Nama No / Kelas

: Eni Riswati : 14 / X TKJ 2

PENGERTIAN ZAKAT, MACAM - MACAM DAN SYARAT – SYARAT ZAKAT Zakat adalah salah satu rukun Islam yang lima. Zakat berarti “tumbuh dan bertambah”. juga bisa berarti berkah, bersih, suci, subur dan berkembang maju. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa kita selaku umat muslim telah diwajibkan oleh Allah SWT untuk mengeluarkan zakat, seperti firman Allah Swt : “Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Rasul, supaya kamu diberi rahmat“. (Surat An Nur 24 : 56). Dalam ayat yang lain Allah menjelaskan bahwa orang yang mentaati perintah allah khususnya dalam menunaikan zakat niscaya Allah akan memberikan rahmat kepada kita dan akan dikembalikannya kita kepada kesucian/kembali fitrah seperti bayi yang baru dilahirkan ke alam muka bumi ini atau seperti kertas puti9h yang belum ada coretan-coretan yang dapat mengotori kertas tersebut, seperti firman-Nya : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu bersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya dosa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi maha Mengetahui “. (Surat At Taubah 9 : 103). SYARAT-SYARAT WAJIB UNTUK MENGELUARKAN ZAKAT Islam; Zakat hanya diwajibkan bagi orang Islam saja. Merdeka; Hamba sahaya tidak wajib mengeluarkan zakat kecuali zakat fitrah, sedangkan tuannya wajib mengeluarkannya. Di masa sekarang persoalan hamba sahaya tidak ada lagi. Bagaimanapun syarat merdeka tetap harus dicantumkan sebagai salah satu syarat wajib mengeluarkan zakat karena persoalan hamba sahaya ini merupakan salah satu syarat yang tetap ada. Milik Sepenuhnya; Harta yang akan dizakati hendaknya milik sepenuhnya seorang yang beragama Islam dan harus merdeka. Bagi harta yang bekerjasama antara orang Islam dengan orang bukan Islam, maka hanya harta orang Islam saja yang dikeluarkan zakatnya. Cukup Haul; cukup haul maksudnya harta tersebut dimiliki genap setahun, selama 354 hari menurut tanggalan hijrah atau 365 hari menurut tanggalan mashehi. cukup Nisab; Nisab adalah nilai minimal sesuatu harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Kebanyakan standar zakat harta (mal) menggunakan nilai harga emas saat ini, jumlahnya

Cukup haul 5. Islam 2. ukiran atau perhiasan bagi pria.sebanyak 85 gram. Setiap negara mempunyai nilai mata uangnya sendiri yang disandarkan kepada nilai tukar emas. Sangat besar kegunaannya yang telah dijadikan uang dan nilai/alat tukar bagi segala sesuatu sejak kurunkurun waktu yang lalu. • ZAKAT UANG SIMPANAN Banyak urusan bisnis yang menggunakan mata uang sebagai alat pertukarannya. lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) . emas. DALIL WAJIB ZAKAT UANG SIMPANAN “Saiidina Ali telah meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda: Apabila kamu mempunyai (uang simpanan) 200 dirham dan telah cukup haul (genap setahun) diwajbkan zakatnya 5 dirham. MACAM-MACAM ZAKAT • ZAKAT MAAL (HARTA) Bagi harta yang disandarkan zakatnya pada emas. souvenir. saham. (HR Abu Daud) SYARAT WAJIB ZAKAT UANG SIMPANAN 1. Dari sisi ini. pendapatan dan uang dana pensiun. zakat yang harus dikeluarkan sebanyak 2. Firman Allah :Dan oarang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah. dan tidak diwajibkan mengeluarkan zakat (emas) kecuali kamu mempunyai 20 dinar dan telah cukup haulnya diwajibkan zakatnya setengah dinar. (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Milik sendiri 4. Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam. Syari’at mewajibkan zakat keduanya jika berbentuk uang atau leburan logam. Demikian juga kadarnya jika nilainya bertambah dan tidak diwajibkan zakat dalam sesuatu harta kecuali genap setahun”. dan juga benbentuk bejana. lalu dibakar dengannya dahi mereka. perniagaan. Nilai emas dijadikan ukuran nisab untuk menghitung zakat uang simpanan. Cukup nisab • ZAKAT EMAS & PERAK Sejarah telah membuktikan bahwa emas dan perak merupakan logam berharga. Merdeka 3. syari’at memandang emas dan perak dengan pandangan tersendiri.5 % dari harta yang wajib dizakati (tidak termasuk zakat binatang ternak dan biji-bijian yang mempunyai nilai zakatnya tersendiri). maka beritahukanlah kepada mereka. dan mengibaratkannya sebagai suatu kekayaan alam yang hidup.

maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu”. Sekarang sudah selayaknya jika mulai digalakkan kembali. Namun akibat perkemabangan zaman yang kurang menguntungkan ummat Islam. konsultan. 1. Milik Sendiri . Allah menjelaskan bahwa segala hasil usaha yang baik-baik wajib dikeluarkan zakatnya. Cukup nisabnya 5. Imam Ar-Razi berpendapat bahwa konsep “hasil usaha” meliputi semua harta dalam konsep menyeluruh yang dihasilkan oleh kegiatan atau aktivitas manusia. Zakat pendapatan atau profesi telah dilaksanakan sebagai sesuatu yang paling penting pada zaman MUAWIYAH DAN UMAR BIN ABDUL AZIZ.kepada mereka : “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri. SYARAT WAJIB ZAKAT PENDAPATAN 1. maka pada hari kiamat dijadikan kepingan lalu dibakar dalam api neraka. DALIL WAJIB ZAKAT PROFESI/PENDAPATAN Firman Allah : Hai orang-orang yang beriman. Dalam ayat tersebut. Islam 2. (Nisab emas adalah 20 misqal atau 85 gram emas. Nisab perak adalah 200 dirham atau 595 gram perak ). akunting. kerena potensinya yang memang cukup besar. Termasuk pendapat para pekerja dari gaji atau pendapatan dari profesi sebagai dokter. Cukup haul (setahun). Sabda Rasulullah yang maksudnya sebagai berikut : Setiap pemilik emas dan perak yang tidak menunaikan haknya. notaris. Islam 2. maka zakat jenis ini kurang mendapat perhatian. keluarkanlah/nafkahkanlah (dijalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu (Surat Al-Baqarah 2 : 267). seniman. Merdeka 3. • ZAKAT PENDAPATAN/PROFESI Barang kali bentuk penghasilan yang paling menonjol pada zaman sekarang ini adalah apa yang diperoleh dari pekerjaan dan profesinya. Zakat jenis ini dikenal dengan nama Al-Ata’ dan dizaman modern ini dikenal dengan “Kasbul Amal”. dan sebagainya. Milik sendiri 4. SYARAT WAJIB ZAKAT EMAS DAN PERAK. Merdeka 3.

yang terdiri dari kumpulan Honor. Cara menghitung zakat Saham dan Obligasi adalah 2. Hasil usaha yang baik sebagai sumber zakat. Merdeka. Syarat wajib zakat atas pemilik binatang tersebut adalah : 1. • ZAKAT AN’AM (BINATANG TERNAK) Binatang Ternak yang wajib dizakati meliputi Unta. Kontek haul dalam zakat pendapatan adalah jarak masa satu tahun adalah merupakan jarak pengumpulan hasil-hasil yang diperoleh dari berbagai sumber selama satu tahun. Sebab roh yang sangat penting dari zakat pendapatan ini dilihat dari harta perolehan atau penghasilan dan bukannya persoalan harta uang simpanan. Hasil usaha tersebut termasuk pendapatan. Bonus. 5. pendapatan profesional. Islam. Saham dan Obligasi adalah kertas berharga yang berlaku dalam transaksi-transaksi perdagangan khusus yang disebut BURSA EFEK. untuk itu zakatnya disandarkan kepada nilai emas. sapi. Nisab bagi zakat pendapatan/profesi ini merujuk kepada nilai 85 gram emas. Biasanya pendapatan/gaji selalu diterima dalam bentuk mata uang. 6. Hasil sewa dan sebagainya. DALIL DAN SYARAT WAJIB ZAKAT SAHAM. . 4. 2. Komisi. Tiap saham merupakan bagian yang sama atas kekayaan itu. Jadi makna haul disini adalah jarak pengumpulan pendapatan selama satu tahun dan bukannya lamanya menyimpan selam setahun seperti zakat harta simpanan. Saham adalah hak pemilikan tertentu atas kekayaan suatu perseroan terbatas (PT) atau atas penunjukan atas saham tertentu. Para Fuqoha menerangkan bahwa semua pendapatan tersebut sebagai “Mal Mustafad” yaitu perolehan baru yang termasuk dalam sumber harta yang dikenakan zakat. Obligasi adalah kertas berharga (semacam cek) yang berisi pengakuan bahwa bank. dengan harga saat ini.4. kerbau dan kambing. Pemberian. Cukup Nisab. atau pemerintah berhutang kepada pembawanya sejumlah tertentu dengan bungan tertentu pula 3. setelah dikurangi atau dikeluarkan pinjaman untuk membeli saham (jika ada). Cukup Haul. Gaji. perusahaan. Dalil dan syarat wajib mengeluarkan zakat saham atau obligasi sama seperti dalil dan syarat wajib atas zakat uang simpanan diatas.5 % atas jumlah terendah dari semua saham/obligasi yang dimiliki selama setahun. 2. • ZAKAT SAHAM dan OBLIGASI 1.

ditegaskan oleh Nabi Muhammad SAW. Abu Daud dan Daruquthni). Syarat-syarat wajib zakat fitrah. berbuka bulan Ramadhan. Jadi tidak perlu menjual sesuatu untuk membayar zakat fitrah. Rasulullah juga bersabda. “Artinya mencukupi baginya adalah sekedar cukup buat dia makan tengah hari dan malam hari. perabotan dan lain-lain.S. katanya “Rasulullah saw mewajibkan zakat fthri. Daruquthni) 4. “Tidaklah wajib zakat pada harta seseorang sebelum satu tahun dimilikinya.R. lelaki atau perempuan. .“Para sahabat ketika itu bertanya “Apa yang dimaksud dengan mencukupi itu ?” Jawab Rasulullah saw . Yang demikian ketentuan Allah” (Q. sampai hisab (batas)nya dan telah dimiliki selama satu tahun.R. Miskin. Hal ini ditegaskan dalam hadist dari Ibnu Umar. Kelebihan harta yang dimaksud tentu saja bukan barang yang dipakai sehari – hari seperti rumah.” (H. 100 % milik sendiri. Bukhari). “Tidaklah ada zakat bagi sapi yang dipakai bekerja. Untuk memerdekakan budak – budak yang telah dijanjikan akan dimerdekakan. yaitu : • • Islam Memiliki kelebihan harta untuk makan sehari-hari.orang – orang yang telah dibujuk hatinya (muallaf).” (H.1 liter) tamar atau gandum atas setiap muslim merdeka atau hamba. tatkala Rasulullah saw mengutus Mu’az ke Yaman. Jamaah ahli Hadis). • ZAKAT FITRAH Setiap menjelang Idul Fitri orang Islam diwajibkan membayar zakat fitrah sebanyak 3 liter dari jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.” (H. Pengurus zakat (amil).R.“(H. Digembalakan dirumput tanpa beli. “Sesungguhnya sedekah – sedekah (zakat) itu hanya untuk orang – orang Fakir.” (H. Orang yang berhak menerima zakat fitrah ditetapkan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an ada delapan Golongan. Fakir. At taubah : 60) Penjelasan ayat tersebut menurut imam syafi’i sebagai berikut : a.3. “Beritahukanlah kepada penduduk Yaman. sebanyak satu sha’ (3. Binatang yang dipakai membajak sawah atau menarik gerobak tidak wajib dikenakan zakat. Dijelaskan dalam Hadist. adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan dan tidak memiliki harta.R.”Barang siapa meminta – minta sedang ia mencukupi sesungguhnya ia memperbanyak api neraka (siksaan).R. orang yang berhutang (gharim) untuk dijalan Allah (sabilillah) dan untuk orang musafir (orang yang dalam perjalanan). ia memerintahkan. Sesungguhnya Allah telah mewajibkan kepada mereka sedekah (zakat) yang diambil dari orang-orang kaya dan diberikan kepada orang – orang fakir dikalangan mereka. Abu Daud dan Ibnu Majah).

