ANALISIS IKLAN ROKOK A MILD (SAMPOERNA) MELALUI KOMUNIKASI PEMASARAN

Disusun oleh : Geraldi Gusto Gentong (C1B109104)

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT FAKULTAS EKONOMI UNLAM JURUSAN MANAJEMEN 2010/2011

. Contoh: pembelian 1 tiket untuk acara musik mendapatkan 1 bungkus rokok gratis. Hal ini menunjukkan bahwa agar menarik minat konsumen. Acara dan pengalaman Dalam acara dan pengalaman dalam memasarkan produknya PT. 3.Sampoerna melalui produknya A Mild mensponsori kegiatan-kegiatan seperti acara musik dan seni dan secara tidak langsung menjual produknya. 2.Bauran Komunikasi Pemasaran A Mild: 1. Promosi penjualan: Dalam promosi penjualan produk rokok A Mild. Iklan Rokok A Mild menggunakan iklan dengan presentasi ide yang jelas dengan menggunakan kata-kata agar menarik minat konsumen dan melalui sponsor yang jelas yaitu PT. yaitu menggunakan kata µ¶go a head¶¶ yang sama artinya menggunakan pikiran. konsumen harus menggunakan pikiran dalam memilih produk mana yang terbaik yang dimana merujuk pada produk rokok A Mild. Sampoerna dalam iklan ini. sampoerna menggunakan cara yaitu menawarkan harga yang rendah pada saat promosi atau melakukan pertukaran dimana 10 bungkus rokok bekas yang kosong ditukarkan mendapatkan 1 bungkus rokok A Mild yang baru. Sampoerna Contoh: Yang digunakan oleh PT.

Pengirim Pengirim adalah perusahaan Sampoerna dengan produknya yaitu A mild mencoba menjangkau sasarannya yaitu orang yang merokok 2. Penyandian Dilakukan penyandian untuk sasaran agar dapat mengartikannya Contoh: menggunakan kata-kata seperti µ¶go a head¶¶ 3. Model Makro Proses Komunikasi 1. Pesan/media Melalui media (iklan) baik di media elektronik atau media cetak pesan yang ada di dalam A Mild µ¶go a head¶¶ ditayangkan atau diterbitkan 4. 5. Penjualan personal Penjual personal yang dilakukan oleh PT. Hubungan masyarakat dan publisitas Cara hubungan masyarakat dan publisitas PT.Sampoerna melalui A Mild melakukan donasi amal melalui Sampoerna Foundation sebuah lembaga yang digunakan untuk mengembangkan pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada anakanak kurang mampu agar dapat bersekolah dan membantu dalam pembuatan sekolah-sekolah ataupun perbaikan sekolah-sekolah yang rusak akibat bencana alam.4. Penerima Sasaran yang dituju untuk produk A Mild .Sampoerna dalam memasarakan produk A mild yaitu melalui sampel atau memberikan kepada pembeli secara gratis untuk mencoba rokok A Mild yang bertujuan menarik minat konsumen khususnya di kalangan orang yang merokok.

Umpan balik Melakukan umpan balik untuk mengetahui respon sasaran. Tahap kognitif Mencari perhatian konsumen agar dapat mencapai sasaran terhadap rokok A Mild dengan cara melalui iklan-iklan dan promosi-promosi 2. 3. Tahap afektif Setelah mendapatkan sasaran atau produk. Respons Melihat respons para sasaran produk untuk pengembangan atau penyempurnaan produk A mild 6. Model MIkro Respons Konsumen Melalui model AIDA: 1.5. tidak dapat dihapus tapi dapat dihindari. A Mild perusahaan melakukan strategistrategi seperti menetapkan harga produk yang sedikit lebih rendah dari produk rokok lain ketika pertama kali rokok A Mild dikeluarkan agar menarik minat konsumen dan menimbulkan keinginan konsumen untuk membeli produk tersebut. . 7. apakah baik ataukah kurang baik. Gangguan Pesan acak yang mengganggu pesan yang dikirimkan. Tahap perilaku Dimana setelah sasaran produk memiliki minat dan keinginan maka para konsumen yang sudah masuk dalam tahap kognitif dan tahap afektifn akan melakukan tindakan yaitu dengan membeli produk rokok A mild.

media. promosi penjulan. .Kesimpulan Jadi dapat dismpulkan bahwa Sampoerna menggunkan saluran komunikasi non pribadi yaitu. acara dan pengalaman. dan hubungan masyarakat hal itu dapat dilihat pada model-model respons makro atau mikro yang melihat sebesar mana respons konsumen terhadap rokok A mild dan dapat menarik konsumen untuk menggunkan atau mengkonsumsi produk rokok A Mild.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful