P. 1
Gambaran PSP Penderita Kusta Di Puskesmas Setu I

Gambaran PSP Penderita Kusta Di Puskesmas Setu I

|Views: 187|Likes:
Published by handiwijaya

More info:

Published by: handiwijaya on May 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2015

pdf

text

original

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENDERITA KUSTA KASUS BARU TERHADAP PENYAKIT KUSTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

SETU I KECAMATAN SETU KABUPATEN BEKASI PADA PERIODE JANUARI OKTOBER TAHUN 2009

HANDI WIJAYA 0310118

LATAR BELAKANG
MEDIS

KUSTA

MASALAH

SOSIAL

EKONOMI
CACAT FISIK

Negara-Negara Endemis Kusta
3 besar:
1. India 2. Brazil 3. Indonesia

Kabupaten Bekasi (s/d 30 juni 2009) ‡195 kasus ‡131 kasus baru .

000 1.Perumusan Masalah Prevalensi Penyakit Kusta di PKM Setu I.43/10.35/10. TAHUN 2006 2007 2008 Jan-Okt2009 KASUS BARU 5 6 7 7 TARGET 1/10.000 1.000 Pengetahuan ? Sikap ? Perilaku? 5 .000 1.000 PREVALENSI KUSTA 1.000 1/10.39/10.16/10.000 1/10.000 1/10.

Kecamatan Setu. . Kabupaten Bekasi.Tujuan Penelitian Tujuan umum ‡ Untuk membantu menurunkan angka prevalensi Penyakit Kusta di wilayah kerja Puskesmas Setu I.

Tujuan khusus Pengetahuan Sikap Perilaku Penyakit KUSTA Penderita Kusta Kasus Baru .

Manfaat Penelitian ‡ mengetahui sejauh mana pemahaman penderita kusta kasus baru mengenai penyakit kusta ‡ memberikan informasi kepada Puskesmas Setu I mengenai gambaran pengetahuan. sikap dan perilaku penderita kusta kasus baru terhadap penyakit kusta di wilayah kerja Puskesmas Setu I tahun 2009 .

Metodologi Penelitian Desain Penelitian : kualitatif Teknik Pengumpulan Data: indepth interview Instrumen pokok penelitian: digital recorder Populasi: penderita kusta kasus baru di wilayah kerja Puskesmas Setu I ‡ Teknik Sampling : Whole Sample ‡ Jumlah Sampel : 7 orang ‡ Analisis data: kualitatif ‡ ‡ ‡ ‡ .

LOKASI & WAKTU PENELITIAN ‡ Lokasi : Wilayah Kerja Puskesmas Setu I ‡ Kecamatan Setu ‡ Kabupaten Bekasi ‡ Waktu : Oktober ± November 2009 .

KERANGKA KONSEP PENGETAHUAN SIKAP PENYAKIT KUSTA PERILAKU .

kudu minum obat« (kesadaran berobat) ‡«suruh berobat gitu kaya saya« (kepedulian) ‡« ngga nelakuin apa-apa« (keingintahuan) ‡«udah pake jampe-jampe«(upaya berobat) «Teratur minumnya mah«(kesadaran berobat) «ku saya ditelat-telatin.. badan putih-putih...(pengetahuan kurang) . « (ingin sembuh) ‡«Ya ngikut.......(persepsi) .. (pengetahuan kurang) «Ya ngga tau nular ga nya«(pengetahuan kurang) «Takut menular tuh«(opini) «pakean saya ge kalo nyuci ceunah pisah«(upaya pencegahan) «belum tau cara penularannya « (pengetahuan kurang) «pengennya mah sembuh saya teh« (motivasi) «ga tau bisa sembuh ngga« (pengetahuan kurang) «obat walerang udah«(upaya berobat) «obat daun-daunan dikampung udah«(upaya berobat) ‡«ngga tau kudu berobat kamana«(pengetahuan kurang) ‡«ga tau efeknya apa«(pengetahuan kurang) ‡«pengennya pengen sembuh.. ga tau penyebabnya apa-apa. Cuma katanya penyakit katularan gitu.percuma saya berobat« (kesadaran berobat) «Cuma berobat ke puskesmas bae « (pencegahan) «lamun nyuci pakean saya dipisah nyucinya« (pencegahan) .HASIL PENELITIAN (in depth interview) Open coding responden 1 ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ..... Pertama mah ya kaya hapur gitu... (pengetahuan kurang) . saya engga tau penyakit apa. belang-belang gitu..... (ciriciri) «Ya ngga tau akibatnya mah...pengen tau«(keingintahuan) ‡«Ya kalo ada penyuluhan mau saya« (keingintahuan) ‡«Lah tetep.(ciri-ciri) .

rutin« (upaya berobat) ‡«ngga ngelakuin apa-apa saya mah. langsung pada bentol-bentol gitu«(ciri-ciri) ‡ « Ga tau juga akibatnya«(pengetahuan kurang) ‡ « Ga tau nular apanya «(pengetahuan kurang) ‡ « Bisa kali kalo ada obatnya «(pengetahuan kurang) ‡ ‡ ‡ « pengen sembuh«(motivasi) « Ga tau dimana «(pengetahuan kurang) «ga tau efeknya«(pengetahuan kurang) «Belum diterangin«(kurang informasi) « Emang lagi nyari berobat tadinya « (motivasi) ‡«ada satu tuh di pipi merah« (ciri-ciri) ‡« berobat ke Serang «(upaya berobat) ‡« Nularnya«(keingintahuan) ‡« Cara minum obatnya gitu «(keingintahuan) ‡. Ga tau ya saran apa «(opini) ‡«Takut ga sempet gitu.cuma ‡ berobat aja ke puskesmas«(pencegahan) ...Open coding responden 2 ‡ « Engga tau penyakit apa«(pengetahuan kurang) ‡ « Ga tau apa sebabnya «(pengetahuan kurang) ‡ « Ga tau juga awalnya«(pengetahuan kurang) ‡ « Pada gatel. sibuk atau apa« (menghindar) ‡«Tetap. kalo masih bisa diminum mah« (kesadaran berobat) ‡«Ya suruh berobat« (kepedulian) ‡«berobat ke puskesmas gt«(kepedulian) ‡«ngga tanya ini gitu«(keingintahuan) ‡«Baru berobat aja« (upaya berobat) ‡«Minum obat.

Cuma panas doank «(ciri-ciri) « Asa kandel kulit matanya «(ciri-ciri) « Kena ga ini matanya? « (keingintahuan) « Kalo kena matanya tar saya buta ya? « (keingintahuan) ‡ « ga tau nular apa kaga «(pengetahuan kurang) ‡ « bisa meren pa. ngerembet gitu korengnya« (pengetahuan cukup) ‡« Ga tau bisa ada efek apa «(pengetahuan kurang) ‡« Ya kita mah mau berobat «(motivasi) ‡« emangnya pengen berobat «(motivasi) ‡« Lah ga tau pengen tau apa «(motivasi) ‡« ga punya saran apa-apa «(opini) ‡« Lah mau dateng « ( keingintahuan) ‡« minta diperiksa lagi «(motivasi) ‡« Pengen tau penyakitnya apa-apa mah « (keingintahuan) ‡«Kalau misalkan ada. minta lagi « (pengetahuan kurang) ‡ « bisa koreng. kalo abis ngambil«(kesadaran berobat) ‡«Lah kalo ada obatnya mah ya diminum aja«(kesadaran berobat) ‡«Ya suruh berobat lagi«(kepedulian) ‡«berobat ke puskesmas lagi«(kepedulian) ‡«Ngga ngelakuin apa-apa. (keingintahuan) ‡ « Ga tau pa sebabnya «(pengetahuan kurang) ‡ ‡ ‡ ‡ «.. kalo rajin minum obatnya« (pengetahuan baik) ‡ « ngga tau...Kalo abis ngambil obatnya. baca-baca juga ngga«(keingintahuan) ‡«Ngambil obat di puskesmas«(upaya berobat) ‡«Cuma berobat ke Bu Aroh aja« (upaya berobat) ‡...Open coding responden 3 ‡ « Ngga pernah denger « (pengetahuan kurang) ‡ « Uluh bu penyakit apa sih kusta?..malah ya mau dateng«(keingintahuan) ‡.Ngga ngapa-ngapain saya ketimbang berobat aja«(pencegahan) . katanya kalo obat mau abis..

.. kalo tau waktunya sih dateng « (keingintahuan) ‡« Tanya-tanya ke temen «(keingintahuan) ‡«Soalnya ngga tau nularnya gimana«(Opini) ‡«Paling nanya ke sini«(opini) ‡«Ya kalo disuruh minum ya minum« (kesadaran berobat) ‡«Suruh periksa dulu«(kepedulian) ‡«Kalo tau ya kita bilangin...(pengetahuan cukup) ‡ « Ga tau bisa kenapa «(pengetahuan kurang) ‡« Pertama kita kan ke Bu Wayan «(upaya berobat) ‡« Ora... kaya panu «(ciri-ciri) « pada baal «(ciri-ciri) «Kuman kali? soalnya dikulit«(pengetahuan baik) ‡ « Ga tau apa komplikasinya «(pengetahuan kurang) ‡ ‡ « Waktu itu nular «(pengetahuan baik) « Ngga tau lewat apa nularnya « (pengetahuan kurang) ‡ ‡ ‡ ‡ « Bisa sembuh «(opini) « Rajin aja minum obat «(opini) « Setahun «(penhgetahuan baik) « Ga tau selain di puskesmas . Ngga tau.Tu penyakit kaya guwe tuh« (kepedulian) . Kita bener-bener mau berobat « (motivasi) ‡« kira-kira sembuhnya kira-kira bisa cepet ga ya?«(keingintahuan) ‡« Penularan «(keingintahuan) ‡« Saran? Ga ada «(opini) ‡« Rajin-rajin periksa kali pa «(opini) ‡« Kalo ada waktu mau. Cuma dibilang katanya penyakit kusta «(pengetahuan kurang) ‡ ‡ ‡ « Itu putih-putih.Open coding responden 4 ‡ .

kalo mentri-mentri ngga kayanya mah «(opini) ‡« Ngga tau dok bisa kenapa obatnya « (pengetahuan kurang) ‡« kemauan sendiri. ibaratnya pengen sembuh gitu. (pengetahuan kurang) ‡« Ngga tau gimana penularannya mah...(motivasi) ‡« Apa sebabnya gitu. kalo satu darah?. (pengetahuan kurang) ‡« Bisa kalo berobat rutin mah « (pengetahuan baik) ‡« Katanya 6 bulan « (pengetahuan baik) ‡ «. mandi. kan belum tetep disini« (menghindar) . .. Tau-tau merah aja « (ciri-ciri) ‡ « jarinya suka pada buntung « (pengetahuan baik) ‡« Puskesmas.ga boleh berenti gitu minum obatnya«(kesadaran berobat) ‡ « Cuma berobat aja kesini«(pencegahan) Open coding responden 5 ‡ « kurang tau juga dok penyakit apa « (pengetahuan kurang) ‡ «ngga tau dok apa sebanya« (pengetahuan kurang) ‡ ‡ ‡ « saya kok dicubit ga kerasa «(ciri-ciri) « perasaan kulit kaya tebel«(ciri-ciri) « Ngga gatel ngga apa.. tar saya kaga ada waktu. minum obat teratur «(upaya berobat) ‡« Tau... apa darah? Apa gimana gitu?« (keingintahuan) ‡« Ngga ada saran dok «(opini) ‡«Ya kalo saya emangnya ada waktu mah.‡ «Rajin bersihin badan..

berobatnya ke puskesmas gitu«(kepedulian) ‡« pada merah-merah gini kulitnya «(ciri-ciri) ‡« langsung pada merah gitu mukanya «(ciriciri) ‡« muka kandel-kandel gitu.. pengen sembuh «(pengetahuan kurang) ‡« ga tau dok nular apa ngganya «(pengetahuan kurang) ‡«kok ini tambah banyak aja sama tambah merah «(ciri-ciri) ‡ « saya ajak suami periksa ke puskesmas«(pencegahan) .‡ «Tau dah. tapi ga ada efek apa-apa dok«(opini) Open coding responden 6 ‡«« ga tau saya nih sakit apa gitu « (pengetahuan kurang) ‡«Ga tau apa sebabnya mah «(pengetahuan kurang) ‡ « tetep minum obat biar sembuh« (kesadaran berobat) ‡ «Ya kita tunjuki. ngga tanya sapa-sapa« (keingintahuan) ‡ « Ke mantri.. gitu aja udah«(upaya berobat) ‡« Ga tau akibatnya apa-apa mah « (pengetahuan kurang) ‡« saya mau berobat aja... dipegeng-pegeng ngga kerasa «(ciri-ciri) ‡« tangan ma kaki sebelah ini kaya asa baal «(ciri-ciri) ‡ «Baru berobat kesini aja«(upaya berobat) ‡ .

biar sembuh« (kesadaran berobat) ‡«Ya suruh berobat aja ke puskesmas « (kepedulian) ‡ « Ga tau berobat kemana « (pengetahuan kurang) ‡ « Ga tau juga minum obat jadi gimanagimana. Bisa sembuh gitu «(motivasi) ngga«(kendala) ‡. Ya tiap hari saya minum dok.. makanya berobat gitu «(motivasi) ‡« Saran? Ga tau tuh dok «(pengetahuan kurang) ‡« Ya mau saya dengerin mah dok « (keingintahuan) ‡« Cuma ga tau ntar anak saya bisa nganter ‡ « Ga tau bisa sembuh ngga « (pengetahuan kurang) ‡ « Maunya mah bisa pa..(upaya berobat) ‡« Minum obat «(upaya berobat) ‡«ngga ngelakuin apa-apa dok...(pengetahuan kurang) ‡« Suruh berobat juga kata saya mah « (kepedulian) ‡«Ngga dok. ngga tanya sapa-sapa.(ingin sembuh) ‡ « Cuma ga tau berobat kamanakamana mah « (ketidaktahuan ) ‡ « mau tau saya nanti bisa sembuh ngga «(keingintahuan) .‡ « Pengen sembuh saya.. ngga tau kudu gimana«(pencegahan) ‡ « emang bapa juga mau sembuh dok. (keingintahuan) ‡« Dateng ke puskesmas aja saya mah dok«....

....... soalnya saya disuruh berobat (pengetahuan kurang) ‡« supaya anak ma istri saya ga ketularan gitu.«(pengetahuan baik) . ngga boleh stop «(kesadaran berobat) ‡«cepet aja saya bawa berobat ke puskesmas «(kepedulian) ‡. jadi sering dikasih tau gitu «(saran) ‡« Ya saya usahain mah dateng pa. tar bisa nular ke anak istri gitu katanya « (pengetahuan baik) ‡ « berobat ke puskesmas pa.(kepedulian) ‡« ngga tanya-tanya ke siapa lagi « (keingintahuan) gitu ke puskesmas «(pengetahuan baik) ‡ «... Diusahain gitu «(keingintahuan) ‡« Ga tau pa. ngga kenapa-napa saya pa.‡« Ngga tau ada efek samping apanya « Open coding responden 7 ‡ « ga tau itu penyakit apa «(pengetahuan kurang) ‡ « ngga tau dari apa penyebabnya « (pengetahuan kurang) ‡ « pipi saya.. yang ini kaya merah dikit «(ciriciri) ‡ « rasanya kaya agak tebel gitu kulit saya yang merah «(ciri-ciri) ‡ « Akibatnya? Ngga tau pa«(pengetahuan kurang) ‡ « katanya waktu itu dibilangin bisa nular « (persepsi) ‡ « Bisa kali pa. (motivasi) ‡«supaya sembuh juga «(motivasi) ‡« Penyebabnya kali pa «(keingintahuan) ‡« sama mau tau anak istri saya bisa ketularan ngga?«(keingintahuan) ‡« sering ada yang jelasin gitu kali pa..(pengetahuan kurang) ‡« harus minum obat. Ya sama suruh berobat juga..

Foto Penderita Kusta .

Pengetahuan Kategori pengetahuan: ‡ Definisi ‡ Penyebab ‡ Gejala awal ‡ Komplikasi ‡ Penularan ‡ Pengobatan ‡ Efek samping obat .Selective coding« 1.

Selective coding« 2. Sikap Kategori sikap: ‡ Alasan berobat ‡ Keingintahuan ‡ Tindakan terhadap efek samping obat ‡ Kepedulian .

Selective coding« 3. Perilaku Kategori perilaku: upaya yang dilakukan dalam ± mendapatkan informasi ± Pengobatan ± pencegahan .

mendatar (makula) atau meninggi (plak) dengan hilang rasa/ mati rasa yang jelas . menyebabkan gangguan pada kulit.Main theory.pengetahuan ‡ Penyakit Kusta (Leprae): penyakit menular kronis  disebabkan kuman Mycobacterium leprae menular melalui kontak kulit dengan penderita atau melalui bersin. dan kelumpuhan pada tangan dan kaki  Kelainan kulit berupa hipopigmentasi atau erimatosa. mati rasa.

SpKK  minum obat 6 atau 12 bulan  ES: mual. tidak nafsu makan. pengelihatan kabur. diare. muntah.‡ Akibat: kecacatan:  tangan/kaki mudah terluka dan infeksi  tangan bengkok/kitingan  kebutaan. ‡ Pengobatan:  puskesmas atau dr. maupun warna kulit menjadi ungu sampai kehitam-hitaman . sakit kepala. sulit tidur.

Pengetahuan dari 7 responden: ± 2 orang cukup baik ± 2 orang relatif kurang ± 3 orang sangat kurang .

sikap ‡ Alasan berobat: ± Supaya sembuh ± Takut keluarga tertular ‡ Informasi: ± 1 orang menyarankan diberi penyuluhan ± 5 orang bersedia ikut penyuluhan ‡ Respon efek samping dari obat kusta: ± Tetap minum obat ‡ Kepedulian: menyuruh berobat .Main theory.

perilaku ‡ Mencari informasi: ± 1 orang bertanya pada teman ± Sisanya tidak melakukan apa-apa ‡ Mencari pengobatan: ± teratur minum obat setiap hari ‡ Upaya pencegahan: ± 1 orang responden mencuci pakaian secara terpisah ± Sisanya tidak melakukan apa-apa .Main theory.

maka dapat diperoleh informasi bahwa: Pengetahaun responden terhadap penyakit kusta masih relatif kurang .KESIMPULAN Berdasarkan hasil in depth interview yang dilakukan terhadap tujuh orang penderita kusta kasus baru di wilayah kerja Puskesmas Setu I.

keingintahuan terhadap penyakit. namun tindakan dalam usaha memperoleh informasi masih kurang .Sikap responden terhadap pengobatan. dan kepedulian terhadap orang lain tergolong baik Tindakan responden dalam pengobatan juga sudah tergolong baik Meskipun rasa keingintahuan responden terhadap penyakit kusta cukup baik.

Tindakan pencegahan penularan penyakit kusta pada anggota keluarga masih kurang pengetahuan penularan dan pencegahan penyakit kusta masih kurang .

SARAN 1. Penyuluhan kusta masyarakat&tokoh masyarakat pengetahuan kusta penemuan dini kasus suspek kusta 2. Penyuluhan kusta penderita kusta pengetahuan kusta motivasi sembuh . mencegah penularan& kecacatan 3. Penderita kusta yang telah cacat: diadakan pelatihan untuk dapat merawat dirinya sendiri .

Penemuan penderita kusta secara dini melalui pemeriksaan kontak penderita & pemeriksaan ke sekolah-sekolah secara berkala 6.4. Peningkatan peran serta pemerintah melalui pelatihan penatalaksanaan kusta bagi dokter & petugas p2 kusta di puskesmas . penyuluhan & pelatihan bidan desa & kader penemuan kasus kusta dini 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->