Pancasila Sebagai Dasar Dan Sumber Tertib Hukum Negara Republik Indonesia

PANCASILA SEBAGAI DASAR DAN SUMBER TERTIB HUKUM NEGARA REPUBLIK INDONESIA

BAB IV

1. Hukum dasar yang menempat posisi paling atas ialah« a. Pancasila b. Keputusan presiden c. UUD d. UU 2. Apakah yang dimaksud tertib hukum ? a. ³Grundnurm´ b. ³Legal Order´ c. ³Gronslag´ d. ³Staatidee´ 3. Sumber tertib hukum Republik Indonesia ialah kecuali« a. Pengadilan b. Pancasila c. UUD d. Dekrit presiden 5 juli 1959 4. Dekrit presiden yang merupakan sumber berlakunya kembali UUD 1945 ialah« a. 5 juni 1959 b. 5 juli 1956 c. 5 juni 1956 d. 5 juli 1959 5. Hukum yang berperan sebagai dasar dan sumber hukum Negara bagi Negara Republik Indonesia adalah« a. UUD b. Pancasila c. Keputusan presiden d. UU 6. Asas kerohanian atau suatu norma yang paling mendasar merupakan satu-satunya factor yang mengikat terjadinya tertib hukum. Pendapat ini dikemukakan oleh«

UUD c. Pancasila 9. d. UUD d. Keputusan presiden 8. yaitu kecuali« a. Sumber hukum dan falsafah Negara d. Dasar Negara dan sumber hukum b. b. UUD b. Falsafah Negara dan ideologi Negara 11. Papan uji bagi perundang-undangan Indonesia c. UU b. Peraturan pemerintah d. Pangkal tolak perundang-undangan b. Ketetapan MPR yang memuat garis-garis besar dalam bidang legislatif dilaksanakan dengan« a. Ketetapan MPR yang memuat garis-garis besar dalam bidang eksekutif dilaksanakan dengan« a.a. UU b. ada tiga fungsi pancasila terhadap perundang-undangan Indonesia. Menurut Roeslan Saleh. Keputusan presiden c. Sumber bahan hukum . Keputusan presiden d. Peraturan hukum d. Dasar Negara dan ideologi Negara c. Menurut Notonegoro. UU c. c. Keputusan bersifat khusus untuk melaksanakan ketentuan UUD yang bersangutan. Pancasila 10. keputusan MPR dalam bidang Eksekutif atau peraturan pemerintah adalah« a. Roeslan saleh Radjiman widyaningrat Kalsen Supomo 7. setidak-tidaknya ada dua peranan yang dimainkan oleh pancasila terhadap tertib hukum Negara Indonesia yaitu« a.

XVIV/MPR/1998 15. Pada sidang istimewa MPR pada tahun 1998 telah menetapkan ketetapan yang berisi pengembalian kedudukan pancasila sebagai dasar Negara republik Indonesia ialah ketetapan« a. XVI/MPR/1998 b. Kefilsafatan nagara b. Pancasila dirumuskan oleh para pendiri Negara dengaan tujuan utama untuk dijadikan dasar falsafah Negara republik Indonesia atau sebagai philosofische gronslag atau sebagai staatidee. yang harus tunduk kepadanya. 17. Pancasila pernah tidak menjadi dasar Negara republik Indonesia sebagaimana yang dimaksud oleh UUD 1945 pada« a. ada berapa dimensi yang dimiliki pancasila ? a. Demokrasi 14. 5 c. Ketetapan MPR no. Peran pancasila sebagai sumber tertib hukum di Negara republik Indonesia pada hakekatnya merupakan konsekuensi logis karena pancasila dijadikan dasar ideologi Negara. Ketetapan MPR no. membela dan melaksanakannya dalam seluruh perundang-undangan. XVII/MPR/1998 c. Orde baru c. 19. 6 b. UUD 1945 adalah sumber bagi hukum bagi peraturan-peraturan organik. Orde lama b. 3 13. Undang-undang nonor 8 tahun 1985 yang mengharuskan semua organisasi kemasyarakatan dan sosial keamaan mencantumkan pancasila sebagai satu-satunya asas dalam anggaran dasarnya. Ideologi Negara 16. Dasar Negara c. 20. Penetapan pancasila sebagai dasar Negara pertama-tama bahwa Negara yang dibangun adalah Negara kesatuan. XVIII/MPR/1998 d. Reformasi d.12. . 4 d. Ketetapan MPR no. Apakah yang dimaksud dengan staatidee ? a. Ketetapan MPR no. 18. Sekurang-kurangnya. Sumber hukum Negara d.

Sebutkan sumber tertib hukum Republik Indonesia ! 36. Apakah yang dimaksud dengan peraturan pemerintah ? 38. DPRGR dalam memorandumnya yang ditujukan kepada MPRS tanggal 9 juni1966 mengusulkan agar pancasila dinyatakan sebagai sumber tertib hukum republik Indonesia dan tata urutan peraturan perundang-undangan republik Indonesia. Didalam tertib hukum ada 4 syarat yang harus dipenuhi. Pada akhirnya mengenai berlakunya keseluruhan tertib hukum itu dapat dikembalikan kepada sesuatu yang berakar dalam suatu grundnurm (Roeslan Saleh: 38).Tap MPR no. Apakah isi dari UU nomor 5 tahun 1985 ? 32. sosial. Bagi Indonesia. yang dimaksud dengan grundrurm seperti di atas adalah pancasila. 22. Pancasila harus dijadikan dasar dan tonggak pembuatan segala bentuk perundangundangan Negara serta ekonomi. 31.21. Bagaimanakah peranan pancasila terhadap tertib hukum di Indonesia ? . suatu beinsel yang telah meresap dan berurut akar dalam jiwa Bung Karno. Presiden berhak menetapkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) dengan ketentuan (2). Apakah yang dimaksud dengan tertib hukum ? 33. yang dalam perwujudannya dituangkan pada: proklamasi 17 agustus 1945.Tap MPR no X/MPR/1978. UUD proklamasi. Apakah hakekat sumber tertib hukum bagi suatu Negara ? 39. 23. 24. Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum republik Indonesia.Jo. 26. 27. Memorandum DPRGR diterima dan disahkan oleh sidang MPRS pada tanggal 5 juli 1967 dalam bentuk dikeluarkannya Tap MPRS nomor XX/MPRS/1967. Pernyataan Radjiman Widyaningrat selaku mantan ketua BPUPKI sewaktu memberikan kata pengantar pada bukunya ³bangkitnya pancasila´ yang menyatakan bahwa hakekatnya pancasila itu adalah ³«suatu beginsel yang menjadi dasar negara kita yang menjadi Rechsideologie Negara kita . 28. Pada periode Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin. praktik penyelenggaraan kehidupan bernegara Pancasila berjalan sangat baik.Jo. sebutkan ! 37. budaya serta pertahanan keamanan. 30. 25. sebagimana ditunjukkan dalam tap MPRS no. 29. sebutkan ! 35.VI/MPR?1973. Pancasila selaku dasar dan sumber dari segala sumber hukum Negara akan memainkan peranan yan sangat besar sekali terhadap tertib hukum di Indonesia. Apakah tujuan utama pancasila dirumuskan oleh para pendiri Negara ? 40. Pandangan hidup bangsa Indonesia telah dipadatkan dan dikristalkan menjadi dasar Negara Republik Indonesia dengan nama Pancasila. dekrit presiden 5 juni 1956. Pancasila dikembalikan pada fungsi sebenarnya selaku dasar Negara republik Indonesia.XXI/MPRS/1966. Apakah yang dimaksud dengan adanya satu kesatuan asas kerohanian ? 34.

C 7. A 11. C 2. C 15. adanya satu kesatuan asas kerohanian merupakan yang menentukan segala-gakanya dalam suatu tertib hukum. B 24. S 30. D 16. D 5. D 8. A 9. D 13. 33. B 3. B 17. B 29. S 26.Jawaban 1. B 19. 32. adanya kesatuan daerah dimana peraturan-peraturan hukum itu berlaku. B 31. yang di dalamnya harus memenuhi empat syarat yaitu adanya kesatuan subyek yang mengadakan peraturanperaturan hukum. . B 22. B 6. S 18. adanya kesatuan waktu diman peraturan hukum itu berlaku. Tertib hukum adalah keselutuhan dari berbagai peraturan hukum. B 21. B 14. S 28. B 27. C 12. S 25. adanya asas kerohanian yang meliputi seluruh peraturan hukum tersebut. S 23. S 20. A 4. C 10. Undang-undang nonor 5 tahun 1985 yang mengharuskan semua kekuatan politik mencantumkan pancasila sebagai satu-satunya asas dalam anggaran dasarnya.

39. Dekrit presiden 5 juli 1959. ada kesatuan waktu. Sumber tertib hukum bagi suatu Negara pada hakekatnya merupakan pndangan hidup. Pancasila dirumuskan oleh para pendiri Negara dengan tujuan utama untuk dijadikan dasar falsafah Negara republic Indonesia. 37. dan cita-cita hukum serta cita-cita moral yang meliputi suasana kejiwaan dan watak dari rakyat dan Negara yang bersangkutan. Peraturan pemerintah adalah memuat aturan-aturan umum untuk melaksanakan undangundang.Jika tidak mendapat persetujuan.34. dan Undang-undang proklamasi 36. ada kesatuan asas kerohanian. Sumber tertib hukum Indonesia adalah pancasila. 4 syarat yang harus dipenuhi adalah adanya kesatuan subyek. ada kesatuan daerah. . 40. Pancasila selaku dasar dan sumber dari segala sumber hukum Negara akan memainkan peranan sangat besar sekali terhadap tertib hukum di Indonesia. kesadaran. 35. maka peraturan pemerintah ini harus dicabut.Peraturan pemerintah itu harus mendapat persetujuan DPRndalam persidangan yang berikutnya. 38. . Presiden berhak menetapkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) dengan ketentuan sebagai berikut : .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful