Alur Pemrosesan Data di Komputer

Kiki Aisyah

pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan). . maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran. data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi. ‡ Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah. ‡ Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama.Pemrosesan data ‡ (data processing) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan.

‡ Transistor mampu melakukan pertukaran on dengan off jutaan kali dalam satuan waktu (time each second) Sistem Bilangan Biner ‡ Untuk mengkonversi data string ke bilangan.Bagaimana Komputer Mengolah Data Binary Number ‡ Pemrosesan dikomputer dilakukan oleh transistor yang mempunyai dua kejadian On & Off ‡ Data dikomputer dikonversi kedalam bilangann biner (0. ‡ Satu byte data cukup untuk mewakili satu table alphaumric character ‡ Dengan satu byte data komputer dapat menyimpan 256 simbol & karakter yang berbeda . 1 & 0 ‡ Komputer bekerja dengan koleksi bit tersebut yang digrupkan untuk memwakili sebuah simbol.1) ‡ Pada transistor ditetapkan 1 untuk On. misalkan huruf dalam deretan alpabet delapan bit data disebut satu Byte. dan 0 untuk Off. komputer menggunakan sistem biner Manusia menggunakan sistem bilangan desimal ‡ Cara kerja sistem bilangan biner sama dengan sistem bilangan decimal Bits & Bytes ‡ Bagian data terkecil disebut dengan Bit yang mempunyai nilai.

Bagaimana Komputer Mengolah Data The Bus ‡ Sebuah path diantara komponen dan computer setiap data yang dikirimkan antar komponen melewati path ‡ Lebar Bus data menentukan seberapa banyak data ditransmisikan diantara CUP dan device lain ‡ Peripheral devices are connected to the CPU by an expansion bus Chace Memory ‡ Memory kecepatan tinggi untuk menyimpan instruksi yang akan dieksekusi oleh CPU ‡ Lokasi Chace langsung pada CPU diantara CPU dengan RAM sehingga lebih cepat dibandingkan dengan RAM ‡ CPU Resident chace is called level-1(L1) chace. ‡ External chace is called level-2 (L2) chace ‡ Kapasiatas Chace memory sangat berpengaruh pada kecepatan komputer .

.

SAP-1 ‡ Komputer SAP (Simple as Possible) artinya komputer sesederhana mungkin ‡ Digunakan untuk memperkenalkan cara kerja komputer yang paling sederhana ‡ Merupakan tahap pertama dalam evolusi perkembangan komputer-komputer modern .

pengurut. ±Pencacah Program. ±Register Instruksi. ±ALU. ±Akumulator. ±RAM. ±Register B. ±Pengendali . ±Register keluaran.Arsitektur ‡ Sebuah komputer berorganisasi bus ‡ Semua keluaran register menuju bus W ‡ Unit-unit yang ada: ±Masukan dan MAR. dan ±peraga biner .

instruksi ketiga disimpan pada alamat 0010.Pencacah Program (Program Counter): ‡ Program disimpan pada bagian awal memori. Instruksi pertama disimpan pada alamat 0000. dst ‡ Pencacah program akan mencacah dari 0000 sd 1111 ‡ Tugas: mengirimkan ke memori alamat instruksi berikutnya yang akan diambil dan dieksekusi . instruksi kedua disimpan pada alamat 0001.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful