EKSTRAKSI SOXHLET Abstrak Ekstraksi Soxhlet digunakan untuk mengekstrak senyawa yang kelarutannya terbatas dalam suatu pelarut

dan pengotor-prngotornya tidak larut dalam pelarut tersebut. Sampel yang digunakan dan yang dipisahkan dengan metode ini berbentuk padatan. Dalam percobaan ini kami menggunakan sampel kemiri. Ekstraksi soxhlet ini juga dapat disebut dengan ekstraksi padat-cair. adatan yang diekstrak ditumbuk terlebih dahulu kemudian dibungkus dengan kertas saring dan dimasukkan kedalam ekstraktor soxhlet, sedangkan pelarut organic dimasukkan kepadal labu alas bulat kemudian seperangkat ekstraktor soxhlet dirangkai dengan kondensor. Ekstraksi dilakukan dengan memanaskan pelarut sampai semua analit terekstrak (kira-kira 6 x siklus). Hasil ekstraksi dipindahkan ke rotary evaporator vacuum untuk diekstrak kembali berdasarkan titik didihnya . · Dasar Teori Ekstraksi padat-cair digunakan untuk memisahkan analit yang terdapat pada padatan menggunkan pelarut organic. Padatan yang akan diekstrak dilembutkan terlebih dahulu dengan cara ditumbuk atau juga diiris-iris. Kemudian padatan yang telah halus dibungkus dengan kertas saring. Padatan yang terbungkkus kertas saring dimasukkan kedalam alat ekstraksi soxhlet. Pelarut organic dimasukkan kedalam labu alas bulat. Kemudian alat ektraksi soxhlet dirangkai dengan kondensor . Ekstraksi dilakukan dengan memanaskan pelarut organic sampai semua analit terekstrak (Khamnidal.2009). Massa jenis (densitas) hasil ekstraksi dihitung dengan mennggunakan persamaan: D = M/V Ket: D = densitas (gr/lt) M = Massa cairan (gr) V = Volume cairan (lt) Kemiri (ateuris moluena) adalah tumbuhan yang memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai penyubur rambut. Untuk memperoleh ekstrak kemiri maka harus diekstraksi terlebih dahuliu. Biji kemiri di masukkan dalam esktraktor soxhlet dan diekstraksi selama waktu tertentu. Dalam ekstrkasi dapat digunakan berbagai macam pelarut, misalnya n-heksan dengan volume tertentu. Pada hasil ekstraksi akan dihasilkan berupa minyak kemiri yang relative murni (Alfin.2008). Komposisi kimia dalam biji dan minyak kemiri setiap 100 gram daging biji kemiri mengandung (Ketaren.1986): 1. 636 kalori 2. 19 gram protein

10 mg Ca 6.3-8 136-167 97-107 .1986). 8 gram karbohidrat 5. Sifat fisik dan Kimia dari Minyak Kemiri adalah sebagai berikut (Kataren. 105 % oleat. 63 gram lemak 4.5 % linoleat. 7 gram air Bagian biji kemiri mengandung minyak 55-56 % dan kadar minyak dalam tempurung sebesar 60 %. 200 mg Fosfor 7.1986): Karakteristik Nilai Bilangan Penyabunan Bilangan Asam Bilangan Iod Bilangan Tiocyanogen Bilangan hidroksil Bilangan Reichert-Meissl Indek bias pada 25 oC Bobot jenis pada 15 oC 188-202 6. Asam lemak Palmiat dan Stearat termasuk golongan asam lemak jenuh sengakan asam oleat.3. 2 mg Fe 8. 48. Asam lemak yang terkandunng dalam minyak terdiri dari 55 % Asam Palmiat. 6. linoleat termasuk asam lemak tak jenuh(Ketaren.7 % Stearat.

Kesepuluh. erlemeyer 100 ml sebanyak 1 buah. Prisip kerja dak ekstraksi soxhlet adalah memisahkan senyawa tertentu dari sampel padat dengan menggunakan titik didih tertentu dan senyawa tertentu. piknometer sebanyak 1 buah. rotary efaporator vaccum sebanyak 1 buah. dimasukkan beberapa batu didih dalam labu alas bulat. neraca analitik sebanyak 1 buah. Ketiga.5 0. Kesembilan. ember sebanyak 1 buah . dimasukkan n-heksana 250 ml dalam labu alat bulat.8 1. es batu. Kedua. Keempat. dipasang kondensor dan dialirkan pendingin melalui pompa. dimasukkan kertas saring yang telah berisi sampel dalam ektraktor soxhlet.ujuh. Kedua. yaitu yang pertama ditumbuk kemiri dan diambil sebanyak 50 gram.9 · Apparatus Adapaun alat-alat yang kami gunakan dalam percobaan ekstraksi soxhlet antara lain: satu set ekstraktor soxhlet. Kesebelas. Keenam.1-0. ditempatkan kedalam kertas saring. dipanaskan labu alas bulat dengan menggunkan heating mantel. Kedelapan. dilakukan ekstraksi 6 kali sirkulasi pelarut n-heksana.4-1. dibiarkan cairan dingin kemudian diambil hasil ektraksi dan dimasukkan dalam rotary evaporator vaccum. Dalam praktikum ini. Pelarut yang baik dalam ektraksi soxhlet adalah pelarut yang mempunyai titik didih rendah seperti nheksana yang mempunyai titik didih 69oC agar cepat menguap sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada alat dan juga tidak membutuhkan watu yang lama untuk melakukan satu sirkulasi ektraksi. · Cara Kerja Adapaun langkah-langkah dalam praktikum ekstraksi soxhlet. Kelima. n heksana. tentukan beraj jenis mennggunakan piknometer. diambil bahan cairan yang diperoleh dan diukur volumenya kemudian ditimbang. menggunakan rotary evaporator unyuk memisahkan antara ektrak kemiri dengan n- . · Bahan Adapaun bahan0bahan yang kami gunakan dalam percobaan ekstraksi soxhlet antara lain: kemiri 50 gram. · Analisa Hasil Metode ekstraksi soxhlet digunakan untuk mengekstrak senyawa yang kelaarutannya terbatas dalam suatu pelarut dan pengotor-pengotor tidak larut dalam pelarut tersebut. kita melakukan dua tahap yang pertama menggunakan alat ektraktor soxhlet yang berfungsi untuk mengekstraksi kemiri sehingga pada tahap pertama ini akan diperoleh ektrak kemiri dan n-heksana.Tidak ada 0.

Pengantar Teknologi Minyak Dan Lemak Pangan. Hasil ektraksi tersebut di tentukan berat jenisnya dan diperoleh berat jenisnya sebesar 0. karena diperoleh densitas kuranng dari 1 . Yogyakarta: Putaka Pelajar .1986. DAFTAR PUSTAKA Ketaren. Tehnik Laboratorium Kimia. Jakarta: UI Press Khamdinal.heksana (pelarutnya) dengan menggunkan perbedaan titik didih. 2009.maka dapat disimpulkan ektrak kemiri merupakan asam lemak (minyak). S.825 gr/ml.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful