Bagaimana Cara Membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS)?

Apa sih yang dimaksud dengan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah & madrasah (RAPBS/RAPBM)? RAPBS adalah rencana biaya dan pendanaan rinci untuk tahun pertama RPS & RPM. RAPBS & RAPBM merupakan dokumen anggaran sekolah & madrasah resmi yang harus ditandatangani oleh Komite Sekolah & Madrasah dan Kepala Sekolah & Madrasah serta penanggungjawab perumusan RAPBS & RAPBM, untuk menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah & madrasah (APBS & APBM). RAPBS & RAPBM dibuat hanya untuk satu tahun anggaran/pelajaran mendatang, dan terdiri dari 2 bagian: Pendapatan dan Pengeluaran. RAPBS & RAPBM mencakup semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS & RAPBM hanya mencakup dana dalam bentuk uang, baik yang akan diterima dan dikelola langsung oleh sekolah & madrasah. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS & RAPBM hanya mencakup dana dalam bentuk uang yang akan diterima dan dikelola langsung oleh sekolah dan madrasah. Jika saudara adalah kepala sekolah, komite sekolah, guru, wali murid, aktivis pendidikan rasanya penting untuk memahami lebih lanjut apa, bagaimana dan untuk apa RAPBS itu? Jika bapak/ibu/saudara tertarik mempelajarinya, silahkan langsung di download di bawah ini.
Dokumen dibawah ini merupakan bahan presentasi dalam kegiatan pelatihan penyusunan RAPBS untuk Komite Sekolah se-Kabupaten Sidoarjo 2008.

Senin, 29 Oktober 2007
TIPS DAN TATA CARA BAGI ANDA YANG INGIN MENDIRIKAN SEKOLAH

Kutulis ini atas permintaan beberapa member TDA (Tangan Di Atas) yang ingin mendirikan sebuah sekolah atau lembaga pendidikan. Sebagai sharing atas pengalaman saya membangun enam sekolah selama lima tahun. Semoga Tips dan tata cara pendirian sekolah ini bisa bermanfaat bagi Anda.

APA YANG HARUS DIMILIKI DI AWAL?

karena impian adalah kenyataan yang akan datang. yang saya tulis tentang Visi Lembaga Pendidikan saya adalah Pendidikan yang berkualitas dan terjangkau . dan tentukan time schedul pelaksanaannya. Keinginan Yang Kuat (Irodatul Qowwiyyah) adalah modal dasar bagi Anda yang ingin sukses dalam membangun sebuah usaha. Semua kebijakan dan arahan yang Anda berikan akan berpusat pada visi yang telah Anda bangun sebelumnya. Ternyata tidak seratus persen benar. Biasanya saya menyusun rencana jangka menengah lima tahunan. Kapan Anda harus memulai. Maka. Maka Anda pun harus menyusun rencana jangka menengah. misal dulu impian yang pernah saya tulis tahun 2000 adalah sebuah kampus yang didalamnya terdapat Lembaga Pendidikan mulai Play Grup sampai Perguruan Tinggi . tuliskan impian Anda dalam sebuah rencana aksi. Dan dengan visi ini juga saya ingin semua segmen masyarakat bisa menikmati kualitas pendidikan yang saya dirikan. Anda secara perlahan akan belajar menjadi seorang pemimpin yang visioner.Mungkin banyak diatara kita yang berpikir bahwa modal yang paling utama yang harus dimiliki oleh kita untuk membangun apa saja termasuk mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan adalah dana alias uang. sehingga dalam penentuan biaya akan ditentukan secara bersama antara orang tua wali dengan lembaga ketika tahap wawancara. Jangan lupa. kapan Lembaga itu harus sudah berdiri. setelah itu susun rencana aksi untuk setiap tahun bersama mastermind yang telah Anda pilih. bangunlah sebuah impian yang besar tentang sebuah Lembaga Pendidikan yang akan Anda inginkan. Untuk memudahkan pencapaian. karena saya adalah type orang yang senang menggunakan konsep BODOL (Bisnis Optimis Dana Orang Lain) dalam membangun banyak hal. Kenapa saya menulis visi demikian. bagi yang kaya akan menyumbang biaya yang besar dan bagi yang tidak mampu akan mendapat subsidi. Visi ini akan besar pengaruhnya terhadap perjalanan kedepan Lembaga Pendidikan yang akan Anda dirikan. tulis impian besar Anda tentang lembaga pendidikan yang akan Anda dirikan. Jangan takut ditertawakan oleh orang lain. dan lembaga apa saja yang akan Anda dirikan. tidak hanya soal akademik tapi juga yang lainnya terutama aspek moral dan religius. rancang visi Anda tentang Lembaga Pendidikan yang akan Anda buat. . karena saya ingin memiliki sebuah Lembaga Pendidikan yang Berkualitas dari segala aspek. Maka soal biaya pendidikan di Lembaga yang saya dirikan adalah relatif. Justru itu adalah sebuah lecutan yang akan memacu Anda untuk menunjukkan bahwa Anda BISA mewujudkan apa yang Anda impikan. Maka. Setelah itu. saat Anda berusaha memaparkan ide dan impian Anda. Dalam lima tahun kedepan apa yang akan saya lakukan untuk mewujudkan impian besar saya. Dan untuk visi ini.

Bidang Fundrising dan Bidang Kesehatan. Anda harus memilih orang-orang yang mau bekerja. mahal sekali. Sekretaris dan Bendahara).com ) . Tapi. sisanya sebagian disalurkan bertahap dan sebagaian dikumpulkan untuk biaya pendirian lembaga pendidikan. Untuk saat ini. Sebagaimana yang saya lakukan. laporan dari manajer Lazash perolehan ZISWAF bisa lebih dari 60 juta selama satu bulan ramadhan. Yang harus mendapat perhatian bagi Anda semua adalah siapa yang akan menduduki jabatan Dewan Pembina ( 3 orang). saya mengawali dengan aktivitas Lembaga Amil Zakat Ash-Shidiq (LAZASH). Bidang Humas. Kemudian lakukan aktivitas yang bermanfaat untuk masyarakat. hingga saat ini saya masih terus melakukan pembenahan internal susunan Dewan Pengurus. dan Dewan Pengurus. Yayasan menurut UU Yayasan. Anda tinggal mempelajarinya.MEMILIH MASTERMIND Sebenarnya saya sudah menuliskan hal ini panjang lebar dalam blog saya ( http://rumahimpianku. Untuk saat ini. tidak punya uang. Mungkin Anda perlu bongkar pasang selama beberapa tahun untuk menemukan formasi Dewan Pengurus yang ideal. pilih seorang yang berlatar belakang Teknik Sipil sebagai Ketua Bidang . Kemudian untuk legal formal. Jangan khawatir. Karena.blogspot. alhamdulillah romadhan tahun 1998 dapat ZISWAF sekitar 1. karena Dewan Pembina berkedudukan sebagai pemilik dan punya wewenang untuk menyusun Dewan Pengurus Yayasan sekaligus berwenang membubarkan Dewan Pengurus. Mastermind yang akan Anda bentuk harus dibuatkan sebuah WADAH. Anda bisa mengawali dengan mendirikan LSM dengan biaya yang murah. Untuk susunan Dewan Pengurus. tersiri dari Dewan Pembina. Diawal. maka jelas untuk Ketua Bidang Pendidikan harus Anda pilih dari orang yang memahami betul tentang Pendidikan. Bendahara.5 juta rupiah. tentukan 2 orang sebagai Dewan Pengawas. Sejak awal zakat fitrah dibagi semua menjelang Idul Fitri. Bidang Sarana Prasarana (Ketua dan Anggota). Dan untuk memudahkan kedepan dalam pembangunan gedung dan pengadaan sarana prasarana pendidikan lainnya. Sekarang tahun 2007 (1428 H). disini saya perlu menjelaskan secara khusus kaitannya dengan Lembaga Pendidikan yang akan Anda dirikan.5 juta. Dewan Pengawas. yayasan yang akan Anda buat adalah yayasan pendidikan. dan 3 orang minimal sebagai Dewan Pengurus (Ketua. Dewan Pengurus di Yayasan Pengembangan Ummat SIDIK Pati terdiri atas : Ketua dan seorang wakil ketua. Sekretaris. jangan asal pasang nama. Wah. perkiraan biaya pendirian sebuah yayasan habis sekitar 3. Bidang Pendidikan (Ketua dan Anggota). Biasanya wadahnya adalah sebuah yayasan. insya Allah beberapa tahun beraktivitas akan terkumpul dana yang Anda butuhkan.

Soal kualifikasi dan spesifikasi guru yang akan direkrut. awali dari yang paling rendah yaitu Play Grup/ TK. Untuk jenjang Sekolah. Karena menunda akan menaikkan ongkos pembiayaan. . karena menunda berarti menumpuk pekerjaan. Sehingga seluruh pengurus yayasan akan merasa enjoy dan bersemangat dalam bekerja. kapan magang untuk guru-gurunya. kapan mulai pendaftaran siswa baru dan berapa kapasitasnya. output dari Sekolah yang Anda tawarkan. Anda adalah pemilik impian dan gagasan besar. boleh jadi bukan berfungsi sebagai jembatan. Kepala Sekolah sebagai seorang Manajer di Sekolah berfungsi sebagai Jembatan antara keinginan Yayasan dengan para guru (ustad dan ustadzah). Karena menunda berarti menunda proses pembelajaran. menyusun kebutuhan sarana prasarana (Meja . Soal detailnya anda harus libatkan seluruh Pengurus untuk membuat rencana jangka menengah dan rencana tahunan.Kursi dll) yang akan diajukan ke Yayasan melalui Bidang Sarana Prasarana Yayasan.Sarana Prasarana. Dari visi dan misi yang telah disusun kemudian tentukan jaminan kualitas (Quality Assurance/QA) dari sekolah yang akan Anda tawarkan kepada calon orang tua wali (masyarakat). Setelah itu Kepala Sekolah bersama Bidang Pendidikan menyusun rencana recruitmen guru. Kepala Sekolah bersama dengan Bidang Pendidikan Yayasan merumuskan visi dan misi sekolah sesuai dengan visi yayasan. dan dari QA ini Anda bisa menentukan berapa biaya yang akan dipungut dari setiap siswa. Beri support dan dukungan serta penghargaan atas kerja seluruh pengurus. Pelibatan pengurus dalam banyak hal akan meningkatkan rasa kepemilikan dan juga rasa tanggungjawab serta kesiapan untuk berkorban. MENENTUKAN KEPALA SEKOLAH Kenapa. pembahasan soal ini saya khususkan? Karena seorang Kepala Sekolah sangat besar pengaruhnya dalam mengendalikan sebuah Sekolah sesuai dengan visi yang kita tentukan. Ini lho. alangkah baiknya sejak awal disyaratkan minimal berkependidikan Sarjana (S-1). Jika salah memilih. justru akan menjadi penghalang. Soal Bidang lainnya terserah saja. KERJAKAN SEKARANG Jangan menunda-nunda. Soal gedung bisa pinjam atau sewa. tentunya setelah syarat berakhlak yang baik dan aspek utama lainnya terpenuhi. dan lebih baik lagi yang punya latar belakang kependidikan.

Putri seorang ibu rumah tangga yang cerdas. antara lain. Anda harus berani memulai sekarang. dan accessories. terkait dengan ijin pendirian sekolah ke Diknas (berkas yang dibutuhkan). dia bisa mewujudkan cita-citanya untuk memasukkan dua gadis kecilnya ke sekolah bermutu guna mencapai masa depannya nanti. Saat ini. Setelah searching selama beberapa waktu. Karena kalau Anda tidak pernah melangkah.Jangan menunda sampai semua kondisi sempurna menurut keinginan Anda. Ketika dia sudah membulatkan tekad untuk membuka kursus di bidang Bahasa Jepang. merasa perlu untuk berbuat sesuatu guna mendukung suaminya dalam mencari tambahan nafkah untuk keluarganya. Anda akan tergilas oleh roda perubahan. berikut penulisan huruf-huruf kanji yang rumit. Putri akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis di bidang pendidikan. Dia berharap dengan adanya tambahan income tersebut. Karena pengalaman lapangan jauh lebih berharga dari tulisan. yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah: Bagaimana dia harus memulai? Bagaimana cara mengurus ijin2 untuk mendirikan kursus tersebut? Apakah dia akan membentuk usaha sendiri ataukah bersama-sama dengan seorang partner? Apakah bentuk usaha yang dia inginkan? .com . Salah langkah itu lebih baik daripada tidak melangkah sama sekali. sebagian orang berhemat dalam mengatur pengeluarannya. yaitu: pendidikan! Setiap orang tua pasti akan berusaha untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak2 nya sebagai bekal bagi masa depan buah hatinya. dan melakukan berbagai perbandingan. Berbekal keahliannya dalam bidang bahasa Jepang. Belajarlah sambil berjalan. mengenai bentuk usaha apa yang paling dan cukup tahan menghadapi krisis global ini. selamanya Anda tidak akan tahu mana jalan yang benar dan terbaik untuk memulai usaha.impianku@gmail. Selama ini dia sudah mencari berbagai peluang melalui internet. HAL LAIN Untuk hal lain. Anda bisa menghubungi saya lewat japri ( rumah. Putri berminat untuk mendirikan kursus bahasa Jepang dengan metode khusus yang dia temukan berdasarkan pengalamannya dahulu waktu belajar bahasa Jepang tersebut. Kondisi selalu berubah. Dan kalau Anda tidak melangkah sekarang. Jangan takut melangkah. Oleh karena itu. Tapi ada 1 hal yang tidak di hemat. frekwensi membeli pakaian. mengurangi frekwensi makan di luar. Putri menemukan bahwa bisnis pendidikan adalah yang paling ideal dalam masa krisis saat ini. setyadi0571@yahoo. atau Anda perlu informasi lainnya. Metode tersebut dapat mempermudah seorang anak dalam mempelajari bahasa Jepang.com ) Menghadapi krisis global saat ini.

Yayasan maupun PT. 5. yaitu akan didirikan oleh perorangan saja. Melampirkan foto copy ijazah bagi pemilik/penyelenggara. Melampirkan foto copy KTP baik pemilik/penyelenggara. ataukah akan perpartner dengan membentuk CV. dinyatakan bahwa setiap penyelenggara kursus wajib memperoleh ijin dari instansi yang berwenang (dalam hal ini Depdiknas). Cara pendiriannya sama dengan pendirian CV atau PT biasa. Undang-Undang No. Sedangkan jika ingin menggandeng partner kerja. maka Putri bisa membentuk PT. Melampirkan kurikulum jenis kursus yang bersangkutan 8. dengan urut2an sebagai berikut: I. sama seperti mendirikan Badan Usaha atau Badan hukum lainnya. Melampirkan denah/peta lokasi kursus 10. Yayasan atau CV. Salah satu satuan pendidikan non formal adalah penyelenggaraan kursus. saya memberikan saran dan langkah-langkah yang harus dia ambil. dan informal. baik itu berupa Sekolah Tinggi.Sebagai salah seorang sahabatnya. Mengisi formulir yang telah disediakan di kantor suku dians Dikmenti kotamdya 2. Melampirkan pasfoto pemilik/penyelenggara dan penanggung Jawab Teknis Edukatif . maka Putri tinggal mengajukan ijin untuk mendirikan kursus tersebut ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (depdikbud) atau lebih tepatnya lagi Dinas Pendidikan Menengah dan tinggi subdinas pendidikan luar sekolah (Dikmenti). penanggung jawab teknis edukatif maupun tenaga pendidik. mendirikan lembaga pendidikan yang dikelola oleh swasta maupun negri. Melampirkan foto copy akta notaries bagi yang berbentuk yayasan 3. Melampirkan surat keterangan kelakukan baik pemilik/penyelenggara dari Kepolisian. Berdasarkan pasal 10 ayat 1 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. yaitu: jalur pendidikan formal. Sekolah kejuruan. balai pelatihan. 4. Melampirkan tata tertib kursus 9. non formal. Adapun syarat-syarat administrative yang harus dipenuhi baik untuk perorangan maupun badan usaha atau badan hukum adalah: 1. Jika ingin ber solo karier. ataukah dia akan menjalankannya sendirian saja? Karena pada dasarnya. namun bedanya pengajuan ijin usahanya tidak pada Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Depperindag) melainkan Dikmenti tersebut. maupun penanggung jawab teknis edukatif. Melampirkan Daftar Riawayat Hidup Pemilik/Penyelenggara dan penanggung jawab teknis edukatif 6. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menegaskan bahwa penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dilaksanakan melalui 3 jalur. 261/U/1999 tentang Penyelenggaraan Kursus. Dia harus menentukan apakah dia akan berpartner dengan orang lain dalam membuka kursus tersebut. 7. maupun kursus-kursus.

Yayasan ataupun PT bersama seorang atau lebih teman2nya. jika Putri memilih bentuk perorangan atas namanya sendiri. Persyaratan administrative dibuat 5 rangkap dan masing-masing dimasukkan dalam map snelhekter b. baru bisa mengajukan ijin2 tersebut. Melampirkan surat keterangan domisili usaha dari kecamatan. Melampirkan materai Rp. Tapi. yaitu Tipe A. Prosedur Pendaftaran 1. Formulir yang telah diisi di tanda-tangani oleh pemohon berikut lampiran-lampirannya dibawa dan diserahkan ke Sudin Dikmenti kotamadya setempat dalam hal ini subdinas pendidikan luar sekolah c. Tanda bukti pendaftaran kursus tersebut berlaku selama 6 (enam) bulan terhting sejak surat tersebut di tanda-tangani. Untuk Memperoleh Status terdaftar. Jadi. 6. akan melakukan survey lapangan untuk mengadakan studi kelayakan terhadap permohonan tersebut f. dimana : -Ijin Tahap/type C berlaku 1 tahun. Berdasarkan permohonan dan kesepakatan antara pemohon dan petugas yang terdiri dari suatu team. maka akan dilanjutkan dengan pemberian tipe kursus yang akan diberikan oleh Dikmenti. maka dia harus melalui prosedur pendirian CV.000 sebanyak 1 (satu) buah) 13. yang mana akan diterbitkan oleh DInas Dikmenti Propinsi -Ijin Tahap/type A berlaku 4 -5 tahun. II. Melampirkan Surat Rekomendasi dari DPC HIPKI 12. 2. Tipe B dan TIpe C. jika Putri memilih untuk membentuk CV. Jenjang tipe kursus Setelah dipenuhinya prosedur awal. maka prosedur yang harus dilalui adalah sebagai berikut: a. Berkas permohonan tersebut kemudian diteliti oleh petugas pendaftaran pada seksi pendidikan luar sekolah suku dinas Dikmenti kotamadya d. Yayasan ataupun PT yang standar dulu. petugas pendaftaran segera membuat tanda terima berkas permohonan ijin kursus e.ukuran 4 X 6 masing-masing sebanyak 5 lembar 11. Apabila sudah lengkap semua persyaratan yang harus dipenuhi. yang mana akan diterbitkan oleh Suku Dinas Dikmenti Kotamadya -Ijin Tahap/type B berlaku 2 -3 tahun. yang mana akan diterbitkan oleh Dinas Dikmenti Propinsi . maka dia cukup membuat keterangan domisili usaha dan memenuhi syarat-syarat tersebut di atas. Permohonan yang memenuhi syarat baik secara teknis maupun administrative akan diberikan Surat Tanda Bukti Pendaftaran Kursus oleh Kepala Suku Dinas Dimenti Kotamadya setempat g.

III. Fax: (021) 4390570 Jakarta Timur Suku Dinas Dimenti Kotamadya Jakarta Timur Jl. Lembaga kursus Diklusemas yang telah memiliki tanda bukti pendaftaran kursus akan dimonitor secara terus menerus oleh Kepala seksi PLS b. maka harus di ajukan di tempat kedudukan dari PT.Jadi. Salemba Raya No. Sentra Primer Baru Blok B Kantor Walikota Jakarta Timur Tlp (021) 4802053/54. Kemana dia harus mengajukan permohonan ijin-ijin tersebut? Pengajuan permohonan ijin pendirian kursus tersebut dilakukan berdasarkan lokasi tempat usaha dari kursus yang akan didirikan. untuk memperoleh status ijin tersebut. Trunojoyo No. CV ataupun Yayasan tersebut. CV ataupun Yayasan. Jl. 15 Tlp (021) 392-6607. tempat pendaftaran ijin kursus tersebar di 5 (lima) wilayah kotamadya. maka pertama-tama harus memenuhi prosedur sebagai berikut: a. Aseni Semanan Kalideres Fax: (021) 5407326 Jakarta Utara Suku Dinas Dimenti Kotamadya Jakarta Utara. Untuk wilayah DKI Jakarta. Jl. 22 Tlp (021) 430-2364. 1 Lantai VI Tlp/Fax: (021) 725-6847 . yaitu: Jakarta Pusat Suku Dinas Dimenti Kotamadya Jakarta Pusat. Fax: (021) 3923219 Jakarta Barat Suku Dinas Dimenti Kotamadya JakartaBarat . Jl. Kompleks Perumahan KOPTI Jl. H. Fax: (021) 4802072 Jakarta Selatan Suku Dinas Dimenti Kotamadya Jakarta Selatan. Lembaga kursus Diklusemas yang telah melaksanakan kegiatan/program pembelajaran dengan baik sesuai dengan kententuan yang berlaku selama 6 bulan. Jika berbentuk PT. kepala suku dinas kotamadya akan memberikan ijin yang berlaku selama 1 tahun dengan tipe C. Bendungan Melayu Utara No.

beliau sebagai Pembina pertamaku yang dalam komunitas Tarbiyah sering disebut sebagai murobbi. V. tidak pernah marah. Rabu. Syukur Alhamdulillah. Mas Mufid yang sekarang dinas di Bea Cukai. Hak Cipta atau Paten Karena Putri memiliki bentuk kursus dengan metode yang unik dan belum pernah diajarkan di Indonesia. setelah mendengar penjelasan dari saya. Saat ini dia sudah tertarik untuk dan mempelajari kemungkinan untuk menjual system pengajarannya tersebut dengan cara franchise. Demikian pula mengenai prosedur pendirian lembaga kursus yang dijual secara franchise tersebut. tekun dalam membina kami semua. diawali saat aku masuk pertama kali kuliah pada pertengahan tahun 1990 di kampus STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) di Jurangmangu-Pondok Aren-Tangerang. tapi semua karena cinta kasihnya sebagai sesama muslim yang dipersaudarakan pada jalan Allah. Daan Mogot Tangerang. Akhirnya. penuh semangat. malah bisa sukses menjadi tulang punggung penghasilan keluarga. selalu menyapa dengan senyum. Pihak franchisor sudah memiliki syarat-syarat standard yang harus dipenuhi oleh pihak-pihak lain yang akan membeli franchise mereka. Dan satu hal yang tersimpan dalam hatiku. dinamis. dan mewarnai kehidupan kampus STAN. Biasanya franchisor akan membantu para franchisee (pihak yang membeli lisensi atau ijin tersebut) untuk mendirikan kursus-kursus dimaksud. Mengajukan Pendaftaran Merek. Bagaimana jika Putri akan membeli franchise pendidikan oleh lembaga-lembaga kursus yang sudah ada di Indonesia? Seperti halnya system franchise pada umumnya. sungguh menjadikan kami semua dalam satu kelompok menjadi kelompok yang sangat kompak. memberikan satu contoh keteladanan yang luar biasa. menjadi satu dinamika yang mengajari . Karakter beliau. maka Putri tinggal menghubungi lembaga yang menyediakan franchise tersebut. maka saya menyarankan kepadanya untuk mengajukan pendaftaran Hak Cipta atas penemuan metode tersebut dan sekaligus juga mendaftarkan Merk atas hasil karya tersebut ke Direktorat Jendral HAKI Departemen Hukum dan HAM RI yang terletak di Jl. Putri sudah mulai bisa menentukan bentuk kursus yang dia inginkan dan mulai mengajukan permohonan pendirian lembaga kursus atas namanya sendiri.IV. 10 Oktober 2007 Dari sebuah Komunitas Luar Biasa Aku Belajar Membangun Bisnis Keikutsertaanku dalam kegiatan tarbiyah dalam sebuah halaqoh yaitu semacam kelompok kecil pengajian. sekarang kursus yang dia dirikan tidak hanya bisa membantu suaminya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Datang ke tempat kostku di gang Sarmili sepekan sekali (gang yang berlumpur kalau turun hujan). Pergantian dari murobbi satu ke murobbi yang lainnya. semua itu beliau lakukan bukan karena uang.

anak-anak yang dididik dalam lembaga sosial pendidikan yang aku dirikan bersama pengurus lainnya. saat bencana besar banjir bandang akibat rakusnya pelaku bisnis dalam menghancurkan hutan. bisa menolong siapa yang papa dengan ketulusan dihati. Masih teringat saat murobbiku menyampaikan bahwa kebahagiaan itu letaknya dihati ini. Ingat kedermawanan akan bisa mencegah banyak keburukan. justru sebaliknya. Sehingga.aku. Maka. Mungkin. bahwa kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan yang bisa melahirkan pemimpinpemimpin baru. Boleh jadi. semua demi sebuah keyakinan atas sebuah nilai yang selama ini dibangun dalam komunitas tarbiyah. Dari sinilah aku mengenal apa yang disebut sebagai pewarisan nilai-nilai. sudut pandang yang aku miliki karena dalam komunitas tarbiyah aku diberi amanah untuk memegang sebuah yayasan sosial pendidikan. Dan aku. Kesukesan sejati adalah manakala kita bisa mengembangkan nilai-nilai yang bermanfaat untuk kehidupan sosial kemasyarakatan dan mewariskannya pada generasi berikutnya. Aku yakin. kegiatan sosial tidak akan menghancurkan bisnisku. Untuk apa kita hidup dengan kesuksesan finansial kalau justru itu disisi lain atau di masyarakat dimana kesuksesan itu didapat timbul kerusakan lingkungan dan kecemburuan sosial. di tengah masyarakat yang mengawasi gerak-gerik dan perilaku bisnis kita. telah mengajariku bahwa edukasi adalah satu keniscayaan yang harus ada dalam sebuah lembaga apapun juga. suatu saat akan meneruskan bisnis yang aku rintis sekarang ini dengan cara yang lebih baik lagi. Dalam yayasan. Untuk apa kaya harta tapi mati hati. Perjalanan tarbiyah yang panjang dan sistematis. karena seorang pemimpin di lembaga sosial dituntut untuk selalu memberikan motivasi kepada semua pengurus dan siapa saja yang terlibat didalamnya agar mau dengan sukarela bekerja tanpa imbalan materi. aku dituntut kerja tanpa pamrih. dan inilah inti sebuah kesuksesan . Boleh jadi yang tadinya ia . Aku bisa melihat dan semua orang bisa melihat bahkan merasakan. semua lini akan mengalami peningkatan kualitas terus menerus dalam sebuah proses the continuous improvement proces atau dikenal dengan istilah ihsan dalam komunitas tarbiyah. dan akan mendatangkan banyak kebaikan. kekayaan hakiki ada didalam hati ini. yaitu pengukuran finansial. Lebih baik kaya harta dan kaya hati. dengan penuh keyakinan akan mengalokasikan sebagian keuntungan bisnis ini dalam kegiatankegiatan sosial kemasyarakat dan pendidikan yang telah aku dirikan dan telah menjadi jiwa yang bersemayam dalam diriku. Orang kebanyakan mungkin selalu berpikir bahwa dalam bisnis hanya ada satu cara pengukuran kesuksesan. Jelas lebih sulit memimpin sebuah lembaga sosial dibanding dengan lembaga profit. kesuksesan kerja di lembaga sosial bisa diukur dengan keberhasilannya dalam menanamkan nilai-nilai dan memberikan rasa bahagia bagi semua pengurus dalam mengelola lembaga sosial. aku sekarang mensinergikan semua yang aku lakukan dalam kegiatan sosial dengan langkah-langkah bisnis yang aku kembangkan. Dari sinilah. tapi lebih dari itu. Bagaimana jika kita mengukur sukses dengan perasaan senang di tempat kerja? Atau dengan mencapai standar lingkungan atau standar sosial yang lebih baik yang dirasakan oleh kebanyakan manusia? Cara-cara pengukuran ini ada diluar perusahan yaitu disana. Sehingga dalam benakku tersimpan kuat satu keyakinan bahwa kesuksesan tidak hanya diukur oleh kesuksesan finansial belaka.

Kesejahteraan tidak harus dalam bentuk uang.25 Tahun 2000.adalah seorang yang biasa-biasa saja.. Semua ini adalah amanah dan anugerah yang tidak bisa dihitung yang patut disyukuri. karena dari sinilah banyak orang yang bisa mendapatkan manfaat dari aktifitas bisnisku. Termasuk tercermin dalam sikap dan juga perbuatan sebagai respon dari setiap kejadian. Hidup harus bisa memberikan kehidupan bagi sesama dan juga makhluk lainnya. Kini bisnisku telah berkembang jauh dari apa yang pernah aku impikan. agar semua orang yang terlibat didalamnya bisa terus berkembang seiring dengan perkembangan perusahaan. Kep. semoga Allah memberikan balasan yang terbaik. dengan ketulusan hati kuucapkan ´Terima kasih wahai para murobbi (pembina) yang kini bersatu dalam wadah Partai Keadilan Sejahtera. dan aku mengikut semua isyarat yang Allah berikan sebagai jawaban dari setiap doa yang aku lantunkan dipenghujung malam. bisnis yang aku dirikan jelas didalamnya akan sarat dengan proses pendidikan dan pelatihan. 2. dan tanpa mengenal menyerah.´.018/Kep/1983. maka memberikan kesejahteraan yang lebih tinggi dari yang diharapkan oleh pegawai adalah menjadi satu impianku saat membangun sebuah bisnis. tapi lebih dari itu.. Apa perannya? Dia-lah Allah yang telah menyiapkan semuanya.. Aku ingin membangun bisnis yang punya ´Komitmen Sosial´.. Yang tidak berani bicara didepan orang banyak.Dikdasmen Depdikbud No. tapi dengan system pelatihan yang terstruktur dan terarah ia bisa menjadi sosok yang luar biasa. Maka. dan aku pun insya Allah akan membangun sebuah Pabrik yang cukup besar tahun depan dengan omset milyaran rupiah. karena bagai seorang yang beriman semua kejadian adalah baik.. Dan aku yakin sebuah peran besar telah menantiku untuk aku jalankan dengan penuh semangat. pendidikan dan pelatihan serta penghargaan dalam bentuk sikap yang kita tunjukkan adalah bagian dari sebuah kesejahteraan. penuh kesabaran. Tapi berkat tarbiyah (pendidikan) yang berkesinambungan. Baik kejadian itu menyenangkan maupun tidak. Pegawai adalah aset perusahaan yang paling mahal.Aku punya property. yang menyeluruh. pendiam dan pemalu. PP No. Maka. amanah.. sekarang aku menjadi seorang pemimpin dibanyak lembaga yang aku dirikan.Dirjed. Aku dulu hanyalah seorang yang biasa-biasa saja. Dan sebagai penutup. dan mengikuti isyarat dari setiap kejadian yang Allah nampakkan dalam perjalan hidupku ini. Izin Pendirian Dan Operasional Sekolah Swasta Dasar hukum : 1.. . Dan aku merasa hanya sebagai orang yang terpinggirkan.. Bahkan nantinya akan berkembang walau aku sudah berbaring dialam kubur.. Jelas akhir dari semua impianku ini adalah suatu saat nanti semua orang akan menyaksikan dan merasakan bahwa Islam memang benar-benar rahmat bagi semua yang ada di alam ini. Sehingga komitmen ini akan membentuk menjadi sebuah nilai yang nantinya menyebar melampaui diriku. boleh jadi rasa aman dan menyenangkan dilingkungan perusahaan. positif dalam Islam tidak hanya sebatas thinking.

Ketentuan pelaksanaan/ : kewajiban pemegang Izin Sanksi atas pelangggaran ketentuan Izin a. Proposal yang berisikan data tentang gedung Persyaratan untuk mendapatkan Izin : sekolah.Unit Kerja/Instansi yang : Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi memproses Perizinan Mengajukan permohonan tertulis kepada Bupati Muaro Prosedur pengurusan : Jambi melalui Dinas Pendidikan dengan melampirkan syaratIzin syarat yang diperlukan. 5. guru dan murid. Pembekuan izin c. Tanda bukti kepemilikan tanah untuk gedung. Apabila dalam jangka waktu 6 bulan terhitung tanggal ditetapkannya izin tidak melakukan kegiatan maka izin dinyatakan tidak berlaku lagi. TK = 2 ruangan belajar SD = 6 ruangan belajar SLTP = 3 ruangan belajar SMU/SMK = 3 ruangan belajar 6. Peringatan tertulis : b. Pencabutan izin PAUD Embun Pagi Cimahi . Pengelola wajib mematuhi kurikulum yang berlaku secara nasional maupun muatan lokal yang ditentukan. Pengelola wajib menyediakan ruangan belajar yang mencukupi sesuai jumlah murid dengan ketentuan . 3. 3. Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) Waktu pengurusan Izin Biaya pengurusan Izin Jangka waktu berlakunya Izin : 15 (lima belas) Hari : Retribusi Leges Rp. Izin tidak dapat dipindah tangankan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Bupati. 1. Jumlah siswa minimal 20 orang 5. Pengelolaan Sekolah dibawah Yayasan yang pem bentukannya ditetapkan dengan Akta Notaris. 4.500. 4.: 10 (sepuluh) Tahun dan dapat diperpanjang kembali. 2. Pengelola wajib mematuhi semua persyaratan dan ketentuan teknis dibidang penyelenggaraan pendidikan.2. Akta Notaris Pendirian Yayasan 2. 1.

Jika tidak punya langkah ini.Sebuah PAUD yang ingin menjadikan dunia anak lebh bermakna Wednesday. December 17. Paradigma adalah cara pandang dan cara berfikir. yaitu Anak adalah Raja dan Setiap Anak Itu Unik. Maka paradigma ini akan menjadi titik awal pemikiran langkah-langkah selanjutnya. kami memberikan masukan agar terlebih dahulu mencari dan menetapkan langkah ini terlebih dahulu. berupa tempat sudah tersedia. Berikut penjelasan dan uraia 5 langkah itu . Mengapa harus dimulai dengan paradigma? Karena jika kita memiliki sebuah paradigma tentang anak. Langkah 1 Ini adalah langkah awal dan langkah terpenting. di PAUD Embun Pagi. . Kami tidak mengatakan sukses dalam pandangan keumuman (banyak murid. Paradigma ini akan melahirkan berbagai tindakan yang mendukung paradigma tersebut. Mudah-mudahan sharing ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua. kami memiliki 2 paradigma yang kami yakini. Sebagai contonya. Kelimanya merupakan pengalaman perjalanan PAUD Embun Pagi yang baru memasuki usianya yang ke-3. banyak peminat) tapi sukses dalam menghantarkan anak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan psikologi anak. 2008 5 Langkah Prinsip Mendirikan Lembaga PAUD atau PLAYGROUP 5 Langkah Prinsip Mendirikan Lembaga PAUD atau PLAYGROUP Ada 5 langkah penting untuk mendirikan sebuah lembaga pengasuhan. Kelima langkah penting ini tentunya setelah syarat utama. Langkah ini adlah sebagai pondasi bangunan lembaga. Langkah ini adalah memiliki PARADIGMA tentang ANAK yang BENAR. Jika salah maka bangunan yang berdiri juga tidak akan sekuat kelihatannya. Khususnya beberapa teman yang bertanya langsung kepada PAUD Embun Pagi. Jika ada beberapa pertanyaan atau ingin diskusi lebih lanjut PAUD Embu Pagi dengan senang hati akan menerimanya. Karena langkah ini merupakan dasar dan akan memberikan pengaruh terhadap keempat langkah selanjutnya. Semisal PAUD atau Playgroup. Jika ingin membaca lebih lanjut bisa klik sini. Paradigma Anak berarti cara pandang atau cara berfikir kita tentang anak. Mengetahui hakikat ini merupakan salah satu kunci sukses sebuah lembaga. Dan dari tulisan ini semoga silaturahim terus terjalin.

Tujuan tidak hanya kepada anak tapi kepada semua orang yang terlibat di dalamnya. Bagi sebuah lembaga pengasuhan. motorik kasar. suling. Berisi piano. bercengkerama dan mengobrol. Ada enam sarana yang seharus dimiliki sebuah lembaga pengasuhan : 1. Area Musik Ini adalah area musik yang biasanya dijadikan area favourit. konsentrai maupun permainan lainnya 2. Ia adalah nyawa dari perkembangan anak. Pemainan matematika. Area Permainan Sebuah sudat ruangan yang berisi mainan dari berbagai keterampilan bagi anak. 4.Langkah 2 Menentukan goal atau tujuan lembaga terhadap anak dan semua pihak yang terkait di dalamnya. gitar dan sebagainya 6. Area Pasir dan air Area ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan motorik halus dan motorik kasar 3. sarana merupakan salah satu factor penting. motorik halus. Area Outdoor . Namun demikian. Semuanya harus berpusat pada anak. Area Seni Di area ini tersedia panggung ekspresi. drum kecil. Area Cerita Sebuah arena yang dipakai untuk mendengarkan cerita. Langkah 3 Menyiapkan sarana yang dapat menstimulus anak. berdiskusi. Goal atau tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sehingga semua kegiatan dilaksanakan untuk mencapai tujuan ini. anak harus menjadi titik focus. berbagai boneka dan penunjang lainnya 5.

Belajar bagi anak usia dini SANGAT BERBEDA dengan belajarnya seorang siswa TK. Ada beberap prinsip strategi belajar bagi anak usia dini : 1. Dengan orangtua bias dilakukan pertemuan rutin untuk membangun kebersamaan. Belajar sambil bermain 3. Tujuan sudah ada sarana sudah ada maka langkah ketiga adalah menentukan strategi belajar untuk mencapai tujuan di atas. Karena dilatarbelakangi perbedaaan kebiasaan setuap rumah dan pada setiap perlakuan. Langkah 5 Membangun kerja sama lembaga (sekolah) dengan orangtua dan masyarakat sekitar. maka forum ini sangat diperlukan agar strategi belajar bisa dilaksanakan bersama di sekolah maupun di rumah. Belajar dengan bermain 2. Belajar dengan gembira Tiga prinsip di atas harus menjadi auan utama dalam menentukan strategi belajar. Langkah 4 Menentukan program belajar. . Maka area ini merupakan area wajib yang harus disediakan.Biasaya area ini dalah salah satu daya tarik utama sebuah lembaga pengasuhan. apalagi SD. Karena jika salah satu dilanggar maka anak tidak akan berkembang sesuaid dengan fase perkembangnnya.