P. 1
-PENYIMPANGAN-SOSIAL

-PENYIMPANGAN-SOSIAL

|Views: 789|Likes:

More info:

Published by: Rizky Syahreza Ryaldi on May 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/30/2013

pdf

text

original

PERILAKU MENYMPANG
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR

‡ Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

‡ Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.

INDIKATOR
a. Mengidentifkasikan sebab-sebab terjadinya perilaku menyimpangan b. Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat c. Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang d. Mendeskripsikan cara-cara menanggulangi perilaku menyimpang.

TUJUAN PEMBELAJARAN:
‡ Siswa dapat memahami hakekat perilaku menyimpang ‡ Siswa dapat menjelaskan sebabsebab atau sumber perilaku penyimpang

KLASIFIKASI PERILAKU MENYIMPANG . SEBAB-SEBAB TERJADINYA PERILAKU MENYIMPANG 4. PENGERTIAN 2.1. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI 3.

PENGERTIAN PERILAKU MENYIMPANG 1. Menurut Robert M. Cohen Perilaku Menyimpang adalah perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat. Menurut Bruce J. 2. Lawang : Perilaku Menyimpang adalah suatu tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial .Z.

Van der Zanden Perilaku Menyimpang adalah tindakan yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan diluar batas toleransi. . Menurut M.PENGERTIAN PERILAKU MENYIMPANG 3.

FAKTOR APA YANG MEMPENGARUHI PENYIMPANGAN SOSIAL ? .

Jenis kelamin g. Usia f. Kedudukan seseorang dalam keluarga . Kondisi fisik c. Faktor Internal : a. Kepribadian e. Intelegensia b. Kondisi psikis d.FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MENYIMPANG 1.

ekonomi b. Kondisi sosial . Faktor budaya d. Pergaulan g. Kehidupan Rumah Tangga atau Keluarga e. Media Massa. . Kondisi Politik c. Pendidikan di sekolah f.FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MENYIMPANG 1. Faktor Eksternal : a.

. seseorang mempelajari suatu budaya menyimpang. Penyimpangan dipelajari melalui proses alih budaya (culture transmissions). Melalui proses belajar itu. Sutherland´. misalnya menghisap ganja pada suatu kelompok remaja.SUMBER PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG 1. Teori ³ differential association´ (Edward H. Penyimpangan bersumber pada pergaulan yang berbeda.

Seseorang menyimpang karena adanya proses ³labelling´ (pemberian julukan.SUMBER PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG 2. Lemert). . cap. Proses ini bisa membuat seseorang yang tadinya tidak memiliki kebiasaan menyimpang menjadi terbiasa. atau merek) yang diberikan masyarakat kepada seseorang. etiket. Teori ³ Labelling´ (Edwin M. Bahkan kebiasaan itu menjadi gaya hidupnya.

Robert K. menurut beliau: Struktur sosial tidak hanya menghasilkan perilaku konformitas. . tetapi juga perilaku menyimpang.SUMBER PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG 3. Merton. (tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Struktur sosial menghasilkan pelanggaran terhadap aturan sosial dan menekan orang tertentu ke arah nonkonform.

yaitu: . Merton. menurut beliau: Lebih lanjut ia menyatakan bahwa perilaku menyimpang terjadi karena tidak adanya kaitan antara tujuan dengan cara yang telah ditetapkan dan dibenarkan oleh struktur sosial. Ada 5 tipe adaptasi individu terhadap situasi tertentu.SUMBER PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG Robert K.

SUMBER PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG Robert K. Ada 5 tipe adaptasi individu terhadap situasi tertentu. Ritualisme 4. Merton. yaitu: 1. Konformitas 2. Rebellion . Retreatisme 5. Inovasi 3.

David Berry. kelompok ³punk´. tetapi juga karena orang itu memilih standar nilai dan norma bagi dirinya sendiri yang berbeda dengan standar orang lain. menurutnya keliru jika kita melihat penyimpangan semata-mata karena ketidak patuhan terhadap nilai dan norma sosial yang berlaku di dalam masyarakat atau gagal menyesuaikan diri dengan standar nilai dan norma tertentu. . Contoh.SUMBER PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG 4.

SUMBER PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG 5. . Teori ³Konflik´ dari Karl Mark. Menurutnya hukum merupakan cerminan kepentingan pihak yang berkuasa dan pengadilan hanya menguntungkan pihak tersebut. Perilaku menyimpang merupakan perilaku yang didefinisikan atau dibentuk oleh pihak yang berkuasa untuk melindungi kepentingan mereka sendiri.

SUMBER PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG 6. dan kejahatan pun akan selalu ada. dan sosial). Tiaptiap individu berbeda satu dengan yang lain karena dipengaruhi oleh berbagai faktor ( keturunan. Dengan demikian orang yang berwatak jahat akan selalu ada. Emil Duekheim. Fisik. lingk. . menurutnya keseragaman moral semua anggota masyarakat tentang kesadaran moral tidak dimungkinkan.

lingk. Emil Durkheim. . dan sosial). menurutnya keseragaman moral semua anggota masyarakat tentang kesadaran moral tidak dimungkinkan. Fisik.SUMBER PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG 6. Dengan demikian orang yang berwatak jahat akan selalu ada. Tiaptiap individu berbeda satu dengan yang lain karena dipengaruhi oleh berbagai faktor ( keturunan. dan kejahatan pun akan selalu ada.

PERILAKU MENYIMPANG .

MACAM-MACAM PENYIMPANGAN SOSIAL KLASIFIKASI ? .

TINDAKAN KRIMINAL / KEJAHATAN 2. PENYIMPANGAN POSITIF 2. PENYIMPANGAN SEKSUAL 3. PENYIMPANGAN SEKUNDER C. TAWURAN / PERKELAHIAN ANTAR PELAJAR .A. BERDASARKAN BENTUKNYA: 1. BERDASARKAN JENISNYA : 1. PENYIMPANGAN NEGATIF B. PENYIMPANGAN PRIMER 2. BERDASARKAN SIFATNYA: 1. PENYIMPANGAN GAYA HIDUP 4.

PENYIMPANGAN SOSIAL ? .

kreatif. emansipasi wanita. Contoh. dan memperkaya alternative.Penyimpangan berdasarkan sifat : Penyimpangan posiitf adalah penyimpangan yang mempunyai dampak positif terhadap system sosial karena mengandung unsur inovatif. .

pelaku bertindak kearah nilai-nilai sosial yang dipandang rendah dan berakibat buruk serta mengganggu system sosial. dll. pencurian. penganiayaan. pembunuhan. Misalnya. pemerkosaan. .Penyimpangan berdasarkan sifat : Penyimpangan negatif Dalam penyimpangan ini.

Ciri-cirinya adalah bersifat sementara. kebut-kebutan di jalan. . dan dapat ditolerir masyarakat. tidak terulang. Penyimpangan Primer (primary deviatin): yaitu perbuatan menyimpang yang dilakukan seseorang namun sang pelaku masih dapat diterima secara sosial.Penyimpangan berdasarkan bentuknya : 1. Contohnya.

Penyimpangan Sekunder (secondary deviatin): yaitu perbuatan yang dilakukan seseorang yang secara umum dikenal sebagai perbuatan atau perilaku meyimpang. pemerkosaan. perampokan. .Penyimpangan berdasarkan bentuknya : 2. dan lainlain. Contoh.

PENYIMPANGAN SOSIAL BERDASARKAN JENISNYA ? .

2. Kejahatan Terorganisasi Pelaku kejahatan merupakan komplotan yang secara berkesinambungaai melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang atau kekuasaan dengan jalan menghindari hukum.TINDAKAN KRIMINAL ./ KEJAHATAN 1. . mabuk-mabukan. perjudian. Contohnya. Kejahatan Tanpa Korban adalah kejahatan yang dilakukan tanpa mengakibatkan penderitaan pada korban akibat tindak pidana orang lain. penyediaan jasa pelacur dll. dan hubungan sex atas dasar suka sama suka.Contohnya. Komplotan korupsi.

Kejahatan Kerah Putih (white collar crime) Kejahatan ini merupakan tipe kejahatan yang mengacu pada kejahatan yang dilakukan oleh yang terpandang atau orang yang berstatus tinggi dalam rangka pekerjaannya. Contohnya. penggelapan uang perusahaan oleh pemilik perusahaan atau pejabat negara yang melakukan korupsi. penghindaran pajak. ./ KEJAHATAN 3.TINDAKAN KRIMINAL .

/ KEJAHATAN 4. suatu perusahaan membuang limbah beracun ke sungai dan mengakibatkan penduduk sekitar mengalami berbagai penyakit. . Corporate crime (kejahatan perusahaan).TINDAKAN KRIMINAL . Kejahatan ini merupakan jenis kejahatan yang dilakukan atas nama organisasi dengan tujuan menaikan keuntungan atau menekan kerugian. Misalnya.

Keller. Colhoun CRIME WITHOUT VICTIM ORGANIZED CRIME KRIMINAL WHITE COLLAR CRIME CORPORATE CRIME .Type Kejahatan menurut Light.

5.1. 4. 7. 3. 2. 6. PERZINAHAN LESBIANISME HOMOSEKS KUMPUL KEBO SODOMI TRANSVESTITISME SADISME PEDOPHILIA . 8.

3. Sadisme adalah pemuasan seks dengan menyakiti orang lain. Pedophilia adalah memuaskan keinginan seks dengan mengadakan kontak seksual dengan anak-anak. Kumpul kebo adalah hidup seperti suami istri tanpa nikah. Perzinahan adalah hubungan sex di luar nikah 2. 4. 5. . Transvestitisme adalah memuaskan keinginan seks dengan mengenakan pakaian lawan jenis.1.

. kelainan ini diidap seseorang yang dengan sengaja membiarkan dirinya disiksa atau disakiti. sebuatan ini ditujukan untuk seorang laki-laki atau perempaun yang tidak menginginkan jenis kelamin mereka sehingga meminta mengoperasi kelaminnya agar memperoleh kepuasan seksual. Masokisme seksual. Transeksual. untuk memperoleh kepuasaan seksual. baik secara fisik atau psikologis.6. 7.

manda atau orang-orang yang sedang berhubungan seksual. 9.Necrophili adalah seseorang memperoleh kepuasan seksual jika berhubungan dengan mayat. Penderita kelainan ini akan memperoleh kepuasaan seksual dengan cara mengintip atau melihat orang yang sedang telanjang. Veyeurisme atau scoptophilia.8. Incest adalah suatu hubungan seksual dengan pasangan yang masih mempunyai pertalian darah. . 10.

kekuatan fisik. dan lain-lain. b. anting. dan lain-lain. . kekayaan. memakai kalung. Sikap Eksentrik adalah perbuatan yang menyimpang dari biasanya sehingga dianggap aneh.PENYIPANGAN GAYA HIDUP a. Sikap Arogansi adalah Sikap kesombongan diri terhadap orang lain karena kelebihan yang dimiliki seperti kecantikan. Misalnya. seorang lelaki yang berdandan dengan model wanita.

TUGAS KELOMPOK DISKUSIKAN MENGAPA ORANG MELAKUKAN PENYIMPANGAN SOSIAL? .

PROSES SOSIALISASI TIDAK SEMPURNA 2. KURANGNYA PERHATIAN /BROKEN HOME 2. PROSES BELAJAR YANG MENYIMPAMG 4. KONDISI SOSIAL EKONOMI. INGIN HIDUP BERLEBIHAN Nola cs: 1. KETERPAKSAAAN IQBAL CS 1. KARENA PERGAULAN 3. MASALAH EKONOMI 6. KELUARGA/BROKEN HOME/KESIBUKAN ORTU 3. k. RASA IRI 2. POLITIK 2. LEMERT) AZKIYATUS 1. PERGAULAN SALAH 8. KEBEBASAN 4. MEDIA MASSA . MASALAH ANAK DAN ORANG TUA SIBUK 3. FAKTOR BUDAYA 7. MENCARI JATI DIRI.SEBAB-SEBAB TERJADINYA PENYIMPANGAN SOSIAL: 1. KARENA LABELING ( e. SOLIDARITAS ANTAR KAWAN 5.

TIDAK SEMPURNA SOSIALISASI NILAI 2.SHANI: 1. SOSIALISASI THD NILAI MENYIMPANG . RENDAHNYA PENDIDIKAN/PEMIKIRAN DICKY CS: 1. PERKEMBANGAN ZAMAN / TEKNOLOGI 2.

etiket atau merek) yang diberikan masyarakat kepadanya. LEMERT Seseorang menyimpang karena adanya proses ³labelling´ (pemberian julukan. cap. Proses ini membuat seseorang yang tadinya tidak memiliki kebiasaan menyimpang menjadi terbiasa.TEORI PENYIMPANGAN SOSIAL 1. TEORI ³LABELING´ dari EDWIN M. bahkan kebiasaan itu bisa menjadi gaya hidupnya .

. Penyimpangan dipelajari melalui proses alih budaya ( cultural tranmission ). Teori ³DIFFRENTIAL ASSOCIATION´ dari EDWARD H.TEORI PENYIMPANGAN SOSIAL 2. melalui proses belajar seseorang mempelajari suatu budaya menyimpang. SUTHERLAND enyimpangan bersumber dari pergaulan yang berbeda. misalnya mabukmabukan pada suatu kelompok remaja.

struktur sosial tidak hanya menghasilkan pola perilaku konformitas. Konformitas c. tetapi juga menghasilkan pola perilaku menyimpang.TEORI PENYIMPANGAN SOSIAL 3. Merton Menurut teori ini. Teori Jenjang Makro dari Robert K. Inovasi d. Pemberontakan . Ritualisme b. Selanjutnya Merton mengidentifikasikan 4 (empat) cara adaptasi manusia terhadap situasi tertentu: a.

2. Konformitas adalah perilaku megikuti tujuan yang ditentukan masuarakat dan mengikuti cara-cara yang ditentukan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut.ADAPTASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN Menghasilkan perilaku: 1. tetapi memakai cara yang dilarang oleh masyarakat. . Seorang ingin mencalonkan Bupati dengan menggunakan ijazah palsu. Inovasi adalah perilaku mengikuti tujuan yang ditentukan masyarakat. Misalnya.

tetapi cara-cara meraih sukses tetap dipakai walau dengan sikap menahan diri.ADAPTASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN Menghasilkan perilaku: 3. Usaha meraih sukses pun akhirnya hanya dipendam. Dia takut akan mengalami kegagalan dan kekecewaan. Seorang karyawan kelas menengah ke bawah tidak mau mengejar sukses karena merasa sudah puas. . Ritualisme adalah perilaku seseorang yang tidak mengikuti tujuan budaya. Contoh. namun masih tetap berpegang pada cara-cara yang digunakan masyarakat.

Hal ini terjadi ketika seseorang tidak lagi mengakui struktur sosial yang ada dan berupa menciptakan suatu struktur sosial yang lain. .ADAPTASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN 4. Contoh. Tujuan budaya yang ada dianggap sebagai penghalang bagi tujuan yang didambakan. pemimpin politik yang dengan caranya sendiri berhasil mempelopori penggulingan tatanan politik yang ada dan menerapkan tata politik baru. Pemberontakan (rebelion).

hukuman merupakan cerminan kepentingan pihak yang berkuasa dan pengadilan hanya menguntungkan pihak tersebut. Menurutnya. Teori Konflik dari Karl Mark Menurut Mark. perilaku menyimpang merupakan perilaku yang didefinisikan atau dibentuk oleh pihak-pihak yang berkuasa untuk melindungi kepentingan mereka sendiri. .TEORI PENYIMPANGAN SOSIAL 4.

. memilih memisahkan diri dan masuk ke dalam punk yang memiliki standar nilai dan norma yang berbeda dari kelompok sebelumnya. Contoh.TEORI PENYIMPANGAN SOSIAL 5. tapi juga karena orang itu memilih standar nilai dan norma bagi diriny sendiri yang berbeda dengan standar orang lain. Teori dari David Berry Penyimpangan bukan hanya karena seseorang gagal menyesuaikan diri dengan standar nilai dan norma tertentu. seorang remaja yang semula berada dalam suatu kelompok remaja kebanyakan.

SOSIALISASI TERHADAP NILAI SUB KEBUDAYAAN MENYIMPANG .SEBAB-SEBAB TERJADINYA PERILAKU MENYIMPANG: 1. SOSIALISASI TIDAK SEMPURNA 2.

Kenakalan remaja . Penyipangan gaya hidup 10.MATERI UTS SMT 2 TA. KEPERIBADIAN 3. SEDIKIT KEBUDAYAAN 5. 2010 . Siffat ±sifat penyimpangan 9.Macam-macam kejahatan 11. Jenis-jenis ps 8. SOSIALISASI 2.2011 1. HAKEKAT PENYIMPANGAN SOSIAL 6. SEBAB-SEBAB PENYIMPANGAN SOSIAL : PENDAPAT DAN TEORINYA 7. HUBUNGAN SOSIALIASI DENGAN KEPERIBADIAN 4.

PERILAKU MENYIMPANG SEBAGAI HASIL SOSIALISASI NILAI SUBKEBUDAYAAN MENYIMPANG CONTOH: .

SEE YOU NEXT WEEK TANKS FOR YOUR ATTENTION .THE END. THE GOD BLESS YOU .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->