P. 1
Bab III Analisis Novel Mata Rantai Yang Hilang Karya Agatha Christie Ditinjau Tema, Perwatakan Dan Alur Serta Aplikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra Di Sma

Bab III Analisis Novel Mata Rantai Yang Hilang Karya Agatha Christie Ditinjau Tema, Perwatakan Dan Alur Serta Aplikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra Di Sma

|Views: 1,660|Likes:
Published by dwi

More info:

Published by: dwi on May 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2015

pdf

text

original

BAB III METODE PENELITIAN

A. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah menganalisis unsur-unsur yang membangun sastra novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie. Unsur instrisik yang dianalisis meliputi: tema, penokohan, alur.

B. Metodologi Penelitian Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif selalu bersifat deskriptif, artinya data yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi fenomena. Hal-hal yang perlu dipaparkan dalam penelitian ini meliputi objek penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

C. Fokus Penelitian Penelitian ini difokuskan kepada menganalisis unsure intristik novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie yang meliputi tema, perwatakan dan alur serta aplikasinya dalam pembelajaran bahasa dan sastra di SMA.

D. Waktu dan Tempat Penelitian Penelitian yang dilakukan tidak terikat oleh tempat dan waktu dan dilaksanakan pada semester ganjil 2011.

31

32

E. Objek Penelitian Objek penelitian sastra adalah pokok atau topik penelitian sastra. Objek penelitian ini adalah novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie, dengan judul asli Ordeal by Innocence, yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, dialih bahasakan oleh Ny. Suwarni A.S dan merupakan cetakan kedua bulan Mei 2002.

F. Data dan Sumber Data Adapun data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud kata, frase, ungkapan, dan kalimat yang terdapat dalam novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kepustakaan yaitu berupa buku, transkrip, majalah, dan lain-lain. Hal ini sejalan dengan perincian sebagai berikut. 1. Sumber data primer, yaitu Sumber data primer penelitian ini adalah novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie. 2. Sumber data sekunder Sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu datadata yang bersumber dari buku-buku acuan yang berhubungan dengan permasalahan yang menjadi objek penelitian.

33

G. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik pustaka adalah teknik yang menggunakan sumber-sumber tertulis untuk memperoleh data. Teknik simak dan catat, yakni peneliti sebagai instrumen kunci melakukan penyimakan secara cermat, terarah, dan teliti terhadap sumber data primer yaitu karya sastra yang berupa novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie. Hasil penyimakan itu dicatat sebagai data. Dalam data yang dicatat itu disertakan pula kode sumber datanya untuk pengecekan ulang terhadap sumber data ketika diperlukan dalam rangka analisis data. Proses dalam teknik pengumpulan data dapat digambarkan sebagai berikut: Tabel Analis 3.1 Tabel Tema, Perwatakan, dan Alur Novel Mata Rantai yang Hilang Karya Agatha Christie No. Sinopsis Penggalan kalimat/percakapan Hlm. Unsur Tema Perwatakan Alur Ket.

H. Teknik Analisis Data Analisis data dalam penelitian kualitatif dilaksanakan secara terus-menerus, sejak pengumpulan data di lapangan sampai waktu penulisan laporan penelitian.

34

Langkah awal analisis novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie, pada tahap ini pembaca dapat menemukan arti secara linguistik Selanjutnya yaitu peneliti bekerja secara terus-menerus lewat pembacaan teks sastra secara intens dari awal sampai akhir untuk mengungkapkan unsur-unsur intristik tema, perwatakan, dan alur pada novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->