Glodokan Tiang (Polyalthia longifolia

)

MAKALAH Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Botani Tumbuhan Berpembuluh Yang dibina oleh Ibu Eko Sri Sulasmi

Disusun Oleh Dian Isnanta Putri 308342417623

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN BIOLOGI Mei 2010

puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan makalah herbarium ini tepat pada waktunya. Oleh karena itu. 2. Kedua orang tua penulis yang telah membantu penulis secara moril maupun marteriil. Dalam penyusunan makalah ini. penulis telah mendapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak. penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Oleh karena itu. Asisten dosen yang telah membantu dan membimbing penulis. Semoga makalah ini dapat berguna bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya. 3. Ibu Eko Sri Sulasmi selaku dosen pengampu mata kuliah Botani Tumbuhan Berpembuluh. Penulis menyadari bahwa laporan proyek ini masih jauh dari sempurna. Teman-teman yang telah banyak membantu dan mendukung selama pelaksanaan proyek dan penyusunan laporan secara langsung maupun tidak langsung. saran dan kritik yang membangun sangan penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Malang. 5. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan ke haribaan Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah ke jaman yang terang benderang. Mei 2010 Penulis . Pihak-pihak terkait yang telah membantu dan tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.Kata Pengantar Alhamdulillah. 4.

1 Kesimpulan 4.2 Metode 2 2 3 BAB III Data 4 BAB IV Penutup 4.2 Tujuan 1 1 1 BAB II Kajian Pustaka dan Metode 2.1 Latar Belakang 1.1 Kajian Pustaka 2.Daftar Isi KATA PENGANTAR DAFTAR ISI i ii BAB I Pendahuluan 1.2 Saran Daftar Rujukan .

. Di dalam makalah yang berjudul Mutual Responsibilities of Taxonomic Mycology and Plant Pathology.BAB I Pendahuluan 1. 1. Pembentukan koleksi tumbuhan di negara-negara Asia Tenggara akan sangat terbantu apabila para pakar praktis tumbuhan diberi kesadaran tentang pentingnya menyimpan spesimen di laboratorium-laboratorium tertentu. dianjurkan agar membuat herbarium dari pohon atau tumbuhan yang sedang diteliti untuk mempermudah pengamatan (Onrizal. Walker (1975) menyitir tidak kurang dari 18 pustaka acuan yang para penulisnya mengemukakan pentingnya peran taksonomi di dalam biologi terapan dan pentingnya pekerjaan taksonomi tumbuhan (Onrizal. Sebagaimana prioritas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Australia adalah menyelenggarakan lokakarya-lokakarya kecil yang diikuti oleh para ilmuwan tumbuhan dan atasan mereka untuk menjelaskan pentingnya koleksi biologi dalam menyokong perdagangan. dan peran yang dapat dimainkan oleh profesional tumbuhan dalam memperbanyak jumlah koleksi (Onrizal.2 Tujuan Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut. 2005).  Mendeskripsikan tempat hidup tumbuhan Glodokan Tiang.  Mendeskripsikan ciri morfologi tumbuhan Glodokan Tiang. termasuk herbarium tumbuhan telah menjadi pokok bahasan sejumlah makalah yang diterbitkan di dalam pustaka dan tinjauan ilmiah. Untuk keperluan itulah. 2005). saat ini telah banyak kegiatan penelitian dalam bidang botani dimana dalam penelitian tersebut menggunakan pohon atau tumbuhan lain sebagai objek utama. 2005).1 Latar Belakang Pentingnya koleksi biologi. Selain itu. Lokakarya-lokakarya semacam ini perlu ditindaklanjuti dengan programprogram pelatihan bagi mereka yang bekerja sebagai pakar tumbuhan dan mahasiswa untuk memberikan jaminan bahwa mereka mengetahui cara mengawetkan spesimen dan mengirimnya ke herbarium-herbarium yang ditunjuk.

Setiap bunga terdiri dari kaliks yang kecil. Ashok umumnya terlihat seperti pohon yang dipenuhi daun sehingga sulit terlihat batangnya. nama Ashok merupakan nama yang telah banyak dikenal di India Utara. Daunnya glossy berwarna hijau. Pohon ini dapat mencapai tinggi hingga 25 kaki dan membentuk bangun kolumnar.1 Kajian Pustaka Menurut Anonim (2007). pohon ini dipenuhi dengan bunga berbentuk bintang dengan warna hijau pucat. Namun. meskipun nama Ashok tersebut berasal dari nama Sita Ashok. Pohon ini sangat taerkenal di India.BAB II Kajian Pustaka dan Metode 2. Pohon Glogok atau juga di sebut pohon glodokan tiang mempunyai istilah latin Polyalthea longifolia pendula adalah jenis tumbuhan yang banyak di tanam di pinggir jalan atau dalam taman-taman rumah. Menurut Singh (2008). klasifikasi tumbuhan glodokan adalah sebagai berikut. dan . Kingdom : Plantae (Tumbuhan) Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi Kelas Sub Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) : Magnoliidae : Magnoliales : Annonaceae : Polyalthia : Polyalthia longifolia Sonn. Bunga ini muncul pada clusters dari ketiak seluruh cabang dan ranting. dengan tepi daun bergelombang. Bunganya muncul selama bulan Maret hingga April. Glodokan tiang atau yang disebut Ashok adalah tumbuhan asli India da Srilanka. tetapi kadang-kadang cabangnya tidak terumbai ke bawah melainkan horizontal sehingga batangnya dapat terlihat dengan jelas. panjang. Selama periode pendek yakni selama 2 hingga 3 minggu. Batangnya halus dan derwarna coklat keabu-abuan.

diantaranya Ashoka atau Devadaru dalam Sansekerta. 2006). identifikasi dan pemberian nama melalui pencocokan dengan pustaka yang tersedia. Debdaru di Bengali dan India. Polyalthia longifolia merupakan tumbuhan evergreen yang berasal dar India. biasanya ditanam di ketinggian kurang dari 1200 m dpl (Anonim. Pohon ini dapat tumbuh hingga mmencapai 30 kaki. sampel tumbuhan diambil dan dikeringkan untuk dijadikan herbarium.Nettilinkam (Tamil).1 Metode Metode yang digunakan merupakan deskriptif observatif karena tidak ada perlakuan khusus yang diberikan. 2. Tumbuhan ini memiliki banyak nama. Daunnya bagus untuk dijadikan dekorasi ornamental dan digunakan pada perayaan festival. P. Menurut Anonim (2010). 2008). Pohonnya dapat dipotong menjadi berbagai bentuk.petals berwarna hijau yang panjang dan berjumlah 6 yang tersusun dalam dua lingkaran (Singh. 2010). klasifikasi. longifolia ditanam sebagai ornamen. Indian fir tree. Dalam pengamatan ini dilakukan dengan mengamati tumbuhan amatan. Asopalav (Gujarati). di tepi jalan dan pohon peneduh. Kenampakan pohon ini berupa piramida simetris dengan cabang seperti pendulum dan daun lanset dengan tepi bergelombang. Selain itu. melakukan deskripsi. glodogan tiang (Indonesian). . Daunnya mengandung 22 senyawa kimia yang bersifat toksik (Anonim. Indian mast tree. false ashoka. umumnya ditanam karena keefektifannya dalam mengurangi polusi suara.

1 Glodokan (Polyalthia longifolia) Perawakan Sistem Perakaran Tata Letak Daun Rumus Kelengkapan Daun Tipe Daun Bangun Daun Ujung Daun Pangkal Daun Tepi Daun Pertulangan Peruratan Permukaan Atas Daun Permukaan Bawah Daun : Pohon : Tunggang : Tersebar : 1/2 : Daun Bertangkai : Tunggal : Lanset : Meruncing : Bulat : Bergelombang : Menyirip : Memata Jala : Licin Mengkilat : Licin Suram Bentuk Irisan Tangkai Daun : Bulat Warna Daun Daging Daun : Hijau : Tipis Lunak Pohon ini ditemukan di depan Gedung Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang. .BAB III Data 3.

(Gambar Daun Glodokan Tiang) (Gambar Pohon Glodokan Tiang) .

 Tumbuhan ini biasa ditemukan di berbagai tempat dengan ketinggian kurang dari 1200 m dpl. .1 Kesimpulan Berdasarkan uraian tersebut.  Bagi masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sehingga keanekaragaman hayati di Indonesia dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemasyhuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.2 Saran  Pengoptimalan potensi tumbuhan glodokan tiang lebih ditingkatkan mengingat daunnya mengandung senyawa toksik yang dapat digunakan dalam bidang pengobatan.BAB IV Penutup 4. dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. daunnya menyirip dengan peruratan mematajala. sistem perakaran tunggang.  Tumbuhan glodokan tiang berperawakan pohon. 4.

flowersofindia. Teknik pembuatan herbarium (online). (http://www.wikipedia.aspx?id=BOT00151.org/wiki/Polyalthia_longifolia. (http://en. 2006. diakses tanggal 25 Mei 2010) Anonim.htm. (http://www. 2007.globinmed. (http://floraabadi. diakses tanggal 25 Mei 2010) .html.Daftar Rujukan Anonim. Polyalthia longifolia (online).com/ IMRContent/detail. Polyalthia longifolia (online). diakses tanggal 25 mei 2010) Anonim.net/ catalog/slides/Ashok. diakses 25 Mei 2010) Onrizal.tripod. 2005. 2010. Ashok (online).com/program/pohonlindung/glodokan.