P. 1
DASAR-DASAR KOMUNIKASI

DASAR-DASAR KOMUNIKASI

|Views: 842|Likes:
Published by Amrin

More info:

Published by: Amrin on May 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/02/2013

pdf

text

original

DASAR-DASAR KOMUNIKASI Manusia adalah makhluk social yang hidup dan menjalankan seluruh kehidupannya sebagai individu

dalam kelompok social, kunitas, organisasi, maupun masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia berinteraksi, membangun relasi dan transaksi social dengan orang lain. Itulah sebabnya manusia tak dapat menghindari komunikasi antarpersonal, komunikasi dalam kelompok, komunikasi dalam organisasi dan public, dan komunikasi massa. Banyak pakar menilai bahwa komunikasi adalah suatu kebutuhan yang sangat fundamental bagi seseorang dalam hidup bermasyarakat. Profesor Wilbur schramm menyebutnya bahwa komunikasi dan amsyarakt adalah dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Sebab tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat maka manusia tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi. Pengerttian Komunikasi Kata komunikasi mengandung banyak arti, dari pengertian yang umum sampai pada pengertian yang spesifik, seperti halnya komunikasi kesehatan. Pada bagian ini akan diuraikan beberapa definisi komunikasi dari pengertian yang bersifat umum sampai pada definisi yang spesifik. Secara etimologis atau menurut asal katanya, istilah komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu communication, yang akar katanya adalah communis, tetapi bukan partai komunis dalam kegiatan politik. Arti communis disini adalah sama, dalam arti sama makna, yaitu sama makna menganai suatu hal (Djamarah, S.B., 2004). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa komunikasi kesehatan merupakan aplikasi dari konsep dan teori komunikasi dalam transaksi yang berlangsung antara individu/kelompok terhadap isu-isu kesehatan. “komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam”. Tujuan Komunikasi Upaya komunikasi yang dilakukan tentunya mempunyai tujuan tertentu. Fungsi Komunikasi Komunikasi berfungsi sebagai informasi, pendidikan dan untuk mendidik. Komunikasi merupakan media untuk mentransformasikan ilmu dari pendidik kepada peserta didik, informasi yang diberikan dapat berupa materi tertulis, penjelasan verbal di kelas, atau demonstrasi keterampilan di area praktek.

Melalui model komunikasi bias dilihat factor-faktor yang terlibat dalam proses komunikasi. Dengan demikian.MODEL-MODEL KOMUNIKASI Menurut Littlejohn (1983:12) “In a broad sense the term model can apply to any symbolic representation of asuhan antenatal thing. . Akan tetapi. Sebagaian ahli memaknai bahwa model adalah penyederhanaan teori yang disajikan dalam bentuk gambar. or idea: (dalam pengertian luas pengertian model menunjuk pada setiap representasi symbolis dari suatu benda. process. sedangkan model hanya merupakan representasi (representation). Model komunikasi adalah representasi fenomena komunikasi dengan menonjolkan unsure-unsur terpenting guna memahami suatu proses komunikasi. model komunikasi dapat diartikan sebagai representasi dari suatu peristiwa komunikasi. proses atau gagasan/ide. teori merupakan penjelasan (explanation). Dimana menggambarkan potensi-potensi tertentu yang berkaitan dengan berbagai aspek dari sebuah proses. Perbedaan antara teori dan model meurut Littlejohn dan Hawes (1993) adalah. Model-Model Komunikasi Model adalah suatu gambaran yang sistematis dan abstrak. Model pada hakikatnya adalah alat Bantu sehingga mempermudah penjelasan fenomena komunikasi dengan mempresentasikan secara abstrak cirri-ciri yang dianggap penting dan menghilangkan rincian yang tidak perlu. model tidak berisikan penjelasan mengenai hubungan dan interaksi antara factor-faktor atau unsureunsur yang menjadi bagian dari model.

usia lanjut. Komunikasi ini sangat penting terutama pada tenaga kesehatan sebagai role model dalam perilaku hidup sehat. kadang-kadang melibatkan komunikasi publik. f. Komunikasi Interpersonal Adalah proses komunikasi langsung antara professional-profesional dan profesiona klien. d. Komunikasi ini biasanya dalam bentuk dialog. pengajian ibu-ibu dan sebagainya. Komunikasi organisasi komunikasi yang terjadi dalam organisasi maupun antar organisasi yang dapat bersifat formal maupun non formal. . bahasa. U. Komunikasi Massa komunikasi yang melibatkan jumlah komunikan yang banyak. meskipun kondisi tertentu juga terjadi secara menolong. Komunikasi ini biasanya dalam bentuk diskusi dan saling mengenal. yaitu (Uripni. TINGKATAN. Komunikasi ini juga dapat terjadi dengan sifat anggota kelompok yang relatif homogen. baik secara aktif maupun pasif. c. 2033) : a. kelompok. b. L.. Jenis Komunikasi Ada dua jenis komunikasi. 2. keyakinan. perasaan dan berbicara pada diri sendiri tentang kesehatan diri sendiri. heterogen. T.JENIS. namun punya perhatian dan minat terhadap isu yang sama. Tingkatan Komunikasi a. Komunikasi ini melibatkan komunikasi intrapribadi. Komunikasi Intrapersonal komunikasi interpersonal adalah proses berpikir pada diri sendiri. DAN METODE KOMUNIKASI 1. Komunikasi Kelompok komunikasi yang terjadi dengan melibatkan lebih dari tiga orang. Sujianto. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa sebagai alat sehingga komunikasi verbal ini sama artinya dengan komunikasi kebahasaan dapat dijalin secara lisan dan tulisan. Misalnya komunikasi dengan kelompok remaja. Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa kial. e. C. terbesar dalam area geografis yang luas. Komunikasi Publik Adalah proses komunikasi yang dilakukan dihadapan orang banyak. Indrawati. b. interpribadi.

Emosi f. Latar belakang social budaya e. Pengertian Untuk memahami definisi komunikasi antar pribadi ada tiga perspektif. Perspektif pengembangan. Persepsi ini dibentuk oleh pengharapan atau pengalaman. kita dapat mengetahui dunia luar. Komunikasi antar pribadi mempunyai berbagai macam manfaat. Melalui komunikasi antar pribadi kita dapat mengenal diri kita sendiri dan orang lain. Perkembangan b. yaitu melihat komunikasi antar pribadi dari hubungannya. KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI Komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. 2. bias memperoleh hiburan dan menghibur orang lain dan sebagainya.Mengenal diri sendiri dan orang lain . Perspektif komponensial. Menurut Tanned (1990) bahwa wanita dan laki-laki mempunyai perbedaan gaya berkomunikasi. yaitu : 1. Devito dalam bukunya “The interpersonal Communication Book” mendefinisikan komunikasi antar pribadi adalah “proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau di antara sekelompok kecil orang-orang. Josep A. Nilai adalah standar yang mempengaruhi perilaku sehingga penting bagi bidan untuk menyadari nilai seseorang. Sebagian besar kegiatan komunikasi berlangsung dalam situasi komunikasi antar pribadi. Perspektif relasional. d. RINTANGAN KOMUNIKASI DAN CARA MENGATASINYA 1. yaitu melihat komunikasi antar pribadi dari proses pengembangannya.Mengetahui dunia luar . Hampir setiap saat kita bertindak dan belajar dengan melalui komunikasi. c. 1. Tujuan Komunikasi antar Pribadi . Jenis Kelamin. 3. Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi a. dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika”. yaitu melihat komunikasi antar pribadi dari komponenkomponennya. 2.FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMUNIKASI. Persepsi adalah pandangan pribadi seseorang terhadap suatu kejadian atau peristiwa. bias menjalin hubungan yang lebih bermakna.

bidang pengalaman. konperensi dan sebagainya 2. karena komunikator dapat mengetahui reaksi komunikasn pada saat komunikasi sedang berlangsung. organisasi usaha yang mempunyai struktur dan penjelmaan tugas. Pengertian Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok “kecil” seperti dalam rapat. Sifat-sifat Komunikasi Massa a. antara lain : 1. Arus balik di dalam komunikasi kelompok terjadi secara langsung. Sifat komunikator Sesuai dengan hakikatnya. universal tentang berbagai hal dari berbagai tempat di muka bumi. konteks maupun umpan balik. Dalam komunikasi kelompok terjadi kesempatan dalam melakukan tindakan pada saat itu juga 3. Cragan dan Wright mengkategorikan enam format kelompok prespektif. saluran. yaitu : diskusi meja bundar. Pesan yang diterima komunikan dapat bersifat rasional (terjadi pada komunikasi kelompok kecil) dan bersifat emosional (terjadi pada komunikasi kelompok besar) 5. di dalam sifat penggunaan media/saluran secara professional dengan teknologi tinggi melalui usaha-usaha industri maka pemilikan media massa bersifat lembaga. Sementara itu. yayasan. Sifat pesan pesan komunikasi massa bersifat umum.KOMUNIKASI KELOMPOK 1. . diskusi panel. 4. isi media massa adalah tentang berbagai peristiwa apa saja yang patut diketahui oleh masyarakat umum. forum. KOMUNIKASI MASSA Liliweri berpendapat. b. simposium. gangguan dan hambatan. Sekalipun berbagai pengertian komunikasi massa telah ditemukan oleh : pelbagai kepustakaan. bahwa komunikasi massa sebenarnya sama seperti bentuk komunikasi lainnya. pesan. Komunikator masih dapat mengetahui dan mengenal komunikan meskipun hubungan yang terjadi tidak erat seperti pada komunikasi inter personal. dalam arti memiliki unsur-unsur seperti : sumber (orang). Komunikasi kelompok akan menimbulkan konsekuensi bersama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kelompok preskriptif. Karakteristik Komunikasi Kelompok dan Klasifikasinya Adapun karakteristik dari komunikasi kelompok. mengacu pada langkah-langkah yang harus ditempuh anggota kelompok dalam mencapai tujuan kelompok. namun demikian secara umum komunikasi massa sebenarnya merupakan prsoses yang melukiskan bagaimana komunikator secara professional menggunakan teknologi sebagai dalam menyebarluaskan pengalamannya yang melampaui jarak untuk mempengaruhi khalayak dalam jumlah yang banyak. Komunikasi dalam komunikasi kelompok bersifat homogen 2. pertemuan. 6. fungsi-fungsi serta misi tertentu. efek. kolokium dan prosedur parlementer.

.Komplemen (Pelengkap) .KOMUNIKASI VERBAL 1. komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. bangsa dan Negara.Subtitusi atau pengganti . Pada umumnya. Janis. Komunikasi dapat disamakan dengan oksigen atau sesuatu yang vital bagi kehidupan. Keenam fungsi tersebut sebagai berikut : . Komunikasi menurut.Kontradiksi atau berlawanan . DEFINISI KOMUNIKASI VERBAL Komunikasi menurutHovland. adalah suatu proses penyampaian pesan (ide. DEFENISI KOMUNIKASI NON VERBAL Komunikasi non verbal yang terdiri dari kata non dan verbal. KOMUNIKASI NON VERBAL 1. Wikipedia Indonesia.Repetisi dan pengulangan .Aksentuasi (Penekanan) KOMUNIKASI ORGANISASI 1. 2. Jadi komunikasi non verbal dapat diartikan komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata (kebalikan dari komunikasi verbal). oleh karena itu para komunikator dalam organisasi perlu memahami dan menyempurnakan kemampuan berkomunikasi. kelompok. ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia. dan Kelly (1953 : 12) berarti sebuah proses dimana seorang individu sebagai komunikator menyampaikan stimulan yang biasanya verbal untuk mengubah perilaku orang lainnya. sedangkan verbal artinya kata-kata. non artinya tidak. Verbal adalah pernyataan lisan antar manusia lewat kata dan symbol umum yang sudah disepakati antar individu. Dengan demikian maka dengan jalan ini kita lebih memudahkan memahami komunikasi non verbal. Komunikasi yang efektif penting bagi semua organisasi. dapat disimpulkan bahwa komunikasi yang menggunakan kata-kata secara lisan dengan secara sadar dilakukan oleh manusia untuk berhubungan dengan manusia lain. FUNGSI KOMUNIKASI NON VERBAL Menurut Paul Ekman (1965)< fungsi komunikasi non verbal ada enam yang berhubungan dengan komunikasi verbal. gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Komunikasi Organisasi Komunikasi merupakan sesuaut yang penting bagi kehidupan manusia. Jadi definisi komunikasi verbal.Regulasi (Pengatur) .

2. dan tingkat pelaksanaan perintah. Fungsi Relasional Melalui komunikasi anggota organisasi diberikan kesempatan untuk menciptakan dan mempertahankan bisnis produktif dan hubungan personal dengan anggota organisasi lain. dikembangkan dan dikokohkan secara berkesinambungan melalui interaksi dengan anggota organisasi lainnya. Secara umum dapat dikatakan bahwa suasana komunikasi yang baik ialah suasana yang bersih dari prasangka-prasangka yang subjektif. disepakati. perasaan golongan atau kedaerahan. dan pesanpesan mengenai organisasi. Fungsi Perintah Melalui komunikasi anggota organisasi diberikan kesempatan untuk membicarakan. Komunikasi horizontal . Hasil fungsi perintah adalah koordinasi diantara sejumlah anggota yang saling bergantung dalam organisasi tersebut. Fungsi-fungsi tersebut adalah : 1. Iklim Komunikasi Organisasi Iklim komunikasi merupakan salah satu dimensi dalam suatu organisasi yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisasi yang dapat berimplikasi pada motivasi kerja. Misalnya : motivasi berganda muncul karena pilihan yang diambil akan mempengaruhi rekan kerja dan organisasi. Hubungan dalam pekerjaan mempengaruhi kinerja pekerjaan (jobperformance) dalam berbagai cara. yaitu : 1. Komunikasi kepada atasan 3. 2. dan konteks yang mengharuskan adanya pilihan tersebut tidak jelas. Bentuk-bentuk Komunikasi Dalam Organisasi Komunikasi dalam organisasi mempunyai bentuk atau arus pesan dalam arignan organisasi formal. A. Komunikasi adalah alat untuk mengatasi dan mengurangi ketidakjelasan (ambiguity) yang melekat dalam organisasi. Iklim komunikasi adalah suasana komunikai yang diciptakan oleh pola hubungan antara pribadi yang berlaku di situ. misalnya : kepuasaan kerja. menerima. Pace dan Faules (2001) menyatakan bahwa iklim komunikasi adalah persepsi atas unsure-unsur organisasi dan pengaruh unsur-unsur tersebut terhadap komunikasi dimana pengaruh tersebut kemudian didefinisikan. Komunikasi kepada bawahan. Pengaruh ini menghasilkan pedoman bagi keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan atau perilaku para pegawai yang bekerja di dalamnya. aliran komunikasi ke bawah maupun ke atas dalam hirarki organisasional. dan tujuannya adalah berhasil mempengaruhi anggota lain dalam organisasi. 3. Fungsi Manajemen Pilihan dalam situasi organisasi sering dibuat dalam keadaan sangat ambigu. demikian juga diri sendiri.Conrad dalam Tubbs dan Moss (2001) mengidentifikasikan tiga fungsi komunikasi dalam organisasi. tujuan organisasi tidak jelas. Suasana yang demikian akan membantu efektifitas komunikasi. menafsirkan dan bertindak atas suatu perintah. 2. Dua jenis komunikasi ang mendukung pelaksanaan fungsi ini adalah pengarahan dan umpan balik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->