adalah orang yang memiliki pekerjaan namun penghasilanya tidak mencukupi kebutuhannya c. adalah panitia yang menerima dan membagikan zakat. f. adalah orang yang banyak hutang. adalah musafir yang kehabisan bekal.” (Q. adalah untuk kepentingan agama. Sebenarnya kebakhilan itu buruk bagi mereka. Sabilillah. Muallaf. Sesungguhnya doa kamu itu menjadi ketentraman mereka dan Allah Maha mendengar lagi mengetahui. “Ambillah zakat dari sebagian harta meraka. adalah budak yang ingin memerdekakan diri dengan membayar uang tebusan. Ali Imran : 180) 3. At Taubah: 103). Firman Allah SWT. Gharim.” (Q. Mempererat hubungan si kaya dan si miskin. Firman Allah SWT. Nama : Dwi Yulianti . baik untuk diri sendiri maupun untuk mendamaikan orang yang berselisih maupun untuk menjamin hutang orang lain. g. d.S. dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoakanlah untuk mereka. h.  Orang Islam yang berpengaruh di orang Kafir agar kita terpelihara dari kejahatan orang – orangkafir dibawah pengaruhnya. bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Manfaat pemberian zakat antara lain : 1.S. Riqab.  Orang yang sedang menolak kejahatan dari orang – orang yang anti zakat. adalah  Orang yang baru masuk Islam karena Imannya belum teguh.b.  Orang Islam yang berpengaruh pada kaumnya dengan harapan agar orang lain dari kaumnya masuk Islam. Guna membersihkan diri. “Sekali-kali janganlah orang – orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka. Ibnu sabil. Amil. Agar tidak terjadi kejahatan dari orang – orang miskin dan susah yang dapat merusak ketertiban masyarakat. e. 2. Miskin.

Bukhari no. Ibnul ‘Arobi rahimahullah mengatakan. sedangkan sedekah adalah yang sunnah. yang sunnah. Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma. Islam biasa diibaratkan dalam beberapa hadits dengan bangunan.” Perlu diketahui bahwa istilah zakat dan sedekah dalam syari’at Islam memiliki makna yang sama. Adapun hukum asalnya telah disepakati bahwa zakat itu wajib. Dan di antara penegaknya adalah zakat. maka harta tersebut akan semakin berkembang. dan berpuasa di bulan Ramadhan. ini berarti zakat dapat menyucikan jiwa dari sifat pelit dan dapat menyucikan dari berbagai dosa. kewajiban dan pemaafan. menunaikan zakat. dan (2) sunnah. Demikian penjelasan yang penulis sarikan dari keterangan Ibnu Hajar dalam Al Fath. maka itu adalah anggapan yang tidak berdasarkan kepada dalil yang benar nan kuat. sehingga barang siapa yang mengingkarinya. adalah penunaian kewajiban pada harta yang khusus. menegakkan shalat. pengertian zakat secara istilah. menunaikan haji.syaratnya Adapun pengertian zakat secara istilah syar’i berkaitan erat dengan dua pengertian di atas.No / Kelas : X TKJ 2 Macam zakat dan syarat . ia menjadi kafir. Itu berarti jika zakat itu tidak ada. Apabila zakat berarti tumbuh. dan disyaratkan ketika dikeluarkan telah memenuhi haul (masa satu tahun) dan nishob (ukuran minimal dikenai kewajiban zakat). Sedangkan muzakkiadalah istilah untuk orang yang memiliki harta dan mengeluarkan zakatnya. sehingga tidak perlu lagi kita bersusah payah mendatangkan dalil-dalil untuk membuktikannya. 8 dan Muslim no. Keduanya terbagi menjadi dua: (1) wajib.” (HR. yaitu termasuk rukun Islam yang ketiga. Atau hal ini dapat bermakna pula bahwa zakat akan semakin memperbanyak pahala kebaikan seseorang. untuk nafkah. Adapun jika zakat berarti mensucikan. ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. dalam bentuk yang khusus. maka ini menunjukkan bahwa jika zakat tersebut dikeluarkan dari harta. Zakat pun kadang dimaksudkan untuk harta yang dikeluarkan. Zakat merupakan bagian dari rukun Islam. Para ulama hanya berselisih pendapat dalam hal perinciannya. Intinya. ِ ْ َ َ ّ َ ْ َ ِ َ ّ ِ َ َِ ِ َ ّ ِ َ َِ ّ ُ ُ َ ً ّ َ ُ ّ ََ ّ ّ ِ َ َِ َ ْ َ ِ َ َ َ ٍ ْ َ ََ ُ َ ْ ِ َ ِ ُ ‫بنى السلم على خمس شهادة أن ل إلصه إل الص وأن محمصدا رسصصول الص ، وإقصام الصصلة ، وإيتصصاء الزكصصاة ، والحصج ، وصصوم‬ ِ ُ َ َ ََ ‫رمضان‬ “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya. 16) Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah berkata. “Zakat adalah suatu kepastian dalam syari’at Islam. Ini menunjukkan bahwa Islam itu bisa berdiri jika ada penegaknya.” Syarat-Syarat Zakat . maka bisa robohlah bangunan Islam tersebut. “Zakat itu digunakan untuk istilah sedekah yang wajib. Adapun anggapan sebagian masyarakat bahwa zakat adalah yang hukum. Atau dapat bermakna pula bahwa zakat itu ada pada harta yang berkembang saja seperti pada harta perdagangan dan pertanian.

Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar. Dari sini. apakah piutang itu terkena zakat? Pendapat yang benar dalam hal ini. (5) harta tersebut merupakan kelebihan dari kebutuhan pokoknya. Adapun anak kecil dan orang gila –jika memiliki harta dan memenuhi syarat-syaratnyamasih tetap dikenai zakat yang nanti akan dikeluarkan oleh walinya. Piutang yang diharapkan bisa dilunasi karena diutangkan pada orang yang mampu untuk mengembalikan. berkaitan dengan muzakki (orang yang mengeluarkan zakat): (1) islam. (2) Termasuk harta yang berkembang. atau harta tersebut disalurkan atas pilihannya sendiri dan faedah dari harta tersebut dapat ia peroleh. (2) harta tersebut adalah harta yang berkembang. piutang bisa dirinci menjadi dua macam: 1. Piutang seperti dikenai zakat. Pendapat ini adalah pendapat terkuat dan dipilih oleh mayoritas ulama. Sedangkan yang dimaksud dengan syarat di sini adalah harta tersebut adalah milik di tangan individu dan tidak berkaitan dengan hak orang lain. (1) Dimiliki secara sempurna. Pemilik harta yang hakiki sebenarnya adalah Allah Ta’ala sebagaimana disebutkan dalam sebuah ayat. .Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam masalah kewajiban zakat. Piutang yang sulit diharapkan untuk dilunasi karena diutangkan pada orang yang sulit dalam melunasinya.” (QS. 2. dan (2) merdeka. Al Hadiid: 7) Al Qurthubi menjelaskan. (4) telah mencapai haul (harta tersebut bertahan selama setahun). Syarat tersebut ada yang berkaitan dengan muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) dan ada yang berkaitan dengan harta. Hamba tidaklah memiliki apaapa melainkan apa yang Allah ridhoi. “Ayat ini merupakan dalil bahwa pada hakekatnya harta adalah milik Allah. Syarat pertama. (3) harta tersebut telah mencapai nishob.” Harta yang hakikatnya milik Allah ini telah dikuasakan pada manusia. ٌ ِ َ ٌ ْ َ ْ ُ َ ُ َ ْ ََ ْ ُ ْ ِ ُ َ َ َ ِ ّ َ ِ ِ َ ِ َْ َ ْ ‫َ ِ ُ ِ ّ َ َ ُ ِ ِ ََ ْ ِ ُ ِ ّ َ ََ ُ ْ م‬ ‫آمنوا بال ورسوله وأنفقوا مما جعلكم ُستخلفين فيه فالذين آمنوا منكم وأنفقوا لهم أجر كبير‬ ِ “Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Piutang seperti ini tidak dikenai zakat sampai piutang tersebut dilunasi. berkaitan dengan harta yang dikeluarkan: (1) harta tersebut dimiliki secara sempurna. Jadi manusia yang diberi harta saat ini dianggap sebagai pemegang amanat harta yang hakikatnya milik Allah. Berikut rincian dari syarat yang berkaitan dengan harta. ditunaikan dengan segera dengan harta yang dimiliki dikeluarkan setiap haul (setiap tahun). Siapa saja yang menginfakkan hartanya pada jalan Allah sebagaimana halnya seseorang yang mengeluarkan harta orang lain dengan seizinnya. Syarat kedua. maka ia akan mendapatkan pahala yang melimpah dan amat banyak.

Syarat ini berlaku bagi zakat pada mata uang dan hewan ternak. ِ ِ َ َ َ َ ِ ِ ْ َ ِ ٌ َ َ َ ِ ِْ ُ ْ ََ َ ْ َ ‫ليس على المسلم صدقة فى عبده ول فرسه‬ “Seorang muslim tidak dikenai kewajiban zakat pada budak dan kudanya. Untuk masing-masing harta yang dikenai zakat. Dalil dari syarat ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. dan anggur). Harta yang Dikenai Zakat Beberapa harta yang para ulama sepakat wajib dikenai zakat adalah: 1. Emas dan perak (mata uang). 3. para ulama membagi harta yang berkembang menjadi dua macam: (a) harta yang berkembang secara hakiki (kuantitas). (4) Telah mencapai haul. (3) Telah mencapai nishob. Artinya harta yang dikenai zakat telah mencapai masa satu tahun atau 12 bulan Hijriyah. dan kambing). Satu sha’ sama dengan 2. Bukhari no. (Imam Syafi’i) . Zakat Fitrah dikeluarkan pada permulaan bulan Ramadhan dan waktu wajibnya pada malam hari raya. Pertanian dan buah-buahan (gandum. tempat tinggal.Yang dimaksudkan di sini adalah harta tersebut mendatangkan keuntungan dan manfaat bagi si empunya atau harta itu sendiri berkembang dengan sendirinya. Zakat Fitrah harus dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri dilangsungkan.5 kg (beras). ini akan ukuran nishob masing-masing yang nanti akan dijelaskan. Harta yang merupakan kelebihan dari kebutuhan pokok. Oleh karena itu. kurma. Zakat ini diberikan kepada golongan fakir miskin. Hewan ternak (unta. (b) harta yang berkembang secara takdiri (kualitas). maka seperti ini dikatakan tidak mampu. (5) Kelebihan dari kebutuhan pokok. 1464) Dari sini. dengan maksud utama agar jangan sampai ada orang yang meminta-minta (kelaparan) pada Idul Fitri. namun zakat dari pertanian dikeluarkan setiap kali panen. dan pakaian. Waktu paling tepat untuk mengeluarkan zakat fitrah adalah: 1. 2. Zakat Fitrah Zakat fitrah adalah mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki yang bertujuan untuk mensucikan harta tersebut. sapi. maka tidak ada zakat pada harta yang disimpan untuk kebutuhan pokok semisal makanan yang disimpan.” (HR. Sedangkan harta yang masih dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok. maka seseorang bisa jadi akan celaka. Para ulama menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kebutuhan pokok adalah apabila kebutuhan tersebut dikeluarkan. itulah sebagai barometer seseorang itu dianggap mampu atau berkecukupan. Waktu utama ada yang menyatakan bahwa zakat fitrah dikeluarkan satu hari / dua hari sebelum Idul Fitri. seperti harta perdagangan dan hewan ternah hasil perkembangbiakan. (Imam Bukhari). dan rumah. Sedangkan untuk zakat hasil pertanian tidak ada syarat haul. MACAM-MACAM ZAKAT A. Apabila dikeluarkan sesudahnya maka disebut sedekah biasa. 2. Nishob adalah ukuran minimal suatu harta dikenai zakat. seperti nafkah. Yang wajib dikeluarkan untuk zakat fitrah adalah satu sha’ dari makanan pokok sehari-hari penduduk suatu negeri/daerah. kendaraan.

D. Zakat Emas Zakat emas adalah zakat yang dikeluarkan jika kita memiliki emas sama harta lebih dari nisab dan dengan syarat berkembang atau bertambah. Zakat Usaha Yang dimaksud harta usaha dalam kaitannya dengan zakat adalah seluruh harta yang sejak awalnya diperuntukkan untuk diperjualbelikan. Dan nisab emas itu adalah 20 misqal atau 20 dinar dan itu sama dengan 85gr emas. NISAB ZAKAT Pengertian Nisab Zakat Nisab adalah batas minimal kewajiban untuk berzakat. Adapun cara mengeluarkan zakatnya bisa langsung pada saat menerima hadiah atau ditangguhkan beberapa waktu untuk digabungkan dengan zakat harta yang lain. Ketentuan besarnya zakat pertanian 5 atau 10% 3. Langsung mengeluarkannya pada saat kita menerima suatu penghasilan atau pendapatan. KADAR ZAKAT 1. maka harus dikeluarkan zakatnya. Ada zakat yang dikeluarkan setahun sekali tetapi untuk memudahkan teknis pelaksanaannya diperkenankan dilaksanakan setiap bulan. prestasi kerja.5% bagi harta tertentu 2. 2. 3. Misalnya. Zakat Undian Zakat Undian adalah zakat wajib dikeluarkan jika hasil undian/hadiahnya diizinkan oleh Allah atau bukan harta ghulul. Ada juga zakat yang kita keluarkan setahun sekali. Nisab zakat bisa dimaksudkan juga sebagai kadar zakat . yaitu zakat tijarah (harta perdagangan). dll. ketrampilan.B. Jika hadiahnya melebihi nisat maka harus dikeluarkan zakatnya. Jadi harta yang wajib dizakatkan adalah harta yang sama atau lebih nisabnya. C. Jadi apabila diakhir tahun telah mencapai nisabnya. Ketentuan besarnya zakat 2. Ketentuan 12.5% untuk bagian amil. CARA MENGELUARKAN ZAKAT Ada beberapa cara dalam mengeluarkan zakat: 1.

Sebagaimana sujud sahwi yang menyempurnakan kekurangan dalam sholat. Dan Rosul memerintahkan supaya diberikan sebelum orang-orang keluar untuk sholat (Idul fitri)" Diantara hikmah syari'ah zakat fitrah yang bisa kita ambil adalah : 1. Membersihkan jiwa dan menyempurnakan pahalanya orang yang telah berpuasa Romadlon. Zakat fitrah khusus disyari'ahkan kepada ummat Nabi Muhammad. Barang . Dalam riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah disebutkan : "Rosululloh SAW mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan bagi yang puasa daripada sia-sia dan kekotoran mulut dan sebagai makanan bagi orang miskin. Mengeluarkan zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap orang yang telah menetapi syarat wajibnya.menjadi sempurna. Rosululloh SAW mewajibkan zakat fitrah satu sho' dari kurma atau satu sho' dari gandum atas hamba/budak dan orang merdeka. Zakat maal (harta) Zakat fitrah PENGERTIAN DAN DASAR HUKUMNYA. Dalam hadits riwayat Bukhori Muslim diriwayatkan : "Dari Ibnu Umar RA .Nama No / Kelas : Tia DIyas K : 37 / X TKJ 2 JENIS ZAKAT Zakat terbagi atas dua jenis yakni: • • Zakat fitrah. sebab menemui sebagian bulan Romadlon dan bulan Syawal. dan mulai diwajibkan pada dua hari menjelang hari 'Idul fitri pada tahun kedua Hijriah. laki-laki dan perempuan. Dengan berzakat fitrah. Zakat fitrah atau dikenal dengan sebutan zakat badan.ia berkata. zakat ru'us atau shodaqoh fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan bagi setiap muslim yang mampu. yang kecil dan yang besar dari kaum muslimin. nilai ibadah puasa Romadlon yang barangkali berkurang karena hal-hal yang kurang baik yang dilakukan seorang muslim.

Mempunyai makanan. 2. maka (termasuk) zakat yang diterima. maka tidak wajib zakat walaupun (yakin) keesokan harinya punya kelebihan. Islam. Baik untuk keperluan dirinya sendiri ataupun orang-orang yang wajib dinafkahi. Islam. Abu Hafs bin Syahin) Dalam I'anah At-Tholibin dijelaskan.dengan syarat sebagai berikut : 1. Bagi orang yang tidak menetapi persyaratan diatas. 2. tidak diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah. Merdeka (bukan budak/hamba sahaya) 3. standar lebih tidaknya mencakup harta yang menjadi kebutuhan pokok. . seperti tempat tinggal yang layak (tidak berlebihan). namun sunnah untuk hutang guna untuk fitrah. Seseorang wajib mengeluarkan zakat fitrah.tanpa zakat fitrah berarti puasa tidak diterima. 2.baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk orang-orang yang ditanggung nafkahnya. Oleh sebab itu. Dan barang siapa mengeluarkan zakat setelah sholat. Menemui waktu wajib mengeluarkan zakat fitrah. Bukan berarti. alat-alat rumah tangga dan lain-lain.siapa mengeluarkan zakat sebelum sholat. Rosululloh SAW bersabda (yang artinya): "Kayakanlah mereka (orang-orang faqir) dari kehinaan meminta-minta dihari ini" (HR. maka tidak wajib menjual harta pokok guna untuk membayar zakat fitrah. SYARAT WAJIB ZAKAT FITRAH. apabila saat waktu wajib fitrah tidak mempunyai kelebihan makanan/materi. apakah mengeluarkan zakat fitrah atau tidak. Dalam riwayat lain disebutkan : "Puasa Romadlon itu digantungkan diantara langit dan bumi. tidak diangkat puasa tersebut kecuali dengan zakat fitrah" (HR. maksud dari ‘(tidak diangkat)’ adalah sebagai kinayah dari sempurnanya puasa (Romadlon) itu tergantung dari orang yang berpuasa. ‘devinisi lebih’ dalam zakat fitrah diartikan mempunyai kelebihan makanan atau materi dari yang diperlukan pada malam dan siangnya hari 'Idil Fitri.yaitu menemui sebagian bulan Romadlon dan bulan Syawal. Daruquthni dan Baihaqi) 2.harta atau nilai uang "yang lebih" dari yang diperlukan pada malam dan siangnya hari raya. pakaian. apabila pada han 'Idil Fitri tidak mempunyai kelebihan. Membahagiakan orang-orang fakir.Sedangkan syarat wajib bagi orang yang dizakati adalah : 1. Dalam kitab As-Syarqowi diterangkan. Lebih jauh. Artinya. maka (termasuk) shodaqoh dari beberapa shodaqoh".

Makanan pokok yang dikeluarkan sebagai zakat fitrah kadarnya adalah satu sho’. Atas nama dirinya sendiri /orang yang mengeluarkan zakat. menzakati anaknya yang berada di Madura dengan makanan pokok jagung. maka boleh menggunakan salah satu dari jenis makanan tersebut. tidak campuran. Satu sho’ tersebut kurang lebih 2. Salah satu dari hikmah syari'ah zakat fitrah adalah berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang kurang mampu pada hari yang berbahagia (hari raya). dengan memberikan barang yang paling diperlukan dalam hidup. d. jenis jagung dan lain-lain. maka jenis makanan pokok yang digunakan zakat dan tempat memberikannya disesuaikan dengan daerahnya orang yang dizakati. Menurut Madzab Syafi'i. Sejenis (tidak campuran) Bahan makanan yang digunakan zakat fitrah harus sejenis. namun makanan/harta yang lebih hanya beberapa sho' (tidak mencukupi untuk semua keluarga). Diantara syaratsyarat benda yang digunakan sebagai zakat fitrah adalah : a. Dan hukumnya tetap sah. Seorang ayah yang berada didaerah Kediri dengan makanan pokok beras. maka tetap wajib dikeluarkan sebagai zakat fitrah.75 Kg. Oleh sebab itu. beras campur gandum dan lain-lain.Apabila terdapat beberapa makanan pokok yang terlaku. namun agar lebih hati-hati kita mengambil pendapat ulama yang mengatakan satu sho’ adalah 3 Kg. Misalnya. Apabila tempat dan standart makanan pokok dari orang yang dizakati dan orang yang menzakati berbeda. seperti beras campur jagung. Maka makanan pokok yang digunakan untuk zakat adalah jagung dan diberikan pada golongan penerima zakat di Madura. Apabila makanan/harta "yang lebih" jumlahnya kurang dari satu sho'. Sedangkan seseorang yang mempunyai kewajiban menzakat fitrahi satu keluarga.3. MEKANISME DAN KADARNYA ZAKAT FITRAH. . Oleh sebab itu. Dikeluarkan ditempat orang yang dizakati. namun ada pula yang mengatakan bahwa satu sho’ sama dengan 2.5 Kg. jenis gandum. makanan yang digunakan sebagai zakat fitrah distandartkan dengan makanan yang paling dominan dalam masyarakat pada masa itu. c. Berupa bahan makanan. Sebagaimana telah disebutkan dalam hadits Rasulullah. walaupun kurang dari satu sho'. tidak boleh menggunakan makanan pokok campuran. yaitu makanan. maka metode pentasarufannya (pengeluaran zakatnya) adalah sesuai urutan berikut ini : 1. Misalnya. jenis beras. Dan diperbolehkan menggunakan jenis makanan yang paling banyak mengandung kadar kekuatan (paling mengenyangkan). benda yang digunakan sebagai zakat fitrah harus berupa makanan (bukan uang) yang pada masa itu (tahun/hari raya) dijadikan sebagai makanan pokok oleh mayoritas orang dalam daerah tersebut. b. Satu sho’ untuk setiap orang.

4. orang. Yaitu. Waktu jawaz. ibunya. sejak akhir Romadlon (menemui sebagian bulan Romadlon) sampai 1 Syawal (menemui sebagian bulan Syawal). Waktu Wajib. apabila pengakhiran tersebut karena ada udzur. 5. yang meninggal setelah Magribnya 1 Syawal wajib dizakati. Yaitu. Mengeluarkan zaakat fitrah setefah sholat hari raya hukumnya makruh. Yaitu. 3. zakat fitrah boleh diberikan sejak memasuki bulan Romadlon. 2. yaitu : 1. Yaitu. apabila tidak ada udzur. WAKTU MENGELUARKAN ZAKAT FITRAH. sedangkan bayi yang lahir setelah Magribnya 1 Syawal tidak wajib dizakati. Waktu sunnah. Melihat fenomena zakat fitrah yang memungkinkan dilakukan oleh orang lain . Waktu mengeluarkan / memberikan zakat fitrah terbagi menjadi 5. bukan waktu sebelum Romadlon. 4. Jika pengakhiran tersebut karena udzur. 4. 5.2. maka hukumnya tidak haram. 5. 6. seperti menunggu hartanya yang tidak ada ditempat. setelah fajar dan sebelum sholat hari raya Idul Fitri 1 Syawal. Mengakhirkan zakat fitrah sehingga keluar dan 1 Syawal hukumnya haram apabila tanpa udzur. Waktu Makruh. Oleh sebab itu. anaknya yang sudah besar dan dalam kondisi tidak mampu. Artinya. budaknya. NIAT ZAKAT FITRAH. Atas Atas Atas Atas Atas nama nama nama nama nama anaknya yang masih kecil. Zakat fitrah merupakan sebuah ibadah fardlu yang sudah barang tentu membutuhkan niat. seperti menanti kerabat atau orang yang lebih membutuhkan. mulai awal bulan Romadlon sampai awal bulan Syawal (waktu wajib). setelah tenggelamnya matahari pada tanggal 1 Syawal. Oleh sebab itu. atau menunggu orang yang berhak menerima zakat. setelah sholat Idul Fitri sampai tenggelamnya matahari pada tanggal 1 Syawal. maka hukumnya tidak makruh. ayahnya. Yaitu. Waktu haram. Orang yang menemui (masih hidup) disebagian bulan Romadlon dan bulan Syawal wajib mengeluarkan zakat fitrah (untuk dirinya sendiri) atau dizakat fitrahi oleh orang yang berkewajiban menanggung nafkahnya atau oleh orang lain dengan seidzin orang yang dizakati. 3. Sedangkan status dari zakat fitrah yang dikeluarkan setelah 1 Syawal adalah qodlo'.

b. maka zakat dan niat dari pelaku zakat hukumnya tidak sah. Waktunya niat zakat fitrah boleh dilakukan pada saat memisahkan makanan pokok yang digunakan zakat. harta adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki (dikuasai) dan dapat digunakan (dimanfaatkan) menurut ghalibnya(lazim). seorang suami/kepala rumah tangga mengeluarkan zakat atas nama istrinya. atau waktu antara memisahkan zakat dan memberikan zakat pada fakir miskin.(yang menanggung nafkahnya atau yang mendapat idzin dari orang yang dizakati). atau saat memberikan zakat pada orang yang berhak menerimanya. maka yang melakukan niat adalah pelaku zakat tanpa harus mendapat idzin dari orang yang dizakati. anaknya yang masih kecil. Wallohu Alam Zakat maal (harta) 1. Oleh sebab itu. Zakat untuk dirinya sendiri. c. Jika tidak mendapat idzin dari orang yang dizakati. orang tua yang tidak mampu dan lain lain. Menurut syar'a. seorang istri yang kaya mengeluarkan zakat untuk dirinya sendiri. Apabila zakat atas nama orang lain. . Seperti. harta adalah segala sesuatu yang diinginkan sekali sekali oleh manusia untuk memiliki. Zakat untuk orang yang tidak ditanggung fitrahnya. orang yang dizakati wajib mengeluarkan zakat fitrah sendiri. Menurut bahasa (lughat). Pengertian Maal (harta) 1. Apabila zakat fitrah atas nama dirinya sendiri (pelaku zakat). Apabila zakat atas nama orang lain. agar melakukan niat sendiri.alias tidak bisa menggugurkan kewajiban fitrahnya orang yang dizakati. maka hukumnya sah. anak buah atau orang lain yang fitrahnya tidak menjadi tanggungan pelaku zakat. pelaku zakat memberikan makanan yang akan digunakan zakat kepada orang yang akan dizakati. saudara. walaupun tidak mendapat idzin dari pelaku zakat (penanggung fitrah). Dan seandainya "orang yang fitrahnya" menjadi tanggungan pelaku zakat mengeluarkan zakat fitrah atasnama dirinya sendiri dan dengan hartanya sendiri. maka yang niat pelaku zakat itu sendiri. Dan diperbolehkan. Zakat untuk orang yang ditanggung fitrahnya. Seperti. maka zakat dan niat dari pelaku zakat dihukumi sah apabila sudah mendapat idzin dari orang yang dizakati. Seperti. yang fitrahnya tidak menjadi tanggungan dari pelaku zakat. seorang pelaku zakat mengeluarkan zakat atas nama anaknya yang sudah dewasa (kecuali jika dalam kondisi cacat atau sedang belajar ilmu agama). maka pelaku niat dalam zakat fitrah ada 3 macam : a. yang fitrahnya menjadi tanggungan dari pelaku zakat. memanfaatkan dan menyimpannya 2.

Sedang hasil pertanian. maka harta tersebut terbebas dari zakat. dan dapat diambil manfaatnya secara penuh. uang. ternak. harta simpanan dan perniagaan. sedangkan harta yang tidak sampai nishabnya terbebas dari Zakat d. burung). Emas Dan Perak Emas dan perak merupakan logam mulia yang selain merupakan tambang elok. Sedangkan apabila harta tersebut diperoleh dengan cara yang haram. perak. hewan kecil (kambing. sebab harta tersebut harus dibebaskan dari tugasnya dengan cara dikembalikan kepada yang berhak atau ahli warisnya. 2. Cukup Nishab Artinya harta tersebut telah mencapai jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan syara'. emas. maka zakat atas harta tersebut tidaklah wajib. pendidikan. Harta(maal) yang Wajib di Zakati a. warisan. rumah. itik. pakaian. seperti : usaha. dll. belanja sehari-hari. dsb. Syarat-syarat Kekayaan yang Wajib di Zakati a. b. Milik Penuh (Almilkuttam) Yaitu : harta tersebut berada dalam kontrol dan kekuasaanya secara penuh. Berkembang Yaitu : harta tersebut dapat bertambah atau berkembang bila diusahakan atau mempunyai potensi untuk berkembang. buah-buahan dan rikaz (barang temuan) tidak ada syarat haul. juga sering dijadikan perhiasan. f. dihimpun. Emas dan perak . Artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi yang bersangkutan tidak dapat hidup layak. e. Lebih Dari Kebutuhan Pokok (Alhajatul Ashliyah) Kebutuhan pokok adalah kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarga yang menjadi tanggungannya. hasil pertanian. Bebas Dari hutang Orang yang mempunyai hutang sebesar atau mengurangi senishab yang harus dibayar pada waktu yang sama (dengan waktu mengeluarkan zakat). sapi. misal. b. Harta tersebut didapatkan melalui proses pemilikan yang dibenarkan menurut syariat islam. yaitu: a. untuk kelangsungan hidupnya. disimpan. 2. kesehatan. domba) dan unggas (ayam. Kebutuhan tersebut seperti kebutuhan primer atau kebutuhan hidup minimum (KHM). Misalnya rumah. Dapat dimiliki. Berlalu Satu Tahun (Al-Haul) Maksudnya adalah bahwa pemilikan harta tersebut sudah belalu satu tahun. c. Dapat diambil manfaatnya sesuai dengan ghalibnya. dikuasai b. Binatang Ternak Hewan ternak meliputi hewan besar (unta. mobil. kerbau). Persyaratan ini hanya berlaku bagi ternak.sesuatu dapat disebut dengan maal (harta) apabila memenuhi 2 (dua) syarat. pemberian negara atau orang lain dan cara-cara yang sah.

saham atau surat berharga lainnya. ukiran atau yang lain. perak. timah. Ma-din dan Kekayaan Laut Ma'din (hasil tambang) adalah benda-benda yang terdapat di dalam perut bumi dan memiliki nilai ekonomis seperti emas. makanan. seperti rumah. dll. baik berupa uang. dll. tanaman hias. Rikaz Rikaz adalah harta terpendam dari zaman dahulu atau biasa disebut dengan harta karun. Termasuk didalamnya harta yang ditemukan dan tidak ada yang mengaku sebagai pemiliknya. asal tidak berlebihan. sehingga penentuan nishab dan besarnya zakat disetarakan dengan emas dan perak. kendaraan. umbi-umbian. Oleh karena syara' mewajibkan zakat atas keduanya. . buah-buahan. leburan logam. marjan. Yang melebihi keperluan menurut syara' atau dibeli/dibangun dengan tujuan menyimpan uang dan sewaktu-waktu dapat di uangkan. cek. deposito. Perniagaan tersebut di usahakan secara perorangan atau perserikatan seperti CV. dll.c. batu-bara. e. dll. souvenir. dll. bejana. minyak bumi. juga dijadikan mata uang yang berlaku dari waktu ke waktu. tanah. tembaga. d. adalah mata uang yang berlaku pada waktu itu di masing-masing negara. Demikian juga pada harta kekayaan lainnya. termasuk kedalam kategori emas dan perak. Kekayaan laut adalah segala sesuatu yang dieksploitasi dari laut seperti mutiara. baik berupa barang seperti alat-alat. perhiasan. Termasuk dalam kategori emas dan perak. pakaian. Oleh karena segala bentuk penyimpanan uang seperti tabungan. Pada emas dan perak atau lainnya yang berbentuk perhiasan. Harta Perniagaan Harta perniagaan adalah semua yang diperuntukkan untuk diperjual-belikan dalam berbagai jenisnya. f. Hasil Pertanian Hasil pertanian adalah hasil tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian. maka tidak diwajibkan zakat atas barang-barang tersebut. PT. ambar. villa. sayurmayur. dsb. giok. Koperasi. marmer. rumput-rumputan. dedaunan. Islam memandang emas dan perak sebagai harta yang (potensial) berkembang.