisikan sebagai hak untuk memanfaatkan barang/jasa dengan membayar imbalan tertentu. Pada dasarnya. Bila pada jual beli objek transaksinya adalah barang. pada ijarah objek transaksinya adalah barang maupun jasa. harga sewa harus dibayar penuh. Pihak yang menyewakan wajib mempersiapkan barang yang disewakan untuk dapat digunakan secara optimal oleh penyewa.Ijarah Transaksi ijarah dilandasi adanya perpindahan manfaat (hak guna). tapi perbedaanya terletak pada objek transaksinya. Jadi pada dasarnya prinsip ijarah sama saja dengan prinsip jual beli.

‡ Memberi pinjaman kepada pihak lain. 5/5/2011 ‡ Setiap pemilik modal dapat mengalihkan penyertaan 7 atau digantikan oleh pihak lain.Musyarakah Transaksi musyarakah dilandasi adanya keinginan para pihak yang bekerja sama untuk meningkatkan nilai asset yang mereka miliki secara bersama-sama. . ‡ Menjalankan proyek musyarakah dengan pihak lain tanpa izin pemilik modal lainnya. Pemilik modal dipercaya untuk menjalankan proyek musyarakah dan tidak boleh melakukan tindakan seperti: ‡ Menggabungkan dana proyek dengan harta pribadi. Ketentuan umum pembiayaan musyarakah adalah sebagai berikut: ‡ Semua modal disatukan untuk dijadikan model proyek musyarakah dan dikelola bersama.

Mudharabah terbagi menjadi 2: mudharabah mutlaqah dan muqayyadah. Mudharabah mutlaqah: pemodal tidak mensyaratkan kepada pengelola untuk melakukan jenis usaha 5/5/2011 8 tertentu.Mudharabah Mudharabah adalah bentuk kerjasama antara dua atau lebih pihak di mana pemilik modal mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola dengan suatu perjanjian pembagian keuntungan. Kalau muqayyadah: pemodal mensyaratkan kepada pengelola untuk melakukan jenis usaha tertentu pada tempat . Nisbah antara pemodal dan pengelola harus disepakati di awal perjanjian dan disepakati bersama. Pengelola tidak ikut menyertakan modal. tapi menyertakan tenaga dan keahliannya. Pemilik dana hanya menyediakan modal&tidak dibenarkan untuk ikut campur dalam manajemen usaha yang dibiayainya. dan juga tidak meminta gaji/upah dalam menjalankan usahanya.

Tujuan fasilitas hiwalah adalahuntuk membantu supplier mendapatkan modal tunai agar dapat melanjutkan produksinya. Bank mendapat ganti-biaya atas jasa pemindahan piutang.Hiwalah Hiwalah adalah pengalihan utang/piutang dari orang yang berhutang/berpiutang kepada orang lain yang wajib menanggungnya/menerimanya. Untuk mengantisipasi risiko kerugian yang akan timbul. bank perlu melakukan penelitian atas kemampuan pihak yang berutang dan kebenaran transaksi anatar yang memindahkan piutang dengan yang berutang. 5/5/2011 9 .

5/5/2011 10 .Kafalah (garansi bank) Garansi bank dapat diberikan dengan tujuan untuk menjamin pembayaran suatu kewajiban pembayaran. bank mendapatkan pengganti biaya atas jasa yang diberikan. Untuk jasa-jasa ini. Bank dapat mensyaratkan nasabah untuk menempatkan sejumlah dana untuk fasilitas ini sebagai rahn. Bank dapat pula menerima dana tersebut dengan prinsip wadi¶ah.

wewenang dan tanggung jawab bank harus jelas sesuai kehendak nasabah bank. Pemberian kuasa berakhir 5/5/2011 11 setelah tugas dilaksanakan dan disetujui bersama antara nasabah dengan bank. salam. Tugas. maka penyelesaian L/C (settlement L/C) dapat dilakukan dengan pembiayaan murabahah. bank mendapat pengganti biaya berdasarkan kesepakatan bersama. kecuali dengan seizing nasabah.Wakalah (perwakilan) Wakalah dalam aplikasi perbankan terjadi apabila nasabah memberikan kuasa kepada bank untuk mawakili dirinya melakukan pekerjaan jasa tertentu. inkaso dan transfer uang. maka masing-masing bank tidak boleh bertindak sendiri-sendiri tanpa musyawaraah dengan bank yang lain. atau musyarakah. seperti pambukuan L/C. Atas pelaksanaan tugasnya tersebut. Bank dan nasabah yang dicantumkan dalam akad pemberin kuasa harus cakap hokum. Setiap tugas yang dilakukan harus mengatasnamakan nasabah dan harus dilaksanakan oleh bank. Khusus untuk pembukaan L/C. Kelalaian dalam menjalankan kuasa menjadi tanggung jawab bank. kecuali kegagalan karena force majeure menjadi tanggung jawab nasabah. . ijara. Apabila bank yang ditunjuk lebih dari satu. apabila dana nasabah ternyata tidak cukup. mudharabah.

Rahn ( gadai ) Tujuan akad rahn adalah untuk memberikan jaminan pembayaran kembali kepada bank dalam memberikan pembiayaan. bank dapat melakukan 5/5/2011 12 penjualan barang yang digadaikan atas perintah hakim. Apabila barang yang digadaikan rusak atau cacat. sifat. Nasabah mempunyai hak untuk menjual barang tersebut dengan . dan nilainya ditentukan berdasarkan nilai riil pasar ‡ Dapat dikuasai namun tidak boleh dimanfaatkan oleh bank Atas izin bank. Apabila nasabah wanprestasi. asabah harus bertanggunng jawab. nasabah dapat menggunakan barang tertentu yang digadaikan dengan tidak mengurangi nilai dan merusak barang yang digadaikan. Barang yang digadaikan wajib memenuhi criteria : ‡ Milik nasabah sendiri ‡ Jelas ukuran.

Nasabah akan mengembalikannya sesuai waktu yang ditentukan. di mana nasabah calon haji diberikan pinjaman talangan untuk memenuhi syarat penyetoran biaya perjalanan haji. ‡ Sebagai pinjaman kepada pengurus bank. ‡ Sebagai pinjaman kepada pengusaha kecil. ‡ Sebagai pinjaman tunai (cash advanced) dari produk kartu kredit syariah. Nasabah akan melunasinya sebelum keberangkatannya ke haji. dimana nasabah diberi keleluasaan untuk menarik uang tunai milik bank melalui atm. ijarah. dimana menurut perhitungan bank akan memberatkan si pengusaha kecil bila diberikan pembiayaan dengan skema jual beli. yaitu : ‡ Sebagai pinjaman talangan haji. atau bagi hasil.Qardh Qardh adalah pinjaman uang. Aplikasi qardh dalam perbankan biasanya dalam empat hal. dimana bank 13 menyediakan fasilitas ini untuk memastikan terpenuhinya 5/5/2011 .

5/5/2011 14 ...SEKIAN..

Percikan JANGAN BEGINI BERKATA PASTI "SEANDAINYA DULU AKAN BEGINI.. tetapi katakanlah: "Allah telah mentakdirkan. karena 'seandainya' itu membu. "Apabila ada sesuatu menimpamu maka janganlah berkata: "Seandainya saja saya bertindak begini tentu hasilnya begini".. dan apa saja yg dikehendaki pasti terjadi..ka pintu masuknya syetan" (HR Muslim) Salam Semangat untukmu Kawan 5/5/2011 -pelangi®- ." Rosulullah saw bersabda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful