P. 1
kebudayaan aztec

kebudayaan aztec

|Views: 305|Likes:
Published by yagamicilvi

More info:

Published by: yagamicilvi on May 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2014

pdf

text

original

Pusat peradaban Aztec ada di lembah Mexico, terutama di daerah Danau Zumpango dan Xaltoxan.

Di sana mereka mendirikan taman terapung. Selanjutnya mereka bergeser ke puncak Chapultepec, serta mendirikan kerajaan di daerah tersebut. Bangsa Aztec mendirikan dua pusat kerajaan, yaitu Techitlan dan Theteleco. Wilayah Aztec kemudian berkembang hingga meliputi Mexico bagian tengah dan selatan.

. Namun demikian.Sistem Pertanian Sistem pertanian bangsa Aztec sudah lebih maju karena sudah mengenal alat bajak dan menggunakan irigasi. di daerah-daerah pedalaman masih terdapat para petani dengan sistem ladang berpindah.

dan dewa yang paling terkenal adalah Dewa Perang dan Dewa Matahari.Sistem Kepercayaan Bangsa Aztec memuja banyak dewa (politeisme). Bangsa Aztec membangun piramidapiramida untuk memuja para dewa. .

Dalam buku Negara dan Bangsa (1990:208). .000 jiwa manusia dijadikan korban dalam upacara. khususnya. Untuk sesaji yang sedemikian massalnya itu. disebutkan bahwa Huzlopochtli. Pada waktu Ahuitzolt yang berkuasa pada abad ke-15. demikian rakus sehingga pada upacara istimewa ribuan manusia dikorbankan sebagai sesaji untuknya dalam waktu satu hari saja. lalu mempersembahkannya hangat-hangat dan masih berlumur darah ke batu altar sang dewa. paling tidak 20. Calon korban digiring ke puncak piramid tempat pendeta saling berebut bagian mereka masing-masing dan memotong jantung si korban dengan pisau batu gelas. bangsa Aztec tidak dapat mengandalkan sukarelawan dan oleh sebab itu mereka sering mengirim rombongan pejuang ke wilayah sekutunya untuk menangkapi calon-calon korban. Monte Zuma II pernah mengorbankan 5100 orang korban dalam satu upacara peringatan tahtanya.

Upacara kurban bagi bangsa Aztec bukanlah hal yang mengerikan. Bagi bangsa Aztec. Mati sebagai kurban upacara bagi mereka berarti ikut menyumbangkan hati dan darah untuk dipersembahkan kepada dewa matahari. Menurut kepercayaan mereka. Tenochittlan merupakan pusat upacara berdarah yang semakin menjadi-menjadi. darah manusia merupakan bagian upacara untuk mencegah kehancuran dunia. menciptakan suatu kehidupan yang dibayang-bayangi oleh lambang kematian.Pada puncak kejayaan kekuasaan Aztec. . Berbagai jamuan sakramental dan ritus-ritus lainnya. kematian ditangan para pendeta merupakan suatu kehormatan. yang menurut mereka ditandai oleh lenyapnya matahari. begitu pula bagi calon korban. Kepercayaan ini mempengaruhi pandangan orang Aztec. Sejak masa kanak-kanak mereka telah dilatih untuk siap dijadikan kurban ritual bila mereka tertewan dalam peperangan. dan dengan demikian ikut memperkuat matahari dalam peperangan sehari-hari melawan gelap (malam) sehingga mereka menjadi bagian penting dari matahari.

serta telah mengenal seni lukis. yang dihiasi oleh istana. piramida-piramida. pasar serta jalanjalan lebar. Bangunan termegah adalah kota Tenochtitlan. Bangsa Aztec telah mampu membuat perhiasan emas dan perak. astronomi.Seni Arsitektur Bangsa Aztec telah mampu menciptakan bangunan-bangunan sangat bagus yang terbuat dari semen dan pasir. serta matematika .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->