IRAMA DALAM ARSITEKTUR Pengertian Irama (Rhythm)Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus

. Dalam bentuk – bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk – bentuk unsur rupa. Irama dalam seni visual terjadi dengan cara pengulangan secara sistematis elemenelemen yang mempunyai hubungan Contoh : Terapan Unsur Bidang (Regular) dan Ruang Terapan unsur bidang (regular) dan ruang di sini adalah upaya penyusunan teratur unsur desain bidang menggunakan media bebas dalam ruang yang terbatas imajiner dan terkomposisi menuju kesatuan harmoni

Hubungan antara irama dan arsitektur
kita juga dapat menemukan unsur-unsur yang ada di dalam dunia musik. Ritme dan irama dapat ditampilkan melalui wujud dan ekspresi sebuah form dari karya arsitektur. Ekspresi yang ditimbulkannya pun bisa bermacam-macam, dan sangat mempengaruhi persepsi kita masing-masing. Karena posisi kita sebagai manusia yang merasakan suatu ruang adalah sebagai subjek yang mempersepsikan sebuah objek

indah dan unik. Selain itu juga adanya pemakaian elemen lengkungan yang ritmis.JENIS IRAMA Irama dapat dibagi dalam 2 jenis yakni : Irama monotone Irama dinamis Seperti pada tangga lagu maka irama monotone adalah hanya satu elemen yang berulangulang hingga akan menimbulkan irama yang tetap atau monotone. penantaan bangunan pada umumnya berbentuk simetris. J. dan monumental. megah. Gerber Langgam arsitektur Gedung Sate terinspirasi gaya bangunan Italia di Zaman Renaissance. Sedangkan pada irama dinamis terjadi kebalikannya dimana irama lebih bervariasi karena ada beberapa elemen yang berulang-ulang dari suatu irama. indah. . berulang-ulang (repetisi) sehingga menciptakan "irama arsitektur" yang menyenangkan. Irama dalam tampak biasa terjadi pada arah horizontal dan juga arah vertical. selain mengungkapkan kesan anggun. Dan sebagaimana umumnya bangunan resmi yang didirikan oleh Burgerlijke Openbare Werken . CONTOH : Gedung Sate dirancang oleh arsitek Belanda Ir.

5. tetap perubahan yg teratur. Semua berubah. Garis Perbedaan warna Terang. . 2. IRAMA TERBUKA adlh pengulangan bentuk yg sama dengan jarak yg sama tanpa menentukan suatu permulaan atau pengakhiran IRAMA TERTUTUP adlh pengulangan bentuk & jarak yg sama dengan pemberian awalan & akhiran yg lain bentuknya atau ukurannya lain atau jaraknya lain. 6. KLIMAKS Suatu akhir dari perjalanan dari awal hingga akhir. 3. 4.HAL YANG AKAN MENIMBULKAN IRAMA 1. Jarak yg satu dengan yg laian hampir sama. sedemikian hingga bentuk yg mirip dengan bentuk yang lain. gelap Tiang atau kolom Bentuk struktur DLL IRAMA BERDASARKAN SIFATNYA DIBAGI MENJADI 4 : IRAMA PROGRESIF Tidak ada bentuk yg sama atau jarak yg sama yg diulang.

antara kesepian dan keributaan . BY : INSTITUTE SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL homearsitek.com .KESIMPULAN Irama bertujuan menghilangkan kesan monoton dan kesan yang sama serta menjemukan Irama berada pada posisi anatar kejemuaan dan kekacauan. antara monoton dan kerumitan.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful